Inilah 5 Tips Cara Menulis dan Membuat Bio IG (Instagram) untuk Bisnis yang Baik dan Benar!

0
Gambar Dari Apa Saja 5 Tips Cara Menulis Dan Membuat Bio IG Instagram Untuk Bisnis Yang Baik Dan Benar Serta Pentingnya Itu
Gambar Dari Apa Saja 5 Tips Cara Menulis Dan Membuat Bio IG Instagram Untuk Bisnis Yang Baik Dan Benar Serta Pentingnya Itu

5 Tips Cara Menulis dan Membuat Bio IG (Instagram) untuk Bisnis yang Baik dan Benar serta Pentingnya!

Yup, meskipun mungkin tampak seperti bagian kecil dari profil Anda, membuat bio Instagram yang sempurna untuk bisnis dapat menjadi sebuah tantangan.

Bio Anda mengatur panggung untuk kehadiran brand Anda di platform (baca pengertian platform disini) tersebut.

Benar! Anda hanya memiliki 150 (seratus lima puluh) karakter untuk meringkas apa arti bisnis Anda, jadi, sangat masuk akal untuk terlalu memikirkannya.

Biografi bisnis adalah biografi yang memberi pembaca gambaran tentang siapa kalian dan apa yang Anda lakukan akan menunjukkan keahlian dan kredibilitas Anda, serta menunjukkan pengalaman dan latar belakang bisnis kalian.

Untuk mempermudah penyusunan bio Instagram untuk akun bisnis Anda, dalam postingan tips menulis dan membuat bio Instagram bisnis kali ini, Kami akan merincikan macam elemen-elemen terbaik apa perlu masuk ke bio IG (Instagram) untuk bisnis serta cara menulisnya untuk merek Anda.

Langsung saja, berikut ini ulasannya!

Apa itu Bio dan Instagram (IG) Bio?

Gambar Dari Apa Itu Bio Dan IG Instagram Bio Serta Apa Saja Jenis Dan Macam Macam Elemen Elemen Penting Di Dalamnya Dalam Membahas Tips Cara Membuat Dan Menulisnya Untuk Profil Bisnis
Gambar Dari Apa Itu Bio Dan IG Instagram Bio Serta Apa Saja Jenis Dan Macam Macam Elemen Elemen Penting Di Dalamnya Dalam Membahas Tips Cara Membuat Dan Menulisnya Untuk Profil Bisnis

Secara umum, bio adalah deskripsi rinci atau singkat yang bagus tentang kehidupan profesional atau pribadi seseorang.

Ini mencakup informasi tentang pendidikan Anda, pekerjaan, prestasi, hubungan, dan lain sebagainya.

Bio, pada umumnya mereka menggambarkan pengalaman seseorang atau sesuatu (seperti business account bio) selama bertahun-tahun terkait dengan peristiwa hidup atau perjalanannya.

Jenis tulisan ini lebih dari sekedar daftar riwayat, itu juga berbagi berbagai aspek kehidupan dan keterampilan pemiliknya dengan menganalisis kepribadian mereka.

Untuk lebih jelasnya, kalian dapat membaca lebih lanjut tentang apa itu pengertian bio disini.

Kemudian, untuk Instagram (IG) bio sendiri, mereka adalah ringkasan kecil, ditemukan di bawah nama pengguna Anda atau (username), tentang diri Anda atau bisnis Anda.

Di bio IG Anda, Anda dapat menyertakan deskripsi singkat, informasi kontak, emoji, dan lainnya, asalkan Anda menyimpannya di bawah 150 karakter.

Macam-Macam Elemen Penting dalam Bio Instagram

Sebelum kita mulai membahas labih lanjut tentang apa saja tips cara menulis dan membuat bio Instagram untuk bisnis yang baik dan benar serta pentingnya mereka, mari kita kenali terlebih dahulu apa saja macam-macam elemen penting yang terdapat dalam bio Instagram.

Memang, perlu Kami tekankan disini bahwa menulis bio Instagram Anda untuk bisnis adalah salah satu bagian penting dalam membuat profil bisnis Instagram yang sempurna.

Oke, di bawah ini adalah apa saja macam-macam elemen-elemen penting pada bio Instagram Anda yang perlu kalian perhatikan untuk membuat dan menulis akun bisnis kalian:

  1. Nama dan nama pengguna; Nama pengguna atau username Instagram Anda (seperti @rifqimulyawan) adalah identitas Instagram Anda. Ini adalah bagian dari URL profil Instagram Anda (instagram.com/myusername) dan memiliki lokasi yang menonjol di bagian atas halaman profil Anda. Di sisi lain, nama Anda adalah nama merek asli atau lengkap Anda. Bergantung pada sumber data seperti audiens (baca pengertian audiens disini) dan riset kata kunci, Anda mungkin mengetahui singkatan atau variasi nama yang biasa digunakan untuk nama merek Anda.
  2. Foto profil; Kemudian ada profile photo yang harus relevan dengan identitas visual brand Anda. Anda dapat menyertakan logo, lokasi fisik, atau bahkan foto produk. Namun terlepas dari foto mana yang Anda pilih untuk digunakan, foto itu harus terlihat bagus dan relevan dengan bisnis Anda. Untuk merek dengan identitas visual yang dikenal luas seperti Google, bahkan hanya logo ikonik biasa saja sudah menjadi foto profil yang bagus.
  3. Bagian bio Instagram; Ini adalah bagian di bawah nama Anda, tempat Anda dapat mengekspresikan diri (atau dalam hal ini, kepribadian brand Anda). Anda memiliki total 150 karakter yang tersedia untuk memberi tahu orang-orang tentang profil Instagram Anda, apa yang ditawarkan merek Anda, dan mengapa mereka harus mengikuti Anda (akan kita bahas lebih lanjut dalam tips cara menulis dan membuat bio IG atau Instagram untuk bisnis di bawah).
  4. Situs website; Situs web adalah satu-satunya bagian Instagram yang memungkinkan Anda menambahkan link (tautan) yang dapat diklik, jadi pastikan Anda menggunakan ruang ini dengan bijak. Meskipun Anda selalu dapat menambahkan URL ke beranda, Anda juga dapat memperbarui tautan ini lebih sering dengan memposting produk, konten, proyek baru, dan banyak lagi. Banyak merek menggunakan layanan seperti Linktree atau alternatif lainnya seperti LinkBioly untuk memaksimalkan batas tautan bawaan dengan mengarahkan pengguna ke halaman arahan dengan pintasan ke konten unggulan dan halaman produk.
  5. Kategori; Sekarang, khususnya di tahun 2021 ini, Instagram juga memungkinkan Anda menentukan kategori mana yang termasuk dalam kategori brand Anda, apakah Anda menjalankan restoran atau perusahaan media dan hiburan. Elemen penting lainnya ini muncul tepat di bawah nama bisnis Anda jika Anda memilih untuk mengaktifkannya, sehingga membantu mengosongkan ruang di bio Instagram Anda untuk detail penting lainnya.
  6. Tombol ajakan bertindak atau Call To Action (CTA); Anda selanjutnya dapat mengosongkan ruang di bio Instagram Anda jika Anda memanfaatkan tombol ajakan bertindak yang tersedia untuk akun Instagram Business. Hal ini memungkinkan orang untuk mengambil tindakan langsung dari profil Instagram Anda saat menggunakan aplikasi seluler, sehingga memudahkan pelanggan untuk mengonversi tindakan pengguna lainnya mulai dari pembelian hingga pemesanan.
  7. Info kontak; Bagian atau elemen terakhir disini yaitu opsi kontak yang memberi calon pelanggan info yang mereka butuhkan untuk terhubung dengan bisnis Anda. Manfaatkan tombol e-mail dan panggilan untuk menyoroti info kontak bisnis Anda tanpa menghabiskan banyak ruang di bio Anda.
Baca Juga :  Memahami Pengertian CTR (Click Trough Rate): Apa itu? Fungsi, Cara Meningkatkan, Tips Mengoptimalkan serta Perbedaannya dengan Conversion Rate!

5 Tips Cara Menulis dan Membuat Bio IG atau Instagram untuk Bisnis yang Baik dan Benar

Sekarang setelah Anda tahu apa saja elemen-elemen penting yang ada di bio Instagram dan tentunya yang harus kalian masukkan di profil bisnis kalian, sekarang mari kita lihat apa saja tips tentang cara menulis bio IG atau Instagram terbaik untuk bisnis kalian.

Oke langsung saja, di bawah ini adalah 5 tips utama dan bagaimana cara menulis dan membuat bio IG (Instagram) untuk bisnis yang baik dan benar.

1. Ketahui Apa Tujuan Bisnis Anda

Tips pertama yaitu adalah dengan mengetahui apa tujuan bisnis Anda.

Ya, karena Anda harus tetap berada dalam batasan 150 karakter, maka tentunya akan sangat penting bagi Anda untuk memiliki arah yang jelas saat menulis bio Instagram for business Anda.

Mengetahui persis apa yang Anda inginkan dari bio Anda akan membantu Anda mempersempit apa yang harus dikatakan.

Misalnya, Anda bisa menggunakannya untuk menyampaikan kepribadian merek Anda dan mengumumkan kehadiran Instagram Anda.

Atau, Anda juga dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk dan penawaran terbaru Anda atau memberi tahu orang-orang tentang apa yang dilakukan bisnis Anda.

Jika Anda memang mempromosikan penjualan dan produk terbaru, pastikan tim Anda siap untuk secara teratur memperbarui bio Instagram Anda serta memastikan info tersebut up-to-date.

Beberapa bisnis juga menggunakan bagian ini untuk mengekspresikan misi utama merek mereka dan apa yang mereka perjuangkan.

2. Jadikan Personalitas Brand (Merek) Anda Mencolok

Berikutnya yaitu dengan menjadikan personalitas brand (merek) Anda mencolok.

Yup! Manfaatkanlah bio Instagram bisnis Anda untuk mengekspresikan kepribadian merek Anda.

Ini termasuk bahasa dan nada yang Anda gunakan atau apa yang Anda katakan, secara umum.

Baca Juga :  Begini Cara Membuat Video Undangan Wedding (Pernikahan) di Microsoft Office Powerpoint + Link Downloadnya!

Sebagai contoh misalnya, bisnis kalian dapat menggunakan nada yang menyenangkan dan ramah tentunya dalam bio-nya sambil menggunakan kesempatan untuk membangun otoritas mereknya.

Beberapa bisnis juga dapat menambahkan emoji yang relevan jika pendekatan semacam itu sesuai dengan kepribadian merek mereka.

Saran Kami disini, perhatikan bahwa karakter khusus dan emoji mungkin tidak diterjemahkan dengan baik di pembaca layar.

Pastikan untuk mengingat praktik terbaik aksesibilitas untuk semua pengikut Anda dan hindari mengisi seluruh bio Anda dengan karakter yang sulit dibaca atau dipahami oleh pelanggan yang menggunakan pembaca layar.

3. Sertakan Hashtag dan Link (Tautan) Profil yang Relevan

Gambar Akun Instagram Bisnis Canva Dalam Tips Cara Membuat Dan Menulis Bio IG Instagram For Business Atau Untuk Bisnis
Gambar Akun Instagram Bisnis Canva Dalam Tips Cara Membuat Dan Menulis Bio IG Instagram For Business Atau Untuk Bisnis

Instagram memungkinkan Anda menambahkan hashtag (tagar) dan link atau tautan profil yang dapat diklik di bio IG bisnis Anda.

Jadi manfaatkan ini sebaik-baiknya untuk mengarahkan pelanggan ke pegangan Instagram Anda yang lain atau ke konten yang relevan dan ditandai.

Opsi untuk menambahkan tautan profil tersebut tentunya sangat bagus untuk bisnis yang mengelola banyak akun.

Sedangkan untuk hashtag (tagar) sendiri, menambahkannya ke bio Anda akan memungkinkan Anda mengarahkan audiens ke konten buatan pengguna yang ditandai dengan menakjubkan.

Anda dapat menggunakan tagar bermerek (branded hashtag) untuk mengumpulkan konten buatan pengguna atau User Generated Content (UGC) seperti Canva yang dapat kalian lihat pada gambar di atas.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tagar bermerek untuk mempromosikan campaign atau kampanye tertentu atau rilis baru yang akan datang.

4. Pastikan Mudah untuk Dibaca

Kiat-kiat untuk cara menulis dan membuat bio IG (Instagram) simple, sederhana ke-4 (empat) yang tidak dapat kalian abaikan lainnya yaitu adalah memastikannya mudah dibaca.

Seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya, bio Instagram Anda harus dapat menyampaikan apa yang dilakukan bisnis Anda atau apa yang ditawarkannya.

Yup! Jadi sangat penting bahwa orang dapat dengan mudah membaca dan memproses informasi tanpa terlalu banyak kesulitan.

Pemformatan seperti jeda baris dan spasi memudahkan membaca dan menekankan informasi penting secara sekilas.

5. Sertakan Ajakan Bertindak atau Call To Action (CTA) yang Menarik

Gambar Akun Instagram Ahrefs Com
Gambar Akun Instagram Ahrefs Com

Tips dan cara menulis dan membuat bio Instagram bisnis terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu dengan menyertakan ajakan bertindak atau Call To Action (CTA) yang menarik.

Memang, sementara tombol ajakan bertindak akan mengosongkan banyak ruang di bio Anda, tidak ada salahnya untuk lebih secara langsung menggunakan CTA Anda.

Pastikan orang tahu persis apa yang harus mereka lakukan saat mengunjungi profil Anda dengan menyertakan CTA di bio Anda.

Dalam menulisnya, buat mereka menjadi sangat spesifik tergantung pada tujuan akun bisnis Instagram Anda.

Anda dapat mengundang mereka untuk mengunjungi situs web Anda, berbelanja feed (umpan) Anda, melihat posting blog terbaru Anda, mengunduh panduan baru Anda, atau bahkan membagikan foto mereka sendiri menggunakan tagar bermerek Anda.

Baca Juga :  8+ Cara Penggunaan Teknologi Informasi di Berbagai Macam Bidang yang Baik dan Benar!

Jika Anda ingin meningkatkan pengikut Instagram Anda, Anda bahkan dapat menambahkan CTA ke “Ikuti Kami” untuk konten reguler Anda seperti postingan harian, pembaruan mode, dan sebagainya.

Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, Ahrefs (layanan SEO) menggunakan teks bio mereka untuk membuat CTA yang menunjukkan (dengan menggunakan emoji) ke rilis fitur terbaru mereka.

Kenapa Bio Bisnis IG atau Instagram Anda Penting?

Jadi apa pentingnya bio bisnis IG (Instagram) Anda?

Sebelumnya, jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya tentang pentingnya bio IG atau Instagram bisnis Anda, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Sesederhana seperti kelihatannya, bio Instagram memainkan peran penting dalam membangun kehadiran merek atau brand Anda.

Ini pastinya menunjukkan kepada orang-orang siapa Anda dan apa yang Anda jual.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan ruang yang sama untuk memberi tahu mereka mengapa mereka harus peduli dengan bisnis Anda dan penawarannya.

Dalam banyak kasus, profil Instagram Anda mungkin menjadi titik kontak pertama apakah seseorang menemukan Anda melalui hashtag (tagar) Instagram atau dengan mengklik dari pos berbayar atau berbagi di stories.

PROFIL Bio Anda adalah kesan pertama yang baik dan penting sambil menjelaskan mengapa mereka harus mengikuti Anda

Itulah mengapa Anda harus fokus untuk membuat bio Instagram bisnis yang secara efektif menggambarkan kepribadian merek Anda dan menetapkan proposisi nilai unik Anda.

Betul! Dengan kata lain, itu harus menjadi faktor dalam strategi bisnis Instagram Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Baik, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan 5 Tips Cara Menulis dan Membuat Bio IG (Instagram) untuk Bisnis yang Baik dan Benar serta Pentingnya di atas.

Perlu Kami tekankan disini bahwa bio bisnis IG atau Instagram Anda dapat membuat semua perbedaan dalam meningkatkan kehadiran sosial Anda.

Ini adalah tempat yang tepat untuk menunjukkan identitas merek Anda dan memamerkan sisi kreatif Anda.

Selain itu, bio tersebut juga dapat membantu Anda menunjukkan keunikan Anda dan menghibur audiens Anda.

Yup! Menurut Kami pribadi, semua ini adalah hal yang membuat kehadiran sosial suatu merek menonjol.

Penutup

Demikianlah postingan dan ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai 5 Tips Cara Menulis dan Membuat Bio IG (Instagram) untuk Bisnis yang Baik dan Benar serta Pentingnya.

Semoga apa yang Kami sampaikan disini dapat bermanfaat untuk kalian semua dalam bidang bisnis dan social media, selebihnya, selamat mencoba menerapkan tips dan caranya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini, jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar