Pengertian Tracking (Letter-Spacing): Cara Tracking dan Tipsnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Tracking (Letter-Spacing) dalam Typography
Ilustrasi Gambar Pengertian Tracking (Letter-Spacing) | Indesign

Pengertian Tracking

Apa itu Tracking (Letter-Spacing)? Tracking seringkali membingungkan untuk kerning, tetapi konsepnya sedikit berbeda. Tracking melibatkan menyesuaikan spasi di seluruh kata. Setelah Anda menentukan jarak yang tepat di antara setiap huruf, tracking dapat digunakan, dengan pengekangan besar, untuk mengubah jarak secara merata antara setiap huruf sekaligus.

Pengertian Tracking (Letter-Spacing) adalah metode penyesuaian spasial yang efektif seperti halnya kerning, tetapi dalam hal ini alih-alih menyesuaikan ruang antara huruf individual, ruang antara kelompok huruf lebih difokuskan. Dengan kata sederhana, ia secara seragam mengelola ruang antara semua huruf dalam hal teks. Dengan lebih banyak ruang tracking Anda dapat membuat kepadatan keseluruhan jenis huruf lebih rendah sementara dengan lebih sedikit ruang tracking Anda dapat membuat kepadatan karakter tampak lebih tinggi. Menyesuaikan ruang tracking dapat memiliki dampak signifikan pada keterbacaan. Melalui tracking, Anda dapat dengan mudah menghilangkan garis yatim dan membuatnya tampak rapi.

Tracking umumnya digunakan untuk mengisi ruang yang lebih besar atau lebih kecil dari yang saat ini sesuai dengan parameter tipe atau untuk membuat satu kata terasa lapang dan mengesankan. Anda harus sangat berhati-hati ketika mengubah tracking, karena dapat dengan cepat menyebabkan kesulitan dalam membaca.

Cara Menyesuaikan Tracking di Photoshop dan Illustrator

Ilustrasi Gambar Pengertian Tracking (Letter-Spacing) dalam Typography
Ilustrasi Gambar Cara Menyesuaikan Tracking (Letter-Spacing) dalam Typography

Dalam palet karakter di Photoshop dan Illustrator, Anda dapat mengubah tracking dengan menyesuaikan angka di bidang di bawah kerning. Seperti halnya kerning, Anda dapat memilih teks yang ingin Anda ubah dan tahan tombol opsi, dengan menekan panah arah untuk menyesuaikan.

Mengapa Desainer Menggunakan tracking?

Dalam Graphic Design tracking diterapkan karena dua alasan utama, yakni:

  1. Ketika tracking ditingkatkan dapat meningkatkan keterbacaan teks. Huruf dan kata-kata lebih berbeda secara visual dari satu sama lain, memungkinkan mata untuk memprosesnya lebih mudah daripada jika karakter didorong bersama.
  2. Banyak desainer menerapkan tracking untuk meningkatkan tampilan teks typeset. Menambah atau mengurangi tracking memiliki kekuatan untuk mengurangi jumlah tanda hubung dalam paragraf, dan mengusir janda (kata-kata sendirian di akhir paragraf) dan anak yatim (kata-kata sendirian di bagian atas halaman, yang seharusnya berada di halaman sebelumnya) .
Baca Juga :  Pengertian Content Curation (Kurasi Konten): Definisi beserta Modelnya

Tips Melakukan Tracking

Mengacu pada pengertian tracking (Letter-Spacing) di atas, berikut ini adalah tips pro untuk melakkan Tracking (Letter-Spacing), antara lain:

  • Tracking (Letter-Spacing) mungkin mudah dilakukan, tetapi desainer profesional masih memiliki beberapa trik untuk memaksimalkan teknik jenis ini.
  • Dia mungkin merupakan perbaikan cepat untuk penspasian garis, tetapi menggabungkan tracking dengan kerning akan benar-benar mengangkat tipografi Anda ke standar profesional. Karena tracking memengaruhi jarak antar semua karakter, tracking tidak akan memperhitungkan persyaratan jarak khusus akun di antara huruf-huruf tertentu. Jadi pastikan untuk menggabungkan kedua teknik ini untuk efek maksimal.
  • Dia berjalan seiring dengan memimpin, yang merupakan ruang antara baris teks. tracking yang murah hati membutuhkan pimpinan yang murah hat, jika tidak, Anda akan berakhir dengan paragraf yang tampak melebar secara horizontal dan terlihat tidak proporsional.
  • Terkadang tidak tepat untuk menerapkan tracking negatif ke teks Anda, yang dapat membuat paragraf tampak tergencet. Jika hal ini terjadi tetapi Anda masih memiliki janda atau anak yatim yang merusak tampilan pengaturan huruf Anda, terapkan penyelarasan margin optis untuk mencoba menggeser elemen-elemen yang jauh, seperti serif dan apostrof, ke luar bingkai teks Anda, memberi Anda sedikit lebih banyak ruang bernapas. Pergi ke Window>Type & Tables>Story dan periksa Optical Margin Alignment.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai pengertian Tracking (Letter-Spacing) dalam Typography dan penjelasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar