Mengenal Apa Itu Pengertian Address Bus, Fungsi dan Cara Kerjanya pada Komputer

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Address Bus Atau Computer Bus Fungsi Address Bus Dan Cara Kerja Address Bus
Ilustrasi Gambar Pengertian Address Bus Atau Computer Bus Fungsi Address Bus Dan Cara Kerja Address Bus

Sebenarnya, apa itu Pengertian Address Bus? Ketika mengacu pada komputer, Address Bus adalah koneksi data antara dua perangkat atau lebih yang terhubung ke komputer. Misalnya, bus memungkinkan prosesor komputer untuk berkomunikasi dengan memori atau kartu video dengan memori.

Anda dapat menganggapnya sebagai transportasi umum atau bus sekolah. Bus bukan akronim untuk apa pun. Bus yang ada dalam Komputer biasanya disebut dan dikenal sebagai Address Bus, Data Bus, atau Local Bus

Pengertian Address Bus

Address Bus adalah arsitektur bus komputer yang digunakan untuk mentransfer data antar perangkat yang diidentifikasi oleh alamat perangkat keras memori fisik (alamat fisik), yang disimpan dalam bentuk angka biner untuk memungkinkan bus data mengakses penyimpanan memori.

Bus berisi banyak kabel (saluran sinyal) yang berisi informasi pengalamatan yang menggambarkan lokasi memori tempat data sedang dikirim atau tempat data itu diambil. Setiap kabel di bus membawa sedikit informasi, yang berarti semakin banyak kabel bus memiliki lebih banyak informasi yang dapat dialaminya. Misalnya, komputer dengan bus alamat 32-bit dapat menangani memori 4 GB, dan komputer dengan bus 36-bit dapat menangani memori 64 GB.

Fungsi Address Bus

Address Bus digunakan oleh CPU atau perangkat berkemampuan akses memori langsung (DMA) untuk mencari alamat fisik untuk mengkomunikasikan perintah read/write. Semua Address Bus dibaca dan ditulis oleh CPU atau DMA dalam bentuk bit.

Bus mampu menjadi bus paralel atau serial dan saat ini semua komputer menggunakan dua jenis bus, bus internal atau bus lokal dan bus eksternal, juga disebut bus ekspansi. Bus internal memungkinkan komunikasi antara komponen internal seperti kartu video dan memori. Bus eksternal mampu berkomunikasi dengan komponen eksternal seperti perangkat USB atau SCSI. Komputer atau kecepatan bus perangkat tercantum dalam MHz, misalnya, FSB 100 MHz. Throughput bus diukur dalam bit per detik atau megabyte per detik.

Baca Juga :  Pengertian FaaS (Function As A Service): Prinsip, Jenis, Perbedaannya

Cara Kerja Address Bus

Gambar Pengertian Address Bus Atau Computer Bus Fungsi Address Bus Dan Cara Kerja Address Bus
Gambar Pengertian Address Bus Atau Computer Bus Fungsi Address Bus Dan Cara Kerja Address Bus

Mengacu pada Pengertian Address Bus di atas, Address Bus adalah bagian dari arsitektur bus sistem, yang dikembangkan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan integrasi modular. Namun, kebanyakan komputer modern menggunakan berbagai bus individual untuk tugas-tugas tertentu. Komputer individual berisi System Bus, yang menghubungkan komponen utama sistem komputer dan memiliki tiga elemen utama, di mana Address Bus adalah satu, bersama dengan bus data dan bus kontrol.

Address Bus diukur berdasarkan jumlah memori yang dapat diambil sistem. Sistem dengan Address Bus 32-bit dapat mengatasi 4 gibibytes ruang memori. Komputer yang lebih baru menggunakan Address Bus 64-bit dengan sistem operasi pendukung dapat menangani 16 exbibytes lokasi memori, yang sebenarnya tidak terbatas.

Kumpulan kabel yang menghubungkan CPU dengan memori utama yang digunakan untuk mengidentifikasi lokasi tertentu (alamat) dalam memori utama. Lebar Address Bus (yaitu, jumlah kabel) menentukan berapa banyak lokasi memori unik yang dapat ditangani. PC dan Macintosh modern memiliki sebanyak 36 garis alamat, yang memungkinkan mereka secara teoritis untuk mengakses 64 GB (gigabytes) memori utama. Namun, sebenarnya jumlah memori yang dapat diakses biasanya jauh lebih sedikit daripada batas teoritis ini karena keterbatasan chipset dan motherboard.

Address Bus (Bus) Komputer yang Paling Populer

Mengacu pada fungsi Address Bus di atas, saat ini, banyak bus yang tidak lagi digunakan atau tidak digunakan seperti saat pertama komputer ditemukan. Di bawah ini adalah daftar bus yang banyak digunakan dan bagaimana mereka digunakan dengan komputer.

  • eSATA dan SATA; Hard drive komputer dan drive disk.
  • PCIe; Kartu ekspansi komputer dan kartu video.
  • USB; Periferal komputer.

Kesimpulan

Seperti yang sudah kita bahas dalam pembahasan Address Bus di atas, dapat disimpulkan bahwa Address Bus ini adalah arsitektur bus komputer. Ini digunakan untuk mentransfer data antar perangkat. Perangkat diidentifikasi oleh alamat perangkat keras dari memori fisik (alamat fisik).

Baca Juga :  Zakat, Infaq dan Shadaqah: Pengertian, Hukum dan Syaratnya Lengkap

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Address Bus, Fungsi Address Bus dan Cara Kerja Address Bus beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengenal Komponen yang ada pada Komputer. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar