10 Contoh Artificial Intelligence (Produk) yang Anda Gunakan Sehari-Hari

0
Ilustrasi Gambar Contoh Artificial Intelligence Atau Kecerdasan Buatan Yang Kita Gunakan Dalam Kehidupan Sehari Hari
Ilustrasi Gambar Contoh Artificial Intelligence Atau Kecerdasan Buatan Yang Kita Gunakan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Dalam membahas mengenai Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) dan Produknya, seluruh dunia teknologi sedang memperdebatkan konsekuensi dari Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) dan bagian yang akan dimainkan AI dalam membentuk masa depan kita. Sementara kita mungkin berpikir bahwa AI setidaknya beberapa tahun lagi dari menyebabkan efek yang cukup besar pada kehidupan kita, faktanya tetap bahwa itu sudah memiliki dampak yang sangat besar pada kita.

Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) memengaruhi keputusan dan gaya hidup kita setiap hari. Jangan percaya padaku? Kali ini Kami akan memberi tahu Anda 10 Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari:

Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) yang Sering Kita Gunakan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Gambar Contoh Artificial Intelligence Yang Sering Kita Gunakan Dalam Kehidupan Sehari Hari
Gambar Contoh Artificial Intelligence Yang Sering Kita Gunakan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Istilah “kecerdasan buatan” mungkin terdengar menakutkan bagi beberapa orang, tetapi telah digunakan selama beberapa dekade dan penerapannya lebih umum daripada yang Anda bayangkan.

AI membantu dalam setiap bidang kehidupan kita, apakah kita mencoba membaca email kita, mendapatkan petunjuk arah mengemudi, atau memulai bisnis baru. Langsung saja ini lah Contoh Kecerdasan Buatan yang pertama:

1. Smartphone

Ilustrasi Gambar Smartphone Sebagai Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Ilustrasi Gambar Smartphone Sebagai Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Jika Anda membaca artikel ini, kemungkinan besar Anda memiliki ponsel cerdas. Jika saya harus menebak, saya akan mengatakan bahwa sebagian besar dari kalian membaca artikel ini di Smartphone. Smartphone telah menjadi produk teknologi yang sangat diperlukan yang kami miliki saat ini dan kami menggunakannya hampir setiap saat.

Jika Anda menggunakan smartphone, Anda berinteraksi dengan AI apakah Anda mengetahuinya atau tidak. Dari fitur AI yang jelas seperti asisten pintar bawaan hingga yang tidak begitu jelas seperti mode potret di kamera, AI memengaruhi kehidupan kita setiap hari.

Sebenarnya, dua contoh yang saya berikan di atas memberi kita pandangan sekilas ke dunia AI dan bagaimana hal itu memengaruhi kehidupan kita. Pertama, ada unsur-unsur AI yang jelas yang sebagian besar dari kita memiliki pengetahuan tentang. Misalnya, ketika Anda menggunakan asisten cerdas, apakah itu Asisten Google, Alexa, Siri, atau Bixby, Anda kurang lebih tahu bahwa asisten ini didasarkan pada AI.

Namun, ketika kami menggunakan fitur seperti efek mode potret saat memotret gambar, kami tidak pernah mempertimbangkan bahwa AI mungkin berada di belakangnya juga. Pernahkah Anda berpikir bagaimana Google Pixel 2 dapat menangkap bidikan potret yang begitu hebat hanya dengan satu lensa? Jawabannya adalah Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan).

Sekarang semakin banyak pabrikan yang memasukkan AI dalam telepon pintar mereka dengan pabrikan chip besar termasuk Qualcomm dan Huawei yang memproduksi chip dengan kemampuan AI bawaan. Integrasi AI membantu dalam menghadirkan fitur-fitur seperti deteksi adegan, elemen campuran dan realitas virtual, dan banyak lagi. AI akan memainkan peran yang bahkan besar di tahun-tahun mendatang. Kami telah melihat penekanan besar pada AI dengan pembaruan Android dan iOS terbaru. Fitur seperti aksi aplikasi, sambungan, dan baterai adaptif di Android Pie dan pintasan Siri dan saran Siri di iOS 12 dimungkinkan dengan AI. Jadi, lain kali jika Anda berpikir AI tidak mempengaruhi Anda, keluarkan ponsel cerdas Anda.

2. Smart Car (Mobil Pintar) dan Drone

Ilustrasi Gambar Smart Home Atau Drone Sebagai Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Ilustrasi Gambar Smart Home Atau Drone Sebagai Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Berbicara tentang AI, tidak ada tampilan yang lebih baik dan lebih menonjol dari teknologi ini daripada apa yang dilakukan oleh produsen Smart Home (Mobil Pintar) dan Drone. Hanya beberapa tahun yang lalu, menggunakan mobil yang sepenuhnya otomatis adalah impian, namun, sekarang perusahaan seperti Tesla telah membuat begitu banyak kemajuan sehingga kita sudah memiliki armada mobil semi-otomatis di jalan.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Processor: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Komponen dan Tips Memilih Merknya!

Perusahaan seperti Amazon dan Walmart banyak berinvestasi dalam program pengiriman drone dan itu akan menjadi kenyataan jauh lebih cepat dari yang Anda harapkan. Jika Anda berpikir itu tidak masuk akal, harap dicatat bahwa militer di seluruh dunia sudah menggunakan program drone yang sukses.

Mobil Tesla adalah contoh utama tentang bagaimana AI mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda bahwa semua mobil Tesla terhubung dan hal-hal yang dipelajari mobil Anda dibagikan di semua mobil? Itu berarti, jika Anda harus mengambil jalan kiri yang tidak diantisipasi di persimpangan, semua mobil Tesla akan tahu cara bermanuver pada belokan itu setelah diperbarui.

Sudah ada lebih dari 50.000 mobil Tesla berjalan di AS saja dan jumlah itu akan meningkat secara eksponensial sekarang karena Tesla telah memecahkan masalah produksi utamanya. Dengan mobil otonom berjalan di jalan kami dan drone otonom terbang di atas kami, Anda tidak akan dapat menyangkal dampak AI pada kehidupan kita.

3. Feed (Umpan) Media Sosial

Ilustrasi Gambar Feed Umpan Media Sosial Dalam Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Ilustrasi Gambar Feed Umpan Media Sosial Dalam Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Contoh yang ketiga Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) adalah Feed Media Sosial. Jika Anda berpikir bahwa mobil pintar tidak mempengaruhi Anda secara pribadi karena masih belum ada di negara atau kota Anda, ya, bagaimana dengan sesuatu yang Anda gunakan setiap hari. Bahkan jika Anda hidup di bawah batu, ada kemungkinan besar bahwa Anda tweet dari bawahnya. Jika Twitter bukan racun pilihan Anda, mungkin itu Facebook atau Instagram, atau Snapchat atau berbagai aplikasi media sosial lainnya di luar sana. Nah, jika Anda menggunakan media sosial, sebagian besar keputusan Anda dipengaruhi oleh kecerdasan buatan.

Dari umpan yang Anda lihat di timeline hingga pemberitahuan yang Anda terima dari aplikasi ini, semuanya dikuratori oleh AI. AI mengambil semua perilaku masa lalu Anda, pencarian web, interaksi, dan segala sesuatu yang Anda lakukan ketika Anda berada di situs web ini dan menyesuaikan pengalaman hanya untuk Anda. Satu-satunya tujuan AI di sini adalah untuk membuat aplikasi begitu membuat ketagihan sehingga Anda kembali lagi dan lagi, dan saya siap untuk bertaruh bahwa AI memenangkan perang ini melawan Anda.

4. Layanan Streaming Musik dan Media

Ilustrasi Gambar Layanan Streaming Musik Dan Multimedia Dalam Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Ilustrasi Gambar Layanan Streaming Musik Dan Multimedia Dalam Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Contoh hebat lainnya tentang bagaimana AI memengaruhi kehidupan kita adalah layanan streaming musik dan media yang kita gunakan setiap hari. Apakah Anda menggunakan Spotify, Netflix, atau YouTube, AI membuat keputusan untuk Anda. Anda mungkin merasa bahwa Anda memegang kendali penuh tetapi tidak. Dan seperti halnya dengan segalanya, kadang-kadang itu baik dan kadang-kadang itu buruk.

Misalnya, saya suka daftar putar Discover Weekly di Spotify karena telah memperkenalkan saya ke beberapa artis baru yang saya tidak akan diperkenalkan jika bukan untuk dewa AI di Spotify.

Di sisi lain, saya juga ingat menuruni lubang kelinci YouTube menghabiskan banyak waktu hanya menonton video yang direkomendasikan. Bagian video yang direkomendasikan itu menjadi sangat bagus untuk mengetahui seleraku sehingga menakutkan. Jadi, lain kali Anda bermain di video yang disarankan di YouTube atau menonton acara yang direkomendasikan di Netflix, atau mendengarkan daftar putar yang dibuat sebelumnya di Spotify, atau layanan streaming media dan musik lainnya, ingatlah bahwa AI sedang diputar peran besar dalam hal itu.

5. Video Game

Ilustrasi Gambar Video Game
Ilustrasi Gambar Video Game

Industri video game mungkin adalah salah satu pengguna AI yang paling awal. Integrasi dimulai sangat kecil dengan penggunaan AI untuk menghasilkan level acak yang dapat dimainkan orang. Namun, itu telah meningkat ke tingkat yang jauh melampaui apa yang bahkan dapat dibayangkan. Dalam skala besar, kami baru saja mengamati OpenAI 5

, yang dikembangkan oleh perusahaan OpenAI yang didukung oleh Elon Musk, mengalahkan pemain Dota 2 pro-level dalam pertandingan satu lawan satu dan juga mengalahkan tim amatir Dota 2. Prestasi ini dipuji sebagai momen lompatan dalam industri AI. Dota 2 adalah gim berbasis strategi di mana pemain harus membuat keputusan setiap detik, dan mengalahkan pemain pro dalam gim dinamis seperti itu merupakan pencapaian besar bagi AI.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Retina Display (Layar): Sejarah, Macam, Faktor Dasar, Kelebihan dan Kekurangan serta Perbedaannya dengan Non-Retina!

Mengesampingkan Dota 2 untuk sementara waktu, mari kita bicara tentang bagaimana AI menyusup ke industri game normal kita. Game apa pun yang Anda mainkan memiliki semacam elemen AI. Ketika Anda memainkan permainan seperti CS GO, PUBG atau Fortnite, Anda pada dasarnya mulai melawan beberapa bot bertenaga AI dan kemudian bergerak untuk bermain melawan pemain sungguhan. Bahkan ketika Anda memainkan game mode satu orang, Anda bermain melawan bos AI.

Jika Anda bermain gim balap, Anda berlomba melawan bot AI. Mungkin penggunaan AI yang paling menarik yang pernah kita lihat dalam game adalah dalam seri game Middle Earth di mana musuh Anda yang dikendalikan oleh AI berevolusi berdasarkan interaksi mereka dengan Anda dan elemen game lainnya. Saya bisa terus-menerus tentang penggunaan AI dalam game, tetapi itu akan membuat artikel ini sangat panjang. Ketahuilah bahwa jika Anda memainkan game apa pun, Anda menggunakan AI.

6. Jaringan Iklan Online

Ilustrasi Gambar Jaringan Iklan Online Sebagai Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Ilustrasi Gambar Jaringan Iklan Online Sebagai Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Salah satu pengguna yang juga merupakan Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) terbesar adalah industri iklan online yang menggunakan AI untuk tidak hanya melacak statistik pengguna tetapi juga menayangkan iklan berdasarkan statistik tersebut. Tanpa AI, industri iklan online hanya akan gagal karena akan menampilkan iklan acak kepada pengguna tanpa koneksi ke preferensi mereka apa pun.

AI telah menjadi sangat sukses dalam menentukan minat kami dan melayani kami dengan iklan sehingga industri iklan digital global telah melampaui 250 miliar dolar AS dengan industri ini diproyeksikan melewati batas 300 miliar pada tahun 2019. Jadi, lain kali saat Anda online dan melihat iklan atau rekomendasi produk, ketahuilah bahwa AI berdampak pada hidup Anda.

7. Navigasi dan Perjalanan

Sekarang Anda harus yakin dengan fakta bahwa AI memengaruhi kehidupan kita setiap hari. Namun, jika masih ada beberapa skeptis di luar sana mari kita ambil beberapa contoh lagi. Bagaimana dengan industri navigasi dan perjalanan? Maksudku, kebanyakan dari kita bepergian dari waktu ke waktu dan menggunakan navigasi hampir setiap hari. Apakah Anda tahu bahwa apakah Anda menggunakan Google atau Apple Maps untuk menavigasi, atau menelepon Uber, atau memesan tiket penerbangan, Anda menggunakan AI? Nah, jika Anda tidak tahu itu sebelumnya, sudah saatnya Anda membuka mata.

Google dan Apple bersama dengan layanan navigasi lainnya menggunakan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) untuk menafsirkan ratusan ribu titik data yang mereka terima untuk memberi Anda data lalu lintas waktu-nyata. Saat Anda memanggil Uber, harga dan mobil yang cocok dengan permintaan perjalanan Anda ditentukan oleh AI. Seperti yang Anda lihat, AI memainkan peran penting dalam bagaimana kita mencapai dari titik A ke titik B.

8. Perbankan dan Keuangan

Ilustrasi Gambar Perbankan Dan Keuangan Sebagai Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Ilustrasi Gambar Perbankan Dan Keuangan Sebagai Contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Industri perbankan dan keuangan memainkan peran utama dalam kehidupan kita. Maksud saya dunia berjalan dengan uang dan bank pada dasarnya adalah penjaga gerbang yang mengatur aliran itu. Tahukah Anda bahwa industri perbankan dan keuangan sangat bergantung pada Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) untuk hal-hal seperti layanan pelanggan, perlindungan penipuan, investasi, dan banyak lagi? Contoh sederhana adalah email otomatis yang Anda terima dari bank setiap kali Anda melakukan transaksi yang tidak biasa. Ya, itu AI yang mengawasi akun Anda dan berusaha memperingatkan Anda tentang segala penipuan.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Bio: Apa itu Biography dan Personal Bio? Contoh dan Cara Menulisnya agar Menarik Perhatian serta Tipsnya!

AI juga dilatih untuk melihat sampel besar data penipuan dan menemukan pola sehingga Anda dapat diperingatkan sebelum itu terjadi pada Anda. Juga, ketika Anda mencari sedikit hambatan dan mengobrol dengan layanan pelanggan bank, kemungkinan Anda sedang mengobrol dengan bot AI. Bahkan para pemain besar di industri keuangan menggunakan AI untuk menganalisis data untuk menemukan jalan terbaik untuk menginvestasikan uang sehingga mereka bisa mendapatkan hasil terbanyak dengan risiko paling kecil.

Bukan itu saja, AI siap untuk memainkan peran yang bahkan lebih besar dalam industri ini karena bank-bank besar di seluruh dunia berinvestasi miliaran dolar dalam teknologi AI dan kita semua akan mengamati efeknya lebih cepat daripada nanti.

9. Perangkat Smart Home (Rumah Pintar)

Ilustrasi Gambar Dari Smart Home Dan Perangkatnya
Ilustrasi Gambar Dari Smart Home Dan Perangkatnya

Kami bahkan rela membiarkan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) di rumah kami. Banyak perangkat rumah pintar yang kita beli menggunakan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) untuk mempelajari perilaku kita sehingga mereka dapat menyesuaikan pengaturannya sendiri untuk membuat pengalaman tanpa gesekan mungkin bagi kita. Kami telah berbicara tentang asisten suara cerdas yang kami gunakan untuk mengontrol perangkat rumah pintar ini, dan seperti yang kita tahu, mereka adalah contoh utama dari AI yang mempengaruhi kehidupan kita.

Saya akan setuju bahwa rumah bertenaga AI sempurna yang bereaksi terhadap pilihan kita dalam kehidupan nyata masih satu dekade lagi, namun, kita melihat langkah-langkah yang akan membawa kita ke sana. Maksud saya, ada termostat pintar yang mengatur suhu berdasarkan preferensi Anda, lampu pintar yang mengubah warna dan intensitas lampu berdasarkan waktu dan banyak lagi. Tidak akan lama ketika interaksi utama kami dengan semua perangkat rumah pintar kami akan melalui AI saja.

10. Keamanan dan Pengawasan

Ilustrasi Gambar Dari Pengamanan Dan Pengawasan
Ilustrasi Gambar Dari Pengamanan Dan Pengawasan

Sementara kita semua dapat memperdebatkan etika menggunakan sistem pengawasan luas, tidak dapat disangkal fakta bahwa itu sedang digunakan dan AI memainkan peran besar dalam hal itu. Tidak mungkin bagi manusia untuk terus memantau beberapa monitor dengan umpan dari ratusan jika tidak ribuan kamera pada saat yang sama, dan karenanya, menggunakan AI masuk akal. Dengan teknologi seperti pengenalan objek dan pengenalan wajah yang semakin baik setiap hari, tidak akan lama ketika semua umpan kamera keamanan dipantau oleh AI dan bukan manusia. Meskipun masih ada waktu sebelum AI dapat sepenuhnya diterapkan, ini akan menjadi masa depan kita.

Penutup

Seperti yang Anda lihat, semua kehidupan kita dipengaruhi oleh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) setiap hari. Apakah kita menggunakan smartphone kita, menjelajahi Internet, membeli produk secara online, menggunakan navigasi, membuang-buang waktu di media sosial atau mendengarkan lagu di layanan streaming musik favorit kita, AI memengaruhi pilihan kita dengan satu atau lain cara. Biarkan kami tahu bagaimana perasaan Anda tentang AI yang berdampak pada kehidupan kita dengan menulis di bagian komentar di bawah ini pada tulisan contoh-contoh Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar