5+ Tips dan Cara Memilih Software (Program) yang Bagus, Baik dan Benar!

0
Gambar Dari Apa Saja Tips Dan Cara Memilih Software Atau Perangkat Lunak Program Yang Bagus Baik Dan Benar
Gambar Dari Apa Saja Tips Dan Cara Memilih Software Atau Perangkat Lunak Program Yang Bagus Baik Dan Benar

Apa Saja Tips dan Cara Memilih Software atau Program yang Baik? Benar, seiring dengan berkembangnya teknologi (baca pengertian teknologi disini), manusia semakin tidak bisa terlepas dari perangkat terkaitnya.

Ya, Anda tentu saja ingin menggunakan software (perangkat lunak) atau program terbaik untuk pekerjaan Anda.

Baik Anda seorang dosen atau desainer web, tools (alat) yang dibuat dengan baik pastinya dapat membuat pekerjaan Anda lebih efisien, dan lebih menyenangkan.

Tetapi bagaimana Anda mencari perangkat software dan bagaimana Anda mendefinisikan arti “bagus, baik dan benar atau terbaik” disini?

Yup, ada lebih banyak aplikasi e-mail, CRM, dan manajemen proyek daripada yang dapat Anda uji sendiri.

Tanyakan teman dan kolega Anda, dan masing-masing akan merekomendasikan alat yang berbeda.

Jika Anda membutuhkan obeng, tentunya cukup mudah untuk menemukan yang bagus.

Tetapi perangkat lunak program lebih subjektif, dimana itu bisa jadi merupakan alat terbaik untuk Anda mungkin bukan yang terbaik untuk orang lain.

Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membagikan sedikit tips dan cara memilih software (program) bagus, baik dan benar serta tentunya dengan cara yang terbaik dalam praktiknya.

Oke, berikut ini ulasannya!

Apa itu Software Program?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Software Program
Ilustrasi Gambar Apa Itu Software Program

Seperti yang sudah Kami bahas sebelumnya, sofware (perangkat lunak), ini merupakan seperangkat instruksi, data atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas-tugas tertentu.

Software program berarti program perangkat lunak (dalam bahasa Indonesia) yang umumnya didefinisikan sebagai satu set instruksi, atau satu set modul atau prosedur, yang memungkinkan untuk jenis operasi komputer tertentu.

Seperti yang juga dijelaskan berdasarkan sumber Kami dari Situs Technopedia, istilah ini juga sering digunakan secara bergantian dengan istilah seperti software application (aplikasi perangkat lunak) dan software product atau produk perangkat lunak.

Tips dan Cara Memilih Software (Program) atau Perangkat Lunak Program yang Bagus, Baik dan Benar serta Terbaik untuk Penggunaan Pribadi, Kantoran, Bisnis, Organisasi atau Perusahaan

Ilustrasi Gambar Apa Saja Tips Dan Cara Memilih Software Atau Perangkat Lunak Program Yang Bagus Baik Dan Benar
Ilustrasi Gambar Apa Saja Tips Dan Cara Memilih Software Atau Perangkat Lunak Program Yang Bagus Baik Dan Benar

Jadi, apa saja tips dan cara terbaik dalam praktiknya, khususnya penggunaan software itu sendiri?

Baik Anda mencari solusi lapangan hingga penyelesaian yang produktif, alat kantor untuk pemrosesan atau paket perangkat lunak lainnya, saat ini lebih banyak solusi tersedia daripada sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda memilih software atau perangkat lunak program yang tepat untuk aplikasi Anda.

Baca Juga :  Pilih Software atau Manual? Pahami 4 Perbedaan Software Payroll dan Manual!

1. Lihat Gambaran Besarnya dan Buat Rencana Sederhana

Pertama-tama, tips dan cara yang mesti Anda lakukan yaitu dengan melihat gambaran besar software program lalu membuat rencana sederhana.

Ya, tinjau proses Anda saat ini, dan identifikasi area untuk peningkatan potensial.

Batasan apa yang perlu Anda atasi?

Bicaralah dengan profesional lain di bidang Anda untuk mengetahui paket perangkat lunak apa yang mereka gunakan.

Kalian juga dapat berkonsultasi dengan Kami secara gratis terkait hal ini dengan Kami.

Hadiri pameran dagang dan baca artikel untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana pasar berubah dan bagaimana Anda mungkin perlu beradaptasi untuk mempersiapkan masa depan bisnis, organisasi, perusahaan atau perorangan.

Kemudian buat perencanaan terkait dalam praktik atau tindakan yang membahas poin-poin berikut:

  • Siapa yang akan melakukan evaluasi; Identifikasi orang yang paling mampu mencurahkan waktu untuk menilai kebutuhan organisasi Anda dan mengevaluasi solusi yang mungkin.
  • Berapa anggaran yang tersedia; Pertimbangkan biaya keterbatasan dalam proses Anda saat ini. Jika Anda membutuhkan waktu terlalu lama untuk menyelesaikan pekerjaan atau Anda harus meninggalkan pekerjaan, biaya itu mungkin dapat diperoleh kembali dengan berinvestasi dalam perangkat lunak baru. Lihat di luar label harga dan pikirkan tentang dampak perangkat lunak terhadap bisnis atau operasi Anda secara keseluruhan.
  • Apa garis waktu Anda; Pertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk pelatihan serta kurva pembelajaran bekerja dengan perangkat lunak baru.
  • Siapa yang akan menjadi pengambil keputusannya; Identifikasi orang yang akan bertanggung jawab untuk membuat keputusan akhir di akhir proses seleksi.

2. Prioritaskan Kebutuhan Anda

Tips cara pilih software (program) selanjutnya yaitu dengan memprioritaskan kebutuhan Anda.

Benar! Tidak ada solusi satu ukuran untuk semua yang sempurna dalam hal perangkat lunak.

Memang, dengan adanya teknologi cloud computing (baca pengertian cloud computing disini) yang dapat membuat segala hal menjadi sepenuhnya otomatis masih merupakan ide yang bagus, dan memiliki satu paket perangkat lunak yang mendukung semua peralatan tanpa memandang usianya sama sekali tidak realistis.

Setiap paket perangkat lunak memiliki trade-off, dan dalam beberapa kasus Anda mungkin memerlukan beberapa solusi dari pengembang perangkat lunak yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Dengan mengingat hal ini, prioritaskan kebutuhan bisnis, organisasi atau perusahaan Anda dengan menentukan fitur mana yang ingin Anda miliki dan fitur yang mutlak harus Anda miliki.

Untuk langkah ini, kalian dapat memberi peringkat prioritas fitur-fitur khusus dalam hal apa yang benar-benar dibutuhkan dengan kategori sebagai berikut:

  • Esensial; Ini merupakan fitur yang harus disertakan dalam produk yang diusulkan, dimana sebuah produk tidak dapat diterima kecuali fitur ini tersedia.
  • Bersyarat; Bersyarat maksudnya yaitu fitur yang tidak penting untuk misi tetapi penting untuk produktivitas dan bisnis dan produk yang tidak memiliki fitur bersyarat akan diberi peringkat lebih rendah.
  • Bagus untuk dimiliki; Kategori yang terakhir ini merupakan fitur yang tidak esensial atau bersyarat tetapi akan berguna jika tersedia.
Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Northbridge pada Motherboard dan Cara Kerjanya

Setelah Anda memiliki daftar ini, mintalah kepada departeman teknologi atau ICT (baca pengertian ICT disini) Anda jika ada, serta vendor perangkat lunak untuk menanggapi langsung daftar persyaratan Anda dan membandingkan produk satu sama lain.

Tanpa daftar persyaratan fungsi yang terperinci, tenaga marketing, atau sales dan penjualan hanya akan menjual produk terbaik mereka kepada Anda.

Tidak ada vendor perangkat lunak yang dapat memiliki solusi sempurna untuk kebutuhan Anda tanpa mengetahui apa kebutuhan itu.

Komit waktu dan sumber daya yang cukup untuk memprioritaskan kebutuhan Anda dan sepenuhnya mengevaluasi semua nuansa produk yang Anda pertimbangkan.

3. Buat List (Daftar) Pendek Vendor Software atau Perangkat Lunak Program

Tips yang ke-3 (tiga) ini juga penting menurut Kami pribadi.

Melalui penelitian, mengidentifikasi daftar vendor perangkat lunak yang dapat menyediakan layanan dan perangkat lunak yang dibutuhkan.

Kirimkan kebutuhan Anda kepada mereka dengan membuat list atau daftar pendek vendor software atau perangkat lunak program dan pastikan mereka memahaminya sepenuhnya.

Mintalah presentasi atau demonstrasi tentang bagaimana solusi mereka memenuhi semua kebutuhan Anda.

Berhati-hatilah dengan demo kalengan! Persempit daftar Anda dengan berfokus pada vendor yang paling membuat Anda terkesan.

Penting!

4. Validasi List atau Daftar Pendek Anda

Setelah Anda membuatnya, kemudian lakukan validasi terhadap list atau daftar pendek Anda.

Pada tahap ini, Anda mungkin membandingkan hanya 2 (dua) atau 3 (tiga) paket perangkat lunak.

Mintalah referensi dari pelanggan yang memiliki persyaratan serupa.

Selain itu, adapun beberapa poin-poin lainnya yang perlu dipertimbangkan oleh bisnis, organisasi, perusahaan atau perorangan termasuk:

  • Support atau dukungan seperti apa yang diberikan vendor? Apakah sistem bantuan, film, atau dokumentasi bawaan sudah tersedia?
  • Pilihan apa yang tersedia untuk pelatihan?
  • Bagaimana vendor menangani pembaruan perangkat lunak? Berapa frekuensi dan biaya tipikalnya?
  • Bagaimana lisensi software atau perangkat lunak programnya?
  • Bagaimana reputasi perusahaan mereka? Apakah mereka memiliki forum pengguna? Apa mereka memiliki situs website yang tersedia selama 24 (dua puluh empat) jam? Jika demikian, kunjungi untuk melihat apa yang dikatakan pelanggan tentang produk mereka.
  • Apakah solusi perangkat lunak memenuhi persyaratan anggaran Anda?
  • Lakukan evaluasi penuh untuk menguji produk di perusahaan dan lingkungan Anda sendiri dengan mengutamakan poin, Apakah mudah software digunakan? Apakah akan memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan?

5. Buat Keputusan

Kiat-kita dan cara terakhir dari Kami yaitu dengan membuat keputusan.

Ya, sSetelah Anda mengidentifikasi paket perangkat lunak yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, putuskan dengan tepat apa yang Anda butuhkan, termasuk jumlah salinan perangkat lunak, kontrak pemeliharaan, dan kemungkinan pelatihan, dan mintalah penawarannya.

Baca Juga :  Pengertian FOSS (Free and Open Source Software): Sejarah dan Modelnya

Negosiasi harga adalah hal yang wajar, tetapi bersikaplah profesional dan jangan meminta diskon yang tidak masuk akal.

Pastikan juga Anda membeli produk karena memberikan solusi nyata dan bukan karena Anda menyukai penjual atau karena vendor telah memberi Anda banyak janji.

Software atau perangkat lunak baru dapat menjadi kunci untuk membuka potensi Anda.

Luangkan waktu untuk melakukannya dengan benar, dan investasi Anda akan membayar dividen dalam kemampuan yang diperluas dan produktivitas yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Di atas, adalah pembahasan terkait Apa Saja Tips dan Cara Memilih Software atau Program yang Baik.

Memang, mencari software atau perangkat lunak program adalah proses yang sulit dan memakan waktu, yang melibatkan penelitian berjam-jam, coba-coba, dan, tak terhindarkan serta beberapa kegagalan.

Anda mungkin menggunakan alat yang sama, tetapi apakah semua orang menggunakannya dengan cara yang sama?

Yup! Sebagai pengambil keputusan, Anda harus tetap berada di halaman yang sama untuk menghindari kemacetan dalam proses utama kalian.

Selain itu, dalam praktik atau tips cara menentukan software terbaik, sebuah bisnis, organisasi, perusahaan atau perorangan dapat melakukan hal berikut untuk lebih memastikan efesiensinya:

  1. Fokuslah pada bisnis Anda.
  2. Analisis kebutuhan Anda.
  3. Melakukan riset dan penelitian.
  4. Jangan pelit dengan anggaran.
  5. Meminta bantuan.
  6. Sesuaikan aplikasi untuk kebutuhan Anda.
  7. Integrasikan semuanya.
  8. Kumpulkan semua orang yang terlibat.
  9. Komunikasikan dan sampaikan dengan benar.
  10. Diskusikan dan bagikan apa software favorit secara keseluruhan.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Apa Saja Tips dan Cara Memilih Software atau Program yang Baik.

Semoga dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan bisnis umum.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar