Network Engineering: Apa itu Network Engineer dan Specialist? Tujuan dan Fungsi, Jenis Skills, Macam serta Caranya!

0
Gambar Dari Pengertian Network Engineering Apa Itu Rekayasa Jaringan Komputer Engineer Dan Specialist Tujuan Dan Fungsi Jenis Skills Atau Keahlian Macam Karir Peran Serta Cara Dan Sertifikasinya
Gambar Dari Pengertian Network Engineering Apa Itu Rekayasa Jaringan Komputer Engineer Dan Specialist Tujuan Dan Fungsi Jenis Skills Atau Keahlian Macam Karir Peran Serta Cara Dan Sertifikasinya

Memahami Pengertian Network Engineering, Apa itu Rekayasa Jaringan Komputer, Network Engineer dan Specialist? Tujuan dan Fungsi, Jenis Skills, Macam serta Caranya!

Benar! Seperti yang dapat kita lihat di tahun 2021 sekarang, ilmu dan data science serta teknik jaringan sedang berkembang pesat, mereka memuncaki pelaporan pekerjaan baru berdasarkan dari website LinkedIn selama 3 (tiga) tahun berturut-turut, dengan 650% pertumbuhan pekerjaan dalam waktu kurang dari satu dekade.

Memang, keterampilan jaringan dan teknik selalu diminati oleh pemberi kerja yang ingin meningkatkan sistem mereka.

Salah satu peran penggajian terbaik dan terbilang paling stabil dalam jaringan adalah sebagai network engineer, para insinyur jaringan ini merancang, membangun dan memelihara jaringan untuk kinerja yang optimal.

Betul! Mereka pada dasarnya akan bertanggung jawab untuk mengelola fondasi sistem jaringan TI organisasi atau perusahaan Anda.

Baiklah, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan kembahas membahas tentang networking, khususnya terkait apa itu pengertian network engineering atau rekayasa jaringan komputer secara lebih detail dan lengkap.

Oke langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Network Engineering

Berarti rekayasa jaringan komputer (dalam bahasa Indonesia), network engineering adalah cabang teknik yang terkait dengan pengembangan produk hardware atau perangkat keras jaringan komputer menggunakan prinsip, metode, dan prosedur ilmiah yang terdefinisi dengan baik.

Adapun hasil network engineering tersebut adalah produk hardware atau perangkat keras yang memiliki sistem dan desain efisien serta andal.

Network enginering yang disebut sebagai rekayasa jaringan komputer ini didefinisikan sebagai proses menganalisis kebutuhan pengguna (seringkali organisasi atau perusahaan) dan kemudian merancang, membangun, dan menguji sistem hardware terhubung yang akan memenuhi persyaratan tersebut.

Apa itu Rekayasa Jaringan Komputer?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Rekayasa Jaringan Komputer Dan Network Engineer Serta Engineering Specialist
Ilustrasi Gambar Apa Itu Rekayasa Jaringan Komputer Dan Network Engineer Serta Engineering Specialist

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan rekayasa jaringan komputer ini?

Benar! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini lebih sering dikenal dan disebut sebagai network engineering.

Rekayasa jaringan komputer (network engineering) adalah studi terperinci tentang rekayasa untuk desain, pengembangan, dan pemeliharaan perangkat jaringan komputer (baca pengertian dan pembahasan tentang perangkat jaringan komputer disini).

Seorang insinyur jaringan atau yang sering disebut dengan network engineer merupakan seorang profesional teknologi yang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengawasi jaringan komputer yang mendukung layanan suara, data, video, dan jaringan nirkabel internal.

Apa itu Network Engineer?

Lalu, apa itu sebenarnya network engineer?

Yup! Seorang insinyur jaringan atau network engineer, juga dikenal sebagai arsitek jaringan (network architect) mereka adalah praktisi atau orang yang merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer.

Tidak seperti administrator jaringan, yang melakukan dukungan sehari-hari, insinyur jaringan berfokus pada desain dan perencanaan tingkat tinggi.

Insinyur jaringan memilih komponen komunikasi data yang sesuai dan mengkonfigurasinya untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan perusahaan.

Pembangunan jaringan yang andal dan berkinerja tinggi yang mengintegrasikan komponen LAN, WAN, internet, dan intranet memerlukan pemodelan dan analisis jaringan atau modelling and network analyzation.

Apa itu Network Engineering Specialist?

Terkait tentang pengertian dari bidang network engineering di atas, kemudian ada juga yang disebut dengan network engineering (engineer) specialist.

Benar, spesialis jaringan ini menyebarkan dan memelihara infrastruktur jaringan TI untuk berbagai organisasi.

Mereka mengumpulkan data kinerja jaringan, memantau keamanan jaringan, dan mengoptimalkan kapasitas server untuk mengelola arus informasi.

Mereka juga melakukan peningkatan jaringan dan memperbaiki kesalahan jaringan di lokasi klien.

Well, perlu kalian ketahui bahwa judul pekerjaan biasanya juga dapat dibedakan berdasarkan pendidikan atau penghasilannya.

Biasanya, seorang insinyur (perekayasa) jaringan memiliki lebih banyak pendidikan dan mendapatkan lebih dari sekedar administrator jaringan.

Proyeksi ketenagakerjaan menunjukkan bahwa insinyur jaringan banyak diminati dan profesi tersebut, serta profesi yang terkait erat ini diharapkan tumbuh antara 4% (persen) hingga 7% (persen) dalam dekade kedepannya.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian HMU: Sejarah, Ekspresi dan Contoh Penggunaannya dalam Media Sosial!

Tujuan dan Fungsi Network Engineering

Agar kita dapat lebih memahami tentang apa itu arti dan pengertian network engineering, maka tentunya kita juga harus mengetahui terkait tujuan dan fungsi praktisinya.

Ya! Organisasi, pemerintah, dan bahkan pengguna jarak jauh, mereka mengakses dan menggunakan jaringan komputer untuk menyelesaikan tugas bisnis sehari-hari.

Untuk tujuan utama dari network engineering ini sendiri, mereka dirancang berdasarkan kebutuhan bisnis untuk membuat sistem yang efisien.

Terkait fungsinya sendiri, sederhananya, rekayasa jaringan komputer memungkinkan agar data lewat (berjalan atau mengalir) antar komputer dalam jaringan untuk membantu komunikasi antar pengguna di suatu tempat.

Sebagai seorang network engineer, Anda akan memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan, mengembangkan, dan memelihara jaringan komputer dalam suatu organisasi atau antar organisasi.

Selain itu, para insinyur perekayasa jaringan komputer tersebut, mereka mengevaluasi bagaimana informasi harus mengalir ke seluruh dan di luar organisasi.

Seorang insinyur jaringan seringkali menghabiskan banyak waktu untuk memetakan aliran data, terutama ketika jaringan tumbuh dalam ukuran dan kompleksitasnya.

Setelah mengkonfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan yang benar, seorang insinyur jaringan, kemudian, menguji sistem untuk memastikan bahwa informasi mengalir dengan benar.

Setiap kesalahan atau gangguan, service (layanan) pastinya memerlukan teknisi jaringan untuk memecahkan masalah, mendiagnosis dan menguji sistem hingga bekerja secara harmonis.

Setelah diterapkan, teknisi jaringan melakukan pemeliharaan rutin untuk mengamankan dan memperbarui jaringan.

Jenis Skills dalam Network Engineering

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Skills Atau Keahlian Dan Macam Karir Serta Peran Network Engineer Dalam Network Engineering Atau Rekayasa Jaringan Komputer
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Skills Atau Keahlian Dan Macam Karir Serta Peran Network Engineer Dalam Network Engineering Atau Rekayasa Jaringan Komputer

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian dan arti dari network engineering, selanjutnya dalam subbagian ini kita juga akan membahas terkait apa saja jenis-jenis skills atau keahlian yang diperlukan dalam bidang rekayasa jaringan komputer.

Baiklah, di bawah ini adalah jenis skills atau keahlian yang dibutuhkan dalam network engineering, khususnya bagi mereka, para engineer-nya.

a. Hard Skills

Jenis skills atau keahlian dalam network engineering yang pertama yaitu adalah hard skills, yang merupakan kemampuan teknis seseorang ahli jaringan komputer.

Yup! Sebagai perpanjangan dari pendidikan, pelatihan di tempat kerja, dan sertifikasi, Anda akan membutuhkan keterampilan keras (hard skill) berikut ini agar dapat berhasil dalam teknik jaringan:

  • Jaringan dasar; Pengetahuan tentang bagaimana mengintegrasikan WAN, LAN, SD-WAN, SD-branch, dan jaringan dan arsitektur lainnya adalah suatu keharusan.
  • Pemrograman dasar; Anda harus tahu bahasa skrip populer untuk jaringan kelas perusahaan seperti Ruby, Python, dan Perl. Bahasa ramah dalam hal otomasi lainnya juga dapat membantu Anda, seperti Java, Ansible, dan Terraform. Betul! Ini terutama karena banyak fungsi jaringan yang sudah menjadi otomatis.
  • Infrastruktur; Anda akan bertanggung jawab untuk memelihara infrastruktur jaringan Anda dan memberi nasihat tentang perangkat keras apa yang akan digunakannya.
  • Domain Name System (DNS); Benar! Internet dibangun di atas DNS, seperti juga sebagian besar jaringan perusahaan saat ini, jadi Anda perlu tahu cara memecahkan berbagai macam pengaturan dan permasalahannya.
  • Internet Of Things (IOT); Beberapa arsitektur jaringan, khususnya dalam network engineering, seperti SD-branch, mereka menggunakan Wi-Fi untuk mendukung ekosistem lOT (baca pengertian IOT disini) mereka. Selain itu, keahlian ini juga diharapkan karena berdampak signifikan pada keamanan jaringan perusahaan, infrastruktur, dan lalu lintasnya.
  • Keamanan dan Firewall; Meskipun organisasi Anda mungkin memiliki petugas keamanan IT, Anda mungkin masih perlu menerapkan dan memelihara firewall (baca pengertian firewall disini) jaringan.
  • Virtualisasi; Anda harus dapat bekerja dengan fungsi jaringan otomatis seperti SD-WAN untuk mengoptimalkan sumber daya jaringan Anda.
  • MPLS; Meskipun sudah digantikan oleh SD-WAN, bekerja dengan jaringan MPLS-eksklusif (atau hybrid WAN) masih merupakan keterampilan yang penting.

Selain dari apa yang sudah Kami sebutkan di atas, Anda juga harus menguasai keterampilan teknis dasar lainnya, seperti penelitian data dan entri data, karena banyak pekerjaan Anda berpusat pada analisis kinerja sistem.

b. Soft Skills

Jenis keahlian dalam network engineering berikutnya yang perlu kalian ketahui adalah soft skills.

Ini merupakan kemampuan, keterampilan atau keahlian dari network engineer itu sendiri.

Para network engineer dan administrator sering mengerjakan berbagai tugas dan dengan berbagai orang, jadi, Anda pastinya juga memerlukan sekumpulan soft skill, termasuk:

  • Komunikasi; Untuk menjelaskan tantangan dan solusi Anda secara efektif kepada pegawai, karyawan dan manajemen non-IT (selain orang teknis).
  • Organisasi; Ontuk menangani banyak tugas dan masalah secara bersamaan.
  • Pemikiran analitis; untuk memastikan jaringan dan sistem Anda bekerja dengan andal dan proaktif mengidentifikasi persyaratan baru saat kebutuhan sedang berkembang.
  • Pemecahan masalah; Untuk menyelesaikan masalah secepat mungkin untuk meminimalkan kerusakan jaringan (down time).
  • Manajemen waktu; Untuk menjaga banyak proyek tetap pada jalurnya dan memenuhi tenggat waktu yang berkelanjutan, pastinya Anda harus memiliki keahlian dalam manajemen waktu yang baik.
Baca Juga :  Pengertian Biometrics (Biometrik): Sejarah, Cara Kerja, Jenis dan Contohnya

Selain bekerja dengan berbagai kelompok karyawan dan departemen, Anda juga akan dapat terus belajar dan berkembang saat Anda berpikir untuk berpikir di luar cakupan Anda biasanya.

Macam Karir dan Peran (Specialized Job) Engineer dalam Network Engineering

Dalam membahas tentang teknik jaringan atau network engineering, pastinya hal tersebut juga tidak terlepas daripada apa saja macam-macam karir dan peran atau (specialized job) di dalamnya bukan?

Yup! Sama seperti bidang software engineering, insinyur jaringan atau para network engineer juga dapat mengejar jalur yang berbeda dalam bidang jaringan.

Analis jaringan berspesialisasi atau yang lebih dikenal dengan network specialist biasanya akan berurusan dengan pemasangan dan pemeliharaan jaringan dan sering melintasi antara sisi teknis dan bisnis dari suatu organisasi.

Manajer jaringan (network manager) juga, mereka memang mengisi peran yang serupa tetapi juga harus melatih dan mengarahkan para teknisi jaringan.

Di bawah ini adalah daftar karir atau pekerjaan dalam network engineering yang cocok untuk seseorang yang memiliki passion serta keahlian dalam bidang teknik jaringan:

  • Pengelola jaringan (network manager).
  • Analis jaringan (network analyst).
  • Administrator jaringan (network administrator).
  • Spesialis jaringan (network specialist).
  • Teknisi jaringan (network technician).
  • Arsitek jaringan (network architect).

Kemudian, untuk peran spesial atau specialized job dalam bidang network engineering atau rekayasa jaringan komputer yang perlu untuk diketahui adalah sebagai berikut:

  1. Cloud network architect; Ini merupakan pekerjaan spesial yang membantu organisasi dengan deploy (baca pengertian deploy disini) atau penyebaran infrastruktur cloud.
  2. Local Area Network (LAN) Engineer; Ini adalah pekerjaan khusus yang seringkali fokus kepada pemasangan dan pemeliharaan jaringan LAN besar untuk perusahaan.
  3. Network security specialist; Spesialis keamanan jaringan adalah mereka yang mendeteksi dan mencegah ancaman keamanan jaringan.

Selain dari 3 (tiga) bidang spesial dalam teknik jaringan tersebut, ada juga beberapa lainnya yang sejenis terkait networking, seperti rekayasa untuk VoIP, telekomunikasi, dan data center.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Network Engineer?

Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Agar Menjadi Seorang Network Engineer Dan Apa Saja Sertifikasi Dalam Bidang Rekayasa Jaringan Komputer Atau Network Engineering
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Agar Menjadi Seorang Network Engineer Dan Apa Saja Sertifikasi Dalam Bidang Rekayasa Jaringan Komputer Atau Network Engineering

Jadi, bagaimana caranya agar kita dapat menjadi seorang ahli jaringan (network engineer)?

Oke, sebelumnya jika kalian yang sedang membaca postingan Kami tentang pengertian network engineering disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya tentang bagaimana caranya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Yup! Tentu saja karena disini Kami juga akan menjelaskan beberapa cara dan langkah yang dapat kalian ikuti untuk dapat menjadi seorang perekayasa jaringan komputer!

Oke langsung saja, berikut ini adalah cara dan langkah memulai karir dalam bidang network engineering.

1. Dapatkan Gelar Sarjana Anda

Cara pertama yang harus Anda ikuti langkahnya yaitu dengan mendapatkan gelar sarjana.

Perusahaan besar (khususnya di Indonesia) biasanya membutuhkan gelar sarjana dalam ilmu komputer, sistem informasi, atau teknik komputer.

Well, walaupun ini bukanlah suatu hal yang wajib, namun gelar akademik Anda akan menunjukkan bidang keahlian Anda sendiri, khususnya dalam network engineering.

Bergantung pada perannya, beberapa organisasi juga meminta Anda untuk mendapatkan gelar master dalam administrasi bisnis (MBA) atau ilmu komputer sebelum mendaftar.

2. Dapatkan Pengalaman IT yang Relevan

Selanjutnya yaitu dengan mendapatkan pengalaman IT yang relevan.

Yup! Gelar sarjana atau magister memang akan membantu Anda, tapi itu sebenarnya tidaklah cukup.

Mempelajari keterampilan IT di tempat kerja sangat penting untuk menjadi insinyur jaringan atau network engineer.

3. Kuasai Dasar-Dasar Network Engineering

Selanjutnya yaitu dengan menguasai dasar-dasar dalam network engineering

.

Beberapa dasar-dasar dalam jaringan komputer, tentunya merupakan suatu hal yang mutlak apabila Anda ingin memulai berkarir di bidang ini.

Adapun beberapa keahlian dasar jaringan komputer tersebut, yaitu seperti:

  • Klien dan server; Bagaimana e-mail, situs web, dan halaman terhubung menggunakan jaringan.
  • Alamat IP; Kode identifikasi unik untuk perangkat jaringan yang mengontrol aliran data.
  • Hub jaringan, kabel, dan switch; Blok penyusun perangkat keras dari jaringan apa pun
  • Firewall dan router; Alat yang mengatur dan mengontrol arus lalu lintas jaringan

4. Identifikasi Jalur Teknik Jaringan yang Anda Inginkan

Langkah cara yang ke-4 (empat) yaitu dengan mengidentifikasi path atau jalur teknik jaringan yang Anda inginkan.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Bing: Apa itu Bing? Sejarah, Fitur dan Perbedaan Bing dengan Google!

Yup! Setelah Anda memperoleh pengalaman IT tingkat pemula (beginner), Anda perlu mengidentifikasi jalur karier Anda.

Benar! Karier dan posisi rekayasa jaringan sangat bervariasi tergantung pada industri, perusahaan dan teknologinya.

5. Spesialisasi Peran Jaringan Anda

Langkah dan cara menjadi seorang network engineer terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu dengan membuat spesialisasi pada peran jaringan Anda.

Ya! Anda dapat berspesialisasi lebih jauh dalam perjalanan karier jaringan Anda.

Peran dalam bidang network engineering berkisar dari cloud dan spesialisasi keamanan, seperti spesialis keamanan jaringan atau arsitek jaringan cloud, hingga konsentrasi nirkabel dan VoIP sebagai jaminan kualitas jaringan nirkabel atau VoIP engineer seperti yang sudah Kami jelaskan dalam subbagian macam-macam peran spesiannya di atas.

Apa Saja Sertifikasi yang Tersedia dalam Bidang Network Engineering?

Kemudian, apa saja sertifikasi yang tersedia dalam bidang network engineering (rekayasa jaringan komputer) ini?

Ya, perlu kalian ketahui bahwa kursus pelatihan dan sertifikasi IT adalah cara yang bagus untuk melengkapi pelatihan di tempat kerja Anda.

Dengan kursus pelatihan jaringan, Anda akan mempelajari tentang sistem operasi, keamanan informasi, administrasi jaringan, dan dasar-dasar pemrograman.

Tergantung pada organisasi, mereka mungkin memerlukan sertifikasi atau kursus pelatihan khusus.

Microsoft, Cisco, Citrix, CompTIA, VMware dan Red Hat semuanya menawarkan pelatihan dan sertifikasi insinyur jaringan global yang bagus.

Berikut adalah beberapa jenis dan macam sertifikasi insinyur jaringan (network engineer) yang sering diminati:

  • CompTIA A+ Certification
  • CompTIA Network+ Certification
  • Microsoft Certified Solutions Associate (MCSA): Windows Server 2016
  • Microsoft Certified Solutions Expert (MCSE): Core Infrastructure
  • VMware Certified Professional – Network Virtualization
  • Cisco Certified Entry Networking Technician (CCENT)
  • Cisco Certified Network Associate (CCNA) – Routing and Switching
  • Cisco Certified Network Professional Level (CCNP) – Routing and Switching

Kesimpulan

Baik, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan Pengertian Network Engineering, Apa itu Rekayasa Jaringan Komputer, Network Engineer dan Specialist? Tujuan dan Fungsi, Jenis Skills, Macam serta Caranya.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa rekayasa jaringan komputer atau network engineering adalah salah satu jenis dari bidang teknik yang berfokus pada perangkat kerat (hardware) dan jaringan komputer untuk menciptakan sistem yang kuat dan cepat.

Insinyur jaringan atau para network engineer bertanggung jawab untuk merancang, menerapkan, memantau dan mengelola jaringan area lokal dan luas dari suatu organisasi untuk memastikan waktu kerja maksimum bagi pengguna.

Yup! Peran tersebut dapat mencakup merancang konfigurasi sistem, mendokumentasikan dan mengelola instalasi jaringan baru, serta memelihara dan meningkatkan sistem yang ada jika diperlukan.

Pekerjaan insinyur jaringan memiliki tanggung jawab untuk membangun lingkungan komunikasi yang produktif dengan merancang rencana, mengarahkan pemasangannya, menyiapkan dokumentasi, dan menegakkan kepatuhan dengan standar sistem.

Berdasarkan dari sumber yang sudah Kami kumpulkan, dalam sebuah penelitian, lebih dari setengah pengusaha melaporkan bahwa komunikasi dan kerja tim lebih penting daripada hasil akademis.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Network Engineering, Apa itu Rekayasa Jaringan Komputer, Network Engineer dan Specialist? Tujuan dan Fungsi, Jenis Skills, Macam serta Caranya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi jaringan (networking).

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar