Pengertian CSS3: Modul Utama serta Fitur Baru CSS3

0
Gambar Pengertian CSS3 Dan Fitur CSS3
Gambar Pengertian CSS3

Pengertian CSS3 Adalah

Apa itu CSS3? CSS3 atau Cascading Style Sheets Level 3 adalah perubahan terakhir CSS dan iterasi standar CSS yang digunakan dalam penataan dan pemformatan halaman Website. CSS3 menggabungkan standar CSS2 dengan beberapa perubahan dan peningkatan. Perubahan utama adalah pembagian standar menjadi modul terpisah, yang membuatnya lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami. Pada Februari 2014, standar ini masih dalam pengembangan oleh W3C (World Wide Web Consortium), tetapi sejumlah properti CSS3 telah diimplementasikan dalam versi terbaru dari beberapa browser Web.

CSS3 atau yang biasa disebut Cascading Style Sheets Versi 3 ini membuat perubahan pada bagaimana beberapa elemen visual diimplementasikan dan dirender oleh Web Browser. Namun, ini bukan spesifikasi yang sangat berat, tidak seperti CSS2. CSS3 dipisahkan menjadi beberapa modul terpisah untuk memfasilitasi pengembangan. Ini berarti bahwa spesifikasi keluar dalam potongan, dengan modul yang lebih stabil daripada yang lain. Beberapa darinya akan siap untuk rekomendasi, sementara yang lain akan ditandai sebagai sedang dikembangkan dan yang paling baru diterbitkan pada awal Juni 1999.

CSS3 adalah versi terbaru, yang menawarkan fitur-fitur baru seperti fungsi sudut membulat atau warna RGB yang ditingkatkan di atas pendahulunya CSS2.1. Namun, beberapa browser masih memiliki masalah dengan dukungan CSS3.

Modul Utama CSS3

Berdasarkan pengertian CSS3 di atas, CSS3 adalah perubahan terakhir dari CSS sebelumnya. Adapun beberapa modul utama CSS3 adalah:

  • Box model
  • Image values and replaced content 
  • Text effects 
  • Selectors (Penyeleksi)
  • Backgrounds and borders
  • Animations
  • UI (User Interface)
  • Multiple column layout
  • 2D/3D transformations
Baca Juga :  HTML Attribute Adalah: Pengertian Karakteristik, Variasi, Atribut Intinya

Fitur Baru CSS3 (Cascading Style Sheets Level 3)

Ilustrasi Gambar Fitur Baru CSS3
Ilustrasi Gambar Fitur Baru CSS3

Mengacu pada pengertian CSS3 di atas, adapun fitur baru dari CSS3 adalah:

a. Selector (Penyeleksi)

Selector di CSS3 ini sangat menarik. Mereka akan memungkinkan perancang/pengembang untuk memilih pada tingkat dokumen yang jauh lebih spesifik. Salah satu hal yang menyenangkan tentang modul ini adalah bahwa banyak browser sudah mulai mendukung penyeleksi CSS3 yang canggih, sehingga Anda dapat mulai mencobanya sekarang. Sebagai contoh, beberapa Selector (penyeleksi) baru CSS3 adalah:

  • Pencocokan pada atribut dan nilai atribut, termasuk kecocokan sebagian
  • Pseudo-class (Kelas pseudo) struktural, seperti anak ke-n
  • Target pseudo-class untuk mendesain hanya elemen yang ditargetkan dalam URL
  • Pseudo-class yang diperiksa untuk menata elemen apa saja yang dicentang seperti radio atau elemen kotak centang

b. Text Effect and Layout

Membuat perubahan pada tanda hubung, spasi putih, dan pembenaran teks dalam dokumen.

c. Huruf Pertama dan Baris Pertama Pseudo-class

CSS 3 harus memungkinkan properti untuk mempengaruhi Kerning dan penyelarasan drop-caps.

d. Media Paged dan Konten yang di-generate

CSS3 sekarang akan mendukung lebih banyak opsi dalam media halaman, seperti menjalankan header dan footer dan nomor halaman. Plus akan ada properti lanjutan untuk mencetak konten yang dihasilkan termasuk properti untuk catatan kaki dan referensi silang.

e. Layout Multi-Kolom

Saat ini, rancangan kerja tata letak multi-kolom menyediakan properti untuk memungkinkan desainer menampilkan konten mereka dalam beberapa kolom dengan definisi seperti celah-kolom, jumlah kolom, dan lebar kolom.

f. Ruby

CSS sekarang akan mendukung kemampuan untuk menambahkan anotasi kecil di atas atau di samping kata-kata, paling sering digunakan dalam bahasa Cina dan Jepang. Mereka umumnya digunakan untuk memberikan pelafalan atau arti dari ideogram yang sulit.

Baca Juga :  Pengertian Clickbait: Ciri, Jenis Clickbait dan Dampaknya Secara Lengkap

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas tentang apa itu pengertian CSS3 dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar