Inilah 5 Tips Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia untuk Bisnis atau Personal (Anda Sendiri)!

0
Gambar Dari Apa Saja Tips Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia Untuk Bisnis Organisasi Perusahaan Atau Personal Anda Sendiri
Gambar Dari Apa Saja Tips Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia Untuk Bisnis Organisasi Perusahaan Atau Personal Anda Sendiri

Apa Saja Tips Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia untuk Bisnis atau Personal (Anda Sendiri)?

Oke, seperti yang mungkin sudah kalian ketahui, Wikipedia adalah salah satu situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Ya, menurut situs kalkulator harga dan nilai web mereka menghasilkan sekitar 18 (delapan belas) miliar tampilan setiap bulannya.

Walaupun, sekarang ini, khususnya tahun 2021 sekarang, di mana sebagian besar profesional mencoba membangun merek pribadi mereka di LinkedIn, Wikipedia adalah alat yang terlalu kuat untuk diabaikan.

Memiliki profil pribadi di Wikipedia tentunya akan meningkatkan kredibilitas seorang profesional dan juga membuat peringkat mereka lebih baik di seluruh dunia.

Terlebih situs ini juga sering kali muncul pertama kali di halaman pencarian Google. Selain itu, halaman Wikipedia pribadi sangat dicari oleh para profesional karena berguna untuk menciptakan kesan pertama.

Tidak semua orang bisa memilikinya karena seringkali terbilang mahal dan memakan waktu untuk membuatnya.

Namun, memiliki halaman itu pastinya meningkatkan prospek karir masa depan Anda, kredibilitas dan koneksi dengan audiens (baca pengertian audiens disini) Anda.

Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membagikan beberapa tips cara bagaimana mendapatkan halaman Wikipedia untuk bisnis, organisasi atau perusahaan dan bahkan personal atau diri Anda sendiri.

Oke langsung saja, berikut ulasannya!

Beberapa Hal yang Perlu Kalian Ketahui tentang Wikipedia

Gambar Apa Itu Wikipedia Dan Beberapa Hal Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Platform Jenis Wiki Ini
Gambar Apa Itu Wikipedia Dan Beberapa Hal Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Platform Jenis Wiki Ini

Yup! Pertama dari yang pertama, kalian tahu apa itu Wikipedia, bukan?

Benar! Ini adalah ensiklopedia terbuka, yang merupakan kata-kata dari Wikipedia sendiri yang memiliki tujuan “bertindak sebagai ensiklopedia bebas yang dapat diakses secara luas”.

Namun, Wikipedia sendiri menyatakan bahwa itu sarana promosi, ini berarti bahwa itu tidak mendukung segala jenis “advokasi, propaganda, atau rekrutmen”.

Ini mencakup semua kategori seperti olahraga, nasional, agama, ilmiah, politik atau komersial.

Jadi, jika ide Anda adalah menggunakan Wikipedia untuk mendorong salah satu agenda tersebut, buanglah agenda tersebut, karena setelah proses yang panjang ini, dapat Kami katakan bahwa Anda akan kecewa.

Bukan hanya karena Wikipedia sendiri tidak mendukung pemasaran, tetapi juga dengan jelas memaparkan banyak hal yang tidak.

Betul! Wikipedia bukan blog, jaringan media sosial, atau situs memorial.

Artinya, meskipun Wikipediawan atau Wikispecialist yang memiliki halaman akun pengguna sendiri, mereka tidak dapat menggunakannya untuk tujuan pribadi.

Ingatlah bahwa editor di situs Wikipedia hanya diperlukan untuk menambahkan, mengedit, atau mengubah informasi.

Jadi, Anda perlu tahu bahwa ketika Anda sendiri yang menjadi editor halamannya, maka Anda harus memastikan bahwa Anda mengikuti aturan mereka dan mempelajarinya dengan baik.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Data Collection: Apa itu Koleksi Data? Tujuan, Fungsi, Jenis dan Macam Metode, Contoh, Cara Mengumpulkan dan Kenapa itu Penting!

Tidak hanya itu, Anda juga harus mengikuti banyak pedoman lain tentang konten, kebijakan, pembuatan halaman, dan lain sebagainya.

5 Tips Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia untuk Bisnis, Organisasi, Perusahaan atau Personal (Anda Sendiri)

Gambar Tips Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia Untuk Bisnis Organisasi Perusahaan Atau Personal Anda Sendiri
Gambar Tips Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia Untuk Bisnis Organisasi Perusahaan Atau Personal Anda Sendiri

Pastinya, bagaimana kiat-kiat, tips dan caranya akan menjadi tugas yang menantang untuk membuat profil Wikipedia sebuah bisnis, organisasi, perusahaan atau personal (Anda sendiri).

Yup! Tentunya karena ada banyak pedoman untuk diikuti.

Namun, begitu Anda memulai dan mendapatkan gambaran tentang cara kerja platform (baca pengertian platform disini) tersebut, itu akan cukup mudah bagi Anda.

Wikipedia adalah alat pengenalan merek pribadi (personal branding) yang sangat kuat.

Dibandingkan dengan LinkedIn, peringkat Wikipedia lebih tinggi di peringkat pencarian Google dan memiliki kredibilitas yang lebih karena tantangan membuat dan memelihara profilnya.

Selain itu, halaman Wikipedia juga seringkali secara otomasi diambil oleh Google Knowledge Graph atau Panel, dimana dengan ini kalian akan mendapatkan cara pengenalan brand yang sempurna!

Oke langsung saja, berikut ini adalah tips dan cara bagaimana Anda bisa mendapatkan halaman Wikipedia untuk bisnis, organisasi, perusahaan atau personal (Anda sendiri).

1. Baca Pedoman Komunitas

Tips cara membangun halaman Wikipedia untuk bisnis, organisasi, perusahaan atau personal (Anda sendiri) yaitu pastinya dengan membaca pedoman komunitas.

Saat Anda membuat halaman Wikipedia, Anda harus menjadi pengguna terdaftar.

Wikipedia tidak mempercayai pengguna yang tak dikenal.

Jadi, jika Anda mulai mengedit tanpa mendaftar, Anda tidak akan mendapatkan kredibilitas.

Anda harus berusia minimal 4 (empat) hari sebagai pengguna dan mengedit 10 (sepuluh) artikel lain sebelum Anda mulai berpikir untuk memulai halaman Anda sendiri.

Saran Kami, edit banyak artikel yang ada untuk membangun kredibilitas Anda.

Setelah kredibilitas Anda ditetapkan, editor lain biasanya akan menganggap waktu mereka layak untuk mengunjungi halaman Anda.

Jika tidak, apa pun yang Anda pilih untuk ditulis disana mungkin akan dibuang langsung!

Ada banyak referensi dan kutipan yang diperlukan pada halaman untuk meningkatkan kredibilitas referensi termasuk artikel Wikipedia lainnya dan artikel berbasis jurnal.

Siaran pers atau press release, atau konten profil perusahaan dan pribadi tidak akan dihitung sebagai kutipan yang tepat.

Kutipan (dalam hal ini bernama citation) diperlukan untuk meyakinkan komunitas pembaca dan editor bahwa informasi yang Anda berikan berasal dari sumber yang dapat dipercaya.

2. Libatkan Orang-Orang untuk Membangun Halaman Anda

Kiat, tips atau cara berikutnya yaitu dengan melibatkan orang-orang untuk membangun halaman Anda.

Apakah Anda benar-benar perlu berada di database Wikipedia adalah keputusan yang hanya dapat Anda buat, karena Wikipedia sendiri melarang orang membuat profil pribadi mereka.

Benar! Ini seringkali dijalankan oleh serangkaian editor yang memiliki kebebasan untuk menghapus artikel Anda jika tidak direferensikan secara memadai, atau dikunjungi dan diedit oleh pengguna lain.

Jika satu-satunya orang yang melakukan pembaruan pada halaman adalah Anda sendiri, ada kemungkinan editor lain akan menghapus keberadaan Anda dari platform tersebut.

Baca Juga :  Membahas Pengertian E-Commerce: Apa itu? Menurut Ahli, Sejarah, Jenis, Komponen, Kelebihan Kekurangan dan Contohnya!

Oleh karena itu, saran Kami, penting bagi Anda untuk memiliki banyak orang yang terus memperbarui informasi tentang Anda di platform ini.

Terkait caranya, Anda dapat meminta kolega Anda, penulis Wikipedia lain untuk mengedit halaman Anda sesekali.

Anda juga dapat menemukan beberapa penulis Wikipedia di LinkedIn, membangun jaringan, dan mengedit halaman satu sama lain.

Adapun salah satu cara yang paling otentik untuk melakukan ini adalah dengan membangun audiens yang akan mengedit halaman mereka sendiri dengan informasi Anda.

Yup! Halaman yang sering dilihat di Wikipedia cenderung akan bertahan lebih lama di platform tersebut.

3. Buatlah Konten yang Beresonansi dengan Audiens Besar

Tips cara mendapatkan halaman Wikipedian untuk bisnis, organisasi, perusahaan atau personal (Anda sendiri) ke-3 (tiga) yang akan Kami jelaskan disini yaitu dengan membuat konten yang beresonansi dengan audiens yang besar.

Komunitas editor dan pembaca yang lebih besar harus memverifikasi konten Anda agar dapat bertahan lama.

Betul! Pikirkan dengan jelas tentang apa yang ingin Anda tulis!

Jika Anda menulis tentang diri Anda sendiri, apa sebenarnya yang telah Anda lakukan sehingga layak mendapatkan halaman Wikipedia untuk mengomunikasikannya kepada dunia?

Anda tidak dapat mengambil topik dari awal itu.

Mereka harus menjadi sesuatu yang telah dibicarakan di jurnal peer-review atau oleh para akademisi.

Ya! Harus ada cukup banyak sumber yang kredibel yang memastikan bahwa topik tersebut merupakan salah satu kepentingan sosial yang tersebar luas.

Apa yang Anda anggap sebagai suatu masalah signifikansi sosial mungkin tidak tampak sama persis dengan editor Wikipedia.

Saran Kami, pastikan Anda mengumpulkan sumber yang cukup kredibel untuk membuat cerita Anda meyakinkan.

4. Buat Pembaca Halaman Merasa Terlibat

Kiat, tips dan cara berikutnya yaitu dengan membuat reader atau para pembaca menjadi lebih terlibat.

Orang-orang yang mengunjungi halaman Wikipedia pribadi Anda hampir seperti bagian dari cerita Anda.

Mereka ada di sana karena mereka terpesona oleh Anda dan ingin tahu lebih banyak!

Anda dapat membuat pembaca merasa lebih terlibat (dalam hal ini yaitu terkait dengan engagement) dalam perjalanan Anda dengan memposting gambar Anda dan memperbarui profil secara teratur.

Hal ini sangat penting untuk membangun kepercayaan pembaca pada integritas Anda.

Setiap perkembangan dalam karier atau pencapaian Anda harus segera diperbarui di halaman ini.

Anda dapat menambahkan sedikit tentang kehidupan pribadi Anda juga karena pembaca akan ingin tahu lebih banyak tentang latar belakang dan sekolah atau pendidikan Anda.

Ini tentunya akan membuat mereka merasa lebih terlibat dan mereka akan lebih sering mengunjungi halaman Anda atau membaginya dengan rekan-rekan mereka.

5. Menggunakan Jasa Agensi untuk Membuat dan Memelihara Halaman Anda

Tips cara mendapatkan halaman Wikipedia terakhir yang dapat Kami berikan disini yaitu dengan menggunakan jasa agensi untuk membuat dan memelihara halaman Anda.

Baca Juga :  Begini Cara Membuat Custom Stiker di WhatsApp (WA) Sendiri dengan Mudah! Harus Tahu!

Ya! Ada banyak agen pemasaran yang membuat dan memelihara profil Wikipedia, sebagai contoh misalnya RM Digital yang merupakan agensi pemasaran online, atau kalian juga dapat menghubungi jasa personal branding Kami terkait hal ini.

Benar! Kemungkinan Anda tidak akan punya waktu untuk membuat halaman Wikipedia untuk diri Anda sendiri mengingat pembaruan terus-menerus diperlukan.

Agen pemasaran ini pastinya akan menangani halaman Anda untuk Anda.

Yup! Sangat bermanfaat untuk mendapatkan agensi di dalamnya karena menangani Wikipedia Anda sendiri dapat menjadi tugas yang menantang dengan pekerjaan dan komitmen lainnya.

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan Apa Saja Tips Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia untuk Bisnis atau Personal (Anda Sendiri).

Di atas adalah beberapa kiat-kiat membangun halaman di situs website Wikipedia yang dapat kalian coba untuk terapkan serta praktikkan sekarang juga.

Memang, memposting halaman Wikipedia pribadi bisa jadi rumit, terlebih karena situs jenis Wiki (baca pengertian Wiki disini) yang satu ini tidak seperti platform lain serta tidak ada otoritas khusus yang mengatur kontennya.

Sebanyak kebebasan yang Anda miliki untuk memasang apa pun yang Anda inginkan, konten itu akan siap untuk penggunaan publik dan pengguna lain juga memiliki hak membuat penambahan, penghapusan, atau penghapusan konten Anda.

Terlepas daripada hal itu, perlu kalian ketahui bahwa agen pemasaran Anda akan mengurus semua persyaratan ini dan akan dapat mengatur halaman untuk Anda secara efektif.

Betul! Mereka bahkan juga akan mengurus pembaruan dan kunjungan rutin yang diperlukan untuk membangun profil Anda.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Apa Saja Tips Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia untuk Bisnis atau Personal (Anda Sendiri).

Semoga kiat-kiat yang sudah Kami bagikan kali ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan teknologi informasi dan bisnis secara umum, khususnya terkait branding.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar