Pengertian IT Adalah: Perspektif, Infrastruktur dan Ruang Lingkupnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian IT Apa Itu Information Technology
Ilustrasi Gambar Pengertian IT Apa Itu IT (Information Technology)

Pengertian IT (Information and Technology)

Apa itu IT (Information and Technology)? dan pengertiannya? IT adalah singkatan dari “Information Technology,” dan diucapkan “I.T.” Ini mengacu pada apa pun yang terkait dengan teknologi komputasi, seperti Jaringan dan Networking, Hardware, Software, Internet, atau orang yang bekerja dengan teknologi ini.

Membahas mengenai IT (Information Technology) sekarang banyak perusahaan sekarang memiliki departemen IT untuk mengelola komputer, jaringan, dan bidang teknis lainnya dari bisnis mereka. Pekerjaan IT termasuk pemrograman komputer, administrasi jaringan, teknik komputer, pengembangan Web, dukungan teknis, dan banyak pekerjaan terkait lainnya. Karena kita hidup di “zaman informasi,” teknologi informasi telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Itu berarti istilah “IT,” sudah sangat sering digunakan, ada di sini untuk tinggal.

Perspektif IT (Information and Technology)

Gambar Pengertian IT Apa Itu IT Information Technology
Gambar Perspektif IT Apa Itu IT (Information Technology)

Mengacu pada pengertian IT di atas, adapun perspektif pada IT ini adalah sebagai berikut:

a. Perspektif akademik

Dalam konteks akademik, Asosiasi untuk Mesin Komputer mendefinisikan IT sebagai “program sarjana yang mempersiapkan siswa untuk memenuhi kebutuhan teknologi komputer dari bisnis, pemerintah, kesehatan, sekolah, dan jenis organisasi lainnya.

b. Perspektif komersial dan pekerjaan

Perusahaan di bidang teknologi informasi sering dibahas sebagai kelompok sebagai “sektor teknologi” atau “industri teknologi”.

c. Perspektif etis

Bidang etika informasi didirikan oleh ahli matematika Norbert Wiener pada 1940-an. Adapun beberapa masalah etika yang terkait dengan penggunaan teknologi informasi meliputi:

  • Pelanggaran hak cipta oleh mereka yang mengunduh file yang disimpan tanpa izin dari pemegang hak cipta
  • Pengusaha memonitor email karyawan mereka dan penggunaan Internet lainnya
  • Email yang tidak diminta
  • Peretas mengakses basis data daring
  • Website memasang cookie atau spyware untuk memantau aktivitas online pengguna
Baca Juga :  CSS Selector Adalah: Pengertian, Macam-Macam dan Formatnya

Infrastruktur IT (Information and Technology)

Infrastruktur IT terdiri dari semua komponen yang entah bagaimana berperan dalam keseluruhan IT dan operasi yang didukung IT ini yang dapat digunakan untuk operasi bisnis internal atau mengembangkan IT pelanggan atau solusi bisnis.

Komponen Infrastruktur IT

Biasanya, infrastruktur TI standar terdiri dari komponen berikut:

a. Hardware (Perangkat keras)

Server, komputer, pusat data, sakelar, hub dan router, dan peralatan lainnya

b. Software (Perangkat lunak)

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), manajemen hubungan pelanggan (CRM), aplikasi produktivitas dan banyak lagi

c. Network (Jaringan)

Pemberdayaan jaringan, konektivitas internet, firewall dan keamanan

d. Meatware

Pengguna manusia, seperti administrator jaringan (NA), pengembang, perancang, dan pengguna akhir dengan akses ke alat atau layanan IT apa pun juga merupakan bagian dari infrastruktur IT, khususnya dengan kemajuan pengembangan layanan IT yang berpusat pada pengguna.

Ruang Lingkup IT (Information and Technology)

Sebagaimana pengertian IT (Information and Technology) di atas, IT melibatkan banyak hal. Ambil, misalnya, departemen IT di sebuah perusahaan. Ada banyak orang dengan banyak pekerjaan dan tanggung jawab yang beragam. Tanggung jawab ini berkisar dari menjaga keamanan sistem dan data hingga menjaga jaringan dan berjalan. Ada orang yang memasukkan data, orang yang mengelola basis data dan orang yang melakukan pemrograman. Ada juga pembuat keputusan, seperti Chief Information Officers (CIOs), yang memutuskan bagaimana departemen IT akan beroperasi dan komponen apa yang akan dibeli.

IT juga mencakup pengelolaan data, apakah itu dalam bentuk teks, suara, gambar, audio atau bentuk lainnya. Ini juga dapat melibatkan hal-hal yang berkaitan dengan Internet. Ini memberi IT arti yang sama sekali baru, karena Internet adalah ranahnya sendiri. IT melibatkan transfer data, sehingga masuk akal bahwa Internet akan menjadi bagian dari IT. IT telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan terus berkembang biak ke ranah baru.

Baca Juga :  Pengertian TTY (Teletype atau Teletypewriter): Sejarah dan Dasarnya

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini mengenai Pengertian IT (Information and Technology) dan penjelasannya secara lengkap yang merupakan salah satu pengertian yang harus Anda ketahui dalam Belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar