Text Editor Adalah: Pengertian, Sejarah, Jenis dan Fiturnya (Editor Teks)

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Text Editor Editor Teks
Ilustrasi Gambar Pengertian Text Editor (Editor Teks) Adalah

Pengertian Text Editor (Editor Teks) Adalah

Apa itu Text Editor (Editor Teks)? Text Editor (Editor Teks) adalah program pengolah kata apa pun yang dapat Anda gunakan untuk mengetik dan mengedit teks. Ya, mereka tidak menyebutnya Text Editor (Editor Teks) untuk hal yang tidak berguna, Word Pad dan NotePad untuk Windows, SimpleText dan TextEdit untuk Mac adalah Text Editor (Editor Teks) yang umum. Program yang lebih besar seperti Microsoft Word dan Word Perfect juga Text Editor (Editor Teks), tetapi mereka memiliki lebih banyak fitur. Anda benar-benar dapat menulis kode HTML dan membuat halaman HTML dengan Text Editor (Editor Teks) sederhana, selama Anda tahu sintaks HTML yang benar. Text Editor sering disebut dengan Editor dalam dunia Teknologi.

Text Editor atau Editor teks adalah program yang memungkinkan Anda untuk membuka, melihat, dan mengedit file teks biasa. Tidak seperti pengolah kata, editor teks tidak menambahkan pemformatan ke teks, melainkan berfokus pada fungsi pengeditan untuk teks biasa.

Sejarah Text Editor (Editor Teks)

Ilustrasi Gambar Pengertian Text Editor (Editor Teks) Adalah
Ilustrasi Gambar Sejarah Text Editor (Editor Teks)

Sebelum Text Editor (Editor Teks) ada, teks komputer dimasukkan ke dalam kartu dengan mesin keypunch. Kotak-kotak fisik dari kartu-kartu kardus tipis ini kemudian dimasukkan ke dalam card-reader. Pita magnetik dan disk “kartu-gambar” file yang dibuat dari deck kartu seperti itu sering tidak memiliki karakter pemisahan garis sama sekali, dan mengasumsikan catatan 80 karakter dengan panjang tetap. Alternatif untuk kartu dilubangi pita kertas. Ini dapat dibuat oleh beberapa teleprinter (seperti Teletype), yang menggunakan karakter khusus untuk menunjukkan akhir catatan.

Text Editor (Editor Teks) pertama adalah “editor baris” yang berorientasi pada terminal gaya teleprinter atau mesin ketik tanpa tampilan. Perintah (seringkali keystroke tunggal) melakukan pengeditan pada file pada titik penyisipan imajiner yang disebut “kursor”. Suntingan diverifikasi dengan mengetikkan perintah untuk mencetak sebagian kecil file, dan secara berkala dengan mencetak seluruh file. Di beberapa editor baris, kursor dapat dipindahkan oleh perintah yang menentukan nomor baris dalam file, string teks (konteks) untuk pencarian, dan akhirnya ekspresi reguler. Editor garis adalah perbaikan besar dibandingkan penekanan tombol. Beberapa editor baris dapat digunakan dengan menekan tombol, perintah pengeditan dapat diambil dari setumpuk kartu dan diterapkan ke file yang ditentukan. Beberapa editor baris umum mendukung mode “verifikasi” di mana perintah perubahan menampilkan baris yang diubah.

Ketika terminal komputer dengan layar video menjadi tersedia dan dapat digunakan, Text Editor (Editor Teks) berbasis layar (kadang-kadang disebut hanya “editor layar”) menjadi umum. Salah satu editor layar penuh paling awal adalah O26, yang ditulis untuk konsol operator komputer seri 6000 CDC pada tahun 1967. Editor layar penuh awal lainnya adalah vi. Ditulis pada tahun 1970-an, ini masih merupakan editor standar pada sistem operasi Unix dan Linux. Juga ditulis pada tahun 1970-an adalah UCSD Pascal Screen Oriented Editor, yang dioptimalkan baik untuk kode sumber indentasi maupun teks umum. Emacs, salah satu proyek perangkat lunak bebas dan sumber terbuka pertama, adalah editor layar penuh awal atau real-time lainnya, yang porting ke banyak sistem. Kemudahan penggunaan dan kecepatan editor layar penuh (dibandingkan dengan editor berbasis lini) memotivasi banyak pembelian awal terminal video.

Baca Juga :  Pengertian Font: Tujuan Penggunaan Font dan Ukuran Defaultnya

Struktur data inti dalam Text Editor (Editor Teks) adalah struktur yang mengelola string (urutan karakter) atau daftar catatan yang mewakili status file yang sedang diedit. Sementara yang pertama dapat disimpan dalam satu array karakter yang panjang berturut-turut, keinginan untuk Text Editor (Editor Teks) yang bisa lebih cepat menyisipkan teks, menghapus teks, dan membatalkan/mengulang suntingan sebelumnya menyebabkan pengembangan struktur data urutan yang lebih rumit. Text Editor (Editor Teks) biasa menggunakan penyangga celah, daftar garis terkait (seperti di PaperClip), tabel potongan, atau tali, sebagai struktur data urutannya.

Jenis Text Editor (Editor Teks)

Beberapa Text Editor (Editor Teks) adalah berbentuk kecil dan sederhana, sementara yang lain menawarkan fungsi yang luas dan kompleks. Sebagai contoh, Unix dan sistem operasi mirip Unix memiliki editor pico (atau varian), tetapi banyak juga yang dilengkapi editor vi dan Emacs. Sistem Microsoft Windows hadir dengan Notepad sederhana, lebih banyak orang, lebih banyak programmer, lebih menyukai editor lain dengan lebih banyak fitur. Di bawah Mac OS klasik Apple Macintosh ada SimpleText asli, yang menggantikan TextEdit di Mac OS X, yang mentransfer fitur Text Editor (Editor Teks) dengan yang khas dari pengolah kata seperti penggaris, margin dan pemilihan font. Fitur-fitur ini tidak tersedia secara bersamaan, tetapi harus diaktifkan oleh permintaan pengguna, atau melalui program yang otomatis menentukan jenis file.

Pengolah kata non-WYSIWYG, seperti WordStar, lebih mudah digunakan sebagai Text Editor (Editor Teks), dan pada senang sudah umum digunakan pada tahun 1980-an. Format file default dari pengolah kata ini biasanya menggunakan bahasa markup, dengan format dasar berupa teks biasa dan format visual yang dibuat menggunakan karakter kontrol yang tidak dapat diinstal atau urutan pelarian. Pengolah kata di kemudian hari seperti Microsoft Word menyimpan file-file mereka dalam format biner dan hampir tidak pernah digunakan untuk menginstal file teks biasa.

Beberapa Text Editor (Editor Teks) dapat menginstal file besar yang tidak biasa seperti file log atau seluruh database yang ditempatkan dalam satu file. Text Editor (Editor Teks) yang lebih sederhana mungkin hanya membaca file ke dalam memori utama komputer. Dengan file yang lebih besar, ini mungkin proses yang lambat, dan seluruh file mungkin tidak cocok.

Fitur-Fitur Text Editor

  • Search and Replace (Cari dan ganti); Text Editor (Editor Teks) menyediakan fasilitas luas untuk mencari dan mengganti teks, baik dalam kelompok file atau secara interaktif. Editor tingkat lanjut dapat menggunakan ekspresi reguler untuk mencari dan mengedit teks atau kode.
  • Cut (potong), Copy (salin), dan Paste (tempel); kebanyakan Text Editor (Editor Teks) menyediakan metode untuk menggandakan dan memindahkan teks di dalam file, atau di antara file.
  • Kemampuan untuk menangani teks yang disandikan UTF-8.
  • Text Formatting; Text Editor (Editor Teks) sering menyediakan fitur pemformatan dasar seperti pembungkus baris, indentasi otomatis, pemformatan daftar peluru menggunakan karakter ASCII, pemformatan komentar, penyorotan sintaksis dan sebagainya.
  • Undo dan redo; Seperti halnya pengolah kata, Text Editor (Editor Teks) menyediakan cara untuk membatalkan dan mengulang pengeditan terakhir, atau lebih. Seringkali terutama dengan Text Editor (Editor Teks) yang lebih lama hanya ada satu tingkat riwayat edit yang diingat dan secara berturut-turut mengeluarkan perintah undo hanya akan “mengganti” perubahan terakhir. Editor modern atau lebih kompleks biasanya menyediakan sejarah multi-level sehingga mengeluarkan perintah undo berulang kali akan mengembalikan dokumen ke suntingan yang lebih lama secara berturut-turut. Perintah redo terpisah akan menggilir pengeditan “maju” ke arah perubahan terbaru. Jumlah perubahan yang diingat tergantung pada editor dan seringkali dapat dikonfigurasi oleh pengguna.
  • Definisi makro atau prosedur; untuk mendefinisikan perintah atau fitur baru sebagai kombinasi dari perintah sebelumnya atau makro lainnya, mungkin dengan parameter yang diteruskan, atau dengan bersarangnya makro.
  • Pengeditan multi-file; Kemampuan untuk mengedit banyak file selama sesi edit, mungkin mengingat kursor baris saat ini dari setiap file, untuk memasukkan teks berulang ke dalam setiap file, memindahkan teks di antara file, dan lain sebagainya.
  • Transformasi data; Membaca atau menggabungkan konten file teks lain ke dalam file yang sedang diedit. Beberapa Text Editor (Editor Teks) menyediakan cara untuk memasukkan output dari perintah yang dikeluarkan ke shell sistem operasi. Juga, fitur case-shifting dapat diterjemahkan menjadi huruf kecil atau besar.
  • Pemfilteran; Beberapa Text Editor (Editor Teks) tingkat lanjut memperbolehkan editor untuk mengirim semua atau sebagian file yang sedang diedit ke utilitas lain dan membaca hasilnya kembali ke file sebagai ganti baris yang “difilter”. Ini, misalnya, berguna untuk menyortir serangkaian garis secara alfabet atau numerik, melakukan perhitungan matematis, indentasi kode sumber, dan sebagainya.
  • Penyorotan sintaksis; Menyoroti secara kontekstual kode sumber, bahasa markup, file konfigurasi dan teks lain yang muncul dalam format yang terorganisir atau dapat diprediksi. Editor umumnya memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan warna atau gaya yang digunakan untuk setiap elemen bahasa. Beberapa Text Editor (Editor Teks) juga memungkinkan pengguna untuk menginstal dan menggunakan tema untuk mengubah tampilan dan nuansa dari seluruh antarmuka pengguna editor.
  • Extensibility; Text Editor (Editor Teks) yang dimaksudkan untuk digunakan oleh programmer harus menyediakan beberapa mekanisme plugin, atau dapat skrip, sehingga seorang programmer dapat menyesuaikan editor dengan fitur yang diperlukan untuk mengelola proyek perangkat lunak individu, menyesuaikan fungsi atau ikatan kunci untuk bahasa pemrograman tertentu atau sistem kontrol versi, atau sesuai dengan gaya pengkodean tertentu.
Baca Juga :  Teknologi dalam Keperawatan: Perkembangan, Jenis Alat serta Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan Teks Biasa (Plain Teks) dan Teks Kaya (Rich Teks)

Ada perbedaan penting antara teks biasa (dibuat dan diedit oleh Text Editor) dan teks kaya (seperti yang dibuat oleh pengolah kata atau perangkat lunak penerbitan desktop).

Teks biasa secara eksklusif terdiri dari representasi karakter. Setiap karakter diwakili oleh urutan panjang tetap satu, dua, atau empat byte, atau sebagai urutan panjang variabel dari satu hingga empat byte, sesuai dengan konvensi pengkodean karakter tertentu, seperti ASCII, ISO/IEC 2022, UTF -8, atau Unicode. Konvensi ini mendefinisikan banyak karakter yang dapat dicetak, tetapi juga karakter non-cetak yang mengontrol aliran teks, seperti ruang, pemisah baris, dan pemisah halaman. Teks biasa tidak mengandung informasi lain tentang teks itu sendiri, bahkan konvensi pengkodean karakter yang digunakan. Teks biasa disimpan dalam file teks, meskipun file teks tidak secara eksklusif menyimpan teks biasa. Pada hari-hari awal komputer, teks biasa ditampilkan menggunakan font monospace, sehingga penyelarasan horizontal dan pemformatan kolom kadang-kadang dilakukan menggunakan karakter spasi. Untuk alasan kompatibilitas, tradisi ini tidak berubah.

Sebaliknya, teks kaya mungkin berisi metadata, data pemformatan karakter (misalnya Jenis huruf, ukuran, berat, dan gaya), data pemformatan paragraf (seperti Indentasi, penyelarasan, distribusi huruf dan kata, dan spasi antar baris atau paragraf lain), dan data spesifikasi halaman (misalnya ukuran, margin, dan arah membaca). Teks kaya bisa sangat kompleks. Teks kaya dapat disimpan dalam format biner (seperti .DOC), file teks yang mengikuti bahasa markup (misalnya RTF atau HTML), atau dalam bentuk hibrid keduanya (seperti Office Open XML).

Text Editor (Editor Teks) dimaksudkan untuk membuka dan menyimpan file teks yang berisi teks biasa atau apa pun yang dapat diartikan sebagai teks biasa, termasuk markup untuk teks kaya atau markup untuk sesuatu yang lain (misalnya SVG).

Baca Juga :  Pengertian E-Learning: Tujuan, Karakteristik dan Manfaat E-Learning

Contoh Text Editor (Editor Teks)

Mengacu kepada pengertian Text Editor di atas, adapun beberapa contoh Text Editor (Editor Text) ini, antara lain sebagai berikut:

  • Notepad dan WordPad; Microsoft Windows termasuk editor teks.
  • TextEdit; Editor teks komputer Apple.
  • Emacs; Editor teks untuk semua platform yang merupakan editor teks yang sangat kuat setelah Anda mempelajari semua perintah dan opsinya.
  • Vi dan Vim; Editor hebat lainnya terutama digunakan dengan Linux tetapi juga tersedia dengan beberapa platform.
  • Word; Pengolah kata untuk komputer Windows dan Apple.
  • Writer; Editor teks dan pengolah kata.
  • Ed; Editor segala file pada sistem mirip Unix.
  • Microsoft Edit; Editor teks MS-DOS.
  • NEdit; A editor teks grafis.
  • Pico; Editor teks berbasis konsol.
  • Notepad ++; Editor teks gratis favorit Kami, Notepad ++ adalah alternatif yang kuat untuk Windows Notepad.
  • TextPad; Editor teks shareware.

Penutup

Jadi, Text Editor atau Editor teks adalah program yang memungkinkan Anda untuk membuka, melihat, dan mengedit file teks biasa. Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas apa itu pengertian Text Editor (Editor Teks) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar