Pengertian User-Generated Content (UGC): Manfaat dan Jenisnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian User-Generated Content
Ilustrasi Gambar Pengertian User-Generated Content

Pengertian User-Generated Content adalah

Apa itu Pengertian User-Generated Content? User-Generated (UGC) atau Konten Buatan Pengguna ini didefinisikan sebagai segala jenis konten yang telah dibuat dan diletakkan di sana oleh kontributor yang belum dibayar atau, menggunakan istilah yang lebih baik, penggemar (fans). Ini dapat merujuk pada gambar, video, testimonial, tweet, posting blog, dan segala sesuatu di antaranya dan merupakan tindakan pengguna yang mempromosikan merek daripada merek itu sendiri.

Penggunaan UGC bermanfaat bagi kedua belah pihak dari perusahaan, dan pengguna. Perusahaan mendapat manfaat dari sejumlah besar ide dan konten segar, untuk generasi yang dapat menghabiskan banyak malam tanpa tidur. Selain itu, ada investasi tunai yang serius. Dan bagi pengguna, penciptaan UGC memungkinkan mereka untuk berkolaborasi dengan merek favorit mereka, mengekspresikan diri secara kreatif, mendapatkan hadiah dan diskon untuk itu, dan bahkan membuat perubahan kecil dalam acara perusahaan. Artinya, kampanye iklan yang berfokus pada penjualan, kampanye yang menggunakan konten pengguna didasarkan pada kejujuran dan ketulusan.

Manfaat dari konten yang dibuat pengguna

1. Kredibilitas

Salah satu bonus paling penting yang dapat digunakan oleh pengguna konten adalah kepercayaan pengguna. Ketika Anda menunjukkan minat pada pikiran, ide, perasaan, menunjukkan keterbukaan, perhatian, dan rasa hormat Anda terhadap mereka, Anda akan membuat orang sangat percaya diri pada perusahaan Anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Custom Stiker WhatsApp Sendiri dengan Mudah

2. Menjangkau pengguna baru

Ketika beberapa orang mulai mempercayai Anda, orang lain akan melihatnya, dan ada peluang besar bahwa Anda akan tertarik pada perusahaan Anda. Inilah fenomena pembuktian sosial, yang mungkin pernah Anda dengar lebih dari satu kali. Menurut penelitian yang dilakukan Nielsen, 92% pengguna merek berbagi teman dan kerabat mereka. Sumber informasi terpenting kedua adalah tentang produk tertentu.

Bukti sosial memiliki pengaruh kuat pada orang-orang, dan dengan bantuan darinya, Anda dapat memperluas audiens Anda secara signifikan. Orang-orang cenderung lebih percaya pada merek dan perusahaan. Dengan demikian, UGC atau Konten Buatan Pengguna ini tidak hanya harus memperkuat hubungan dengan pelanggan yang sudah ada, tetapi juga untuk menjangkau pengguna baru.

3. Potensi virus

Kemungkinan besar, viralitas konten pengguna akan lebih dari konten biasa, karena orang cenderung berbagi kreativitas mereka dengan teman, kerabat, dan kenalan.

4. Dampak Positif pada SEO

UGC juga memiliki efek positif pada SEO. KissMetrics mengungkapkan bahwa jika kami mempertimbangkan 20 merek teratas di dunia, hasil mereka di peringkat lebih tinggi sebesar 25% karena konten pengguna yang sukses. Ini berarti bahwa sejumlah besar lalu lintas organik dan konten dikaitkan dengan tautan ke situs website (terutama tautan balik).

5. Membuat Pengguna untuk Membeli

Tugas yang paling sulit bagi orang untuk membeli produk mereka. Menurut laporan L2 Inc., ini meningkatkan tingkat konversi sebesar 4,6%.

Jenis User-Generated Content

Setelah mengetahui pengertian User-Generated Content dan penjelasannya di atas, kita juga harus mengetahui mengenai jenis-jenis dari User-Generated Content (UGC) ini

a. Komentar

Komentar membantu mengidentifikasi apakah produk itu membantu, apakah orang dikelola untuk menemukan apa yang mereka harapkan.

Baca Juga :  Pengertian SMS: Apa Itu SMS, Fungsi dan Manfaat Short Message Service

b. Ulasan

Pikirkan tentang proses melakukan pembelian online. Anda mengunjungi situs web, membuka halaman dengan produk yang diperlukan, gulir ke bawah untuk menemukan ulasan klien. Kami melakukannya tanpa sadar. Mengapa kita mencari mereka? Kami ingin menemukan pengalaman pelanggan dalam berurusan dengan perusahaan ini atau itu, jika mereka menerima apa yang mereka pesan, jika mereka puas dengan harapan mereka.

c. Ulasan Foto

Kami ingin menemukan bagaimana produk kami terlihat dalam kehidupan nyata tanpa pencahayaan dan presentasi yang ideal karena seringkali produk di situs web dan di kehidupan nyata mungkin berbeda.

d. Ulasan Video

Ulasan video adalah jenis lain UGC karena memungkinkannya digunakan dalam kehidupan nyata. Gadget dan peralatan rumah tangga.

e. Gagasan untuk Desain Baru

UGC adalah varian yang baik ketika Anda mencari ide-ide baru dan segar untuk peningkatan produk Anda. Gunakan jejaring sosial dan minta klien Anda untuk membuat desain baru sebagai hadiah. Kami menawarkan kepada Anda 2 contoh bagus praktik seperti itu.

Cara Membuat dan Menengumpulkan UGC

Ilustrasi Gambar Pengertian User-Generated Content
Ilustrasi Gambar Cara Membuat dan Mengumpulkan User-Generated Content

1. Analisis target audiens Anda untuk menemukan tempat yang lebih baik untuk UGC

Jika audiens target Anda sebagian besar adalah kaum muda, gunakan jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Jika Anda bekerja dengan remaja dan dewasa, buat tempat khusus untuk situs web Anda untuk memberikan umpan balik. Antarmuka yang ramah pengguna seharusnya tidak menyebabkan masalah untuk meninggalkan ulasan. Tawarkan klien Anda untuk meninggalkan umpan balik mereka setelah pembelian.

2. Jadilah Kreatif dan Orisinal

Buat kompetisi reguler dan jangan lupa tentang hadiah. Buat halaman di jejaring sosial dan posting, ada pendatang baru, posting, kuesioner, kompetisi. Tanyakan klien Anda suka dan bagikan. Ide bagus lainnya adalah memberi. Orang akan sangat senang mendapatkan sesuatu secara gratis dan Anda juga dapat meminta mereka untuk membuat posting dengan tagar khusus.

Baca Juga :  Pengertian RISC (Reduced Instruction Set Computer): Sejarah, Fitur Dasar dan Manfaatnya

Membuat konten berkualitas tinggi membutuhkan banyak waktu, uang, dan energi. Oleh karena itu, konten yang dibuat pengguna sangat bermanfaat – dengan bantuan, Anda dapat menghemat banyak uang dan, tanpa banyak usaha, mendapatkan banyak ide segar dan unik, meningkatkan loyalitas pelanggan dan kesadaran merek.

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini mengenai pengertian User-Generated Content dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat menjadi referensi dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan Kita semua, terutama dalam belajar Teknologi informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar