Strategic Alignment: Pengertian, Apa itu Keselarasan Strategis dan IT? Tujuan, Fungsi, Macam Manfaat, Cara Mendapatkan, Mencapai, Cara Survei, dan Pentingnya!

Gambar Pembahasan Pengertian Strategic Alignment Apa Itu Penyelarasan Keselarasan Stategis Dan IT Tujuan Dan Fungsi Macam Manfaat Cara Mendapatkan Mencapai Survei Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Pembahasan Pengertian Strategic Alignment Apa Itu Penyelarasan Keselarasan Stategis Dan IT Tujuan Dan Fungsi Macam Manfaat Cara Mendapatkan Mencapai Survei Serta Kenapa Itu Penting

Memahami Pengertian Strategic Alignment, Apa itu Keselarasan Stategis dan IT? Tujuan dan Fungsi, Macam Manfaat, Cara Mendapatkan, Cara Survei, Kenapa itu Penting!

Tahukah kalian, mengapa banyak bisnis dengan mudah berhasil, sementara banyak lagi yang berjuang untuk bertahan hidup dan akhirnya gagal?

Yup, alasan utamanya adalah keselarasan strategis atau yang dikenal dengan istilah strategic alignment.

Sementara organisasi yang paling selaras melakukan yang terbaik, mereka yang tidak, hal itu menyebabkan kegagalan karena mereka gagal membuat keputusan berwawasan ke depan yang lebih baik dan berubah seiring dengan semakin kompleksnya dunia tempat mereka beroperasi.

Tidak hanya bidang teknologi informasi atau IT saja, banyak organisasi, bisnis, dan perusahaan yang hanya fokus pada tantangan yang ada di lingkungan eksternal selama perencanaan strategis, meskipun alasan utama banyak dari mereka gagal adalah ketidakmampuan mereka untuk fokus pada hambatan internal.

Untuk mencapai keselarasan strategis yang positif, organisasi harus mengatasi hambatan internal dan eksternal secara efektif.

Oke baiklah, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lengkap terkait apa itu pengertian dari strategic alignment, apa saja tujuan dan fungsi, macam manfaat, cara mencapat, survei, serta pentingnya.

Langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini.

Pengertian Strategic Alignment

Berarti penyelarasan atau keselarasan strategis (dalam bahasa Indonesia), istilah strategic alignment adalah merujuk pada suatu hal terpenting bagi organisasi dan kemudian membuat peta jalan untuk mencapai tujuan organisasi yang seringkali membutuhkan perencanaan (planning), kemauan untuk melakukan penyesuaian, dan tenaga kerja yang terlibat.

Secara umum, definisi keselarasan strategis ini merupakan proses proses yang mengarah kepada sebuah perencanaan.

Beberapa pakar atau para ahli lainnya juga menjelaskan terkait artinya, seperti salah satu sumber dari referensi Kami yang berasal dari Smallbusiness Chron, mendefinisikan strategic allignment sebagai penjajaran strategi bisnis dengan budayanya.

Itu merupakan proses yang menuntut manajemen untuk mengubah dan menyelaraskan visinya dengan tujuan kepemimpinan, budaya organisasi, dan individu anggota staf.

Apa itu Keselarasan Stategis?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Penyelasaran Keselarasan Strategis Dan Information Technology IT Strategic Alignment Serta Tujuan Utama Dan Fungsinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Penyelasaran Keselarasan Strategis Dan Information Technology IT Strategic Alignment Serta Tujuan Utama Dan Fungsinya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan keselarasan strategis ini?

Oke, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah, akronim, atau jargon ini lebih dikenal dengan sebutan strategic alignment.

Seperti yang sudah Kami jelaskan, keselarasan strategis berarti bahwa sasaran dan sasaran proyek selaras secara langsung dengan sasaran dan sasaran bisnis organisasi yang lebih besar.

Lebih spesifiknya, dengan kata lain, penyelarasan (alignment) di dalamnya berarti menghubungkan lingkungan dan strategi bisnis perusahaan dengan sumber daya dan strukturnya.

Selain itu, menurut pengertian para pakar dan ahli yang bernama Kaplan & Norton (2006), ini mengacu pada keadaan di mana strategi organisasi menyelaraskan secara internal dan eksternal, dengan penggunanya, pasar, dan pelanggannya.

Apa itu Information Technology atau IT Strategic Alignment?

Kemudian, apa itu yang dikamsud dengan Information Technology atau IT strategic alignment?

Sederhananya ini merupakan keselarasan strategis yang lebih spesifik dalam lingkup teknologi informasi.

Strategic alignment, khususnya dalam business technology (baca pengertian business technology di sini) yang baik dapat menciptaan peluangbaru dan meningkatkan keunggulan kompetitif yang lebih tinggi bagi organisasi, binis, atau perusahaan.

Hal tersebut juga merupakan salah satu faktor kenapa keselarasan strategis diperlukan untuk menciptakan alignment antara IT-business dan menjamin IT-governance yang berproses sesuai dengan ketetapan.

Tujuan dan Fungsi Strategic Alignment

Agar kita semua dapat lebih memahami tentang pengertian strategic alignment, maka pastinya kita juga harus mengetahui terkait apa saja tujuan dan fungsi melakukan dan menerapkannya.

Oke, perlu Kami tekankan sekali lagi bahwa maksud penyelarasan strategis ini lebih berupa pengaturan yang teliti dari berbagai elemen internal dan eksternal organisasi dari strategi bisnis hingga struktur organisasinya untuk mendukung pencapaian tujuan dan sasaran jangka panjangnya dengan sebaik-baiknya.

Hal ini membutuhkan semua pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal, dengan tujuan utama yaitu untuk selaras dan berkomitmen untuk mencapai satu goal, atau dengan kata lain, visi organisasi.

Adapun asumsi yang meresap dalam literatur strategi adalah bahwa kesesuaian strategi dapat didefinisikan dalam hal keselarasan dengan kontinjensi internal dan eksternal.

Baca Juga :  GooTrek! Ini Dia Tips Memulai Blogging bagi Pemula dan Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Ngeblog!

Di dalamnya, strategi harus disesuaikan dengan ancaman dan peluang eksternal di lingkungan bisnis, tetapi juga harus sesuai dengan proses dan struktur internal organisasi.

Terkait fungsi utamanya, strategic alignment berfungsi untuk memastikan bahwa tujuan dan rencana dari setiap operasional dan fungsi pendukung selaras dengan rencana strategis perusahaan.

Ya! Hal ini membutuhkan cascading agenda strategis di seluruh organisasi, dan membangun akuntabilitas dan pelaporan melalui forum hasil untuk memastikan eksekusi berlangsung.

Selain itu, perlu juga untuk diketahui bahwa sebelum Anda membenamkan diri dalam perencanaan bisnis strategis, membuat rencana tindakan, mengomunikasikan semuanya kepada tim, karyawan, manajemen, dan pelanggan Anda, pertama-tama, Anda perlu memahami misi, visi, nilai, strategi, dan tujuan organisasi, bisnis, atau perusahaan Anda.

Itu pastinya akan menjawab sesuatu yang sederhana seperti “Mengapa Anda membuat bisnis Anda sejak awal?” Atau “Apa tujuan Anda? Apa yang ingin Anda capai?” Akan memberi Anda wawasan berharga untuk menyelaraskan bisnis Anda secara strategis.

Banyak bisnis tersesat ketika mereka tumbuh atau berkembang ke pasar lain, terlebih, jika Anda tidak memahami tujuan dan fungsi dari strategic alignment dengan benar.

Yup! Mereka seringkali melupakan tujuan bersama dan hanya fokus pada masalah individu yang membingungkan pelanggan.

Memang benar bahwa Anda harus beradaptasi dengan pasar, untuk tumbuh atau menjangkau lebih banyak pelanggan, tetapi ingat identitas bisnis Andalah yang membuat Anda menjadi sesuatu yang kita sebut sebagai brand (merek).

Macam-Macam Manfaat Strategic Alignment

Setelah kita mengetahui apa pengertian dan tujuan daripada penyelarasan strategis, selanjutnya di subbagian ini kita juga akan membahas terkait keuntungan atau manfaat dalam menerapkannya.

Seperti yang kalian lihat, dengan proses yang teratur untuk mencapat tujuan terbaik seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, secara khusus ada beberapa manfaat utama strategic alignment yang harus diketahui sebagai berikut.

a. Hemat Waktu

Manfaat strategic alignment pertama yaitu adalah menghemat waktu.

Perusahaan yang berkembang tanpa penyelarasan strategis dapat mengakibatkan karyawan di departemen yang berbeda menghabiskan waktu berjam-jam mengerjakan proyek dan menciptakan tujuan yang tidak banyak berdampak bagi kebaikan perusahaan.

Atau manajer yang memulai aktivitas yang tidak tepat saat ini.

Membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak akan memberi Anda hasil adalah sesuatu yang tidak dapat Anda bayar bahkan dalam bisnis seperti dalam kehidupan nyata.

Yup! Pastikan bahwa strategi bisnis Anda selaras dengan tujuan dan sasaran perusahaan Anda, pertama.

b. Memberikan Motivasi

Manfaat strategic alignment berikutnya yaitu adalah memberikan motivasi.

Ketika tim Anda memahami gambaran besarnya, itu menjadi faktor motivasi alami.

Oleh karena itu, penyelarasan strategis membantu menjaga tim tetap termotivasi dengan membuat strategi Anda jelas bagi mereka dan menunjukkan kepada mereka bagaimana kaitannya dengan gambaran besar.

Benar! Hal ini membantu menghilangkan prioritas yang saling bertentangan, sehingga semua orang dapat berada di halaman yang sama.

c. Membantu Manuver Pasar

Manfaat terakhir yang akan Kami jelaskan di sini yaitu adalah untuk membantu manuver pasar.

Betul! Kitalah yang harus menemukan cara untuk bermanuver dan tetap terdepan dalam persaingan.

Namun, untuk mengikuti berbagai tren tersebut, Anda harus berhati-hati agar tidak kehilangan identitas bisnis.

Strategi yang selaras membantu bisnis untuk fokus dan menjaga keseimbangan antara mengikuti tren dan tetap setia pada identitas mereka.

Cara Achieve, Mencapai, Mendapatkan Strategic Alignment atau Penyelarasan Strategis yang Baik

Ilustrasi Gambar Jenis Macam Manfaat Cara Achieve Mencapai Mensurvei Dan Apa Saja Model Dan Proses Dalam Membahas Pengertian Strategic Alignment
Ilustrasi Gambar Jenis Macam Manfaat Cara Achieve Mencapai Mensurvei Dan Apa Saja Model Dan Proses Dalam Membahas Pengertian Strategic Alignment

Sekarang, kita sudah mengetahui maksud dari pembahasa pengertian strategic alignment, tujuan, fungsi, dan macam-macam manfaatnya di atas.

Jadi, bagaimana cara kita menggapai, mencapai, atau mendapatkan keselarasan strategis yang baik?

Oke, untuk beberapa tips cara achieve atau mencapai penyelarasan strategic alignment, maka perlu kalian pertimbangkan beberapa langkah-langkah berikut untuk mencapai keselarasan strategis di tempat bisnis, organisasi, perusahaan, atau pun di tempat kerja kalian.

1. Pahami Tujuan Organisasi, Bisnis, atau Perusahaan Anda

Tips cara achieve atau mencapai keselarasan pertama yaitu adalah dengan memahami tujuan organisasi, bisnis, atau perusahaan Anda.

Sebelum membuat rencana untuk penyelarasan strategis, penting untuk memahami tujuan dan sasaran jangka panjang organisasi Anda.

Untuk melakukan ini, pertimbangkan untuk mengumpulkan semua dokumentasi tentang visi, misi, strategi, dan tujuan perusahaan saat ini.

Setelah Anda sepenuhnya memahami data dari dokumen-dokumen ini, pertimbangkan untuk bertemu dengan para pemimpin perusahaan untuk membahas keakuratan informasi tersebut.

Rapat-rapat ini juga dapat membantu Anda memperbarui tujuan perusahaan dan mendiskusikan prioritas perusahaan dengan pengambil keputusan dan pemangku kepentingan yang penting.

2. Mengatur dan Mengedarkan Tujuan

Kemudian, cara berikutnya adalah untuk mengatur dan mengedarkan tujuan.

Setelah Anda sepenuhnya memahami tujuan perusahaan yang diperbarui, mungkin berguna untuk mengatur tujuan ini ke dalam satu dokumen.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengedarkan tujuan dan misi jangka panjang ke seluruh departemen organisasi Anda.

Jelaskan tujuan perusahaan dengan jelas dan sespesifik mungkin untuk memastikan semua karyawan dapat memahaminya.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Retina Display (Layar): Sejarah, Macam, Faktor Dasar, Kelebihan dan Kekurangan serta Perbedaannya dengan Non-Retina!

Anda dapat mempublikasikan dokumen yang diperbarui di tempat yang dapat diakses oleh karyawan untuk ditinjau atau dikirim ke setiap anggota staf melalui e-mail.

Mungkin juga bermanfaat untuk menjadwalkan pertemuan untuk membahas tujuan dan memastikan bahwa setiap orang memahami isi dokumen.

3. Dorong Partisipasi Pegawai atau Karyawan

Ke-3 (tiga) yaitu dengan mendorong partisipasi pegawai atau karyawan.

Benar! Sangat penting untuk mendorong partisipasi karyawan saat merencanakan penyelarasan strategis.

Setelah memastikan bahwa semua karyawan memahami tujuan perusahaan, mungkin berguna untuk meminta umpan balik dan ide mereka.

Karyawan dapat memberikan ide dan teknik inovatif untuk mencapai tujuan organisasi dan dapat berkontribusi untuk mengembangkan metode dan praktik yang paling selaras dengan misi perusahaan.

Pertimbangkan untuk menggunakan kombinasi umpan balik karyawan dan tujuan perusahaan yang terdefinisi dengan jelas untuk menciptakan landasan praktik dan protokol penyelarasan strategis yang ditentukan.

4. Tentukan Peran

Selanjutnya cara untuk mencapat strategic alignment yang baik adalah dengan menentukan peran.

Dengan menggunakan umpan balik karyawan dan tujuan perusahaan, Anda dapat menetapkan peran dan tugas khusus kepada anggota staf yang mengoptimalkan keterampilan dan keahlian unik mereka dan berkontribusi pada pemenuhan tujuan organisasi.

Ini dapat memaksimalkan manfaat dari praktik Anda dengan menerapkan kekuatan individu pada metode penyelarasan Anda.

Pegawai atau karyawan dapat memperoleh manfaat dari teknik ini dengan bekerja dalam kapasitas yang paling sesuai dengan bakat dan preferensi mereka, sehingga menghasilkan kepuasan dan produktivitas yang lebih besar.

5. Menghubungkan Kinerja Individu dengan Tujuan Perusahaan

Cara achieve atau mencapai penyelarasan lainnya adalah dengan menghubungkan kinerja individu dengan tujuan perusahaan.

Menekankan hubungan antara kinerja individu dan tujuan perusahaan merupakan bagian penting dalam mencapai keselarasan strategis.

Berkomunikasi dengan tim Anda tentang pentingnya hasil yang tepat waktu dan berkualitas dan bagaimana mereka berkontribusi pada keberhasilan tujuan perusahaan.

Saat menentukan peran dan membuat tujuan jangka pendek untuk pegawai atau karyawan, pastikan mereka selaras dengan tujuan jangka panjang organisasi.

Selain itu, penting juga untuk menghargai dan mengakui keunggulan dan kontribusi bagi kesuksesan perusahaan.

Pertimbangkan untuk mengakui tim, departemen, dan individu ketika pencapaian mereka berkontribusi pada penyelarasan strategis dengan memberikan pihak perusahaan, imbalan uang, atau pujian publik.

6. Ukur keberhasilan

Terakhir, mengukur keberhasilan penyelarasan Anda adalah cara yang berharga untuk memastikan kemanjuran metode Anda.

Pertimbangkan untuk menerapkan laporan mingguan atau bulanan untuk menerima pembaruan individu dan departemen.

Data ini dapat membantu Anda menentukan kemajuan Anda menuju penyelarasan strategis dan membuat penyesuaian apa pun terhadap upaya Anda untuk meningkatkan.

Kenapa Strategic Alignment (Keselarasan Strategis) itu Penting?

Oke, jadi apa yang membuat penyelarasan strategis ini merupakan hal yang penting untuk organisasi, bisnis, atau perusahaan?

Yup, strategic alignment atau penyelarasan strategis penting untuk keberhasilan bisnis karena memungkinkan organisasi untuk beberapa hal termasuk:

  • Mencapai kesatuan organisasi; Penyelarasan strategis dapat membantu meningkatkan kolaborasi dalam suatu organisasi. Ketika semua anggota organisasi bekerja secara kolaboratif menuju tujuan bersama, efisiensi, produktivitas, dan konsistensi dapat meningkat. Kesatuan organisasi juga dapat membantu karyawan merasa lebih terhubung, meningkatkan kepuasan kerja mereka.
  • Gunakan sumber daya secara efektif; Organisasi yang fokus pada penyelarasan strategis mungkin dapat lebih efektif menggunakan sumber daya mereka. Misalnya, karyawan mungkin lebih mungkin untuk mengoptimalkan sumber daya mereka jika mereka memahami praktik dan prioritas yang berkontribusi pada pemenuhan tujuan perusahaan. Mereka juga dapat menggunakan waktu mereka secara lebih efisien dalam organisasi yang selaras secara strategis karena mereka dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang tugas mana yang paling sesuai dengan tujuan perusahaan dan memfokuskan upaya mereka sesuai dengan itu.
  • Hasilkan laporan yang akurat; Pelaporan yang akurat merupakan bagian penting dalam mengukur keberhasilan. Dalam organisasi yang selaras secara strategis, anggota sering memberikan pembaruan status dan laporan kemajuan secara teratur tentang kontribusi mereka terhadap tujuan perusahaan. Laporan-laporan ini sering kali mencakup metode-metode terkini untuk mencapai tujuan-tujuan dan keberhasilan upaya-upaya individu. Data berharga ini dapat membantu bisnis membuat keputusan terdidik tentang praktik mereka dan membuat perubahan seperlunya. Ini juga dapat membantu manajer dan supervisor membantu karyawan yang membutuhkan arahan atau bimbingan lebih awal dalam proses mereka, menghindari masalah yang lebih besar di masa depan.
  • Tingkatkan perencanaan; Penyelarasan strategis dapat membantu organisasi membuat pilihan yang lebih tepat saat merencanakan metode dan proyek. Memahami tujuan perusahaan dapat berguna saat membuat rencana di seluruh organisasi karena memungkinkan pengambil keputusan untuk fokus pada langkah, praktik, dan hasil jangka pendek yang berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang dan pemenuhan tujuan organisasi.
  • Lakukan penyesuaian; Penyelarasan strategis sering memungkinkan fleksibilitas dan penyesuaian praktik. Kemampuan beradaptasi merupakan aspek penting dari bisnis yang sukses karena memungkinkan mereka untuk menanggapi perubahan di pasar dan di antara audiens target mereka tanpa mengorbankan produktivitas atau efisiensi. Pengukuran keberhasilan yang konstan dan pelaporan yang akurat dari organisasi yang selaras secara strategis dapat meningkatkan kelincahan mereka saat merespons perubahan dan memperbarui praktik.
Baca Juga :  Mengenal Pengertian HMU: Sejarah, Ekspresi dan Contoh Penggunaannya dalam Media Sosial!

Bagaimana Mensurvei Keselarasan Strategis Tim Eksekutif Anda?

Jadi, bagaimana mensurvei keselarasan strategis tim eksekutif Anda?

Oke, perlu kalian ketahui bahwa ini biasanya terjadi pada 2 (dua) tingkat, yaitu perencanaan tahunan di muka dan hasil pemantauan sepanjang tahun.

Proses perencanaan strategis adalah proses yang ditetapkan yang diberlakukan dan membutuhkan tanggapan melalui setiap tingkat organisasi.

Pemantauan dan tinjauan perlu dilakukan di tingkat eksekutif setiap 3 (tiga) bulan dan lebih sering bila diperlukan.

Sistem kinerja perlu menyertakan tujuan, kontrak kinerja, dan penghargaan yang selaras dengan rencana strategis.

Apa Saja Model Strategic Alignment?

Terkait pengertian dan artinya di atas, apa saja yang model yang ada dalam strategic alignment atau penyelarasan strategis?

Model penyelarasan strategis atau yang dikenal dengan istilah strategic alignment model adalah penggambaran visual tentang bagaimana prioritas dihubungkan dan diselaraskan secara vertikal dan horizontal melalui organisasi.

Model keselarasan adalah alat yang membantu menentukan sejauh mana organisasi menyelaraskan rencana jangka panjangnya dengan sumber daya dan kemampuannya, dan dengan peluang, kerentanan, dan risiko yang harus dikelola.

Ini juga akan membantu organisasi memahami bagaimana mengukur kemajuan penyelarasan strategis.

Ya! Penting untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dalam bisnis dilengkapi dengan sumber daya dan kemampuan yang diperlukan untuk menjalankan strategi perusahaan di bagian mereka.

Apa Saja Proses Penyelarasan Strategis atau Strategic Alignment?

Untuk menjawab apa saja proses dalam strategic alignment atau penyelarasan strategis ini, perlu kalian ketahui bahwa seringkali proses penyelarasan strategis dimulai dengan tujuan jangka panjang yang jelas, sasaran dan hal-hal besar yang harus dicapai untuk memastikan masa depan yang aman bagi perusahaan.

Kemudian setiap divisi, pusat laba, atau unit bisnis mengidentifikasi bagian mana dari strategi perusahaan yang dapat mereka sumbangkan secara langsung.

Divisi dan unit bisnis kemudian merumuskan strategi pendukung dan prioritas utama mereka sendiri.

Setelah strategi perusahaan dan strategi divisi dirumuskan, setiap fungsi atau departemen mengidentifikasi titik-titik koneksi kritis dan merumuskan inisiatif dan rencana mereka sendiri yang sesuai dan selaras dengan strategi divisi.

Akhirnya, setiap pemimpin, tim, atau unit kerja membuat strategi mereka sendiri yang terkait dengan divisi mereka.

Proses ini sering disebut sebagai istilah strategic fit atau penetapan garis pandang melalui organisasi.

Kesimpulan

Baik, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan terkait Pengertian Strategic Alignment, Apa itu Keselarasan Stategis dan IT? Tujuan dan Fungsi, Macam Manfaat, Cara Mendapatkan, Cara Survei, Kenapa itu Penting.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang di atas, dapat kita simpulkan bahwa penyelarasan atau keselarasan strategis atau strategic alignment adalah proses yang memastikan struktur organisasi, penggunaan sumber daya mendukung strateginya dalam berbagai bidang, termasuk teknologi informasi atau Information Technology (IT).

Penyelarasan strategis secara inheren merupakan proses yang dinamis, khususnya di bagian yang terus berkembang seperti bidang teknologi.

Karena pilihan strategis yang dibuat oleh suatu organisasi biasanya mempengaruhi tindakan balasan dari para pesaingnya (dalam bentuk imitasi atau lebih banyak inovasi), hal itu mengharuskan organisasi untuk meresponsnya secara tepat waktu.

Jadi, meskipun tujuan organisasi tetap sama, penyelarasan strategisnya dapat berubah dari waktu ke waktu, menjadikannya proses adaptasi dan perubahan yang berkelanjutan.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Strategic Alignment, Apa itu Keselarasan Stategis dan IT? Tujuan dan Fungsi, Macam Manfaat, Cara Mendapatkan, Cara Survei, Kenapa itu Penting.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar