Perbedaan Komputer dengan Laptop serta Kelebihan dan Kekurangannya!

0
Perbedaan-Laptop-dan-PC
Ilustrasi ruang kerja yang menggunakan Komputer dan Laptop

Komputer dengan Laptop merupakan 2 buah benda yang memiliki kegunaan yang sama, yaitu untuk membantu Manusia dalam beraktifitas sehari-hari. Mungkin diantara kita kebingungan jika disuruh memilih dan membeli antara Komputer atau Laptop.

Sebelum membahas mengenai perbedaan Komputer dengan Laptop ada baiknya kita mengetahui mengenal dan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari masing-masing terlebih dahulu mengenai Komputer dan Laptop. Berikut ulasannya.

Apa itu Komputer (PC)?

Komputer merupakan kesatuan dari beberapa benda yakni CPU sebagai processor data (alat proses data). Monitor (sebagai output data) Keybooard dan Mouse sebagai input data. Semuanya menjadi satu kesatuan yang kita sebut dengan Komputer. Tentunya dalam masalah Harga Komputer sudah pasti memiliki macam-macam harga sesuai kelasnya, mulai dari standar sampai komputer mewah.

a. Kelebihan Komputer

  1. Dapat digunakan dalam waktu yang lama, misalnya saja kita menggunakannya di Kantor selama 1 hari penuh maka tidak akan terlalu berpengaruh terhadap perangkat kerasnya.
  2. Jika terjadi kerusakan Hardware (perangkat keras) akan lebih mudah untuk diganti karena komponen dapat dengan mudah dilepas di bagian CPU dan lainnya.
  3. Lebih mudah untuk di Upgrade.
  4. Cocok untuk para Gamer untuk main game.

b. Kekurangan Komputer

  1. Tidak bisa dibawa kemana-mana
  2. Memerlukan tenaga listrik ketika digunakan
  3. Lebih boros listrik

Apa itu Laptop?

Benda yang dinamakan Laptop ini tentu sudah tidak asing lagi kita dengar. Laptop merupakan benda yang memiliki kegunaan yang sama seperti Komputer namun bentuknya lebih kecil daripada Laptop sehingga dapat lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Perkembangan Laptop dari hari kehari semakin bagus. Banyak vendor Laptop yang menghadirkan Laptop murah dan berkualitas yang pastinya memikat para pembeli.

Baca Juga :  Pengertian Web Browser: Fungsi, Cara Kerja Browser dan Contohnya

Kelebihan Laptop

  1. Laptop bersifat mobile (dapat dibawa kemana-mana), karena bentuknya yang portable.
  2. Konsumsi listrik lebih sedikit
  3. Kurang cocok digunakan untuk bermain Game atau menjalankan aplikasi yang membutuhkan proses yang besar dalam waktu yang lama

b. Kekurangan Laptop

  1. Memerlukan Baterai agar bisa dibawa kemana-mana
  2. Biasanya spesifikasi dan kinerja laptop dibawah dari PC
  3. Cepat Panas jika lama dipakai
  4. Harganya lebih mahal

untuk masalah harga antara Komputer dan Laptop tentunya hampir sama namun biasanya Laptop sedikit lebih mahal, karena semua tergantung dari komponen (Processor, RAM, VGA Card dan lainnya) yang ada pada Komputer dan Laptop itu sendiri. Pastinya komponen yang bagus atau biasa disebut High Level, tentunya memiliki harga yang lebih mahal.

Perbedaan Komputer dengan Laptop

Ilustrasi Gambar Perbedaan Komputer dengan Laptop
Ilustrasi Gambar Perbedaan Komputer dengan Laptop

Selain bentuk Komputer dan Laptop tentu memiliki perbedaan lainnya, berikut adalah perbedaan antar Komputer dengan Laptop:

1. Sistem Perakitan

Umumnya, Komputer dan Laptop memiliki perbedaan dalam sistem perakitan, jika ingn mempunyai PC (Personal Komputer) pastinya kita harus merakit PC sampai bisa digunakan. selain itu Komputer sendiri memiliki kemudahan untuk di Upgrade, sedangkan laptop tidak (bukan berarti tidak bisa, namun hanya beberapa komponen saja yang dapat di Upgrade misalnya: RAM dan lain sebagainya).

2. Harga

Dalam harga kedua perangkat ini tentu memiliki perbedaan, harga laptop biasanya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Komputer walaupun keduanya memiliki spesifikasi yang sama.

3. Kinerja dan Kemampuan

Untuk masalah kinerja (performance) komputer lebih unggul daripada Laptop karena Komputer memiliki kapasitas yang lebih besar dan memiliki konsumsi listrik yang lebih besar dibandingkan dengan Laptop.

4. Konsumsi Daya

Seperti yang disebutkan sebelumnya Komputer memiliki konsumsi daya yang lebih besar dibandingkan dengan Laptop, karena Komputer menggunakan aliran listrik langsung untuk digunakan sedangkan Laptop hanya memilki baterai yang bisa menyimpan daya listrik.

Baca Juga :  Deep Web dan Dark Net: Pengertian, Tujuan dan Perbedaannya Lengkap

Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai Komputer dengan Laptop serta perbedaan dari keduanya, semoga bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar