Pengertian DevOps: Definisi, Sejarah, Tujuan dan Metode DevOps

0
Pengertian Devops Apa Itu Devops Dan Definisi Devops
Ilustrasi Gambar Pengertian DevOps (Development and Operations)

Pengertian DevOps Adalah

Apa itu DevOps (Development and Operations)? DevOps adalah istilah untuk sekelompok konsep yang, meskipun tidak semua baru, telah dikatalisasi menjadi sebuah gerakan dan menyebar dengan cepat ke seluruh komunitas teknis. Seperti istilah baru dan populer lainnya, orang mungkin memiliki kesan bingung dan terkadang bertentangan tentang apa itu.

DevOps yang merupakan kepanjangan dari Development and Operations atau Pengembangan dan Operasi adalah frase pengembangan perangkat lunak perusahaan yang digunakan untuk berarti jenis hubungan lincah antara pengembangan dan operasi Teknologi Informasi atau Information Technology (IT).

Definisi DevOps (Development and Operations)

Akademisi dan praktisi belum mengembangkan definisi unik untuk istilah “DevOps.” dari perspektif akademis, Len Bass, Ingo Weber, dan Liming Zhu yang merupakan tiga peneliti ilmu komputer dari CSIRO dan Institut Rekayasa Perangkat Lunak menyarankan mendefinisikan DevOps sebagai “seperangkat praktik yang dimaksudkan untuk mengurangi waktu antara melakukan perubahan pada sistem dan perubahan. ditempatkan dalam produksi normal, sambil memastikan kualitas tinggi “. Namun, istilah DevOps telah digunakan dalam banyak konteks.

Sejarah DevOps

Berdasarkan Wikipedia yang membahas tentang DevOps adalah sebagai berikut:

a. Tahun 2009

Pada 2009, konferensi pertama yang diberi nama devopsdays diadakan di Ghent, Belgia. Konferensi ini didirikan oleh konsultan Belgia, manajer proyek dan praktisi yang gesit Patrick Debois. Konferensi ini sekarang telah menyebar ke negara lain.

b. Tahun 2012

Kemudian pada 2012, laporan State of DevOps disusun dan diluncurkan oleh Alanna Brown di Puppet. Pada 2014, laporan tahunan State of DevOps diterbitkan oleh Nicole Forsgren, Gene Kim, Jez Humble dan lainnya. Pada tahun 2014, mereka menemukan bahwa adopsi DevOps semakin cepat.

Baca Juga :  Pengertian Affiliate Marketing (Pemasaran Digital): Contoh dan Cara Kerja

c. Tahun 2014

Juga pada tahun 2014, Lisa Crispin dan Janet Gregory menulis buku More Agile Testing, yang berisi bab tentang pengujian dan DevOps.

d. Tahun 2015

Dan pada 2015, Nicole Forsgren, Jez Humble dan Gene Kim menemukan DORA: DevOps Research and Assessment.

Tujuan DevOps

Gambar Pengertian Devops Definisi Devops Tools Devops
Ilustrasi Gambar Tujuan DevOps (Development and Operations)

Mengacu pada pengertian DevOps di atas, adapun tujuan DevOps adalah untuk mengubah dan meningkatkan hubungan dengan menganjurkan komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik antara dua unit bisnis ini. Salah satu tujuan utama DevOps adalah untuk menyebarkan fitur ke dalam produksi dengan cepat dan untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah ketika terjadi, tanpa mengganggu layanan lain.

Metode DevOps

Berdasarkan pengertian DevOps dan Definisi DevOps di atas, beberapa metode DevOps di sini adalah sama, Anda dapat menggunakan Scrum dengan operasi, Kanban dengan operasi, dan lain sebagainya (walaupun biasanya dengan lebih fokus pada mengintegrasikan ops dengan dev, Q.A. dan produk dalam tim produk) ada beberapa metode yang lebih berbeda, seperti kontrol perubahan gaya Terlihat Ops dan menggunakan Sistem Komando Insiden untuk tanggapan insiden. Perangkat metodologi ini sedang tumbuh, pendekatan pemantauan yang lebih bijaksananya adalah bidang di mana metodologi umum belum didefinisikan dengan baik, misalnya.

DevOps dalam Perusahaan

Di perusahaan ada kebutuhan untuk memecah silo, di mana unit bisnis beroperasi sebagai entitas individu dalam perusahaan di mana manajemen, proses dan informasi dijaga. Di sisi pengembangan perangkat lunak dan bagi mereka yang bekerja dalam operasi Teknologi Informasi, perlu ada komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik untuk melayani kebutuhan bisnis Teknologi Informasi organisasi dengan sebaik-baiknya.

Budaya DevOps

Satu jawaban untuk memecah silo perusahaan adalah langkah menuju budaya berbasis DevOps yang bermitra dengan pengembang dengan staf operasi untuk memastikan organisasi mencapai pengoperasian perangkat lunak yang optimal dengan masalah minimal. Budaya ini adalah yang mendukung keinginan untuk bekerja bersama dan berbagi. Budaya DevOps menempatkan fokus pada penciptaan aliran kerja yang cepat dan stabil melalui pengembangan dan operasi Teknologi Informasi.

Baca Juga :  Hidup Adalah: Pengertian Hidup, Jenis dan Arti Hidup dalam Islam

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian DevOps, Definisi DevOps, Apa itu DevOps dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar