CSS Adalah: Pengertian, Penggunaan dan Cara Menerapkan CSS

0
Gambar Pengertian CSS Cascading Style Sheet CSS Adalah
Gambar Pengertian CSS Cascading Style Sheet

Pengertian CSS (Cascading Style Sheets) adalah

Apa itu CSS? CSS adalah kepanjangan dari Cascading Style Sheets. Definisi ini menjelaskan arti CSS (cascading style sheets) dan bagaimana menggunakannya dengan halaman HTML yang merupakan praktik terbaik untuk pengembangan antarmuka pengguna atau UI (User Interface) yang sesuai dengan pemisahan pola desain yang menjadi perhatian. CSS adalah mekanisme standar dan pilihan untuk memformat halaman HTML.

Sesuai dengan pemisahan pola desain perhatian dan praktik terbaiknya, CSS (Cascading Style Sheets) menyediakan lokasi pusat di mana informasi tentang berbagai font, warna latar depan, warna latar belakang, cetak miring, dan penekanan harus diterapkan ke berbagai Elemen HTML dalam halaman Website. Lembaran gaya Cascading juga dapat mengontrol bagaimana berbagai bagian halaman, seperti header, footer, isi, isi artikel, bagian dan selainnya, diletakkan pada halaman. Ini sangat membantu ketika konten harus ditata dengan cara yang sangat berbeda tergantung pada apakah itu dilihat di desktop, tablet atau Smartphone.

Penggunaan CSS yang benar

Pada hari-hari awal WWW (World Wide Web), sudah umum file HTML tidak hanya menyertakan bahasa markup dan konten, tetapi juga memformat informasi dan JavaScript. Ini membuat laman web sulit ditulis, sulit dibaca, sulit diperbarui, dan sulit dikelola. Saat web semakin matang, menjadi praktik terbaik untuk membagi HTML, membuat skrip konten dan informasi gaya menjadi file yang terpisah dan mudah dirawat. Dengan demikian, halaman web modern biasanya terdiri dari tiga entitas terpisah: CSS (Cascading Style Sheets), file JavaScript, dan file HTML itu sendiri.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Algoritma: Tujuan dan Fungsi, Jenis serta Ciri dan Contoh Algoritma!

Cara Menerapkan Pemformatan CSS

Ilustrasi Gambar Penerapan CSS Cascading Style Sheets CSS Adalah
Ilustrasi Gambar Penerapan CSS Cascading Style Sheets

Sifat cascading file CSS dikaitkan dengan fakta bahwa informasi gaya untuk halaman web dapat didefinisikan di salah satu dari tiga tempat yang berbeda, juga dikenal sebagai tingkat gaya.

Praktik yang umum disukai adalah untuk meletakkan informasi gaya dalam file terpisah dengan ekstensi .css. Menggunakan informasi pemformatan yang terkandung dalam lembar gaya kaskade eksternal dilakukan melalui tag tautan HTML. Laman web dapat menautkan ke nol, satu atau mungkin file CSS eksternal berbeda dengan menggunakan beberapa tag tautan.

<link rel = "stylesheet" type = "text / css" href = "apa-itu-css.css">

Namun, pada proyek yang kecil atau dalam kasus di mana halaman web tertentu tertarik untuk mengganti sebagian informasi gaya dalam file CSS eksternal, informasi gaya dapat ditulis dalam tag <style> di dalam halaman web. Ini dikenal sebagai level gaya internal. Informasi tingkat gaya internal dalam halaman web akan menimpa informasi gaya apa pun yang disediakan oleh lembar gaya kaskade eksternal.

Aturan Gaya Cascading

Semua tag HTML5 memiliki properti gaya yang dapat digunakan seseorang untuk menimpa informasi gaya apa pun yang ditentukan pada tingkat gaya halaman atau dalam lembar gaya eksternal. Menggunakan tag HTML untuk mendefinisikan informasi CSS disebut sebagai gaya inline. Fakta bahwa aturan gaya menentukan bahwa gaya tingkat orang tua ditimpa oleh gaya tingkat halaman dan gaya tingkat halaman ditimpa oleh gaya tingkat tag adalah apa yang dimaksud dengan style sheet yang mengalir.

Bahasa Style Sheets

Sintaks CSS relatif sederhana. Nama elemen ke gaya, yang disebut sebagai pemilih CSS, diikuti oleh kurung kurawal, di mana berbagai Attribute (atribut), seperti ukuran font dan warna latar ditetapkan sebagai nilai atau value. Organisasi standar World Wide Web Consortium (W3C) mendefinisikan atribut CSS, meskipun berbagai browser dapat menawarkan dukungan tambahan dengan mendefinisikan bidang khusus mereka sendiri. Ini sering dilakukan untuk atribut yang diajukan yang diharapkan untuk dimasukkan dalam rilis CSS di masa depan.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Pengertian Web Browser: Apa itu Browser? Sejarah, Manfaat dan Contohnya!

CSS Selector (Penyeleksi)

CSS Selector atau Penyeleksi CSS ini dapat berupa tag HTML, atribut kelas yang ditetapkan untuk tag HTML dan bahkan status elemen yang diberikan, seperti keadaan dinonaktifkan pada bidang input atau keadaan mengambang tautan jangkar. Memungkinkan untuk menyesuaikan gaya komponen tergantung pada keadaan mereka atau bagaimana mereka diklasifikasikan pada halaman memberikan desainer grafis banyak fleksibilitas dalam menentukan bagaimana halaman web akan diberikan oleh Web Browser.

Penutup

Jadi, CSS adalah kepanjangan dari Cascading Style Sheets yang biasa digunakan dalam web. Itulah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai pengertian CSS (Cascading Style Sheets) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar