Pengertian Graphic Design (Desain Grafis): Cara Kerja, Elemen, Alatnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Graphic Design (Desain Grafis)
Ilustrasi Gambar Pengertian Graphic Design (Desain Grafis)

Pengertian Graphic Design (Desain Grafis) adalah

Apa itu Graphic Design? Bisakah Anda membayangkan dunia tanpa gambar untuk membantu Anda memvisualisasikan produk yang Anda beli? Perusahaan yang baik menggunakan gambar dan teks untuk membantu menangkap perhatian audiensnya.

Pengertian Graphic Design atau Desain Grafis adalah keahlian membuat konten visual untuk mengkomunikasikan pesan. Menerapkan hierarki visual dan teknik tata letak halaman, desainer grafis menggunakan tipografi dan gambar untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna dan fokus pada logika menampilkan elemen dalam desain interaktif untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna.

Cara Kerja Graphic Design (Desain Grafis)

Saat ini, desain grafis sering diproduksi dengan menggunakan perangkat lunak desain grafis. Beberapa contoh perangkat lunak desain grafis termasuk Photoshop, Adobe Creative Cloud, dan Serif. Ada beberapa contoh desain grafis di sekitar kita, termasuk logo, Website, papan iklan, majalah, dan surat kabar.

Desain grafis memainkan peran besar dalam ritel karena membantu memberikan pelanggan ide tentang apa pesan merek dan bagaimana produk terlihat. Ini juga memberi perusahaan cara untuk membuat produk mereka menonjol di toko. Untuk alasan ini, dan untuk memastikan desain tidak melanggar hak cipta orang lain, desainer grafis harus berusaha untuk menjadi kreatif dan orisinal.

Graphic Design Mencetak Pengalaman Pengguna Secara Visual

Desain grafis merupakan kerajinan kuno yang berasal dari hieroglif Mesir hingga lukisan gua berusia 17.000 tahun. Sebagai istilah yang berasal dari industri percetakan tahun 1920-an dan mencakup berbagai kegiatan termasuk pembuatan logo, ini menyangkut daya tarik estetika dan pemasaran yang menarik pemirsa menggunakan gambar, warna, dan tipografi. Namun, desainer grafis yang bekerja dalam desain pengalaman pengguna atau User Experience (UX) harus membenarkan pilihan gaya mengenai, katakanlah, lokasi gambar dan font dengan pendekatan yang berpusat pada manusia, berfokus pada dan mencari empati maksimum dengan pengguna sambil menciptakan desain yang terlihat bagus yang memaksimalkan kegunaan.

Baca Juga :  Pengertian User Research (Riset Pengguna): Jenis, Dasar dan Metode

Estetika harus melayani tujuan dalam desain UX kami tidak menciptakan seni untuk kepentingan seni. Jadi, ketika melakukan desain grafis untuk UX, Anda harus mempertimbangkan arsitektur informasi dari desain interaktif Anda, untuk memastikan aksesibilitas bagi pengguna, dan meningkatkan keterampilan desain grafis dalam menciptakan output yang mempertimbangkan seluruh pengalaman pengguna, termasuk kemampuan pemrosesan visual pengguna.

Misalnya, jika aplikasi Smartphone yang tidak menyenangkan tidak dapat menawarkan kepada pengguna apa yang mereka butuhkan dalam beberapa klik, para perancangnya akan gagal menggabungkan desain grafis dengan pengalaman pengguna. Cakupan desain grafis di UX mencakup pembuatan desain yang indah yang menurut pengguna sangat menyenangkan, bermakna, dan bermanfaat.

Elemen Graphic Design (Desain Grafis)

Desain grafis dapat menggunakan desain berbasis gambar yang melibatkan foto, ilustrasi, logo dan simbol, desain berbasis tipe, atau kombinasi dari kedua teknik. Desain ini dapat mencakup berbagai kombinasi elemen berikut.

1. Garis

Lurus, melengkung, bergelombang, tebal, tipis dan ketika sampai pada garis, kemungkinan tidak terbatas. Garis memungkinkan desainer untuk membagi ruang atau memisahkan konten dalam tata letak. Mereka juga dapat digunakan untuk memandu mata pemirsa, atau membuat elemen lain mengikuti jalur strategis untuk menambah keterbacaan, untuk membuat pemirsa dengan mudah dari titik A ke titik B.

2. Bentuk

Bentuk menawarkan berbagai cara untuk mengisi ruang secara kreatif, mendukung teks dan bentuk konten lainnya, dan menyeimbangkan desain. Bentuk dapat dibuat dari ketiadaan, menggunakan ruang putih untuk memberikan struktur desain dan kejelasan.

3. Warna

Warna, atau tidak adanya warna, merupakan elemen penting dari desain apa pun. Dengan pemahaman yang kuat tentang teori warna, desainer luar biasa dapat mempengaruhi desain dan merek, mengintegrasikan warna dengan berani atau dengan kehalusan yang brilian.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Yandex: Apa itu Yandex? Jenis Layanan dan Cara SEO untuk Yandex Search Engine!

4. Jenis

Jenis dapat mengubah pesan dari teks biasa menjadi karya seni. Berbagai font, dikombinasikan dengan penyejajaran yang disesuaikan, jarak, ukuran, dan warna, dapat menambah daya ke titik Anda berkomunikasi dengan dunia.

5. Tekstur

Bahkan iklan yang halus dan mengkilap dapat tampak nyata dengan tekstur. Ini memberi rasa permukaan taktil melalui penampilan visualnya dan menambahkan rasa kedalaman, ditingkatkan dengan pemilihan kertas dan bahan yang sesuai.

Alat Graphic Design (Desain Grafis)

Mengacu pada pengertian Graphic Design (Desain Grafis) di atas, Desainer profesional memiliki pikiran kreatif dengan kecenderungan artistik, dan banyak lagi. Keterampilan pengamatan yang tajam dan pemikiran analitis adalah alat penting untuk desain grafis, sebelum mereka menggali ke dalam perangkat alat fisik mereka dan menyentuh pena ke kertas atau stylus ke tablet. Desainer menggunakan berbagai metode untuk menggabungkan seni dan teknologi untuk mengkomunikasikan pesan tertentu dan membuat visual yang mengesankan.

1. Sketchpads

Alat tradisional yang digunakan untuk membuat sketsa ide; ini adalah cara tercepat untuk mencatat desain kasar, yang dapat dikembangkan oleh desainer lebih lanjut menggunakan alat dan teknologi lainnya.

2. Komputer

Komputer sekarang menempati tempat penting dalam kit alat setiap desainer. Perangkat keras seperti tablet memungkinkan desainer untuk memperluas kebebasan kreatif mereka dan mempertahankan rasa sketsa itu.

3. Software

Teknologi telah membuka pintu baru untuk mewujudkan visi kreatif. Perangkat lunak khusus seperti Illustrator dan Photoshop dapat membantu membuat ilustrasi, meningkatkan foto, menyesuaikan dgn mode teks, dan mensinergikan semua bagian dalam tata letak yang luar biasa.

Desain Grafis membuat komunikasi antara merek dan pesan Anda secara visual dengan logo bisnis yang mengesankan, brosur mempesona, buletin dengan poster yang memukau.

Baca Juga :  Pengertian QoS (Quality of Service): Parameter, Cara Kerja dan Cara Menerapkannya

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai pengertian Graphic Design (Desain Grafis) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar