Mengenal Apa Itu Pengertian Northbridge pada Motherboard dan Cara Kerjanya

0
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Northbridge Serta Cara Kerja Northbridge Pada Motherboard
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Northbridge Serta Cara Kerja Northbridge Pada Motherboard

Pengertian Northbridge

Sebenarnya, apa itu pengertian Northbridge yang ada pada Motherboard? Northbridge adalah chipset Intel yang berkomunikasi dengan prosesor komputer dan mengontrol interaksi dengan memori, bus Peripheral Component Interconnect (PCI), cache Level 2, dan semua aktivitas Accelerated Graphics Port (AGP), selain Northbridge masih ada banyak komponen lain yang ada pada Motherboard seperti Daughterboard salah satunya.

Northbridge berkomunikasi dengan prosesor menggunakan Frontside Bus (FSB). Northbridge adalah salah satu bagian dari chipset dua bagian yang disebut Northbridge dan Southbridge. Southbridge menangani fungsi input dan output (I/O) dari chipset.

Cara Kerja Northbridge

Mengacu pada Pengertian Northbridge di atas Nothbridge yang juga disebut sebagai PAC (PCI/AGP Controller) dan nb, Northbridge adalah sirkuit terintegrasi yang bertanggung jawab untuk komunikasi antara antarmuka CPU, AGP, dan memori.

Berbeda dengan Southbridge, Northbridge terhubung langsung ke komponen-komponen ini dan bertindak seperti “jembatan” untuk chip Southbridge untuk berkomunikasi dengan CPU, RAM, dan pengontrol grafis. Saat ini, Northbridge adalah chip tunggal yang berada di utara bus PCI, namun, komputer awal mungkin memiliki hingga tiga chip terpisah yang membentuk Northbridge.

Gambar Northbridge dan Bagian-Bagiannya

Di bawah ini adalah ilustrasi grafis dari motherboard ASUS P5AD2-E dan beberapa penjelasan dasar dari masing-masing bagian utama dari motherboard, termasuk Northbridge. Seperti yang ditunjukkan, Northbridge dan Southbridge umumnya memiliki heat sink khusus. Juga, Northbridge biasanya sedikit lebih besar dari Southbridge, dan diposisikan lebih dekat ke CPU dan memori.

Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Northbridge Dan Cara Kerja Northbridge Pada Motherboard
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Northbridge Dan Cara Kerja Northbridge Pada Motherboard

Ketika CPU membutuhkan data dari RAM, permintaan dikirim ke pengontrol memori Northbridge. Setelah permintaan diterima, ia merespons dengan berapa lama prosesor harus menunggu untuk membaca memori melalui bus sisi depan. Beberapa motherboard yang lebih baru telah menggantikan Northbridge dan Southbridge dengan IHA.

Baca Juga :  Pengertian Sistem Informasi: Fungsi, Karakteristik dan Komponennya Lengkap

Chipset IHA Menggantikan Chipset Nothbridge dan Southbridge

Intel Hub Architecture (IHA) telah menggantikan chipset Northbridge/Southbridge. Chipset IHA juga memiliki dua bagian, yaitu:

  1. Graphics dan AGP Memory Controller Hub (GMCH)
  2. I/O Controller Hub (ICH).

Arsitektur IHA digunakan dalam chipset 800 seri Intel, yang merupakan arsitektur chipset pertama yang menjauh dari desain Northbridge/Southbridge.

Bagaimana Jika Motherboard tidak Memiliki Northbridge?

Sebagai produsen mencari cara baru untuk meningkatkan kinerja dan menurunkan biaya keseluruhan, mereka memindahkan fungsi chip Northbridge ke bagian lain dari CPU dan Southbridge. Dimulai dengan AMD64 AMD dan prosesor Intel Nehalem pengontrol memori dipindahkan dari Northbridge ke prosesor mati. Kemudian, Intel “Sandy Bridge” dan prosesor AMD Accelerated Processing Unit menempatkan semua fungsi Northbridge ke CPU.

Kesimpulan

Northbridge adalah salah satu dari dua chip, atau sirkuit terpadu (IC), dalam chipset pada motherboard. Chip lainnya disebut southbridge. Setiap chip memiliki serangkaian tugas khusus dan berkomunikasi antara CPU dan perangkat eksternal melalui bus.

Northbridge menghubungkan southbridge ke CPU. Ini sering disebut sebagai hub pengontrol memori. Ini menangani komponen yang lebih cepat pada motherboard, termasuk RAM, ROM, sistem Input/Output dasar (BIOS), port grafis dipercepat (AGP), PCI Express, dan chip southbridge serta CPU. Ini juga mengontrol cache CPU, jika terletak di motherboard.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Northbridge, Cara Kerja Northbridge beserta pembahasannya secara detail. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar