Mengenal Pengertian RTC: Apa Itu Real-Time Clock? Tujuan dan Fungsi serta Manfaatnya pada Motherboard!

0
Gambar Pengertian RTC Apa Itu Real Time Clock Atau Jam Waktu Nyata Tujuan Dan Fungsi Serta Manfaatnya Pada Motherboard
Gambar Pengertian RTC Apa Itu Real Time Clock Atau Jam Waktu Nyata Tujuan Dan Fungsi Serta Manfaatnya Pada Motherboard

Tahukah Anda, Pengertian RTC, Apa itu Real-Time Clock? Tujuan dan Fungsi serta Manfaatnya pada Perangkat Motherboard! RTC merupakan elemen yang terbilang sangat umum. Perlu kalian ketahui bahwa mereka hadir dalam segala hal mulai dari kluster instrumen dan sistem infotainment dalam aplikasi otomotif hingga pengukuran rumah. RTC sering berintegrasi ke device atau perangkat lain. Sebagai contoh misalnya, IC komunikasi broadband yang digunakan dalam radio pada sebuah mobil.

Benar sekali, mereka biasanya antarmuka ke sirkuit mikroprosesor oleh bus serial SPI atau I2C, dan mungkin berisi sejumlah fungsi lain seperti backup atau memori cadangan, pengawas waktu untuk mengawasi mikroprosesor dan penghitung waktu mundur untuk menghasilkan event (peristiwa) waktu nyata. Terkait hal itu, dalam postingan ini, Kami akan membahas secara lebih detail tentang pengertian RTC dan apa itu yang dimaksud dengan Real-TIme Clock. Oke baiklah, mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian RTC

Merupakan singkatan dari Real-Time Clock, RTC adalah jam bertenaga baterai yang termasuk dalam sebuah microchip pada Motherboard komputer yang biasanya terpisah dari mikroprosesor serta chip lainnya, dan sering disebut sebagai “CMOS” (Complementary Metal-Oxide Semiconductor) berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Techtarget.

CMOS merupakan memori kecil yang terdapat pada microchip RTC yang menyimpan deskripsi sebuah sistem atau nilai set (pengaturan), termasuk nilai current-time (waktu saat ini).

Apa itu Real-Time Clock?

Gambar RTC Real Time Clock Pada Motherboard Apa Itu RTC Fungsi Dan Manfaat RTC Pada Motherboard
Gambar RTC Real Time Clock Pada Motherboard Apa Itu RTC Fungsi Dan Manfaat RTC Pada Motherboard

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan Real-Time Clock ini? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ketika mengacu pada microcontroller (mikrokontroler), ini lebih sering dikenal dengan istilah RTC.

Berarti jam waktu-nyata, Real-Time Clock (RTC) adalah sirkuit terintegrasi pada Motherboard komputer yang ditenagai oleh baterai CMOS yang menyimpan time-value (salah satunya).

Nilai waktu tersebut berupa year (tahun), month (bulan), date (tanggal), hours (jam), minutes (menit), dan seconds (detik).

Baca Juga :  Memahami Pengertian Native App (Mobile): Apa itu Aplikasi Asli? Cara Kerja, Jenis Platform, Macam Tools dan Contohnya serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Seperti yang kita ketahui, ketika komputer dihidupkan, sistem operasi input-output dasar atau BIOS (Basic Input Output Operating System) yang disimpan dalam microchip Read-Only Memory (ROM) komputer membaca waktu saat ini dari memori dalam chip dengan Real-Time Clock.

Jam waktu nyata atau Real-Time Clock (RTC) pada dasarnya yaitu sama seperti jam tangan atau jam yang berjalan pada baterai dan membuat waktu untuk Anda bahkan ketika ada pemadaman listrik!

Dengan, menggunakan RTC, Anda dapat melacak garis waktu yang panjang, bahkan jika Anda memprogram ulang sebuah microcontroller (mikrokontroler) Anda atau melepaskannya dari USB atau colokan listriknya.

Sebagian besar mikrokontroler, termasuk Arduino contohnya, memiliki fungsi pencatat waktu tertaman atau built-in yang disebut millis() dan ada juga timer yang dibangun ke dalam chip yang dapat melacak periode waktu yang lebih lama seperti menit atau hari.

Tujuan dan Fungsi RTC (Real-Time Clock)

Agar kita lebih memahami tentang apa itu arti RTC atau Real-Time Clock, maka kita juga harus mengetahui apa sebenarnya tujuan dan fungsi terkait penggunaannya.

Untuk tujuannya sendiri, RTC menyediakan tanggal dan waktu yang akurat, selain memungkinkan komputer (baca pengertian komputer disini) untuk mengatur waktu dan kecepatan semua fungsinya.

Real-Time Clock (RTC) merupakan jam komputer, biasanya dalam bentuk integrated circuit (sirkuit terpadu) yang hanya dibuat untuk menjadi timekeeper (penjaga waktu).

Secara alami, fungsinya adalah untuk menghitung jam, menit, detik, bulan, hari dan bahkan bertahun-tahun.

RTC dapat ditemukan berjalan di komputer pribadi, embedded-system (sistem tertanam) dan server, dan hadir di perangkat elektronik apa pun yang mungkin memerlukan penjagaan waktu yang akurat.

Mampu agar tetap berfungsi bahkan ketika komputer dimatikan melalui baterai atau terlepas dari daya utama sistem adalah hal yang mendasar dari sebuah RTC.

IC RTC berjalan pada sumber daya alternatif, yang memungkinkannya untuk terus beroperasi di bawah daya rendah atau bahkan ketika komputer dimatikan.

IC sebelumnya (pada sistem yang lebih lama) menggunakan baterai lithium, sedangkan sistem yang lebih baru (dalam hal ini modern) menggunakan baterai tambahan atau superkapasitor.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Semantic HTML: Apa itu Semantic Elements dan Markup? Macam Tag, Contoh dan Perbedaannya dengan Non-Semantic serta Kenapa itu Penting!

IC RTC yang menggunakan superkapasitor dapat diisi ulang dan dapat disolder. Tetapi di sebagian besar Motherboard tingkat konsumen, RTC ditenagai oleh satu baterai yang, ketika dilepas, itu akan me-reset RTC ke titik awalnya.

IC RTC mengatur waktu dengan menggunakan osilator kristal dan tidak bergantung pada sinyal jam seperti kebanyakan jam perangkat keras.

Selain bertanggung jawab atas fungsi pengaturan waktu sistem dan jamnya, IC RTC memastikan bahwa semua proses yang terjadi dalam sistem disinkronkan dengan tepat.

Meskipun beberapa orang mungkin berpendapat bahwa ini adalah pekerjaan untuk jam sistem, jam sistem sebenarnya tergantung pada RTC, membuat RTC secara tidak langsung bertanggung jawab untuk sinkronisasi.

Manfaat RTC (Real-Time Clock) pada Motherboard

Gambar Chip Real Time Clock Pada Motherboard Dalam Membahas Manfaat RTC
Gambar Chip Real Time Clock Pada Motherboard Dalam Membahas Manfaat RTC

Sebelum kita membahas manfaat dan keuntungan dalam menggunakannya terutama pada Motherboard, perlu kalian ingat sebagaimana yang sudah Kami jelaskan pada penjelasan arti serta fungsi RTC atau Real-Time Clock di atas, mereka berfungsi dan harus secara akurat untuk menjaga waktu.

Ya, bahkan ketika perangkat dimatikan sekalipun, oleh karena itu, ini sering digunakan sebagai pemicu untuk menghidupkan device (perangkat) atau memicu peristiwa seperti jam alarm.

Baterai RTC akan bertahan selama tiga hingga lima tahun atau lebih. RTC marupakan hal yang sangat penting, terutama jika baterai gagal, itu harus diganti untuk memastikan operasi yang berkelanjutan.

Baterai yang sudah mati dapat didiagnosis dengan pesan kesalahan pada saat startup atau jika pengguna menemukan bahwa jam atau konfigurasi pengaturan telah rusak, atau fisiknya sudah terkelupas atau mulai bertingkah aneh.

Oke, kembali ke sub-bagian kita, seperti yang sudah Kami katakan di atas, adapun beberapa manfaat dan keuntungan dalam menggunakan RTC (Real-Time Clock) tersebut adalah sebagai berikut:

  • IC Real-Time Clock (RTC) telah terbukti lebih tepat daripada metode lain seperti memprogram timer dari sebuah controller (pengontrol).
  • RTC membebaskan sistem utama dari time-critical tasks (tugas-tugas penting) waktu.
  • RTC memiliki konsumsi daya yang rendah dan stabilitas frekuensi yang ditingkatkan.
Baca Juga :  Penjelasan Pengertian DBMS: Menurut Para Ahli, Tujuan, Macam, Ciri, Karakteristik, Komponen dan Contohnya!

Kesimpulan

Oke, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Jadi berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian RTC, Apa itu Real-Time Clock? Tujuan dan Fungsi serta Manfaatnya pada Perangkat Motherboard di atas, dapat kita simpulkan bahwa jam waktu-nyata, Real-Time Clock atau RTC adalah sirkuit terpadu yang berisi timer yang menyediakan waktu. Sebuah RTC pada umumnya berisi baterai yang tahan lama untuk memungkinkannya melacak waktu bahkan ketika tidak ada daya yang diterapkan.

Real-Time Clocks (RTCs) beroperasi dengan baterai khusus yang tidak terhubung ke catu daya normal. Sebaliknya, jam yang bukan real-time tidak berfungsi saat komputer mati. Ingat! Jangan bingung dengan istilah ini dengan CPU clock (jam CPU) mengatur eksekusi instruksi.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postigan yang membahas tentang Pengertian RTC, Apa itu Real-Time Clock? Tujuan dan Fungsi serta Manfaatnya pada Perangkat Motherboard kali ini. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini atau hubungi Kami pada halaman kontak untuk informasi lebih lanjut.

Jangan lupa share artikel atau tulisan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar