Pengertian NFC: Sejarah, Cara Kerja, Fungsi, Bedanya dengan Bluetooth

0
Ilustrasi Gambar Pengertian NFC Apa Itu NFC Pengertian NFC
Ilustrasi Gambar Pengertian NFC (Near Field Communication) Adalah

Pengertian NFC (Near Field Communication) Adalah

Jadi apa sebenarnya NFC itu? Sederhananya, NFC adalah metode transfer data nirkabel yang disebut NFC (Near field communication) yang mendeteksi dan kemudian memungkinkan teknologi dalam jarak dekat untuk berkomunikasi tanpa perlu koneksi Internet. Mudah, cepat, dan bekerja secara otomatis.

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. NFC adalah seperangkat standar yang memungkinkan smartphone dan perangkat lain untuk berkomunikasi melalui sinyal radio ketika mereka berada dalam jarak dekat. NFC bekerja mirip dengan RFID, meskipun NFC memiliki jangkauan yang jauh lebih pendek daripada RFID. Kisaran NFC sekitar 4 inci, membuatnya lebih sulit untuk didengarkan (sinyalnya).

NFC yang merupakan akronim untuk Near Field Communication ini adalah teknologi yang dikembangkan untuk transfer data yang sangat dekat (hampir menyentuh level). Mirip seperti bluetooth tetapi bekerja untuk jarak yang sangat dekat .

Sejarah NFC (Near Field Communication)

NFC (Near Field Communication) melacak akarnya kembali ke identifikasi frekuensi radio (RFID). Memang, NFC sebenarnya adalah bagian dari RFID dengan jangkauan komunikasi yang lebih pendek untuk tujuan keamanan. Pada tahun 2004, Nokia, Sony, dan Philips berkumpul untuk membentuk Forum NFC. Grup ini didedikasikan untuk mempromosikan keamanan, kemudahan penggunaan, dan popularitas komunikasi lapangan dekat. Ini bertujuan untuk mengedukasi bisnis tentang teknologi dan menjunjung tinggi standar yang memungkinkan NFC untuk beroperasi di antara berbagai perangkat. Mereka yang ingin membuat perangkat yang sesuai dengan NFC harus memenuhi standar ini yang ditetapkan oleh Forum NFC. Ini memastikan bahwa setiap pengguna dengan perangkat NFC apa pun dapat menggunakannya dengan perangkat NFC lain atau tag NFC.

Meskipun Forum NFC (Near Field Communication) dibentuk pada tahun 2004, baru pada tahun 2006 kelompok tersebut menghasilkan set spesifikasi pertama untuk tag NFC. Tag NFC adalah benda kecil, seperti stiker, yang berisi informasi yang dapat disadap oleh perangkat yang kompatibel dengan NFC, seperti smartphone, ketika melewati tag NFC. Informasi pada tag biasanya hanya-baca, tetapi tag tertentu memungkinkan perangkat membacanya untuk menulis informasi baru atau mengubah informasi lama pada tag.

Pada tahun 2006, spesifikasi untuk poster “pintar” dibuat. Poster pintar menyimpan informasi yang dapat dibaca oleh perangkat yang kompatibel dengan NFC saat melewatinya. Ini dapat memberikan semua informasi, seperti informasi tentang karya seni terkenal yang tergantung di museum atau biografi singkat kehidupan orang terkenal di poster dengan gambar mereka di atasnya.

Baca Juga :  Pengertian SOAP (Web Service) Adalah: Bagian dan API dari SOAP

Ponsel comptabile NFC (Near Field Communication) pertama, Nokia 6131, juga muncul selama ini. Seiring berlalunya waktu, semakin banyak spesifikasi yang muncul dan teknologi tumbuh dari metode pembayaran hingga berbagi video, tautan, dan undangan game antara telepon pintar dan perangkat NFC lainnya. Android memproduksi ponsel NFC pertamanya, Samsung Nexus S, pada 2010. Saat ini pasar NFC paling dominan di Eropa, Asia, dan Jepang, meskipun Amerika Serikat juga melihat pertumbuhan yang cepat di bidang ini. Diperkirakan bahwa NFC akan segera berkembang menjadi bentuk pembayaran dan teknologi pertukaran data yang populer di Amerika Serikat.

Cara Kerja NFC (Near Field Communication)

Gambar Pengertian NFC Apa Itu NFC Pengertian NFC
Ilustrasi Gambar Cara Kerja NFC (Near Field Communication) Adalah

Teknologi yang terlibat disini sangat sederhana yaitu berevolusi dari teknologi identifikasi frekuensi radio (RFID), sebuah chip NFC beroperasi sebagai salah satu bagian dari tautan nirkabel. Setelah diaktifkan oleh chip lain, sejumlah kecil data antara kedua perangkat dapat ditransfer ketika dipegang beberapa sentimeter dari satu sama lain.

Tidak perlu memasangkan kode untuk menghubungkan dan karena menggunakan chip yang beroperasi pada daya yang sangat rendah (atau pasif, menggunakan lebih sedikit), ini jauh lebih hemat daya daripada jenis komunikasi nirkabel lainnya. Pada intinya, NFC berfungsi untuk mengidentifikasi kami dengan kartu dan perangkat kami yang diaktifkan (dan dengan ekstensi, rekening bank kami dan info pribadi lainnya).

Sekarang kita tahu apa itu NFC dan pengertian NFC (Near Field Communication), sama seperti Bluetooth dan WiFi, dan segala macam sinyal nirkabel lainnya, NFC bekerja berdasarkan prinsip pengiriman informasi melalui gelombang radio. Near Field Communication adalah standar lain untuk transisi data nirkabel. Ini berarti bahwa perangkat harus mematuhi spesifikasi tertentu untuk dapat saling berkomunikasi dengan benar. Teknologi yang digunakan dalam NFC didasarkan pada gagasan RFID (Radio Frequency Identification) yang lebih lama, yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi.

Ini menandai satu perbedaan utama antara NFC dan Bluetooth/WiFi. Yang pertama dapat digunakan untuk menginduksi arus listrik dalam komponen pasif serta hanya mengirim data. Ini berarti bahwa perangkat pasif tidak memerlukan catu daya sendiri. Mereka malah bisa ditenagai oleh medan elektromagnetik yang dihasilkan oleh komponen NFC aktif ketika datang ke jangkauan. Sayangnya, teknologi NFC tidak memerintahkan induktansi yang cukup untuk mengisi daya Smartphone kita, tetapi pengisian daya QI didasarkan pada prinsip yang sama.

Baca Juga :  Pengertian UI (User Interface): Manfaat, Jenis dan Cara membuatnya

Frekuensi transmisi untuk data lintas NFC adalah 13,56 megahertz. Anda dapat mengirim data pada 106, 212, atau 424 kilobit per detik. Itu cukup cepat untuk serangkaian transfer data dari detail kontak hingga pertukaran gambar dan musik.

Fungsi NFC (Near Field Communication)

Mengacu pada pengertian NFC (Near Field Communication) di atas, adapun beberapa fungsi umum NFC (Near Field Communication) adalah sebagai berikut:

  • Mengirim nomor telepon
  • Mengirim gambar
  • Kirim dokumen
  • Kirim petunjuk arah
  • Luncurkan aplikasi di ponsel orang lain
  • Melakukan pembayaran
  • Terhubung dengan tag NFC

Mode NFC (Near Field Communication)

Berdasarkan pengertian NFC (Near Field Communication) di atas, NFC (Near Field Communication) ini dapat berjalan melalui 3 (tiga) mode, yakni:

a. Peer-to-peer

Untuk menentukan jenis informasi apa yang akan dipertukarkan antar perangkat, standar NFC saat ini memiliki tiga mode operasi yang berbeda. Mungkin yang paling umum digunakan dalam smartphone adalah mode peer-to-peer. Ini memungkinkan dua perangkat berkemampuan NFC untuk saling bertukar informasi antara satu sama lain. Dalam mode ini kedua perangkat beralih antara aktif saat mengirim data dan pasif saat menerima.

b. Mode read/write

Di sisi lain, adalah transmisi data satu arah. Perangkat aktif, mungkin ponsel cerdas Anda, terhubung dengan perangkat lain untuk membaca informasi darinya. Tag iklan NFC menggunakan mode ini.

c. Mode Card Emulation

Mode operasi terakhir adalah Card Emulation atau emulasi kartu. Perangkat NFC dapat berfungsi sebagai kartu kredit cerdas atau tanpa kontak dan melakukan pembayaran atau memanfaatkan sistem transportasi umum.

Cara Menggunakan NFC (Near Field Communication)

Chip NFC yang diisi di dalam kartu kredit untuk pembayaran tanpa kontak bukanlah hal baru. Tetapi case yang sedikit lebih baru dan memang lebih menarik untuk NFC adalah dengan ponsel cerdas Anda, atau bahkan jam tangan pintar Anda, sebagai cara untuk mendigitalkan seluruh dompet Anda.

Hampir setiap pembuat OS seluler memiliki aplikasi mereka sendiri yang menawarkan fungsionalitas NFC yang unik. Pengguna Android memiliki variasi terluas untuk dipilih. Opsi yang paling terkenal adalah Android Pay, yang berfungsi pada banyak ponsel dan jam Android, memungkinkan Anda untuk mengakses dana Anda untuk pembayaran tanpa kontak.

Samsung Pay, yang beroperasi dengan cara yang sama, tersedia untuk pengguna ponsel Samsung di AS, dan diperkirakan akan segera mendarat di Inggris. Tetapi fungsi NFC pada ponsel tidak terbatas pada pembayaran. Ada juga Android Beam, yang diimplementasikan pada tahun 2011 di Android Ice Cream Sandwich 4.0 sebagai proses sederhana dan mudah yang memungkinkan untuk mentransfer foto, kontak, dan arah dengan menyatukan dua ponsel.

Baca Juga :  Pengertian Wireframe: Elemen, Kelebihan dan Kekurangan Wireframing

Contoh NFC

Perangkat lunak Android Beam menggunakan NFC untuk memungkinkan pemasangan dan membuat koneksi Bluetooth saat melakukan transfer file dan kemudian menonaktifkan Bluetooth di kedua perangkat setelah selesai. Nokia, Samsung, BlackBerry dan Sony telah menggunakan teknologi NFC ini untuk memasangkan headset Bluetooth, pemutar media dan speaker dengan satu ketukan.

Perbedaan NFC dengan Bluetooth

Dari pengertian NFC di atas, Bagaimana cara membandingkannya dengan teknologi nirkabel lainnya? Anda mungkin berpikir bahwa NFC sedikit tidak perlu, mengingat Bluetooth telah tersedia secara luas selama bertahun-tahun. Namun, ada beberapa perbedaan teknologi penting antara keduanya yang memberi NFC beberapa manfaat signifikan dalam keadaan tertentu. Argumen utama yang mendukung NFC adalah bahwa ia membutuhkan konsumsi daya yang jauh lebih sedikit daripada Bluetooth. Ini membuat NFC sempurna untuk perangkat pasif, seperti tag iklan yang disebutkan sebelumnya, karena mereka dapat beroperasi tanpa sumber daya utama.

Namun, penghematan daya ini memang memiliki beberapa kelemahan utama. Terutama, jangkauan transmisi jauh lebih pendek daripada Bluetooth. Sementara NFC memiliki jangkauan sekitar 10 cm, hanya beberapa inci, koneksi Bluetooth dapat mengirimkan data hingga 10 meter atau lebih dari sumbernya. Kelemahan lainnya adalah NFC sedikit lebih lambat dari Bluetooth. Ini mentransmisikan data pada kecepatan maksimum hanya 424 kbit / s, dibandingkan dengan 2.1 Mbit/s dengan Bluetooth 2.1 atau sekitar 1 Mbit/s dengan Bluetooth Low Energy.

Tetapi NFC memang memiliki satu keunggulan utama yaitu konektivitas yang lebih cepat. Karena penggunaan kopling induktif, dan tidak adanya pemasangan manual, dibutuhkan kurang dari sepersepuluh detik untuk membuat koneksi antara dua perangkat. Sementara Bluetooth modern terhubung cukup cepat, NFC masih sangat berguna untuk skenario tertentu. Yaitu pembayaran mobile.

Samsung Pay, Android Pay, dan bahkan Apple Pay menggunakan teknologi NFC meskipun Samsung Pay bekerja sedikit berbeda dari yang lain. Sementara Bluetooth bekerja lebih baik untuk menghubungkan perangkat bersama-sama untuk transfer file, berbagi koneksi ke speaker, dan banyak lagi, kami mengantisipasi bahwa NFC akan selalu mendapat tempat di dunia ini berkat pembayaran seluler teknologi yang berkembang dengan cepat.

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas tentang pengertian NFC (Near Field Communication), apa itu NFC dan penjelasannya lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua yang terpenting dalam memahami Istilah-Istilah Teknologiyang harus dipahami dalam pembelajaran Teknologi Informasi Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar