Mengenal Apa Itu Pengertian Citation (Kutipan): Tujuan dan Jenis Citation

0
Gambar Pengertian Citation Kutipan Tujuan Citation Dan Jenis Citation
Gambar Pengertian Citation Kutipan Tujuan Citation Dan Jenis Citation

Sebenarnya, apa itu Citation (Kutipan) dan pengertian Citation (Kutipan)? Anda mungkin pernah mendengar guru atau profesor Anda berbicara tentang pentingnya menyertakan kutipan dalam makalah penelitian Anda. Tapi apa sebenarnya Citation (Kutipan) itu? Mengapa mereka begitu penting, dan apa saja tipe yang berbeda?.

Pengertian Citation (Kutipan)

Citation atau “Kutipan” adalah cara Anda memberi tahu pembaca bahwa materi tertentu dalam karya Anda berasal dari sumber lain. Ini juga memberi pembaca Anda informasi yang diperlukan untuk menemukan sumber itu lagi, termasuk:

  • Informasi tentang penulis
  • Judul karya
  • Nama dan lokasi perusahaan yang menerbitkan salinan sumber Anda
  • Tanggal salinan Anda diterbitkan
  • Nomor halaman dari materi yang Anda pinjam

Tujuan Citation (Kutipan)

Berdasarkan pengertian Citation (Kutipan) di atas, ada beberapa alasan penting untuk menggunakan kutipan dalam makalah Anda. Adapun tujuan Citation (Kutipan) adalah sebagai berikut:

1. Citation (Kutipan) Memberikan Kredit kepada Orang yang Tepat

Mengutip sumber-sumber Anda memastikan bahwa pembaca atau guru Anda dapat membedakan pemikiran orisinal Anda dengan para peneliti lain di bidang studi Anda. Ini tidak hanya memastikan bahwa sumber yang Anda gunakan menerima kredit yang layak untuk pekerjaan penulis, itu memastikan bahwa Anda, siswa, menerima pengakuan yang layak atas kontribusi unik Anda pada topik.

Baca Juga :  Apa Itu Pengertian Industri 4.0: Menurut Para Ahli, Komponen dan Prinsipnya

2. Citation (Kutipan) Memberikan Bukti Keras untuk Tesis atau Ide Anda

Memiliki banyak kutipan dari berbagai sumber yang terkait dengan ide sentral makalah Anda adalah tanda pasti bagi profesor Anda bahwa Anda sedang mengerjakan subjek yang diteliti dan dihormati dengan baik. Mengutip sumber yang mendukung klaim Anda, atau dikenal sebagai pernyataan tesis Anda, menciptakan ruang untuk pengecekan fakta dan penelitian lebih lanjut.

3. Citation (Kutipan) Mempromosikan Orisinalitas dan Mencegah Plagiarisme

Menyalin atau secara langsung merujuk sumber tanpa kutipan yang tepat dapat menyebabkan tidak hanya nilai yang buruk, tetapi juga tuduhan ketidakjujuran akademik. Dengan mendukung ide-ide Anda dengan sumber-sumber yang kredibel, Anda dapat dengan mudah menghindari jebakan plagiarisme, dan mempromosikan penelitian lebih lanjut tentang topik tersebut.

Jenis Citation (Kutipan)

Ilustrasi Gambar Pengertian Citation Kutipan Tujuan Citation Dan Jenis Citation
Ilustrasi Gambar Pengertian Citation Kutipan Tujuan Citation Dan Jenis Citation

Kutipan biasanya dapat ditemukan di dua tempat, yaitu di akhir makalah dalam daftar pustaka atau referensi dan dalam teks. Yang terakhir, kadang-kadang disebut kutipan “dalam teks”, biasanya terdiri dari beberapa detail tentang sumber dan umumnya ditulis dalam tanda kurung di akhir kalimat di mana Anda mereferensikan sumber.

a. Citation (Kutipan) dalam Teks

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, berikut adalah contoh Citation (Kutipan) yang ada “dalam teks”:

Ketika Invitee bertemu dengan Sitenesia, dia menyadari bahwa reputasinya tidak sesuai dengan karakter aslinya (RM 79).

b. Citation (Kutipan) dalam Daftar Pustaka

Kutipan dalam daftar referensi atau bibliografi sesuai dengan kutipan dalam teks, dan memberikan informasi yang lebih holistik tentang sumber yang Anda kutip. Informasi publikasi disertakan, serta daftar semua kontributor ke sumber. Contohnya adalah sebagai berikut:

RM, Digital. Untuk Bertemu Sitenesia. Belajar Teknologi Informasi, 2017.

Perhatikan bahwa setiap gaya kutipan memiliki aturan pemformatan sendiri tentang kutipan dalam teks dan daftar pustaka. Kutipan APA akan memiliki informasi serupa tetapi terlihat berbeda dari kutipan MLA.

Baca Juga :  Pengertian Market Share: Pengertian dan Penjelasannya Secara Lengkap

Gaya/Style Citation (Kutipan)

Berdasarkan pengertian Citation (Kutipan) di atas, ada banyak cara mengutip sumber daya dari penelitian Anda. Gaya kutipan terkadang tergantung pada disiplin akademis yang terlibat. Sebagai contoh:

  • APA (American Psychological Association); digunakan oleh Pendidikan, Psikologi, dan Ilmu Pengetahuan
  • Gaya MLA (Modern Language Association); digunakan oleh Humaniora
    Gaya Chicago / Turabia umumnya digunakan oleh Bisnis, Sejarah, dan Seni Rupa

Daftar Gaya Citation (Kutipan)

Di bawah ini adalah daftar Gaya Citation (Kutipan) untuk menemukan deskripsi masing-masing gaya bersama dengan sampel kutipan dalam-teks dan bibliografi utama, tautan ke buku-buku di PITTCat+, manual kutipan online, dan sumber daya online gratis lainnya.

  • Gaya Kutipan APA
  • Gaya Kutipan MLA
  • Chicago/Turabian Citation Style

Kapan Harus Menggunakan Citation (Kutipan)?

Mengacu pada pengertian Citation (Kutipan) dan penjelasannya di atas, Anda harus membuat kutipan untuk sumber kapan pun Anda:

  • Mengutip sumber secara langsung
  • Mengutip informasi dari sumber
  • Menggunakan ide yang diungkapkan dalam sumber lain
  • Membuat referensi khusus untuk pekerjaan orang lain

Kesimpulan

Kutipan adalah cara Anda memberi tahu pembaca bahwa Anda menggunakan informasi dari sumber luar dalam pekerjaan Anda. Ini juga menjelaskan sumber-sumber itu, dan menyediakan informasi yang memungkinkan pembaca melacaknya. Informasi ini dapat berupa nama penulis, tanggal publikasi, atau nomor halaman. Informasi persis yang termasuk dalam kutipan tergantung pada gaya kutipan yang Anda gunakan. Gaya populer termasuk format MLA, gaya Chicago, dan gaya APA.

Penutup

Itulah pembahasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Citation (Kutipan), Tujuan Citation (Kutipan) dan Jenis Citation (Kutipan) beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Baca Juga :  Pengertian Jargon: Apa itu Jargon? Ini Fungsi, Perbedaan dan Contoh dari Jargon!
Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar