Pengertian Front-End Development: Bahasa dan Jenis Pekerjaannya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Front End Development
Ilustrasi Gambar Pengertian Front End Development

Pengertian Front End Development

Apa itu Front? Pengertian Front End Development (Pengembang Front-End) mengelola segala sesuatu yang dilihat pengguna terlebih dahulu di browser atau aplikasi mereka. Pengembang front-end bertanggung jawab atas tampilan dan nuansa Website.

Front End Development sebagian besar terfokus pada apa yang apa yang akan menguntungkan dari “sisi klien” untuk dikembangkan. Front End Development akan terlibat dalam menganalisis kode, desain, dan aplikasi debugging bersama dengan memastikan pengalaman pengguna yang mulus. Anda mengelola apa yang pertama kali dilihat orang di browser mereka. Sebagai Front End Development, Anda bertanggung jawab atas tampilan, rasa, dan akhirnya desain situs web.

Bahasa Pemrograman Front End Development

Bahasa front end termasuk HTML, CSS, dan Javascript. Walaupun JQuery sudah ketinggalan zaman (browser modern sekarang dapat melakukan pekerjaan yang sama, tetapi jauh lebih cepat daripada jQuery), banyak proyek lawas masih menggunakan JavaScript library, jadi jangan heran melihatnya di kurikulum bootcamp. Anda juga akan belajar banyak tentang desain responsif bersama dengan tipografi, tata letak, sistem kisi, dan teori warna. Saat mengantisipasi jenis proyek yang akan Anda garap sebagai pengembang ujung depan, pikirkan untuk membuat dan mendesain ulang situs web. Untuk menjadi pengembang front-end (kadang-kadang bahkan disebut pengembang Javascript) Anda tidak perlu keterampilan pengembangan back-end. Situs yang dibuat oleh pengembang front-end tidak akan berinteraksi dengan informasi yang tersimpan di database agar berfungsi. Konten akan “diperbaiki,” yang berarti bahwa potongan besar data baru tidak akan selalu diunggah. Pemilik usaha kecil dan restoran biasanya memiliki contoh situs statis yang bagus.

Baca Juga :  Pengertian Power Supply: Jenis, Fungsi, Komponen, Cara Kerjanya Lengkap

Jenis Pekerjaan Front End Development

Ilustrasi Gambar Jenis Pekerjaan Pengertian Front End Development
Ilustrasi Gambar Jenis Pekerjaan Pengertian Front End Development

Mengacu pada pengertian Front End Development di atas, ada berbagai posisi pekerjaan untuk pengembang front-end. Penting untuk diingat bahwa dengan memiliki gelar mungkin memerlukan tugas khusus di satu perusahaan. Adapun jenis-jenis dari Front End Development, adalah sebagai berikut:

  • Front End Developers;
  • Web Designer; adalah istilah umum lainnya
  • Desainer UI dan UX; adalah pengembang front-end yang masing-masing fokus pada User Interface dan User Experience. Desainer UI mengasah pada aspek visual dari desain situs sementara desainer UX melakukan pengujian beberapa pengguna untuk memastikan situs bekerja dengan baik dengan pengguna pilihan.

Menurut PayScale, gaji awal rata-rata nasional untuk pengembang front-end adalah sekitar $67k. Gaji berkisar antara $42k- $108k berdasarkan pengalaman, lokasi, dan industri. Di NYC, gaji awal adalah sekitar $78k dengan kisaran perkiraan hingga $115k.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai pengertian Front End Development dan penjelasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar