Pengertian RTC (Real-Time Clock): Apa Itu RTC, Fungsi dan Manfaatnya pada Motherboard

0
Gambar Chip RTC Real Time Clock Pada Motherboard Apa Itu RTC Fungsi Dan Manfaat RTC Pada Motherboard
Gambar Chip RTC Real Time Clock Pada Motherboard Apa Itu RTC Fungsi Dan Manfaat RTC Pada Motherboard

Sebenarnya apa itu pengertian RTC? RTC merupakan singkatan untuk Real-Time Clock, RTC (Real-Time Clock) adalah sirkuit terintegrasi pada motherboard Komputer yang ditenagai oleh baterai CMOS. RTC menyediakan tanggal dan waktu yang akurat, selain memungkinkan komputer untuk mengatur waktu dan kecepatan semua fungsinya.

Pengertian RTC (Real-Time Clock)

RTC (Real-Time Clock) adalah jam bertenaga baterai yang termasuk dalam microchip di motherboard komputer. Microchip ini biasanya terpisah dari mikroprosesor dan chip lainnya dan sering disebut sebagai “CMOS” (semikonduktor oksida logam komplementer). Memori kecil pada microchip ini menyimpan deskripsi sistem atau nilai pengaturan yang termasuk nilai waktu saat ini yang disimpan oleh jam waktu-nyata menurut simpulan yang Kami ambil dari Website Techtarget.

Nilai waktu untuk tahun, bulan, tanggal, jam, menit, dan detik. Ketika komputer dihidupkan, Sistem Operasi Input-Output Dasar (BIOS) yang disimpan dalam microchip memory Read-Only Memory) komputer membaca waktu saat ini dari memori dalam chip dengan jam waktu-nyata.

Apa Itu RTC (Real-Time Clock)

Gambar RTC Real Time Clock Pada Motherboard Apa Itu RTC Fungsi Dan Manfaat RTC Pada Motherboard
Gambar RTC Real Time Clock Pada Motherboard Apa Itu RTC Fungsi Dan Manfaat RTC Pada Motherboard

Jam waktu nyata pada dasarnya sama seperti jam tangan atau jam yang berjalan pada baterai dan membuat waktu untuk Anda bahkan ketika ada pemadaman listrik! Menggunakan RTC, Anda dapat melacak garis waktu yang panjang, bahkan jika Anda memprogram ulang mikrokontroler Anda atau melepaskannya dari USB atau steker listrik.

Sebagian besar mikrokontroler, termasuk Arduino, memiliki pencatat waktu built-in yang disebut millis dan ada juga timer yang dibangun ke dalam chip yang dapat melacak periode waktu yang lebih lama seperti menit atau hari.

Baca Juga :  Apa Itu Application (Aplikasi)? Ini Pengertian, Jenis dan Mekanismenya

Fungsi RTC (Real-Time Clock)

Berdasarkan pengertian RTC (Real-Time Clock) di atas, RTC (Real-Time Clock) berfungsi dan harus secara akurat untuk menjaga waktu, bahkan ketika perangkat dimatikan karena, sering digunakan sebagai pemicu untuk menghidupkan perangkat atau memicu peristiwa seperti jam alarm. IC RTC berjalan pada sumber daya alternatif, yang memungkinkannya untuk terus beroperasi di bawah daya rendah atau bahkan ketika komputer dimatikan.

IC pada sistem yang lebih lama menggunakan baterai lithium, sedangkan sistem yang lebih baru menggunakan baterai tambahan atau superkapasitor. IC RTC yang menggunakan superkapasitor dapat diisi ulang dan dapat disolder. Tetapi di sebagian besar motherboard tingkat konsumen, RTC ditenagai oleh satu baterai yang, ketika dilepas, me-reset RTC ke titik awalnya.

IC RTC mengatur waktu dengan menggunakan osilator kristal dan tidak bergantung pada sinyal jam seperti kebanyakan jam perangkat keras. Selain bertanggung jawab atas fungsi pengaturan waktu sistem dan jamnya, IC RTC memastikan bahwa semua proses yang terjadi dalam sistem disinkronkan dengan tepat. Meskipun beberapa orang mungkin berpendapat bahwa ini adalah pekerjaan untuk jam sistem, jam sistem sebenarnya tergantung pada RTC, membuat RTC secara tidak langsung bertanggung jawab untuk sinkronisasi.

Manfaat RTC (Real-Time Clock) pada Motherboard

Berdasarkan Pengertian dan Fungsi RTC (Real-Time Clock) di atas, Baterai RTC akan bertahan selama tiga hingga lima tahun atau lebih. RTC sangat penting; jika baterai gagal, itu harus diganti untuk memastikan operasi yang berkelanjutan. Baterai mati dapat didiagnosis dengan pesan kesalahan pada saat startup atau jika pengguna menemukan bahwa jam atau konfigurasi pengaturan telah menjadi rusak, terkelupas atau aneh. Adapun manfaat RTC (Real-Time Clock) adalah sebagai berikut:

  • IC RTC telah terbukti lebih tepat daripada metode lain seperti memprogram timer dari pengontrol.
  • RTC (Real-Time Clock) membebaskan sistem utama dari tugas-tugas penting waktu.
  • RTC memiliki konsumsi daya yang rendah dan stabilitas frekuensi yang ditingkatkan.
Baca Juga :  Pengertian Color Value (Hue, Value, Saturation) dalam Graphic Design

Kesimpulan

Jadi berdasarkan pembahasan pengertian RTC (Real-Time Clock) di atas, dapat kita simpulkan bahwa RTC adalah jam komputer, biasanya dalam bentuk sirkuit terintegrasi yang hanya dibuat untuk menjaga waktu. Secara alami, ini berfungsi menghitung jam, menit, detik, bulan, hari dan bahkan bertahun-tahun. RTC dapat ditemukan berjalan di komputer pribadi, sistem tertanam dan server dan hadir di perangkat elektronik apa pun yang mungkin memerlukan waktu yang akurat. Mampu berfungsi bahkan ketika komputer dimatikan melalui baterai atau terlepas dari daya utama sistem adalah hal yang mendasar.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian RTC (Real-Time Clock), Apa Itu RTC, Fungsi dan Manfaat RTC (Real-Time Clock) pada Motherboard beserta pembahasannya secara lengkap. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar