Memahami Pengertian Follback: Apa itu Follow Back? Aturan, Rasio dan Perbedaannya dengan Follow!

0
Gambar Pengertian Follow Apa Itu Follow Back Aturan Rasio Dan Perbedaannya Dengan Follow
Gambar Pengertian Follow Apa Itu Follow Back Aturan Rasio Dan Perbedaannya Dengan Follow

Tahukah Kalian, Pengertian Follback, Apa itu Follow Back? Aturan dan Perbedaannya dengan Follow serta Haruskah Saya Melakukannya? Memang, Setiap platform media sosial memiliki warga negaranya sendiri dan Instagram sangat cocok untuk mereka yang lebih condong secara visual di antara Kami. Perusahaan dan merek mereka, fotografer profesional, pelancong, dan mereka yang tertarik dengan petualangan unik menemukan Twitter atau Instagram sebagai saluran sosial yang menarik.

True, sementara media sosial dapat tampak luar biasa pada awalnya, sama seperti belajar berenang, kadang-kadang yang terbaik adalah melompat dan bertahan di tepi kolam sebentar. Ya, seperti yang kita ketahui, begitu seseorang mulai memposting foto mereka di depan umum, seringkali mereka akan diperdayai dengan permintaan follow dan follback. Terkait hal tersebut, dalam postingan ini, Kami akan membahas apa itu follback? Apa aturannya? Haruskah Saya mengikuti semua orang kembali? secara lebih detail dan lengkap. Berikut ulasannya!

Pengertian Follback

Merupakan singkatan dari follow back. Dalam media sosial, ketika Anda melihat sesuatu yang terdapat kata follback artinya adalah ikuti kembali berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Urbandictionary.

Ketika seseorang mengikuti Anda di media sosial seperti Twitter atau Instagram dan dia berkata “follback” itu berarti dia ingin Anda juga mengikutinya. Biasanya Anda tidak mengenal orang-orang ini, mereka hanya ingin mendapatkan lebih banyak followers.

Kebanyakan dari mereka adalah nolifers (adalah orang yang kebanyakannya menghabiskan waktu mereka dengan komputer).

Apa itu Follow Back?

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan follow back? Ini adalah istilah yang mengacu pada tindakan membalas budi setelah seseorang mem-follow atau mengikuti Anda.

“Follow Back” adalah sesuatu yang sangat dihargai oleh remaja dan Millenial (baca pengertian Millenial disini), tetapi terkadang adalah hal yang sulit untuk membedakan siapa yang sebenarnya membalas budi yang merujuk pada tindakan mengikuti tersebut.

Itulah sebabnya pengguna media sosial (baca pengertian media sosial disini) banyak berbicara tentang fitur Instagram baru yang akan membuatnya lebih mudah untuk menguraikan siapa di antara orang-orang yang Anda ikuti, mengikuti Anda kembali.

Aturan Follback

Setelah mengetahui apa itu follback, kita juga harus mengetahui apa saja aturan yang harus kita terapkan dalam melakukan follback atau following back agar Anda tetap termotivasi dan memastikan pengalaman positif di media sosial seperti Twitter dan Instagram.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Blog: Apa itu? Definisi, Sejarah, Tujuan dan Struktur Dasar Blog!

Berikut ini adalah aturan melakukan follback dalam dunia bisnis agar Anda dapat terhindar dari kesalahan yang perlu kalian ketahui.

1. Minat

Sekarang angga saja Anda atau perusahaan Anda telah mulai memposting secara teratur ke Instagram Anda, maka Anda akan mulai mendapatkan pengikut yang menyukai pembaruan Anda, walaupun tidak semua orang akan mengklik suka.

Beberapa orang akan mulai mengikuti Anda tanpa menyukai postingan Anda. Ini adalah orang-orang yang hanya mencari followers. Jangan Anda abaikan! Perhatikan minat mereka terlebih dahulu. Jelajahi feed mereka dan klik pada beberapa foto mereka, kalau mereka memiliki pengikut yang kecil, berarti mereka sedang terburu-buru untuk menumbuhkan jumlah followers atau pengikut mereka, sehingga mereka akan lupa untuk melihat melalui feed Anda.

Beri mereka keuntungan dari keraguan Anda. Pada saat ini, kecuali umpan mereka sesuai dengan minat bisnis Anda, Anda tidak harus mengikuti mereka kembali.

2. Mutual


Apa yang harus Saya lakukan dengan pengikut yang hanya mengikuti Saya dan bagaimana menindak lanjutinya? Jangan jatuh ke dalam perangkap ini! Jelajahi umpan mereka dan jika mereka tidak memiliki alasan topik bersama yang layak untuk mengikuti mereka kembali – jangan.

Abaikan mereka. Kata kuncinya adalah “mutual“, media sosial di semua platform berfungsi paling baik ketika kedua belah pihak memiliki konten yang bermakna bagi kepentingan satu sama lain. Sebagai catatan, jika seorang pengikut memiliki konten yang vulgar, merendahkan, atau bertentangan dengan Anda dan kode moral klien Anda, maka Anda dapat memblokir mereka.

3. Nilai

Bagaimana Saya menangani pengikut yang mengikuti akun Saya selama sehari dan kemudian berhenti mengikuti setelah Saya mengikuti mereka? Tergantung, apakah kontennya membawa nilai bagi bisnis Anda? Jika demikian, terus ikuti mereka. Jika tidak berhenti ikuti.

Jika umpan Anda penuh dengan konten tidak relevan perusahaan lain, Anda akan kehilangan postingan yang benar-benar penting yang memberi Anda nilai. Poster-poster yang hanya ada di dalamnya untuk meningkatkan jumlah pengikut mereka dan menjatuhkan umpan pada hari berikutnya tidak akan membawa nilai bagi Anda atau bisnis klien Anda.

Rasio Follow dan Follback

Gambar Rasio Follow Atau Following Dengan Follback Yang Ideal Dan Baik
Gambar Rasio Follow Atau Following Dengan Follback Yang Ideal Dan Baik

Membahas mengenai pengertian follback, adalah merupakan hal yang penting untuk kita dalam mengetahui apa rasio follow dan follback yang ideal dan baik.

Orang-orang berbicara tentang memiliki “rasio followers atau pengikut” yang baik di Instagram dan Kami pribadi pun setuju, ini penting tetapi mari kita lihat dua hal ekstrim yang tidak boleh dilakukan dan dibiarkan seperti:

Contoh 1: 200 Pengikut, 1000 Mengikuti
Contoh 2: 2000 Pengikut, 100 Mengikuti

Di 1 (pertama), rasio ini membuatnya terlihat seperti orang lain yang tidak ingin mengikuti Anda. Anda membuat terlihat seperti spam (baca pengertian spam disini

) karena Anda mengikuti begitu banyak orang yang tidak mengikuti Anda kembali

Baca Juga :  Memahami Pengertian CTR (Click Trough Rate): Apa itu? Fungsi, Cara Meningkatkan, Tips Mengoptimalkan serta Perbedaannya dengan Conversion Rate!

Dalam ke-2, rasio ini adalah khas dari selebriti karena banyak orang mengikuti mereka sementara mereka hanya mengikuti beberapa saja. Bagi orang-orang terkenal seperti Messi, Cristiano Ronaldo atau Justin Bieber, maka hal ini terbilang baik-baik saja.

Tetapi untuk bisnis Anda, itu bisa membuat Anda tampak sedikit angkuh. Jika Kami mengklik profil ini, maka Kami akan segera tahu Anda tidak akan mengikuti Kami kembali atau bahkan mungkin hanya sekedar melihat profil Kami. Ini terbilang agak impersonal dan bisa menghentikan minat orang.

Lalu Seperti Apa Rasio Follow dan Follback yang Ideal dan Baik?

Berdasarkan beberapa riset yang Kami lakukan, untuk pengguna media sosial standar, rasio jumlah pengikut dan mengikuti yang ideal dan terbaik adalah:

500 Pengikut, 470 Mengikuti

Rasio ini sangat ideal karena menunjukkan bahwa Anda mengikuti banyak pengikut Anda yang menunjukkan bahwa Anda berorientasi pada komunitas dan bukan hanya tentang jumlahnya. Ini juga menunjukkan Anda tidak sembarangan menggunakan media sosial atau secara putus asa mengikuti orang disekitar Anda.

Perbedaan Follow dan Follback

Ilustrasi Gambar Perbedaan Follback Dengan Follow Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Perbedaan Follback Dengan Follow Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Seperti yang sudah Kami jelaskan pada penjelasan apa itu pengertian follback di atas, ini berarti seseorang atau pemilik akun tersebut memiliki minat pada akun Anda. Lalu apa yang membedakannya dengan “follow” sendiri?

Jawabannya adalah sederhana, follow artinya Anda memilih untuk mengikuti orang tersebut. Sedangkan follow back atau “follback” berarti seseorang telah mengikuti Anda dan kemudian Anda ditawari pilihan untuk mengikuti mereka kembali.

Haruskah Saya Follback Semua Orang yang Follow Saya di Media Sosial?

Mungking tujuan kita adalah membangun lebih banyak followers atau pengikut di saluran media sosial seperti Twitter dan Instagram. Kami pribadi merasa tidak sopan atau tidak pantas untuk tidak mem-follback seseorang yang mengikuti Kami.

Namun, banyak yang mengatakan bahwa akan terlihat lebih baik bagi sebuah brand atau merek untuk memiliki rasio pengikut yang memiliki followers banyak untuk diikuti. Tunggu dulu, lalu apakah ada jawaban yang tepat untuk ini?

Jawabanya adalah tidak perlu. Terlebih jika akun yang Anda gunakan adalah akun bisnis. Karena hal tersebut dapat merusak reputasi akun Anda. Banyak pelanggan yang sebenarnya adalah pengguna spam, mereka tidak melakukan apa pun untuk kredibilitas akun Anda.

Tentu saja, jika Anda memiliki akun bisnis, maka akan cukup sulit untuk memeriksa setiap notifikasi dan hal itu hanya membuang waktu Anda.

Kami pribadi tidak mengikuti kembali semua followers atau pengikut Kami di Twitter atau Instagram. Kami hanya mengikuti orang-orang yang menyumbangkan informasi yang berguna dan terlibat dalam percakapan di platform (baca pengertian platform disini) tersebut.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Content Marketing: Apa itu Pemasaran Konten? Manfaat, Contoh dan Cara Memulainya! Kenapa itu Penting?

Kami tidak melihat alasan untuk mengikuti kembali semua orang karena ada banyak orang di kedua platform yang tidak aktif, menarik, atau berguna.

Bagaimana Cara Unfollow Akun yang tidak Follback Kita di Media Sosial?

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ini, salah satunya adalah dengan mengecek profil atau bio masing-masing akun yang Anda ikuti, walaupun hal ini merupakan hal yang sulit untuk dilakukan oleh akun yang mempunyai jumlah followers (pengikut) yang besar.

Lalu bagaimana caranya? Ya! Anda dapat melakukannya dengan menggunakan tools sederhana untuk mengetahuinya (baca cara unfollow akun yang tidak follback kita di media sosial Twitter dan Instagram disini).

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah jelaskan? Baiklah, jadi dari pembahasan mengenai Pengertian Follback, Apa itu Follow Back? Aturan, Rasio dan Perbedaannya dengan Follow serta Haruskah Saya Melakukannya di atas, dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa following back atau follback adalah tindakan yang mengacu pada media sosial. Dengan melakukannya, berarti Anda akan menerima dan dapat melihat apa pun yang mereka posting, itu juga bisa berarti Anda menjadi “teman” orang itu di media sosial.

Ketika seseorang mulai mengikuti Anda namun Anda belum mengikutinya, maka tombol “follow back” ditampilkan di depan nama orang yang mengikuti Anda. Jika Anda mengikutinya kembali dan dia menerima permintaan Anda (tergantung pada akun private atau tidak) maka kata “following” akan muncul di depan namanya.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Follback, Apa itu Follow Back? Aturan, Rasio dan Perbedaannya dengan Follow serta Haruskah Saya Melakukannya. Semoga dapat bermanfaat serta dapat membantu Anda dalam memahami dan menggunakan media sosial.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar