Pengertian User Persona: Tujuan, Manfaat dan Cara Mendesain Persona

0
Ilustrasi Gambar Pengertian User Persona (Persona Pengguna)
Ilustrasi Gambar Pengertian User Persona (Persona Pengguna)

Pengertian User Persona

Apa itu User Persona? User Persona (Persona Pengguna) adalah representasi fiksi dari pelanggan ideal Anda. Sebagai perancang UX, Anda akan memulai proses desain dengan melakukan riset pengguna, membangun empati dengan pengguna target Anda dan mengidentifikasi dengan tepat apa yang mereka butuhkan dari produk yang Anda desain. Persona umumnya didasarkan pada penelitian pengguna ini dan menggabungkan kebutuhan, tujuan, dan pola perilaku yang diamati dari audiens target Anda.

Persona = Person + Activity 

Jenis Persona

Persona lebih dari sekadar orang, mereka mencerminkan pola perilaku, sikap, keahlian, motivasi, dan sasaran nyata pengguna sasaran dalam domain produk.

a. Personas yang Diarahkan pada Tujuan

Tujuan persona yang diarahkan pada tujuan adalah untuk memeriksa proses dan alur kerja yang lebih disukai pengguna Anda untuk mencapai Tujuan mereka. Cukup banyak penelitian yang dilakukan, sekarang untuk merancang untuk tujuan tersebut

b. Persona Berbasis Peran

Pemeriksaan peran yang biasanya dimainkan pengguna kami di kehidupan nyata dapat membantu menginformasikan keputusan desain produk yang lebih baik.

c. Melibatkan Persona

Idenya adalah untuk membuat rendering 3D pengguna yang benar-benar melalui penggunaan personas. Semakin banyak orang terlibat dengan orang tersebut dan melihatnya sebagai “nyata”. Semakin baik mereka cenderung mempertimbangkan mereka selama desain dan ingin melayani mereka dengan produk terbaik. Personas ini menguji emosi pengguna, psikologi mereka, latar belakang mereka dan membuat mereka relevan dengan tugas yang ada.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Northbridge pada Motherboard dan Cara Kerjanya

d. Fiksi Persona

Fiksi persona tidak muncul dari riset pengguna, itu muncul dari pengalaman tim desain UX. Ini mengharuskan tim untuk membuat asumsi berdasarkan interaksi masa lalu mereka dengan basis pengguna dan produk untuk memberikan gambar. Gratis untuk Persona yang Diarah Sasaran

Manfaat User Persona

Ilustrasi Gambar Pengertian User Persona (Persona Pengguna)
Ilustrasi Gambar Manfaat User Persona (Persona Pengguna)

Berdasarkan pengertian User Persona (Persona Pengguna), adapun manfaatnya dapat diringkas sebagai berikut:

  • Membantu anggota tim membagikan pemahaman spesifik dan konsisten tentang berbagai kelompok audiens. Data tentang kelompok dapat dimasukkan ke dalam konteks yang tepat dan dapat dipahami dan diingat dalam cerita yang koheren.
  • Solusi yang diajukan dapat dipandu oleh seberapa baik mereka memenuhi kebutuhan persona pengguna perorangan. Fitur dapat diprioritaskan berdasarkan seberapa baik mereka memenuhi kebutuhan satu atau lebih persona.
  • Memberikan “wajah” manusia untuk menciptakan empati bagi orang-orang yang diwakili oleh demografi.

Mengapa Anda Membutuhkan Persona?

Baik Anda sedang mengembangkan aplikasi ponsel cerdas atau situs web yang responsif seluler, sangat penting untuk memahami siapa yang akan menggunakan produk. Untuk menyelesaikan masalah pengguna nyata, Anda harus memiliki pernyataan masalah yang jelas dalam pikiran, untuk menulis pernyataan masalah ini, Anda harus terlebih dahulu memahami pengguna dan kebutuhan mereka.

Mengetahui audiens Anda akan membantu memengaruhi fitur dan elemen desain yang Anda pilih, sehingga membuat produk Anda lebih bermanfaat. Seseorang mengklarifikasi siapa yang ada di audiens target Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Siapa pelanggan ideal saya?
  • Apa pola perilaku pengguna saya saat ini?
  • Apa kebutuhan dan tujuan pengguna saya?
  • Apa masalah dan poin kekurangan apa yang mereka hadapi saat ini dalam konteks yang diberikan?

Memahami kebutuhan pengguna Anda sangat penting untuk mengembangkan produk yang sukses. Persona yang terdefinisi dengan baik akan memungkinkan Anda mengidentifikasi dan mengkomunikasikan kebutuhan pengguna secara efisien. Persona juga akan membantu Anda menggambarkan individu yang menggunakan produk Anda, yang sangat penting untuk keseluruhan proposisi nilai Anda.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Google: Apa itu Google? Sejarah, Tujuan dan Manfaatnya!

User Persona (Persona Pengguna) membantu dalam menyusun strategi dan membuat keputusan desain yang cerdas. Mereka membuat pengguna nyata berkesan bagi tim produk, membantu memfokuskan upaya dan membangun empati.

Langkah untuk Mendesain User Persona

Mengacu pada pengertian User Persona di atas, cara mendesain User Persona ini, antara lain sebagai berikut:

  • Mengumpulkan data
  • Bentuk hipotesis
  • Semua orang menerima hipotesis dalam tim
  • Menetapkan jumlah persona terakhir
  • Jelaskan personas
  • Persiapkan situasi / skenario untuk kepribadian Anda
  • Mendapatkan penerimaan dari organisasi-Throughput adalah penting
  • Buat penyesuaian terus-menerus, revisi deskripsi secara berkala, perbarui personas

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian User Persona (Persona Pengguna) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar