Memahami Pengertian Serial Port: Apa itu Port COM dan Parallel? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Macam Komponen, Cara Identifikasi serta Dimana Letaknya pada Komputer!

0
Gambar Pengertian Serial Port Apa itu Port COM Dan Parallel Sejarah Tujuan Dan Fungsi Macam Komponen Cara Mengidentifikasi Serta Dimana Letaknya Pada Komputer
Gambar Pengertian Serial Port Apa itu Port COM Dan Parallel Sejarah Tujuan Dan Fungsi Macam Komponen Cara Mengidentifikasi Serta Dimana Letaknya Pada Komputer

Tahukah Anda, Pengertian Serial Port, Apa itu Port COM dan Parallel? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Macam Komponen, Cara Mengidentifikasi serta Dimana Letaknya pada Komputer! Ya, port serial secara umum merupakan antarmuka yang digunakan untuk menghubungkan jalur serial untuk mencapai komunikasi serial. Port-port ini dapat menghubungkan konektor 9-pin berbentuk seperti huruf D yang menghubungkan ke saluran transmisi, dimana ini disebut konektor DB-9. Komunikasi serial diperoleh dengan kabel tunggal dan hanya satu aliran data yang ditransfer dari satu ujung ke ujung lainnya.

Oleh karena itu, kecepatan transmisi data serial tidak cocok dengan transmisi port paralel. Walaupun panjang kawatnya dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan. Kecepatan transmisi port serial relatif rendah dibandingkan dengan kecepatan transmisi port paralel. Port serial biasanya diimplementasikan dalam modem, perangkat penghubung, pengontrol, mouse, dan juga dalam kamera security (keamanan). Oke, terkait hal tersebut di atas, dalam postingan kali ini Kami akan membagikan penjelasan secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian serial port pada hardware komputer. Mari kita simak ulasannya!

Pengertian Serial Port

Serial port adalah interface atau antarmuka yang memungkinkan PC (Personal Computer) untuk mengirim atau menerima data satu per satu.

Ini adalah salah satu jenis antarmuka tertua dan pada satu waktu yang umumnya digunakan untuk menghubungkan printer dan modem eksternal ke PC.

Serial port yang modern dapat digunakan dalam instrumen ilmiah, sistem toko hingga seperti mesin kasir dan aplikasi seperti sistem mesin industri.

Dibandingkan dengan port paralel, kecepatan transfer data serial port ini dapat dikatakan lebih lambat.

Apa itu Port Serial?

Gambar Apa Itu Serial Port Atau Port COM Communication Dan Parallel Serta Tujuan Dan Fungsinya
Gambar Apa Itu Serial Port Atau Port COM Communication Dan Parallel Serta Tujuan Dan Fungsinya

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan port serial ini? Ya! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini merupakan antarmuka media pertukaran data.

Sederhananya, serial port adalah port asinkron yang ada pada komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat serial ke komputer dan mampu mengirimkan sedikit demi sedikit berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Computerhope.

Port serial biasanya diidentifikasi pada komputer yang kompatibel dengan IBM sebagai Port COM (communication atau komunikasi).

Sebagai contoh misalnya, perangkat mouse mungkin terhubung ke COM1 dan modem ke COM2.

Port seri ini dianggap sebagai salah satu koneksi eksternal yang paling dasar ke komputer dan telah menjadi bagian integral dari kebanyakan komputer selama lebih dari 20 tahun.

Meskipun banyak dari sistem yang lebih baru telah menghilangkan fungsi port serial sepenuhnya dan sudah mendukung koneksi USB, sebagian besar modem masih menggunakan serial port.

Contohnya seperti halnya beberapa printer, PDA dan kamera digital.

Beberapa komputer memiliki lebih dari 2 (dua) port serial.

Pada dasarnya, port serial menyediakan konektor dan protokol standar untuk memungkinkan Anda memasang perangkat, seperti modem, ke komputer (baca pengertian komputer disini) Anda.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Bing: Apa itu Bing? Sejarah, Fitur dan Perbedaan Bing dengan Google!

Apa itu Port COM (Communication) dan Parallel?

Kemudian, ada juga port COM (Communication), ini adalah port dengan komunikasi 2 (dua) arah yang memungkinkan setiap perangkat untuk menerima data serta mengirimkannya.

Benar! Seperti yang sudah Kami singgung di atas, ini merupakan sebutan atau istilah lain dari serial port.

Port COM adalah perangkat serial menggunakan pin yang berbeda untuk recieving (menerima) dan transmitting (mengirimkan) data dan menggunakan pin yang sama akan membatasi komunikasi menjadi setengah dupleks.

Artinya informasi yang ada hanya dapat bergerak dalam satu arah pada 1 (satu) waktu.

Ini juga dapat menggunakan pin berbeda yang memungkinkan untuk komunikasi dupleks penuh, di mana informasi dapat melakukan perjalanan ke 2 (dua) arah sekaligus.

Kemudian yang satunya, parallel port adalah jenis antarmuka serial yang ditemukan pada komputer (pribadi dan lainnya) untuk menghubungkan periferal.

Sejarah Serial Port (Port Serial)

Agar lebih lebih memahami tentang arti dan fungsi serial port ini, pastinya adalah merupakan hal yang penting bagi kita untuk juga mengetahui sedikit terkait sejarahnya bukan?

Ya,! Perlu kalian ketahui bahwa serial port muncul jauh sebelum komputer pribadi arsitektur IBM diperkenalkan.

Pada mesin komputer pertama, port COM digunakan untuk menghubungkan perangkat periferal.

Namun, ruang lingkup aplikasinya agak berbeda dari parallel port.

Jika port paralel terutama digunakan untuk menghubungkan printer, port COM (komunikasi) biasanya bekerja dengan perangkat telekomunikasi seperti modem.

Namun, serial mouse serta perangkat periferal lainnya juga dapat berinteraksi dengan Komputer melalui antarmuka serial ini.

Saat ini terutama di tahun 2020 komunikasi port serial tidak begitu umum seperti dulu lagi.

Port COM telah digantikan oleh USB yang merupakan metode yang lebih modern dan tidak memerlukan pengetahuan khusus untuk implementasinya.

Namun, standar modern kompatibilitas antara peralatan serial dan perangkat lunak pengendali telah dibentuk untuk beberapa waktu di sekitar konsep port COM yang sekarang dianggap kuno.

Tujuan dan Fungsi Serial Port

Setelah kita mengetahui apa itu serial port, arti dan sejarahnya di atas, dalam subbagian ini Kami juga akan menjelaskan tentang tujuan dan fungsi dari apa yang disebut dengan port COM ini.

Secara umum, tujuan utama serial port ini adalah untuk menghubungkan perangkat serial ke Komputer.

Sebelumnya, perlu kalian pahami terlebih dahulu bahwa Port serial mengandalkan chip pengontrol khusus, yaitu Universal Asynchronous Receiver Transmitter (UART), agar berfungsi dengan baik.

Chip UART mengambil output paralel dari bus sistem komputer dan mengubahnya menjadi bentuk serial untuk transmisi melalui port serial.

Agar dapat berfungsi lebih cepat, sebagian besar chip UART memiliki buffer bawaan 16 hingga 64 kilobyte.

Buffer ini memungkinkan chip untuk meng-cache data yang masuk dari bus sistem ketika sedang memproses data keluar ke port serial.

Sebagian besar port serial standar memiliki kecepatan transfer maksimum 115 Kbps (kilobit per detik).

Sedangkan port serial memiliki kecepatan yang tinggi, seperti Enhanced Serial Port (ESP) dan Super Seranced Port Serial (Super ESP) yang dapat mencapai kecepatan transfer data sebesar 460 Kbps.

Baca Juga :  Ayo Mengenal Pengertian Hosting: Fungsi, Jenis, Fitur dan Perbedaannya dengan Domain!

Dibandingkan dengan USB, port COM memiliki manfaat dan keuntungan penting seperti port RS-232 standar 9600bps yand dapat menggerakkan kabel terproteksi dengan panjang 15 meter, sedangkan panjang kabel USB biasanya hanya dibatasi hingga 5 meter.

Macam-Macam Komponen Hardware Serial Port (Port Serial)

Dalam membahas mengenai apa itu arti serial port, pastinya hal tersebut tidak terlepas daripada apa saja macam-macam komponennya bukan?

Seperti yang telah kita ketahui, ruang lingkup penggunaan port serial atau COM ini telah berkurang karena pengenalan antarmuka USB yang lebih cepat dan lebih ringkas.

Selain itu juga, modem eksternal yang dirancang untuk koneksi ke port COM, serta COM-mice (mouse), hampir tidak digunakan lagi.

Namun, sejumlah besar perangkat khusus termasuk berbagai pemindai atau Barcode Scanner, kamera pengintai, dan beberapa peralatan industri lainnya masih mengandalkan port serial untuk terhubung ke komputer.

Anda dapat menemukan antarmuka COM di banyak motherboard.

Jadi dengan sejumlah besar solusi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) yang terjangkau yang dikembangkan untuknya, protokol RS232 atau serial number siap untuk digunakan.

Oke, baiklah, di bawah ini adalah apa saja jenis dan macam-macam komponen hardware yang dapat dibeli dan juga digunakan untuk port serial Anda.

1. Mouse

Macam komponen yang pertama serial port (COM) yang pertama adalah mouse.

Ini merupakan salah satu perangkat yang paling umum digunakan untuk port serial dan biasanya digunakan dengan komputer tanpa PS/2 atau port USB dan mouse khusus.

2. Modem

Berikutnya adalah modem, ini merupakan perangkat lain yang biasa digunakan untuk port serial.

Namun, ini secara umum digunakan dengan komputer lama, walaupun juga biasa digunakan untuk komputer modern terkait kemudahan penggunaannya.

3. Jaringan

Selanjutnya adalah network, ya! salah satu kegunaan asli port serial terutama yaitu dalam networking dalam jaringan.

Itu memungkinkan 2 (dua) komputer terhubung bersamaan dan memungkinkan file besar ditransfer di antara keduanya.

4. Printer

Yang terakhir yaitu adalah printer, walaupun saat sekarang ini, printer bukanlah perangkat yang biasa digunakan untuk port serial.

Namun, sering digunakan dengan printer dan komplotan lainnya yang terbilang lebih tua.

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Serial Port (Port Serial)

Contoh Gambar Serial Port Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya Serta Cara Mengidentifikasinya
Contoh Gambar Serial Port Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya Serta Cara Mengidentifikasinya

Lalu, bagaimana cara mengidentifikasi serial port atau port communication (COM) ini?

Jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya tetang caranya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat!

Mengapa? Tentu saja karena Kami juga akan menjelaskannya disini!

Perlu kalian ketahui bahwa semua sistem operasi atau operating system komputer yang digunakan saat ini semuanya mendukung port serial.

Terutama, karena port serial telah ada selama beberapa dekade.

Port paralel adalah penemuan yang lebih baru dan jauh lebih cepat daripada port serial.

Sedangkan port USB baru berusia beberapa tahun saja, dan kemungkinan akan menggantikan port serial dan paralel sepenuhnya selama beberapa tahun ke depan.

Gambar di atas dari port serial, Anda dapat melihat koneksi port serial DB9 yang terbilang cukup mudah diidentifikasi.

Sambungannya terlihat seperti dalam bentuk huruf D, yang merupakan konektor male (laki-laki) dan memiliki 9 pin.

Baca Juga :  Pengertian Nanotechnology (Nanoteknologi): Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Dimana Letak Serial Port pada Komputer?

Kemudian, dimana letak port serial ini berada?

Ya! Untuk letaknya sendiri, mereka dapat ditemukan di bagian belakang komputer dan merupakan bagian dari motherboard.

Dengan diperkenalkannya USB, Firewire (baca pengertian Firewire disini), dan solusi cepat lainnya, port serial ini jarang digunakan jika dibandingkan dengan seberapa sering mereka digunakan di masa yang sudah lalu.

Selain itu juga, banyak komputer dan laptop baru tidak lagi memiliki port serial.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan? Oke, jadi berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Serial Port, Apa itu Port COM dan Parallel? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Macam Komponen, Cara Mengidentifikasi serta Dimana Letaknya pada Komputer di atas, dapat kita simpulkan bahwa dalam komputasi, port COM atau serial port adalah antarmuka yang dapat memungkinkan PC untuk mengirim atau menerima data satu per satu. Ini adalah salah satu jenis antarmuka tertua dan pada satu waktu umumnya digunakan untuk menghubungkan printer dan modem eksternal ke PC. Port serial modern lebih sering digunakan dalam instrumen ilmiah, sistem toko hingga seperti mesin kasir dan aplikasi seperti sistem mesin industri.

Dibandingkan dengan port paralel, kecepatan transfer data port serial lebih lambat, male port atau port laki (yang mempunyai pin di dalamnya) sedangkan female port atau port perempuan tidak memiliki pin (hanya memiliki lubang). Konfigurasi sumber daya sistemnya dapa dipilih untuk setiap port dan diidentifikasi dengan COM1, COM2, COM3, COM4 dan lain sebagainya. Setiap posisi COM mewakili input dan output (I/O) dan alamat permintaan interupsi atau Interrupt Request (IRQ). Alamat atau I/O address mentransfer dan menerima data ke dan dari perangkat periferal seperti mouse atau keyboard dan lainnya.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Serial Port, Apa itu Port COM dan Parallel? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Macam Komponen, Cara Mengidentifikasi serta Dimana Letaknya pada Komputer. Semoga apa yang telah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan Kita semua. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini atau hubungi Kami melalui halaman kontak untuk informasi lebih lanjut.

Jangan lupa like, share dan subscribe blog serta YouTube Kami untuk pembaruan artikel serta video belajar teknologi dan informasi lainnya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar