Pengertian Mood Board (Papan Mood): Tujuan, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Mood Board (Papan Mood) Atau Papan Suasana Hati Tujuan Fungsi Jenis Dan Cara Membuatnya
Ilustrasi Gambar Pengertian Mood Board (Papan Mood) Atau Papan Suasana Hati Tujuan Fungsi Jenis Dan Cara Membuatnya

Sebenarnya, apa itu pengertian Mood Board (Papan Mood)? Secara umum, Pengertian Mood Board adalah sebuah alat visual yang mengkomunikasikan konsep dan ide visual. Mood Board merupakan pengaturan gambar, bahan, potongan teks, dan lain sebagainya yang dipikirkan dengan matang dan terencana yang dimaksudkan untuk membangkitkan atau memproyeksikan gaya atau konsep tertentu.

Agar lebih memahami tentang apa itu Pengertian Mood Board (Papan Mood), berikut Kami berikan ulasan tentang apa itu Mood Board, Tujuan, Fungsi, Jenis Mood Board (Papan Mood) dan Cara Membuat Mood Board secara lengkap. Simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Mood Board (Papan Mood)

Apa itu Mood Board? Mood Board adalah kolase atau komposisi gambar, visual, dan objek lain, sering kali dibuat untuk keperluan desain atau presentasi. Mood Board atau Papan Suasana Hati dapat membantu para desainer untuk mengetahui cara membuat gaya atau tema yang disatukan untuk proyek desain berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Technopedia.

Mood Board (Papan Mood) dapat bermanfaat dalam Desain Website. Mereka juga dapat berguna untuk tujuan membuat presentasi, membuat proyek cetak fisik, atau untuk semua jenis pekerjaan desain yang komprehensif. Papan suasana hati sering merupakan instalasi fisik yang dibuat dengan papan busa atau kardus, di mana desainer menempel atau menempelkan benda-benda individu ke papan. Mereka melihat koleksi benda-benda yang dikuratori ini untuk mulai membayangkan tampilan terpadu dan nuansa proyek kreatif.

Misalnya, seseorang yang menggunakan Mood Board (Papan Mood) untuk desain Web mungkin mulai menyatukan gambar yang semuanya sesuai dengan gaya tertentu, bersama dengan visual yang memiliki warna atau skema warna yang sama. Melihat Mood Board memberi mereka semacam peta jalan yang kreatif dalam hal merancang tugas akhir.

Tujuan Menggunakan Mood Board (Papan Mood)

Mengacu pada pengertian Mood Board (Papan Mood), Mood Board atau Papan Suasana Hati dapat dibuat secara umum, dengan dua cara berbeda yaitu secara fisik atau digital. Papan Mood ini, dalam arti fisik terlihat seperti kolase gambar, font, skema warna, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Pengertian Data Architecture: Komponen, Tujuan dan Prosesnya

Dalam dunia Digital, Mood Board (Papan Mood) merupakan perpustakaan contoh yang jauh lebih terorganisir. Ada berbagai situs web yang dibuat untuk Blog, tetapi dapat digunakan secara produktif sebagai Mood Board (Papan Mood) yang interaktif. Contoh dari beberapa situs web ini termasuk Springpad dan Pinterest. Kedua hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat folder yang dapat berdiri untuk berbagai proyek atau klien. Internet memungkinkan Anda untuk dengan mudah membagikan Mood Board (Papan Mood) atau Papan Suasana Hati Anda dengan klien atau kolaborator. Dengan munculnya internet, sebagian besar konten dan media telah bergerak online, yang memudahkan untuk menyalin URL dan gambar dari satu situs ke situs lainnya.

Bentuk Mood Board (Papan Mood) yang interaktif ini berfungsi baik untuk dapat melihat apa yang diposkan klien Anda serta memungkinkan mereka untuk melihat apa yang Anda posting secara real time. Ini memungkinkan respons yang lebih cepat dan komunikasi yang lebih mudah. Adapun tujuan dalam menggunakan Mood Board adalah sebagai berikut:

  • Untuk memberi proses membangun desain yang jelas yang ingin digunakan.
  • Menggunakan Mood Board (Papan Mood) membantu Anda mengekspresikan visi yang ada dalam pikiran Anda untuk proyek tersebut.
  • Mood Board (Papan Mood) adalah titik awal yang baik untuk menyelesaikan sesuatu. Ini akan membantu Anda menyusun dan memfokuskan ide-ide Anda, dan membantu mendefinisikan proyek.

Fungsi Mood Board (Papan Mood)

Desainer Grafis, Desainer Interior, Desainer Industri, Fotografer, dan seniman kreatif lainnya menggunakan papan mood untuk menggambarkan secara visual gaya yang ingin mereka tuju. Namun, papan ini juga dapat digunakan oleh para profesional desain untuk menjelaskan secara visual gaya penulisan tertentu, atau pengaturan imajiner untuk alur cerita.

Singkatnya, Mood Board (Papan Mood) tidak terbatas pada subjek visual, tetapi berfungsi sebagai alat visual untuk dengan cepat menginformasikan kepada orang lain tentang keseluruhan “perasaan” (atau “aliran”) dari suatu ide. Dalam proses kreatif, Mood Board (Papan Mood) dapat menyeimbangkan koordinasi dan kebebasan kreatif.

Jenis Mood Board (Papan Mood)

Dalam membahas Pengertian Mood Board (Papan Mood) ada pun jenis Mood Board yaitu berupa Papan Busa dan Bentuk Digital. Secara tradisional, Mood Board (Papan Mood) dibuat dari Papan Busa yang dapat dipotong dengan pisau bedah dan dapat juga dipasang semprotan semprotan yang diletakkan di atasnya.

Baca Juga :  Pengertian E-Commerce: Jenis, Contoh, Manfaat, Dampaknya Lengkap

Membuat Mood Board (Papan Mood) atau Papan Suasana Hati dalam bentuk Digital mungkin lebih mudah dan lebih cepat, terutama ketika menyangkut kolaborasi atau modifikasi proyek, tetapi objek fisik sering cenderung memiliki dampak yang lebih tinggi pada orang-orang karena palet sensasi yang lebih lengkap yang ditawarkan papan suasana hati, di kontras dengan papan mood digital. Papan suasana hati juga bisa dicat.

Mengapa Orang Menggunakan Mood Board (Papan Mood)?

Sederhananya, Mood Board (Papan Mood) digunakan untuk memberi proses membangun kisah desain yang jelas yang ingin kami gunakan di ruang tanpa batas. Menggunakan Papan Mood membantu Anda mengekspresikan visi yang ada dalam pikiran Anda untuk proyek tersebut. Terkadang sangat rumit untuk mengekspresikan ide visual Anda kepada orang lain. Papan mood adalah alat komunikasi visual yang sangat efisien.

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan pengertian Mood Board (Papan Mood) atau Papan Suasana Hati di atas, Mood Board (Papan Mood) merupakan titik awal yang baik untuk menyelesaikan sesuatu. Ini akan membantu Anda menyusun dan memfokuskan ide-ide Anda, dan membantu mendefinisikan proyek Anda.

Cara Membuat Mood Board (Papan Mood) yang Baik

Ilustrasi Gambar Dari Pengertian Mood Board (Papan Mood) Atau Papan Suasana Hati Tujuan Fungsi Jenis Dan Cara Membuatnya
Ilustrasi Gambar Dari Pengertian Mood Board (Papan Mood) Atau Papan Suasana Hati Tujuan Fungsi Jenis Dan Cara Membuatnya

Berdasarkan pada pengertiandan Definisi Mood Board di atas, seperti kebanyakan proses desain. Ada proses “standar” untuk diikuti. Tapi saat orang sedang merancang, Kami percaya bahwa menjadi kreatif dan tidak mengikuti aturan pasti akan selalu memberi Anda hasil terbaik. Membuat Mood Board (Papan Suasana Hati) akan membantu Anda menjelajahi dan menemukan gaya Anda sendiri juga. Cara terbaik untuk belajar tentang sesuatu dalam desain adalah dengan melakukannya. Itulah sebabnya Kami ingin agar Anda meluangkan waktu untuk membuat Mood Board (Papan Mood) yang mewakili gaya Anda sendiri.

Contoh Cara Membuat Mood Board yang baik yaitu dengan memikirkan rumah Anda, pakaian Anda, kantor Anda, liburan Anda, hal-hal yang Anda impikan. Seperti apa rupa mereka? Seperti apa rasanya ini? Apa benang merahnya? Apakah ini warna? Tekstur? Sebuah pola? Perasaan atau emosi Anda? Kumpulkan gambar yang mewakili pemikiran ini. Gambar-gambar ini akan menceritakan kisah Anda dan ketika mereka datang bersama-sama akan mulai menunjukkan gaya Anda. Koleksi gambar akan mewakili gaya hidup dan gaya pribadi Anda. Anda dapat mengambil waktu Anda dengan ini. Pindahkan gambar di papan tulis untuk membuat komposisi yang berbeda. Bermain-mainlah dengan gambar sampai Anda puas dengan gambar yang Anda miliki.

Baca Juga :  Pengertian HTTP dan HTTPS: Fungsi, Cara Kerja dan Perbedaannya Lengkap

Kami tahu ini sulit dilakukan ketika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya, tetapi kita semua mulai dari awal. Beberapa Mood Board (Papan Mood) atau Papan Suasana Hati pertama Kami tidak terlalu mengesankan tetapi Kami mulai belajar bagaimana mereka bekerja saat melakukannya. Ini bukanlah sesuatu yang bisa Anda pelajari dengan membacanya. Anda harus melakukannya.

Elemen penting lain untuk Mood Board (Papan Mood) atau Papan Suasana Hati yang dapat membantu pemula menyampaikan pesan mereka dengan sangat efektif adalah menggunakan Keyword (Kata Kunci) untuk membantu menceritakan kisah Anda. 2 atau 3 Kata Kunci yang dipilih dengan baik yang membantu Anda menggambarkan pesan yang ingin Anda sampaikan. Ini merupakan salah satu cara yang Kami siapkan untuk klien yang sedang mencari beberapa ide Desain mewahnya.

Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai apa itu pengertian Mood Board (Papan Mood) atau Papan Suasana Hati di atas, dapat Kita simpulkan bahwa Mood Board adalah susunan bahan, foto, teks, warna, tekstur dan hal-hal yang lain yang ditujukan untuk membangkitkan emosi, menciptakan getaran untuk proyek Anda, merek atau gaya atau konsep tertentu.

Dalam Branding, Mood Board (Papan Mood) akan membantu Anda fokus dan bertindak sebagai inti untuk konsep Desain Anda. Anda akan menciptakan sesuatu yang benar-benar merangkum bagaimana Anda ingin merek Anda terlihat dan terasa.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat kali ini yang membahas mengenai apa itu Pengertian Mood Board (Papan Mood) atau Papan Suasana Hati, Tujuan, Fungsi Mood Board (Papan Mood), Jenis dan Cara Membuat Mood Board yang baik beserta penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar