Pengertian Mentions: Cara Melacak dan Tips Meresponnya dalam Media Sosial

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Mentions
Ilustrasi Gambar Pengertian Mentions

Pengertian Mentions adalah

Sebenarnya, apa itu Mentions? Dan apa pengertian Mentions? Mentions adalah ketika suatu merek atau produk direferensikan, atau “disebutkan” di web. Meskipun sering merujuk secara eksklusif ke media sosial, Mentions ini juga dapat menggambarkan kapan saja publikasi online atau blog menggunakan nama merek. Sebutan adalah metrik informatif untuk membantu bisnis online mengukur bagaimana persepsi dan visibilitas merek mereka.

Sebutan mencakup PR, media sosial, SEO, dan kesadaran & popularitas merek secara keseluruhan. Ketika sebuah bisnis ditandai di Facebook, di-tweet, atau ditautkan, bisnis itu dimasukkan dalam nilai pencarian organik dari merek atau produk yang dicari. SEO yang positif mengarah pada peningkatan visibilitas, yang kemudian dapat mendorong lebih banyak Mentions ini dan selanjutnya meningkatkan nilai dari SEO tersebut. Lingkaran umpan balik atau feedbackpositif ini adalah salah satu cara kunci yang merek-merek terkenal meledak dalam semalam.

Cara Melacak Mentions

Berdasarkan pengertian Mentions di atas, ada juga cara melacak Mentions ini. Meskipun hampir mustahil untuk melacak setiap Mentions, ada beberapa alat dan layanan yang dapat memberikan indikasi arah bisnis yang baik tentang bagaimana kinerja merek mereka. baik aplikasi pemantauan gratis maupun berbayar yang akan menemukan sebutan dan mengagregasinya secara otomatis.

Google Alerts adalah layanan gratis yang paling dikenal luas. Ini adalah alat yang tumpul dan tidak memonitor media sosial, tetapi ini adalah tempat yang baik untuk usaha kecil yang baru memulai media sosial dan kampanye pemasaran online mereka. Intinya, lansiran Google memonitor mesin pencari Google untuk kata kunci pilihan Anda dan menempatkan semua hasil di satu tempat.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Keamanan Komputer: Jenis dan Bentuknya Secara Lengkap!

Ada juga alat gratis yang lebih canggih seperti Hootsuite, Icerocket, Social Mention, Topsy dan SumAll dan lain sebagainya. Layanan-layanan ini memantau media sosial dan Internet yang lebih umum, dengan mempertimbangkan sinyal sosial dan juga Mentions. Setiap layanan memiliki fokus yang sedikit berbeda dan akan mengembalikan informasi yang berbeda. Lakukan riset untuk mencari tahu mana yang memiliki fitur yang Anda butuhkan.

Seiring pertumbuhan merek dan produk Anda, mendapatkan lebih banyak detail dan analisis profesional mungkin diperlukan. Kesamaan semua platform ini adalah ketergantungan mereka pada kata kunci. Informasi yang Anda dapatkan kembali hanya sebaik kata kunci yang Anda masukkan ke dalam aplikasi. Dalam setiap kasus, Anda harus menggunakan beberapa pencarian kata kunci untuk menutupi merek Anda dari berbagai sudut.

  • Gunakan nama merek Anda tentu saja, tetapi juga termasuk singkatan, kesalahan pengejaan atau variasi umum
  • Cari moto, slogan, atau frasa kunci yang digunakan dalam pemasaran Anda
  • Kata kunci yang merujuk ke industri Anda secara keseluruhan
  • Nama-nama personil utama: pemilik, manajemen, karyawan populer dan yang termasuk alternatif dan salah eja daripadanya

Menafsirkan dan Merespon Mentions

Aplikasi pemantauan tidak hanya menunjukkan penyebutan sebagai angka abstrak, mereka menyediakan tautan ke penyebutan individual. Ketika Anda melihat Mentions yang sangat baik atau sangat negatif, periksalah siapa yang memberikan komentar. Jika orang itu memiliki sepuluh pengikut, Anda mungkin tidak perlu merespons, jika dia memiliki 10.000, Anda pasti harus. Temukan Mentions di situs yang memiliki volume tinggi atau pembuat trand Internet populer dan dapatkan keterlibatannya (Engagement).

  • Temukan tempat yang tepat dan aktif di mana merek Anda sedang didiskusikan dan bergabunglah dalam percakapan.
  • Dengarkan kritik, betapa pun ekstremnya kritik tersebut dan perlakukan itu sebagai kesempatan untuk memperbaiki.
  • Setelah Anda memiliki pemantauan, periksa hasilnya sesering mungkin.
  • Jangan mencoba mengendalikan atau menyensor percakapan. Jadilah asli (real) dan transparan
  • Mentions adalah cara terbaik untuk memantau kesuksesan SEO dan pemasaran Anda. Jauh dari sekadar angka abstrak, mereka memanfaatkan denyut nadi internet, memungkinkan Anda merespons tren yang melingkupi merek Anda hampir secara real time.
Baca Juga :  Pengertian Bank: Cara Kerja, Fungsi dan Jenis-Jenis Bank Secara Lengkap!

Tips Merespons Mentions Media Sosial

Ilustrasi Gambar Pengertian Mentions
Ilustrasi Gambar Tips Merespon Mentions

Setelah mengetahui pengertian Mentions ada juga tips untuk merespon Mentions ini. Sekarang Anda sudah lengkap dan siap merespon dan mulai melacak Mentions, berikut adalah beberapa tipsnya. Setiap Mentions sosial menghadirkan peluang unik. Tanggapi sebanyak mungkin!

1. Tanggapi dengan Cepat

Jika merek Anda disebutkan oleh outlet berita atau tokoh publik, poskan ulang konten itu di feed Anda sendiri sesegera mungkin selagi masih segar.

Tanggapi pertanyaan pelanggan secepat mungkin juga. Menurut Salesforce, 64 persen konsumen berharap memiliki interaksi waktu nyata dengan merek (brand).

Semakin cepat Anda menanggapi permintaan atau keluhan pelanggan, semakin mudah untuk menjaga situasi itu tetap menguntungkan Anda dan memenangkan kesetiaan pelanggan itu.

2. Tetap Setia pada Suara dan Nada Merek Anda

Siapa pun yang menjalankan akun media sosial Anda harus berpengalaman dalam pedoman suara dan nada merek Anda. Gunakan bahasa yang jelas dan sederhana yang dapat diakses oleh semua orang. Seorang siswa kelas delapan harus dapat dengan mudah membaca posting Anda. Cobalah untuk menjaga informasi visual Anda PG-13 juga. Hindari emoji dengan makna sugestif (lebih lanjut tentang itu di sini). Jika Anda suka meningkatkan respons Anda dengan GIF, pastikan respons itu sesuai untuk audiens Anda.

Akhirnya, sebagai aturan umum, hindari menyimpang ke wilayah “merek yang mengatakan bae” yang dapat ditakuti. Bersikaplah profesional, dan bersikaplah dingin. ????

3. Jangan Bersikap Defensif

Penting untuk mengambil setiap rekomendasi sebagai kritik daripada kritik. Bahkan komentar yang marah dapat membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang poin rasa sakit audiens Anda.

4. Tangani Setiap Penyebutan dengan Sikap Positif

Juga, pertahankan diri Anda tetap bertanggung jawab. Menghapus pesan dan dengan sengaja menekan tombol keluar dalam percakapan jarang terlihat bagus.

Baca Juga :  Pengertian SEO (Seach Engine Optization): Tujuan, Jenis SEO Lengkap

5. Ketahui Kapan Harus Memindahkan Percakapan ke DM (Pesan Langsung) Anda

Jika suatu situasi melibatkan informasi pribadi seseorang, sarankan untuk memindahkan percakapan ke dalam pesan langsung. Demikian pula, jika kesalahpahaman memiliki potensi untuk spiral, lebih baik untuk mengeluarkannya dari mata publik secepat mungkin (sekali lagi, jangan menghapus apa pun).

Situasi kompleks terkadang tidak dapat diselesaikan dengan mudah dengan tweet atau balasan cepat. Jika tanggapan yang lebih bernuansa diperlukan — atau jika seseorang memiliki banyak pertanyaan, maka DM, email, atau bentuk komunikasi pribadi lainnya mungkin lebih tepat.

6. Tahu Kapan Harus Mengabaikan atau Melepaskan Diri

Tahukah Anda bahwa, kadang-kadang, orang akan mencoba untuk terlibat dengan merek Anda di media sosial murni untuk menimbulkan masalah dan membuat Anda terlihat buruk? Ya, saya sama terkejutnya dengan Anda! maka jangan beri makan celah.

Jika Anda dapat melihat percakapan tidak mengarah ke tempat yang produktif, sering kali lebih baik lanjutkan saja. Akhirnya, troll akan bosan dan merangkak kembali ke dalam lubang dari mana asalnya.

7. Mencari Peluang untuk Lebih Maju

Melacak sebutan sosial memberi Anda banyak peluang untuk mengubah negatif menjadi positif. Ketika Anda mengatasi situasi ini secara publik, itu dapat membuat merek Anda terlihat sangat bagus.

Demikian pula, jika Anda mencari istilah sosial dan bertemu dengan pelanggan potensial yang masalahnya mungkin diselesaikan oleh produk atau layanan Anda, pertimbangkan untuk menghubungi mereka. Pendekatan nada dingin ini dapat membantu Anda mengidentifikasi prospek baru.

Karena itu, lanjutkan dengan hati-hati. Enam puluh empat persen konsumen tidak suka ketika merek mencoba untuk terlibat dengan mereka tanpa diminta. Jika Anda menebak-nebak diri sendiri sebelum menekan tombol kirim, jangan lakukan itu!

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini mengenai pengertian Mentions dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua, terutama dalam Belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar