Pengertian Reach (Jangkauan): Jenis dan Cara Meningkatkannya di Media Sosial

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Reach (Jangkauan)
Ilustrasi Gambar Pengertian Reach (Jangkauan)

Reach adalah

Apa itu pengertian Reach? Dan apa pengertian Reach? sebagai jumlah total orang yang dapat Anda jangkau di semua berbagai jaringan media sosial Anda. Kami juga menyebutnya sebagai total jangkauan sosial karena mencakup semua jaringan Media Sosial di bawah satu nomor jangkauan. Kemudian, ini berarti ada juga nomor dari jangkauan sosial individu seperti jangkauan Twitter, Facebook Reach, LinkedIn Reach, dan lain sebagainya.

Selain dari pengertian Reach (jangkauan) dalam Media Sosial, ada juga pengertian Organic Reach, pengertian Organic Reach adalah metrik yang digunakan dalam pemasaran media sosial yang menunjukkan jumlah akun unik yang telah melihat posting atau konten di platform media sosial. Dengan kata lain, jumlah mata yang telah melihat posting satu kali. Organic Reach tidak termasuk dalam penggunaan alat promosi berbayar, yang akan digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuat postingan.

Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika Anda mengembangkan strategi media sosial Anda adalah jumlah orang yang dapat Anda jangkau secara potensial di atas platform media sosial dan seberapa baik Anda dapat terus mengembangkan jangkauan itu. Seberapa baik konten Anda dan seberapa baik kinerja strategi sosial Anda dapat tercermin dari jangkauan sosial Anda dan persentase pertumbuhannya. Lalu lintas dan arahan situs web yang Anda hasilkan dari media sosial berkorelasi langsung dengan jangkauan sosial Anda.

Sangat sederhana untuk mengasumsikan bahwa semakin banyak orang yang dapat Anda jangkau dengan konten Anda, semakin banyak lalu lintas yang akan Anda terima dan semakin banyak arahan yang akan Anda hasilkan. Jika Anda tidak berinvestasi dalam meningkatkan jangkauan sosial Anda, Anda juga akan mengalami konflik besar ketika mencoba untuk meningkatkan lalu lintas situs web Anda dan menghasilkan generasi dari media sosial.

Baca Juga :  Pengertian Software: Fungsi, Klasifikasi Software dan Contohnya Lengkap

Jenis-Jenis Reach (Jangkauan)

Ilustrasi Gambar Jenis Reach (Jangkauan)
Ilustrasi Gambar Pengertian Reach (Jangkauan)

Setelah mengetahui pengertian Reach (jangkauan) di atas, adapun jenis-jenis Reach (jangkauan) adalah sebagai berikut:

a. Organic Reach (Jangkauan Organik)

Jenis jangkauan ini berkaitan dengan jumlah pengguna berbeda yang telah melihat postingan tertentu pada umpan (feed) mereka. Jangkauan organik dengan kata lain adalah jumlah orang yang telah melihat pos yang dianalisis di umpan berita Facebook mereka. Data yang dikumpulkan dari jenis jangkauan ini dapat memberikan informasi kepada mereka yang melakukan analisis seperti demografi mereka yang telah melihat pos tersebut.

b. Paid Reach (Jangkauan Berbayar)

Jenis jangkauan ini berkaitan dengan berapa kali pengguna yang berbeda menemukan tulisan, iklan, atau konten yang disponsori. Dengan kata lain, jangkauan berbayar adalah berapa kali pengguna Facebook melihat pos yang telah dibayar oleh perusahaan. Data yang dikumpulkan dapat memberikan wawasan, kepada pengiklan atau pemasar misalnya, tentang aktivitas berdasarkan jangkauan posting mereka.

c. Viral Reach (Jangkauan Viral)

Jenis jangkauan ini berkaitan dengan jumlah penayangan oleh pengguna yang berbeda pada posting yang telah dikomentari atau dibagikan oleh teman-teman mereka di Facebook. Dengan kata lain, jangkauan viral melihat jumlah orang yang telah melihat pos setelah teman mereka berkomentar atau berbagi pos asli, oleh karena itu ditunjukkan di timeline atau beranda mereka. Jangkauan virus dapat dilihat dalam jumlah kolektif berapa kali pos tersebut berada pada jadwal waktu pengguna individu. Data yang dikumpulkan dari jangkauan virus dapat digunakan dalam berbagai cara, misalnya dapat digunakan untuk menganalisis jenis konten yang dibagikan atau dikomentari dan selanjutnya dapat digunakan untuk membandingkan dengan posting lain.

Penggunaan Reach (Jangkauan)

Jangkauan ini bisa kita jadikan metrik yang berguna untuk dianalisis bagi pemasar dan pengiklan. Media sosial adalah platform yang digunakan oleh pemasar untuk secara langsung menargetkan audiens yang dituju dengan mudah. Platform ini tidak hanya memungkinkan pemasar untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang audiens mereka, tetapi juga memungkinkan pengiklan untuk memasukkan iklan mereka ke jadwal waktu pengguna tertentu untuk kemudian dapat melakukan penelitian untuk melihat jangkauan postingan atau konten mereka.

Baca Juga :  Pengertian XAMPP: Menurut Para Ahli, Sejarah XAMPP, Penggunaannya

Cara Meningkatkan Jangkauan Organik?

Reach (jangkauan) adalah salah satu metrik mendasar di media sosial dan salah satu faktor terpenting yang menentukan tingkat keterlibatan potensial dari sebuah pos. Pada dasarnya, semakin organik jangkauan Anda, semakin banyak keterlibatan yang berpotensi Anda terima. Semakin banyak bola mata pada konten, berarti lebih banyak kesempatan konten terlibat dengan suka dan komentar, itulah sebabnya pemasar selalu mencari teknik untuk meningkatkan Jangkauan Organik. Tentu saja faktor besar dalam menentukan jangkauan organik potensial Anda adalah jumlah pengikut yang Anda miliki, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendistribusikan konten Anda untuk memaksimalkan jangkauan organik, termasuk tagar, membagikan postingan ke cerita Anda dan di sisi lain Anda saluran sosial.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini mengenai pengertian Reach (Jangkauan) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar