7+ Istilah dalam Smartphone (Mobile) yang Harus Anda Ketahui

0
Gambar Istilah Istilah Dalam Mobile Smartphone Yang Harus Anda Ketahui
Gambar Istilah Istilah Dalam Mobile Smartphone Yang Harus Anda Ketahui

Apa itu Smartphone (Mobile)?

Sebelum membahas mengenai Istilah dalam Smartphone (Mobile), kita harus mengetahui apa itu Smartphone (Mobile) terlebih dahulu. Smartphone (Mobile) adalah ponsel dengan fitur yang sangat canggih. Smartphone tipikal memiliki tampilan layar sentuh resolusi tinggi, konektivitas WiFi, kemampuan menjelajah Web, dan kemampuan untuk menerima aplikasi canggih. Sebagian besar perangkat ini berjalan di salah satu dari sistem operasi seluler yang populer seperti Android, Symbian, iOS, BlackBerry OS dan Windows Mobile.

Sebuah Smartphone (Mobile) diharapkan memiliki CPU yang lebih kuat, lebih banyak ruang penyimpanan, lebih banyak RAM, opsi konektivitas lebih besar dan layar lebih besar dari ponsel biasa. Smartphone (Mobile) kelas atas sekarang berjalan dengan prosesor dengan kecepatan pemrosesan tinggi ditambah dengan konsumsi daya yang rendah. Itu artinya, mereka akan memungkinkan Anda untuk bermain game 3D, menjelajahi Web, memperbarui akun Facebook Anda, menelepon, dan mengirim teks lebih lama dari sebelumnya.

Untuk lebih jelas dalam memahami Smartphone (Mobile), oleh karena itu adalah merupakan hal yang penting untuk kita mengetahui istilah dalam Smartphone (Mobile).

7 Istilah dalam Smartphone (Mobile) yang Harus Anda Ketahui

Ilustrasi Gambar Istilah Dalam Smartphone Mobile Yang Harus Anda Ketahui
Ilustrasi Gambar Istilah Dalam Smartphone Mobile Yang Harus Anda Ketahui

1. Hybrid App (Aplikasi hybrid)

Hybrid App yang merupakan dalam Istilah-Istilah Teknologi adalah aplikasi yang akan bekerja pada platform yang berbeda (komputer, perangkat seluler, tablet) dan merupakan kombinasi dari aplikasi asli (yang disimpan secara lokal di perangkat Anda) dan aplikasi web (aplikasi yang diakses melalui browser web pada Internet). Amazon dan Apple App Store, Twitter, Yelp, dan Gmail adalah contoh dari aplikasi hybrid.

Baca Juga :  Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Ponsel/HP Bermasalah!

2. IDE (Integrated Development Environment)

IDE adalah aplikasi perangkat lunak yang mencakup alat-alat seperti editor kode sumber (editor teks yang dirancang khusus untuk menulis kode), debugger (alat untuk menguji kode), dan membangun alat otomatisasi (alat untuk menyusun kode ke dalam format yang dapat dibaca mesin dan menjalankan pengujian otomatis). Contoh IDE termasuk Eclipse, Visual Studio, dan VIM.

3. Native Apps (Aplikasi asli)

Native Apps atau Aplikasi asli dibuat khusus untuk platform tertentu. Mereka hanya berjalan di platform tempat mereka dibuat, dan disimpan secara lokal di perangkat itu. Mail untuk iOS dan Ingress untuk Android adalah contoh dari aplikasi asli.

4. NFC (Near Field Communication)

NFC adalah teknologi yang memungkinkan perangkat seluler berkomunikasi menggunakan gelombang radio ketika mereka sangat dekat satu sama lain (sekitar empat inci atau kurang) dan digunakan untuk layanan seperti berbagi file, memasangkan aksesori, atau pembayaran nirkabel. Perusahaan dapat menggunakan NFC untuk membuat produk interaktif dengan perangkat seluler konsumen, seperti termasuk tag berkemampuan NFC pada produk yang memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan produk, mendapatkan diskon, atau melakukan pemesanan baru dengan perangkat seluler mereka.

5. Responsive Web Design (Desain Web Responsif)

Responsive Web Design adalah praktik mendesain situs web sehingga mereka beradaptasi dengan anggun ke perangkat berukuran berbeda seperti ponsel, tablet, perangkat yang dapat dipakai, dan lainnya. Jika Anda dapat mengunjungi situs web di ponsel Anda dan tampilannya sama proporsional dan mulus seperti itu di komputer Anda, itu adalah contoh desain web responsif.

6. SDK (Software Development Kit)

SDK adalah seperangkat alat untuk membuat jenis perangkat lunak tertentu. SDK dirilis oleh perusahaan yang mengontrol platform perangkat lunak sedang dikembangkan untuk. Misalnya, aplikasi yang dikembangkan untuk iOS memerlukan SDK iOS, aplikasi Windows memerlukan .NET Framework SDK, dan aplikasi Java memerlukan Java Development Kit.

Baca Juga :  Pengertian TWAIN: Apa Itu TWAIN? Sejarah, Tujuan dan Istilahnya

7. Web App (Aplikasi web)

Web App atau Aplikasi web adalah situs web yang terlihat dan terasa seperti aplikasi (berbeda dengan serangkaian halaman yang ditautkan). FacebookPandora, dan Google Documentsadalah contoh aplikasi web.

Kesimpulan

Smartphone (Mobile) adalah kelas ponsel dan perangkat komputasi bergerak multi guna. Mereka dibedakan dari ponsel berfitur dengan kemampuan perangkat keras yang lebih kuat dan sistem operasi seluler yang luas, yang memfasilitasi perangkat lunak yang lebih luas, internet (termasuk penelusuran web melalui broadband seluler) dan fungsi multimedia (termasuk musik, video, kamera, dan permainan) di samping fungsi inti telepon seperti panggilan suara dan pesan teks.

Penutup

Demikianlah pembahasan Kami mengenai Istilah dalam Smartphone (Mobile) yang dapat Kami bagikan. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar