Pengertian Perawat (Nurse): Jenis, Tugas dan Proses Keperawatan

0
Gambar Pengertian Perawat Nurse Jenis Tugas Dan Proses Keperawatan
Gambar Pengertian Perawat Nurse Jenis Tugas Dan Proses Keperawatan

Pengertian Perawat (Nurse)

Sebenarnya, apa itu Perawat dan Pengertian Perawat? Perawat adalah orang yang dilatih untuk memberikan perawatan kepada orang yang sakit atau terluka. Perawat atau Nurse (dalam Bahasa Inggris) bekerja dengan dan petugas perawatan kesehatan lainnya untuk membuat pasien sehat dan agar mereka bugar dan sehat. Perawat (Nurse) juga membantu dengan kebutuhan akhir hidup dan membantu anggota keluarga lainnya berduka.

Pengertian Keperawatan

Setelah mengetahui pengertian Perawat, kita juga harus mengetahui apa itu Keperawatan dan pengertiannya. Keperawatan adalah profesi, seperti dokter, tetapi pelatihan untuk perawat berbeda dalam berapa lama seseorang harus berlatih dan jenis pelatihan apa yang mereka butuhkan. Di beberapa tempat, perawat dapat melatih selama tiga hingga lima tahun atau lebih sebelum mereka mendapatkan lisensi sebagai perawat.

Perawat bekerja di banyak tempat. Perawat bekerja di rumah sakit, di kantor dokter, dan di masyarakat, dan mereka bahkan mengunjungi orang di rumah jika mereka tidak bisa keluar.

Apa itu Keperawatan?

Perawatan abad ke-21 adalah perekat yang menyatukan perjalanan perawatan kesehatan pasien. Di seluruh pengalaman pasien, dan di mana pun ada seseorang yang membutuhkan perawatan, perawat bekerja tanpa lelah untuk mengidentifikasi dan melindungi kebutuhan individu.

Di luar reputasi terhormat untuk belas kasih dan dedikasi, terdapat profesi yang sangat terspesialisasi, yang terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dari memastikan diagnosis yang paling akurat hingga pendidikan publik yang sedang berlangsung tentang masalah kesehatan kritis; perawat sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan masyarakat.

Baca Juga :  Pengertian Hybrid App (Mobile): Manfaat, Tujuan dan Implementasinya

Keperawatan dapat digambarkan sebagai seni dan ilmu, hati dan pikiran. Pada intinya, terletak rasa hormat mendasar terhadap martabat manusia dan intuisi untuk kebutuhan pasien. Ini didukung oleh pikiran, dalam bentuk pembelajaran inti yang keras. Karena berbagai spesialisasi dan keterampilan kompleks dalam profesi keperawatan, setiap perawat akan memiliki kekuatan, gairah, dan keahlian khusus.

Namun, keperawatan memiliki etos pemersatu, dalam menilai pasien, perawat tidak hanya mempertimbangkan hasil tes. Melalui pemikiran kritis yang dicontohkan dalam proses keperawatan yang akan Kami jelaskan di bawah, perawat menggunakan penilaian mereka untuk mengintegrasikan data objektif dengan pengalaman subyektif dari kebutuhan biologis, fisik, dan perilaku pasien. Ini memastikan bahwa setiap pasien, dari rumah sakit kota hingga pusat kesehatan masyarakat, penjara negara bagian untuk perkemahan musim panas, menerima perawatan sebaik mungkin terlepas dari siapa mereka, atau di mana mereka berada.

Tugas Perawat

Ilustrasi Gambar Pengertian Perawat Nurse Jenis Tugas Dan Proses Keperawatan
Ilustrasi Gambar Pengertian Perawat Nurse Jenis Tugas Dan Proses Keperawatan

Apa sebenarnya yang dilakukan perawat? Mengacu pada pengertian Perawat di atas, Perawat (Nurse) juga harus mengetahui dan memahami tentang Pengertian Falsafah Keperawatan. Dalam bidang yang bervariasi seperti menyusui, tidak ada jawaban yang khas. Tanggung jawab dapat berkisar dari membuat keputusan perawatan akut hingga menyediakan inokulasi di sekolah.

Karakter utama pemersatu dalam setiap peran adalah keterampilan dan dorongan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang perawat. Melalui pemantauan jangka panjang terhadap perilaku pasien dan keahlian berbasis pengetahuan, perawat paling baik ditempatkan untuk mengambil pandangan menyeluruh tentang kesejahteraan pasien.

Jenis Perawat

Berdasarkan pengertian Perawat di atas, semua perawat menyelesaikan program pendidikan dan studi ekstensif yang ketat, dan bekerja secara langsung dengan pasien, keluarga, dan masyarakat menggunakan nilai-nilai inti dari proses keperawatan. Secara umum keperawatan dapat dibagi menjadi tiga kategori dengan tanggung jawab spesifik yang mereka lakukan.

a. Perawat Terdaftar atau Registered Nurse (RN)

Perawat Terdaftar atau Registered Nurse (RN) membentuk tulang punggung penyediaan perawatan kesehatan di Amerika Serikat. RN memberikan perawatan kesehatan kritis kepada masyarakat dimanapun dibutuhkan.

Baca Juga :  Pengertian Perdagangan Internasional: Teori, Manfaat dan Jenisnya Lengkap!

Tanggung Jawab Perawat Terdaftar atau Registered Nurse (RN)

  • Lakukan pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan sebelum membuat keputusan penting
  • Berikan promosi kesehatan, konseling dan pendidikan
  • Berikan obat-obatan dan intervensi pribadi lainnya
  • Koordinasi perawatan, bekerja sama dengan beragam profesional perawatan kesehatan

b. Praktik Lanjut Perawat Terdaftar atau Advance Practice Registered Nurses (APRN)

Praktik Lanjut Perawat Terdaftar atau Advance Practice Registered Nurses (APRN) memiliki setidaknya gelar Master atau S-2 dalam Indonesia, di samping pendidikan keperawatan awal dan lisensi yang diperlukan untuk semua RN. Tanggung jawab APRN termasuk, tetapi tidak terbatas pada, menyediakan perawatan kesehatan primer dan pencegahan yang sangat berharga bagi masyarakat. APRN merawat dan mendiagnosis penyakit, memberi nasihat kepada masyarakat tentang masalah kesehatan, mengelola penyakit kronis dan terlibat dalam pendidikan berkelanjutan untuk tetap berada di garis terdepan dari segala teknologi, metodologi, atau perkembangan lain di lapangan.

Peran Spesialis Praktik Lanjut Perawat Terdaftar atau Advance Practice Registered Nurses (APRN)

  • Praktisi Perawat meresepkan obat, mendiagnosis dan mengobati penyakit ringan dan cedera
  • Bidan Perawat Bersertifikat memberikan perawatan kebidanan ginekologis dan berisiko rendah
  • Spesialis Perawat Klinis menangani berbagai masalah kesehatan fisik dan mental
  • Ahli Perawat Terdaftar Bersertifikat mengelola lebih dari 65 persen dari semua anestesi

c. Perawat Praktis Berlisensi atau Licensed Practical Nurses

Perawat Praktis Berlisensi atau Licensed Practical Nurses (LPN) juga dikenal sebagai Perawat Kejuruan Berlisensi (LVN), mendukung tim perawatan kesehatan inti dan bekerja di bawah pengawasan RN, APRN, atau MD. Dengan memberikan perawatan dasar dan rutin, mereka memastikan kesejahteraan pasien di seluruh perjalanan perawatan kesehatan

Tanggung Jawab Perawat Praktis Berlisensi atau Licensed Practical Nurses

  • Periksa tanda-tanda vital dan cari tanda-tanda bahwa kesehatan memburuk atau membaik
  • Lakukan fungsi dasar keperawatan seperti mengganti perban dan pembalut luka
  • Pastikan pasien nyaman, cukup makan dan terhidrasi
  • Dapat memberikan obat dalam beberapa pengaturan
Baca Juga :  Pengertian AMA (Ask Me Anything) pada Media Sosial (Reddit)

Proses Keperawatan

Apa itu proses keperawatan? tidak peduli apa bidang atau spesialisasi mereka, semua perawat menggunakan proses keperawatan yang sama; metode ilmiah yang dirancang untuk memberikan yang terbaik dalam perawatan pasien, melalui lima langkah sederhana.

1. Penilaian

Perawat menilai pasien berdasarkan fisiologis, ekonomi, sosial dan gaya hidup yang mendalam.

2. Diagnosis

Melalui pertimbangan cermat terhadap gejala fisik dan perilaku pasien, perawat membentuk diagnosis.

3. Hasil dan Perencanaan

Perawat menggunakan keahlian mereka untuk menetapkan tujuan yang realistis untuk pemulihan pasien. Tujuan-tujuan ini kemudian dipantau secara ketat.

4. Implementasi

Dengan mengimplementasikan rencana perawatan secara akurat, perawat menjamin konsistensi perawatan untuk pasien sementara secara cermat mendokumentasikan kemajuan mereka.

5. Evaluasi

Dengan menganalisis secara cermat efektivitas rencana perawatan dan mempelajari respons pasien, perawat mengasah rencana untuk mencapai hasil pasien terbaik.

Kesimpulan

Perawat adalah Kunci Kesehatan Bangsa. Ada lebih banyak perawat di Indonesia saat ini. Dan dapat kita artikan bahwa satu dari setiap 100 orang adalah perawat terdaftar. Perawat ada di setiap komunitas, besar dan kecil yang menyediakan perawatan ahli sejak lahir hingga akhir hayat. Berdasarkan Data pada Januari 2012 “Kartu Laporan Tenaga Kerja Perencana Terdaftar Amerika Serikat dan Prakiraan Kekurangan” di American Journal of Medical Quality, kekurangan perawat terdaftar diproyeksikan menyebar di seluruh negeri antara 2009 dan 2030.

Dalam analisis Negara ini , para penulis meramalkan kekurangan Registered Nurse paling kuat di Selatan dan Barat. Peran perawat berkisar dari perawatan pasien langsung dan manajemen kasus hingga menetapkan standar praktik keperawatan, mengembangkan prosedur jaminan kualitas, dan mengarahkan sistem perawatan keperawatan yang kompleks.

Penutup

Demikianlah Ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Perawat (Nurse), Jenis Perawat, Tugas Perawat dan Proses Keperawatan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar