System Analysis: Pengertian, Apa itu System Analyst? Tujuan dan Fungsi, Macam Manfaat, Cara serta Bedanya dengan Programmer!

0
Gambar Dari Pengertian System Analysis Apa Itu Analisa Sistem Dan Analyst Tujuan Dan Fungsi Macam Manfaat Cara Melakukan Serta Perbedaannya Dengan Programmer
Gambar Dari Pengertian System Analysis Apa Itu Analisa Sistem Dan Analyst Tujuan Dan Fungsi Macam Manfaat Cara Melakukan Serta Perbedaannya Dengan Programmer

Mengenal Pengertian System Analysis, Apa itu Analisa Sistem dan Analyst? Tujuan dan Fungsi, Macam Manfaat, Cara Melakukan serta Perbedaannya dengan Programmer!

Ya, dunia ini memang kompleks dan penuh dengan masalah untuk dipecahkan.

Oleh karena itu, mungkin tidak mengherankan bahwa pemecahan masalah atau troubleshooting (baca pengertian troubleshooting disini) adalah salah satu keterampilan yang paling dicari.

Jika Anda dapat memecahkan masalah, dan menemukan solusi, keterampilan Anda akan selalu dibutuhkan.

Yup! Salah satu jenis pemecahan masalah disebut analisis sistem.

Sistem (baca selengkapnya tentang sistem disini) adalah kumpulan umum dari bagian-bagian, langkah-langkah, atau komponen-komponen yang dihubungkan untuk membentuk suatu keseluruhan yang lebih kompleks.

Sebagai contoh misalnya, sistem komputer berisi prosesor, memori, jalur listrik, catu daya, dan lainnya.

Contoh berbeda lainnya yaitu seperti bisnis yang merupakan sistem yang terdiri dari metode, prosedur, dan rutinitas.

Terkait hal itulah, dalam postingan ini Kami akan membahas secara lebih lengkap tentang pengertian system analysis serta bedanya dengan system administrator.

Oke baiklah, berikut ini ulasannya!

Pengertian System Analysis

Berarti analisis sistem (dalam bahasa Indonesia), system analysis adalah metode dan proses mengamati sistem untuk pemecahan masalah atau tujuan pengembangan atau development.

Seperti yang dijelaskan dari sumber simpulan Kami dari Situs Technopedia, analisa sistem ini seringkali diterapkan pada teknologi informasi, di mana sistem berbasis komputer memerlukan analisis yang ditentukan sesuai dengan susunan dan desainnya.

Betul! Seorang analisis sistem, seperti namanya, adalah orang yang menganalisa sebuah sistem!

Sistem yang Kami bicarakan disini lebih merujuk kepada sistem dalam organisasi dan bisnis seperti sistem komunikasi, sistem keuangan, sistem manufaktur, dan lain sebagainya.

Ya, pada dasarnya sistem itulah yang membuat organisasi atau bisnis dapat bekerja.

Apa itu Analisis atau Analisa Sistem?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Analisa Atau Analisis Sistem Dan System Analyst Tujuan Dan Fungsi Serta Macam Macam Manfaat System Analysis
Ilustrasi Gambar Apa Itu Analisa Atau Analisis Sistem Dan System Analyst Tujuan Dan Fungsi Serta Macam Macam Manfaat System Analysis

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan analisis atau analisa sistem?

Ya, seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, istilah ini lebih sering disebut dengan akronim system analysis secara global.

Sederhananya, analisis sistem adalah proses dimana seorang individu mempelajari sistem sedemikian rupa sehingga sistem informasi dapat dianalisis, dimodelkan, dan alternatif logis dapat dipilih.

Perlu kalian ketahui, proyek system analysis (analisis sistem) seringkali dimulai karena 3 (tiga) alasan, yakni:

  1. Problems (masalah)
  2. Opportunities (peluang)
  3. Directions (arahan)

Orang-orang yang terlibat termasuk analis sistem, sponsor, dan pengguna.

Proses dimana sistem dikembangkan dapat digambarkan dengan siklus hidup pengembangan sistem atau yang lebih dikenal dengan System Development Life Cycle (SDLC).

Apa itu System Analyst (Analis Sistem)?

Kemudian, apa itu system analyst atau analis sistem?

Yup! Seorang analis sistem adalah seorang profesional TI yang bekerja pada tingkat tinggi dalam suatu organisasi untuk memastikan bahwa sistem, infrastruktur, dan sistem komputer berfungsi seefektif dan seefisien mungkin.

Analis sistem memikul reponsibilities atau tanggung jawab untuk meneliti masalah, menemukan solusi, merekomendasikan tindakan dan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Google: Apa itu Google? Sejarah, Tujuan dan Manfaatnya!

Benar! Mereka mempelajari sistem, prosedur, dan proses bisnis perusahaan saat ini dan membuat rencana tindakan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan.

Analis sistem dalam melakukan praktik system analysis harus terbiasa dengan sistem operasi yang berbeda, konfigurasi perangkat keras, bahasa pemrograman, dan platform (baca pengertian platform disini) perangkat lunak dan perangkat keras.

Mereka dapat dilibatkan mulai dari fase analisis proyek hingga tinjauan penilaian pasca penempatannya.

Tujuan dan Fungsi System Analysis

Setelah kita mengetahui apa itu pengertian system analysis, analisis sistem dan system analyst, agar lebih memahaminya maka kita juga harus mengetahui tentang tujuan dan fungsinya.

Benar, seperti yang sudah Kami terangkan di atas, ini adalah proses mengumpulkan dan menafsirkan fakta, mengidentifikasi masalah, dan dekomposisi sistem menjadi komponen-komponennya.

Analisis sistem dilakukan untuk tujuan mempelajari sistem atau bagian-bagiannya untuk mengidentifikasi tujuannya.

Analisis, analisa atau system analysis ini berfungsi sebagai teknik pemecahan masalah yang meningkatkan sistem dan memastikan bahwa semua komponen sistem bekerja secara efisien untuk mencapai tujuannya.

Yup! Analisis menentukan apa yang harus dilakukan sistem.

Analis sistem mengubah permintaan atau persyaratan pengguna menjadi spesifikasi desain teknis dan bertindak sebagai penghubung antara klien atau IT profesional dan vendor teknologi.

Tanggung jawab utama analis sistem (system analyst) di industri teknologi adalah untuk mencari cara memecahkan masalah dengan menghubungkan komputer atau sistem yang berbeda dan untuk menentukan platform, protokol, perangkat lunak, perangkat keras, dan media komunikasi apa yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah itu.

Macam-Macam Manfaat dari Analisis Sistem atau System Analysis

Selain membahas tentang arti dari system analysis, dalam subbagian ini Kami juga akan menerangkan terkait apa saja macam-macam manfaat yang dapat kalian dapatkan dengan menerapkan analisa sistem.

Memang, ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin menganalisis suatu sistem.

Hal ini termasuk belajar menggunakan sistem yang dibuat orang lain, untuk merencanakan sistem baru, dan mengurangi kesalahan saat pemecahan masalah atau troubleshooting.

Dalam bidang teknologi bisnis, terkadang analisis sistem (system analysis) adalah suatu keharusan.

Sebagai contoh misalnya, jika Anda membeli perusahaan dan ingin mempekerjakan staf Anda sendiri, Anda mungkin mengetahui bahwa Anda sekarang adalah pemilik serangkaian sistem yang tidak Anda ketahui sama sekali.

Mungkin, tidak mungkin untuk menggunakan sistem sampai mereka dianalisis, terutama jika semua staf asli hilang.

Ini dapat terjadi dalam skala yang jauh lebih kecil ketika Anda memulai pekerjaan baru, atau pindah ke departemen baru.

Jika tidak ada orang di sana yang ada untuk menjelaskan cara kerja suatu sistem, Anda mungkin harus mencari tahu sendiri.

Memasang sistem baru, baik itu pusat hiburan rumah, jalur produksi pabrik, atau cara bekerja di kantor, memerlukan perencanaan yang tepat.

Tanpa perencanaan dan analisis sistem ini, perubahan mungkin tidak akan berhasil.

Anda perlu memahami cara kerja sistem saat ini sebelum Anda menginstal yang baru. Kalau tidak, mungkin ada masalah, dan proyek bisa gagal.

Baiklah, adapun macam-macam manfaat ataupun keuntungan yang akan kalian dapatkan dengan menggunakan system analysis yaitu sebagai berikut.

a. Biaya, Efisiensi dan Fleksibilitas

Manfaat yang pertama yaitu terkait biaya, efisiensi dan fleksibilitas.

Ketika analisis sistem dilakukan dengan benar, itu memastikan bahwa jalur yang benar diambil sehubungan dengan aplikasi dan membantu meminimalkan kesalahan yang mengurangi persyaratan IT di masa depan untuk memperbaiki masalah yang ada.

Baca Juga :  5 Alasan Menggunakan E-Learning dan Kenapa itu Penting serta Harus dan Wajib Dimiliki!

Jika proses di atas dilakukan dengan benar, itu tidak hanya akan menghemat uang perusahaan di muka tetapi juga memastikan bahwa jalur aplikasi yang benar diambil untuk pertama kalinya.

Ya, pertimbangan pertumbuhan dan biaya bisnis telah diperhitungkan untuk mengakomodasi rencana masa depan, dan kesalahan disimpan untuk minimum sehingga mengurangi kebutuhan perbaikan Information Technology atau IT Anda di masa depan.

b. Manajemen dan Kontrol yang Lebih Baik

Manfaat dari system analysis berikutnya yaitu manajemen dan kontrol yang lebih baik.

Analisis atau analisa sistem memungkinkan manajemen yang lebih baik melalui perubahan software (perangkat lunak) agar sesuai dengan perubahan bisnis apa pun, hal ini berarti bahwa produk akhir akan sepenuhnya dapat dikontrol (controllable).

Jika perubahan (changes) atau peningkatan (upgrades) diperlukan, persyaratan untuk menulis ulang seluruh perangkat lunak akan ditiadakan, dimana itu biasanya akan memakan biaya.

c. Mengurangi Resiko

Kemudian yaitu dapat mengurangi resiko yang berpotensi terjadi.

Benar! Melalui proses system analysis, potensi ancaman pun diidentifikasi.

Assessment atau penilaian risiko dilakukan untuk mengevaluasi semua dampak negatif pada prosesnya.

Setelah mempertimbangkan hal ini secara mendalam, perbandingan risiko pun dibuat dengan manfaat terkait dan keputusan diambil sesuai dengan hal tersebut.

d. Kualitas

Manfaat system analysis (analisa sistem) terakhir yang dapat Kami jelaskan disini pastinya adalah kualitas.

Ya! Dengan melakukannya, kualitas sistem pun dapat dipastikan sudah melalui pengecekan sistem secara terus-menerus.

Cara Melakukan Analisa Sistem (System Analysis)

Gambar Bagaimana Cara Melakukan System Analysis Serta Perbedaan Analisis Sistem Dengan Programmer Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Gambar Bagaimana Cara Melakukan System Analysis Serta Perbedaan Analisis Sistem Dengan Programmer Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Dalam membahas tentang arti system analysis atau analisa sistem, pastinya hal tersebut tidak terlepas daripada bagaimana cara menganalisanya bukan?

Well, seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, orang yang menganalisis sistem dikenal sebagai system analyst.

Seringkali analis sistem ini dipekerjakan oleh organisasi bisnis untuk membantu mereka meningkatkan sistem mereka sehingga menjadi lebih efisien, dan untuk bisnis, lebih menguntungkan.

Seorang analis sistem umumnya akan melakukan langkah menganalisa atau cara melakukan system analysis berikut ini secara berurutan:

  • Research (penelitian); Mengumpulkan informasi tentang sistem saat ini bekerja
  • Analysis (menganalisa); Memeriksa bagaimana sistem saat ini bekerja dan mengidentifikasi masalah yang ada dengannya.
  • Design (rancangan); Rancangan ini pastinya datang dengan sistem baru yang akan memperbaiki masalah sistem saat ini.
  • Production (produksi); Membuat sistem baru dari desain.
  • Testing (pengujian); Memeriksa apakah sistem yang baru dibuat berfungsi seperti yang diharapkan
  • Documentation (dokumentasi); Membuat dokumen yang menjelaskan cara menggunakan sistem baru, dan bacaimana cara kerjanya.
  • Implementation (penerapan); Mengganti sistem yang ada dengan sistem yang baru.
  • Evaluation (evaluasi); Langkah terakhir ini adalah memeriksa bahwa sistem baru memenuhi semua harapan (diinginkan).

Perbedaan Analisa, Analisis Sistem atau System Analysis dengan Programmer

Lalu, apa yang membedakan antara system analysist (analisa atau analisis sistem) dengan pembuat, penulis kode atau programmer?

Baiklah, jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini kebetulan sedang bertanya-tanya perbedaan dari analisis sistem dengan programer, maka dapat Kami katakan kalian berada di tempat yang tepat!

Mengapa? Tentu saja disini Kami juga akan menjelaskan perbedaan system analysis dengan programmer atau penulis code (baca pengertian code disini) tersebut!

Baca Juga :  Pengertian FOSS (Free and Open Source Software): Sejarah dan Modelnya

Well, perlu kalian ketahui bahwa ini pada dasarnya adalah posisi yang dibuat secara artifisial karena oleh bisnis, organisasi atau perusahaan.

Biasanya, asumsinya adalah bahwa programmer hanya dapat membuat kode dan tidak dapat mendesain atau bahwa mereka tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang.

Secara pribadi, Kami sendiri sangat tidak suka fakta bahwa posisi seperti itu ada.

Memang, dalam hal gaji, system analyst dibayar jauh lebih tinggi rata-rata.

Terlepas daripada itu, analis sistem (system analysis) juga berbeda dari system administrator atau administrator sistem, yang memelihara sistem dari hari ke hari.

Secara keseluruhan, peran mereka umumnya melibatkan pandangan tingkat atas dari suatu sistem untuk menentukan efektivitas keseluruhannya sesuai dengan desainnya.

Kesimpulan

Oke Kami pikir sudah cukup jelas untuk pembahasan tentang Pengertian System Analysis, Apa itu Analisa Sistem dan Analyst? Tujuan dan Fungsi, Macam Manfaat, Cara Melakukan serta Perbedaannya dengan Programmer kali ini.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa analisa, analisis atau system analysis adalah metode pemecahan masalah yang melibatkan melihat sistem yang lebih luas, memecah bagian-bagian, dan mencari tahu cara kerjanya untuk mencapai tujuan tertentu.

Sebagai contoh misalnya, katakanlah Anda seorang perbaikan AC dan telah dipanggil untuk mengganti sistem yang rusak.

Mungkin sistem pendingin udara tersebut sangat rumit atau jenis baru yang belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Maka dari itu, Anda perlu menganalisis sistem untuk memahaminya sebelum Anda dapat mengetahui apa yang salah.

Seorang analis sistem (system analyst) belum tentu posisinya lebih tinggi dari programmer Komputer.

Analis sistem lebih seperti menjembatani kesenjangan antara pemilik dan pengguna proyek (sisi bisnis), dan designer (perancang) dan pemrogramnya adalah bagian sisi teknisnya.

Seorang analis atau penganalisa sistem perlu memiliki pengetahuan teknis tingkat tinggi dan pengetahuan bisnis untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan kedua kelompok (dan biasanya bertindak sebagai penerjemah).

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian System Analysis, Apa itu Analisa Sistem dan Analyst? Tujuan dan Fungsi, Macam Manfaat, Cara Melakukan serta Perbedaannya dengan Programmer.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan development.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar