Ini Dia Pengertian AM dan PM: Apa Kepanjangan dan Contohnya!

0
Gambar Pengertian AM Dan PM Apa Kepanjangannya Contoh Dan Bagaimana Dengan Siang Dan Tengah Malam
Gambar Pengertian AM Dan PM Apa Kepanjangannya Contoh Dan Bagaimana Dengan Siang Dan Tengah Malam

Sebenarnya, Apa itu Pengertian AM dan PM, Apa Kepanjangan dan Contohnya dan Bagaimana dengan Siang dan Tengah Malam? Sebelumnya, tentu kita sering sekali ketika kita melihat tulisan AM dan PM pada jam, terkadang membuat kita bingung apa itu AM dan PM yang terdapat pada penulisan waktu (jam). Apalagi saat tidak adanya penunjuk tanggal dalam sistem 12 jam, sehingga mustahil untuk secara logis mengidentifikasi saat yang tepat ketika hanya ada tanggal dan 12:00 (untuk pagi dan tengah malam) disediakan.

Saat ini, kecuali Indonesia, sebagian besar dunia menggunakan sistem 24 jam, sementara banyak negara berbahasa Inggris mengikuti jam 12 jam. Di tempat-tempat yang menggunakan standar 12 jam, ada beberapa perdebatan tentang apa yang harus digunakan untuk siang dan tengah malam. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu AM dan PM secara lengkap dan detail.

Pengertian AM dan PM

AM dan PM adalah format yang umum yang digunakan untuk membedakan waktu siang dan waktu malam didalam satu hari. Format AM dan PM ini biasa digunakan pada Negara Amerika Serikat. Sedangkan untuk di Indonesia menggunakan format waktu 24 jam.

Seperti yang kita ketahui bahwa penunjukan waktu jam hanya sampai angka 12, akan tetapi waktu dalam sehari 24 jam. Jadi untuk membedakan itu mereka membedakan menjadi 2 periode yaitu dengan menggunakan jam 12 siang dan jam 12 malam.

Apa Itu AM dan PM dan Kepanjangannya?

Seperti yang sudah Kami jelaskan pada pengertiannya AM dan PM di atas, AM adalah kepanjangan dari ante meridiem yang artinya before noon (dalam bahasa inggris) atau sebelum tengah hari. Waktu A.M. yang dimulai dari jam 12.00 malam sampai dengan jam 11.59 siang atau bisa juga disebut sebelum tengah hari.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian AGP (Accelerated Graphics Port): Sejarah dan Cara Kerjanya

Yang kedua yaitu adalah PM. Ini adalah singkatan dari post meridiem yang berarti after noon (dalam bahasa inggris) yaitu waktu setelah tengah hari. PM ini dimulai dari jam 12.00 siang sampai dengan jam 11.59 malam.

Contoh AM dan PM

Ilustrasi Gambar Contoh AM Dan PM Dalam Pembahasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Contoh AM Dan PM Dalam Pembahasan Pengertiannya

a. Contoh AM

Format 24 JamFormat AM
00.00 (Hari Dimulai)12.00 AM (Tengah Malam)
01.001.00 AM
03.003.00 AM
05.005.00 AM
07.007.00 AM
09.009.00 AM
11.5911.59 AM

b. Contoh PM

Format 24 JamFormat PM
12.0012.00 PM (Tengah Hari)
13.001.00 PM
15.003.00 PM
17.005.00 PM
20.008.00 PM
22.0010.00 PM
23.59 (Akhir hari)11.59 PM

Bagaimana dengan Siang dan Tengah Malam?

Salah satu aspek yang paling membingungkan dari sistem AM dan PM, setelah Anda mengetahui apa maksudnya adalah bagaimana hal tersebut dapat memberi tahu bahwa apakah itu tengah malam tengah tengah hari. Adapun kebingungan yang dapat ditimbul dari memiliki dua bagian dari setiap “jam” sehari jelas merupakan argumen yang kuat dalam menggunakannya.

Jadi, dalam sistem 12 jam, jam 12:00 yang mana yang merupakan siang atau tengah malam?

Secara teknis, jam 12:00 malam, yang kita kenal sebagai “jam 12 pagi,” adalah tepat 12 jam setelah siang sebelumnya dan sebelum tengah hari. Jadi apakah mereka dihitung sebagai “sebelum” siang atau “setelah” siang? Dan, tentu saja, 12:00 PM adalah siang, jadi mungkin konyol untuk menunjuknya “sebelum” atau “setelah” itu.

Negara-negara berbahasa Inggris menguraikannya dengan menggunakan 12:00 AM adalah untuk merujuk pada tengah malam, dimulai sejak tengah malam memulai hari yang baru, sehingga dapat dianggap “sebelum tengah hari” pada hari yang sama. Belum lagi hal tersebut mungkin akan lebih membingungkan jika waktu berjalan dari jam 12:00 siang sampai 12:01 pagi. Jadi siang kemudian menjadi 12 siang secara defaultnya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Definisi: Menurut Ahli, Tujuan, Ciri, Macam, Jenis dan Syaratnya!

Meskipun demikian, jika Anda secara kebahasaan menentang menyebut “siang”, “setelah tengah hari”, sebenarnya ada singkatan bahasa Latin lain yang dapat Anda gunakan. Sistem AM/PM sebenarnya memiliki singkatan khusus untuk siang, yaitu hanya huruf “M”, yang merupakan singkatan dari “meridiem” yang akan muncul setelah “12” dan hanya merujuk pada siang hari. Belum pernah dengar? Hmmm, memang, karena mereka lebih terlihat seperti tahun daripada jam.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai Pengertian AM dan PM, Apa Kepanjangan dan Contohnya dan Bagaimana dengan Siang dan Tengah Malam? di atas, dapat kita simpulkan bahwa AM dan PM adalah sebuah Format untuk membedakan siang dan malam dalam hari. AM dan PM merupakan format waktu atau time signal yang digunakan dalam bahasa Inggris, baik itu American English maupun British English. Tahukan kamu, bahwa AM dan PM adalah singkatan yang diambil berdasarkan dari bahasa Latin.

Ante Meridiem yang disingkat AM artinya sebelum siang, dan

Post Meridiem yang disingkat PM artinya setelah siang.

Jadi, sekarang kalian pasti sudah dapat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Am itu siang atau malam?
  • Pembagian waktu AM dan PM?
  • AM dan PM singkatan apa?
  • 00.00 itu AM atau PM?
  • jam 12 siang itu AM atau PM?

Betul bukan?

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas tentang Pengertian AM dan PM, Apa Kepanjangan dan Contohnya dan Bagaimana dengan Siang dan Tengah Malam? Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan ini dengan menyertakan sumbernya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar