6+ Istilah dalam CSS (Cascading Style Sheet) yang Harus Anda Ketahui

0
Gambar Istilah Istilah Dalam CSS Yang Harus Diketahui
Gambar Istilah Istilah Dalam CSS Yang Harus Diketahui

Apa itu CSS?

Sebelum membahas mengenai Istilah dalam CSS (Cascading Style Sheets), kita harus mengetahui apa itu CSS (Cascading Style Sheets) terlebih dahulu. CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets dengan penekanan pada “Style”. Sementara HTML digunakan untuk menyusun dokumen web (mendefinisikan hal-hal seperti berita utama dan paragraf, dan memungkinkan Anda untuk menyematkan gambar, video, dan media lainnya), CSS hadir dan menentukan gaya dokumen Anda, tata letak halaman, warna, dan font semuanya ditentukan dengan CSS.

Pikirkan HTML sebagai fondasi (setiap rumah memiliki satu) dan CSS sebagai pilihan estetika (ada perbedaan besar antara rumah bergaya Victoria dan rumah modern abad pertengahan).

Untuk lebih jelas dalam memahami CSS (Cascading Style Sheets), oleh karena itu adalah merupakan hal yang penting untuk kita mengetahui istilah dalam CSS (Cascading Style Sheets).

6 Istilah dalam CSS (Cascading Style Sheets) yang Harus Anda Ketahui

Ilustrasi Gambar Istilah Dalam CSS Cascading Style Sheets Yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi Gambar Istilah Dalam CSS Cascading Style Sheets Yang Harus Anda Ketahui

1. CSS (Cascading Style Sheets)

CSS yang merupakan dalam Istilah-Istilah Teknologi adalah bahasa yang digunakan untuk menambah gaya pada dokumen yang dibuat dengan HTML. Di mana HTML lebih dulu dan menciptakan fondasi untuk sebuah halaman, CSS datang berikutnya dan digunakan untuk membuat tata letak, warna, font, dan lainnya.

2. CSS3

CSS3 adalah versi terbaru dari CSS, memperkenalkan fitur-fitur seperti sudut bulat, bayangan, gradien, transisi atau animasi, dan tata letak baru seperti multi-kolom dan tata letak kotak atau kisi yang fleksibel.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Pengertian Technical Report: Apa itu? Tujuan dan Fungsi, Macam Karakteristik, Contoh serta Tips dan Cara Menulisnya!

3. Selector (Penyeleksi)

Selector adalah bagian dari kode CSS yang mendefinisikan elemen HTML mana dari efek styling CSS. Misalnya jika elemen “p” (katakanlah, paragraf tertentu) adalah penyeleksi, maka
akan mengubah ukuran font elemen yang dipilih.

<p style="font-size; 13px">

4. Property (Properti)

Properti dalam CSS adalah bagian dari kode HTML dasar halaman web (ukuran font, warna, margin) yang penampilan atau gayanya diubah oleh CSS.

5. Value (Nilai)

Nilai adalah kode CSS yang mendefinisikan pengaturan untuk properti CSS. Misalnya, jika Anda menggunakan CSS untuk mengubah ukuran font dan warna blok teks tertentu, nilainya menjelaskan perubahan apa yang akan terjadi. Nilai 1.5em, merah, 20px akan menyebabkan properti (blok teks) memiliki lekukan sebesar 1,5 ukuran font, teks akan tampak merah, dan ukuran font akan menjadi 20pt.

6. Declaration (Deklarasi)

Deklarasi adalah bagian dari kode CSS di mana properti dan nilai untuk pemilih ditampilkan di dalam sepasang kurung keriting.

{font-size: 1.5em;}

Kesimpulan

CSS (Cascading Style Sheets) adalah bahasa desain sederhana yang dimaksudkan untuk menyederhanakan proses membuat halaman web menjadi lebih rapi.

Penutup

Demikianlah pembahasan Kami mengenai Istilah dalam CSS (Cascading Style Sheets) yang dapat Kami bagikan. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar