Copy: Apa itu Salin? Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Macam serta Perbedaannya dengan Cut atau Move!

0
Gambar Dari Pengertian Copy Apa Itu Salin Tujuan Dan Cara Kerja Jenis Macam Macam Serta Perbedaannya Dengan Cut Move Atau Pindah
Gambar Dari Pengertian Copy Apa Itu Salin Tujuan Dan Cara Kerja Jenis Macam Macam Serta Perbedaannya Dengan Cut Move Atau Pindah

Mengenal Pengertian Copy, Apa itu Salin? Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Macam serta Perbedaannya dengan Cut, Move atau Pindah!

Betul, seperti yang sudah kita ketahui, sederhananya, istilah salin ini merujuk kepada semua teks tertulis.

Walaupun sebenarnya akronim tersebut tidak sesederhana itu untuk didefinisikan.

Alasannya, terlepas daripada kaitannya dengan istilah paste, itu seringkali membuat kita berpikir tentang kaitannya dengan berbagai macam bidang lainnya seperti SEO dan advertising (periklanan), terlebih jika kalian sudah paham betul dengan konsep dan istilah dari kata “copy” ini.

Sebagai contoh misalnya, jika Anda pernah membaca artikel tentang content marketing (pemasaran konten) atau mengadakan diskusi tentang web, kemungkinan Anda pernah mendengar istilah “copy” dan “content” yang digunakan secara bergantian.

Dan meskipun Anda berpikir mungkin ada perbedaan di antara keduanya, kemungkinan besar Anda tidak yakin tentang apa sebenarnya kata copy itu.

Baiklah, terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap tentang apa itu pengertian dari copy atau salin yang pada umumnya kita gunakan.

Mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Copy

Copy atau salin (dalam bahasa Indonesia) berarti menyalin sebagian data ke lokasi sementara.

Dalam pengolah kata (word processor), sebagai contoh misalnya, kata copying atau menyalin ini mengacu pada menduplikasi bagian dokumen dan menempatkannya di buffer yang terkadang juga disebut sebagai clipboard.

Seperti yang juga dijelaskan berdasarkan sumber Kami dari situs Computerhope, istilah copy berbeda dengan cut yang mengacu pada penghapusan bagian dari dokumen dan menempatkannya di buffer.

Benar! Setelah memotong atau menyalin, Anda dapat memindahkan konten buffer dengan menempelkannya di tempat lain.

Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa dalam manajemen file (baca pengertian manajemen file disini), istilah copy (salinan) mengacu pada pembuatan duplikat file.

Apa itu Salin (Copy)?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Salin Tujuan Dan Cara Kerja Copy Serta Jenis Macam Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Salin Tujuan Dan Cara Kerja Copy Serta Jenis Macam Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan salin (copy) ini?

Ya! Seperti yang sudah Kami terangkan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan copy secara global.

Oke, terkait sejarahnya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa ini pertama kali dikembangkan oleh seorang ahli yang bernama Larry Tesler, dimana copy (salin) dan paste (tempel) merupakan tindakan yang akan menggandakan teks, data, file, atau disk serta menghasilkan 2 (dua) atau lebih file atau segmen data yang sama.

Menyalin file ke lokasi alternatif, seperti jump drive USB, adalah prosedur umum untuk mencadangkan atau berbagi file.

Terlihat teknis bukan? Oleh karena itu, untuk membuatnya tetap sederhana, dalam menjelaskan makna dari copy ini, maka Kami akan merujuknya dengan text (teks).

Yup! Yang Kami maksud dengan “teks” disini adalah kata-kata pada halaman web, slogan pada iklan cetak, skrip untuk iklan radio, dan lain sebagainya.

Copy atau salinan dapat ditulis untuk berbagai media dan genre dan dapat memandu pembaca untuk mencapai beberapa tindakan atau tujuan yang berbeda.

Tim pengembang konten dan copywriter Kami, termasuk Saya pribadi, menganggap salinan sebagai satu bagian dari teka-teki konten.

Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan pelanggan atau memberikan informasi yang berguna untuk dinikmati pembaca Anda, tujuan dari kata copy Anda tentunya akan berbeda.

Terlebih, karena pada dasarnya kata copy atau salinan, jika dilakukan dengan baik, maka mereka akan dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Jual produk
  • Bercerita
  • Berikan wawasan
  • Memecahkan masalah
  • Berikan instruksi
Baca Juga :  Memahami Pengertian Algoritma: Tujuan dan Fungsi, Jenis, Ciri dan Karakteristik serta Contohnya!

Tujuan dan Cara Kerja Salin atau Copy

Agar kita dapat lebih memahami tentang makna dan pengertian dari copy, pastinya kita juga harus memahami betul terkait apa tujuan dan bagaimana cara kerjanya bukan?

Well, perlu untuk diketahui karena tujuan utama copy adalah untuk menyalin data (baca selengkapnya tentang data disini), banyak program software (perangkat lunak) memungkinkan Anda menyalinnya, sebagai contoh misalnya seperti teks di Microsoft Word atau gambar di Adobe Photoshop.

Terkait cara kerjanya sendiri, untuk menyalin sebagian data, Anda harus memilihnya (atau menyorotnya) terlebih dahulu dan memilih “copy” dari menu “edit” di dalam program.

Sebagian besar program memungkinkan Anda menggunakan shortcut (pintasan) keyboard seperti Ctrl + C untuk Windows atau ⌘ Command + C untuk Mac OS.

Seperti yang sudah Kami singgung di atas sebelumnya, saat Anda menyalin sepotong data, itu akan dipindahkan ke buffer dalam memori sistem yang disebut clipboard.

Papan klip atau clipboard ini adalah tempat penyimpanan sementara di RAM (baca pengertian RAM dan ROM disini) perangkat komputer (PC atau HP) Anda yang menyimpan item terbaru yang telah disalin.

Tentu saja, copy (menyalin) tidak terlalu membantu jika Anda tidak dapat menggunakan data tersebut di tempat lain.

Untuk memasukkan data yang disalin ke dalam dokumen, pilih “paste” dari menu “edit” dan data akan ditempelkan ke dalam dokumen.

Bagi sebagian orang, terutama mereka yang sering berkutat dalam dunia digital marketing

, salinan iklan (copy ads) dan pemasaran (copy marketing) mungkin muncul di benak mereka ketika mereka memikirkan tentang kata salinan tersebut.

Ya! Ini termasuk semua jenis tulisan yang dimaksudkan untuk membujuk orang agar mengambil tindakan atau yang lebih dikenal dengan istilah Call To Action (CTA), seperti membeli produk atau memasukkan alamat e-mail.

Salinan digital atau soft atau digital copy adalah teks yang muncul di situs web, aplikasi, artikel, blog, ebooks, iklan, media sosial, siaran pers, presentasi, e-mail, dan banyak lagi yang lainnya.

Salinan cetak atau hard copy dapat muncul di koran, majalah, katalog, buku, poster, selebaran, kemasan produk, brosur, program, kartu pos, spanduk, papan reklame, dan lainnya.

Selain itu, teks pidato, laporan, rencana bisnis, dan proposal juga dapat dianggap sebuah salinan.

Jenis serta Macam-Macam Copy

Kemudian, dalam subbagian ini, Kami juga akan menjelaskan tentang apa saja jenis serta macam-macam bentuk dari copy (salinan).

Ya! Seperti yang sudah Kami terangkan di atas, arti dari kata copy dapat merujuk kepada banyaklah selain dari tindakan untuk menyalin saja.

Dalam istilah luas, copy dapat merujuk kepada sebuah salinan.

Orang yang menulis sebuah copy (salinan) mengkhususkan diri pada satu genre atau bentuk salinan tertentu.

Beberapa mengkhususkan diri pada berita dalam bentuk panjang atau pendek, sementara yang lainnya mengkhususkan diri pada penulisan uraian singkat untuk materi promosi atau salinan iklan.

Orang lain mungkin fokus pada menulis novel atau cerita pendek, sementara beberapa mungkin unggul dalam penulisan teknis, proposal, atau laporan.

Perusahaan dapat menyewa freelancer untuk menulis salinan mereka atau memilih untuk mempekerjakan mereka untuk bekerja di rumah.

Penulis yang menghasilkan salinan yang berkaitan dengan penjualan dan pemasaran biasanya disebut copywriter.

Kemudian, untuk mereka yang menulis karya editorial, seperti artikel dan buku baru biasanya disebut penulis.

Oke langsung saja, mari kita lihat secara lebih lanjut apa saja, jenis-jenis serta macam bentuk dari copy di bawah ini.

a. Copywriting

Jenis dan macam istilah copy yang pertama, yaitu adalah copywriting.

Ini adalah tindakan menulis dan membuat salinan serta biasanya dilakukan oleh copywriter profesional yang tahu bagaimana cara menyusun kata-kata yang menyebabkan prospek dan pelanggan bertindak.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian RDBMS: Apa itu? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Manfaat, Fitur, Contoh serta Daftar Aplikasi dan Perbedaannya dengan DBMS!

Copywriting adalah praktik menulis dan mengedit umum.

Ini biasanya berfokus pada teks pemasaran dan promosi, tetapi dapat mencakup teks buku, blog, surat kabar, dan majalah.

b. Advertising Copy

Selanjutnya, referensi paling umum adalah advertising copy (kata-kata dalam periklanan) atau sederhananya, teks iklan.

Ya! Ini semua teks tertulis dalam sebuah iklan, dimana copy atau salinan iklan ini mencakup judul iklan, sub-judul, isi, teks ajakan bertindak, dan teks lainnya dalam iklan.

Inti dari salinan iklan adalah membuat prospek bertindak setelah melihat iklan Anda.

Tindakan ini bisa menjadi klik jika kita sedang mempertimbangkan periklanan online.

Selain itu, ini juga bisa menjadi tanggapan melalui surat langsung atau, bisa juga kunjungan toko dalam konteks ritel.

c. Web Copy

Jenis macam berikutnya yaitu web copy.

Ini juga sering disebut dengan content atau konten web yang merupakan semua konten dan kata-kata yang berada di halaman situs web.

Ini dapat mencakup halaman lead (arahan), beranda, halaman situs web umum, dan artikel blog.

Seringkali, konten web dan copy atau salinan web dapat digunakan secara bergantian.

d. E-Mail Copy

Salinan atau e-mail copy adalah semua teks di dalam e-mail (baca pengertian e-mail disini).

Salinan di dalamnya bisa berupa e-mail marketing (pemasaran) atau penjualan yang bisa berupa e-mail panjang, pendek, atau HTML yang dirancang dengan indah.

e. Print dan Hard Copy

Jenis dan macamnya terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu salinan cetak seperti print dan hard copy adalah kasus penggunaan rujukan umum lainnya.

Walaupun berbeda dengan soft copy, print dan hard copy adalah salah satu media paling tradisional, dimana itu berarti mencetak dan mencakup segala hal mulai dari teks buku, majalah, surat kabar, surat langsung, dan katalog perusahaan.

Cara Meng-Copy atau Menyalin

Kemudian, bagaimana cara kita melakukan tindakan copy (menyalin) ini?

Well, memang pada dasarnya ini semua tergantung pada apa yang sedang disalin.

Pada umumnya, untuk memulainya sorot teks atau sesuatu yang ingin Anda salin.

Sebagai contoh misalnya, Anda bisa menyorot kata, baris, paragraf, atau semua teks di dokumen.

Selanjutnya, setelah di-highlight (disorot), lakukan salah satu cara dan langkah yang akan Kami jelaskan di bawah ini:

Klik kanan teks yang dipilih dan pilih copy atau salin.

Atau, klik "edit" dari menu file teratas di program, lalu klik "copy".

Cara lainnya yaitu dengan sorot teks dan gunakan kombinasi tombol pintas Ctrl + C atau Ctrl + Insert di PC atau ⌘ Command + C di Apple Mac.

Perbedaan Copy dengan Cut atau Move

Ilustrasi Gambar Perbedaan Copy Dengan Cut Move Atau Pindah Serta Apa Saja Shortcut Dan Kemana Perginya Setelah Disalin
Ilustrasi Gambar Perbedaan Copy Dengan Cut Move Atau Pindah Serta Apa Saja Shortcut Dan Kemana Perginya Setelah Disalin

Terlepas daripada penjelasan di atas, dalam postingan ini Kami juga akan menjelaskan beberapa hal terkait perbedaan copy dengan cut atau move.

Oke, saat Anda meng-copy atau menyalin sesuatu, Anda meninggalkan apa yang Anda salin di tempat yang sama dan membuat salinannya di tempat lain (papan klip misalnya).

Namun, saat Anda melakukan cut atau move memindahkan sesuatu, Anda membawanya dari satu tempat ke tempat lain.

Dengan kata lain, tindakan copy (menyalin) akan membuat duplikat dan tidak dapat dipindahkan.

Seperti disebutkan di atas, ketika Anda menyalin sesuatu, itu tetap berada di tempat yang sama dan dapat diduplikasi di mana pun itu ditempelkan.

Sebagai contoh misalnya, Anda dapat menyalin file (baca pengertian file disini) dan kemudian menempelkan file itu ke 5 (lima) folder lain untuk mendapatkan total 6 (enam) dari salinannya.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Web Browser: Apa itu Internet Browser? Sejarah, Cara Kerja, Fungsi Manfaat dan Contohnya!

Apa Saja Shortcut dari Keyboard untuk Copy (Salin)?

Lalu, apa saja shortcut atau pintasan keyboard untuk meng-copy?

Baiklah, di bawah ini adalah daftar pintasan keyboard tentang bagaimana Anda dapat menyalin pada sistem operasi yang berbeda, namun ingatlah bahwa apa pun yang dipotong harus disorot atau dipilih terlebih dahulu:

  • Desktop PC dan laptop = Ctrl + C
  • Desktop dan laptop Apple = ⌘ Command + C
  • Google Chromebook = Ctrl + C

Kenapa Perginya Sesuatu yang Sudah Disalin (Copied)?

Jadi, kemana perginya sesuatu yang sudah disalin atau dalam hal ini copied berada?

Yup! Ketika sesuatu disalin, maka sesuatu atau data itu masuk ke clipboard dan tetap di sana sampai sesuatu yang lain disalin atau dipotong di komputer.

Dengan menyimpan apa yang telah disalin di papan klip, Anda dapat menempelkannya beberapa kali hingga sesuatu yang baru disalin ke clipboard.

Kesimpulan

Baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas untuk penjelasan Pengertian Copy, Apa itu Salin? Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Macam serta Perbedaannya dengan Cut, Move atau Pindah.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa salin atau copy adalah tindakan untuk menyalin sesuatu ke lokasi sementara.

Dalam program pengolah kata atau word processor, copy atau menyalin disini mengacu pada tindakan untuk menduplikasi bagian dokumen dan menempatkannya di buffer atau papan klip (clipboard).

Dalam bidang lainnya, sebagai contoh misalnya seperti manajemen file, istilah ini dapat mengacu pada pembuatan duplikat file.

Salinan memiliki banyak bentuk dan jenis, dimana masing-masing dengan nuansa dan praktik terbaiknya sendiri.

Di sini, Kami akan melihatnya secara detail untuk mencoba dan memahami istilah dan konsep dengan lebih baik.

Copy (salinan), dalam konteks penulisan, adalah teks tertulis yang juga termasuk teks digital dan cetak.

Perlu kalian ketahui bahwa istilah itu paling sering digunakan dalam dunia pemasaran dan periklanan, namun akronim copy juga digunakan di dunia penerbitan tradisional untuk merujuk pada teks di dalam sebuah buku.

Pada intinya, copy atau salin mencakup banyak bentuk, baik itu teks, iklan, konten web, posting media sosial, teks e-mail, buku, majalah, dan surat kabar.

Semua ini memiliki variasi, yang pada akhirnya hanya berupa teks tertulis untuk masing-masing media tersebut.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Copy, Apa itu Salin? Tujuan, Cara Kerja, Jenis, Macam serta Perbedaannya dengan Cut, Move atau Pindah.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan perangkat komputer serta smartphone.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar