Mengenal Apa Itu Pengertian Daughterboard: Fungsi dan Perbedaanya dengan Motherboard

0
Gambar Apa Itu Pengertian Daughter Board Dan Fungsi Mother Board Serta Perbedaannya Dengan Mother Board
Gambar Apa Itu Pengertian Daughter Board Dan Fungsi Mother Board Serta Perbedaannya Dengan Mother Board

Apa Itu Pengertian Daughterboard?

Sebenarnya, apa itu Daughterboard? Daughterboard adalah perangkat keras komputer. Ia juga dikenal sebagai Piggy Board, Riser Card, Daughter Board, Daughtercard atau Daughter Card. Daughterboard adalah papan sirkuit cetak yang terhubung ke Motherboard atau kartu ekspansi. Dibandingkan dengan motherboard, ukurannya lebih kecil.

Daughterboard tidak bertindak sebagai kartu ekspansi. Kartu ekspansi menambahkan fungsi-fungsi baru tambahan ke komputer. Tetapi Daughterboard yang terhubung ke motherboard menambah atau mendukung fungsi utama Motherboard.

Daughterboard terhubung langsung ke Motherboard. Anda tahu bahwa kartu ekspansi terhubung ke Motherboard dengan menggunakan bus dan antarmuka serial lainnya. Tapi Daughterboard terhubung langsung ke papan tulis dengan menyolder. Sebagai pembaruan motherboard atau kartu ekspansi, Daughterboard untuk memperluas fitur dan layanan motherboard atau kartu ekspansi. Berikut akan Kami bahas lebih lanjut lagi mengenai pengertian Daughterboard dan penjelasannya.

Apa itu Motherboard dan Expansion Card (Kartu Ekspansi)?

Berdasarkan pengertian Daughterboard di atas, untuk memiliki ide yang lebih baik tentang Daughterboard, Anda harus memiliki ide bagus tentang motherboard dan kartu ekspansi. Motherboard adalah papan utama komputer Anda. Ia juga dikenal sebagai board sistem. Hampir semua komponen lain dari komputer Anda terhubung ke motherboard. Komponen lain termasuk RAM, CPU, PSU, GPU dan sebagainya. Mereka terhubung satu sama lain melalui motherboard. PSU memberikan daya ke motherboard dan motherboard memberikan daya yang diperlukan untuk semua komponen lainnya. Dengan demikian, ia bertindak seperti hati dalam sistem komputer.

Kartu ekspansi juga dikenal sebagai papan ekspansi, adaptor antarmuka, kartu tambahan dan sebagainya. Ini cocok dengan slot ekspansi di komputer. Papan sirkuit cetak semacam ini dipasang di komputer untuk memberikan komputer beberapa kemampuan tambahan. Misalnya, Anda adalah seorang gamer atau desainer grafis profesional.Kemudian Anda dapat memasang kartu grafis baru yang kuat di Komputer Anda untuk memiliki pengalaman visual dan kinerja yang lebih baik. Seorang insinyur suara dapat memasang kartu suara tambahan di komputer. Jenis kartu ini memberikan komputer beberapa kemampuan tambahan. Jenis kartu ini dikenal sebagai kartu ekspansi.

Baca Juga :  Ini Pengertian HyperTransport (HT atau LTD), Sejarah dan Cara Kerja HyperTransport!

Kemudian Anda dapat memasang kartu grafis baru yang kuat di komputer Anda untuk memiliki pengalaman visual dan kinerja yang lebih baik. Seorang insinyur suara dapat memasang kartu suara tambahan di komputer. Jenis kartu ini memberikan komputer beberapa kemampuan tambahan. Jenis kartu ini dikenal sebagai kartu ekspansi.

Fungsi Daughterboard

Gambar Daughterboar Yang Ada Pada Motherboard
Gambar Daughterboar Yang Ada Pada Motherboard

Mengacu pada pengertian Daughterboard di atas, Daughterboard adalah papan sirkuit yang terhubung langsung ke motherboard atau kartu ekspansi dengan solder. Kadang-kadang, orang berpikir bahwa Daughterboard dan kartu ekspansi adalah sama. Tapi ini tidak benar. Mereka memiliki fungsi sendiri. Fungsi Daughterboard perempuan diberikan di bawah ini:

  • Ini dikenal sebagai Piggy Card, Riser Card, Child Card dan sebagainya.
  • Daughterboard lebih kecil dari motherboard dan mungkin memiliki beberapa slot seperti motherboard.
  • Daughterboard adalah papan sirkuit cetak yang terhubung ke motherboard atau kartu ekspansi.
  • Tidak seperti kartu ekspansi, Daughterboard terhubung langsung ke Motherboard dengan solder.
  • Daughterboard tidak menyediakan fungsi baru ke sirkuit seperti ekspansi. Tetapi papan sirkuit memperpanjang sirkuit tempat mereka dicolokkan.
  • Daughterboard dirilis oleh vendor sebagai pembaruan motherboard atau kartu ekspansi.

Anda tahu bahwa semua komputer memiliki motherboard. Banyak komputer memiliki Daughterboard juga. Tetapi fungsi Daughterboard tidak seperti Motherboard, mereka terhubung ke Motherboard atau sirkuit lain untuk memperluas fitur papan.

Perbedaan Daughterboard dengan Motherboard

Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Daughter Board Dan Fungsi Mother Board Serta Perbedaannya Dengan Mother Board
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Daughter Board Dan Fungsi Mother Board Serta Perbedaannya Dengan Mother Board

Seperti yang sudah kita ketahui tentang pengertian Daughterboard, nama kedua papan ini cukup menarik, bukan? Nama-nama itu memiliki arti sendiri. Seperti yang Anda ketahui, motherboard diberi nama seperti itu karena fungsinya. Ini berfungsi sebagai jantung dari suatu sistem. Sebagian besar komponen terhubung ke motherboard dan mendapatkan daya yang diperlukan dari itu.

Baca Juga :  Pengertian QoS (Quality of Service): Parameter, Cara Kerja dan Cara Menerapkannya

Daughterboard dinamai seperti itu karena fungsinya juga. Daughterboard terhubung ke motherboard atau kartu ekspansi. Ini lebih kecil dari motherboard. Daughterboard terhubung langsung ke motherboard dengan solder. Daughterboard memperpanjang sirkuit motherboard atau kartu ekspansi yang terhubung dengannya.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan Kami mengenai pengertian Daughterboard di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Daughterboard adalah jenis papan sirkuit yang dihubungkan atau terpasang ke Motherboard atau kartu ekspansi serupa untuk memperluas fitur dan layanannya. Daughterboard melengkapi fungsi motherboard atau kartu ekspansi yang ada.

Seperti motherboard, motherboard memiliki soket, pin, steker, dan konektor yang harus dipasang ke papan lainnya. Biasanya, motherboard dirilis sebagai pembaruan pasca peluncuran ke motherboard atau kartu ekspansi. Misalnya, Daughterboard MIDI digunakan untuk menambah fungsionalitas kartu suara.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami yang membahas mengenai pengertian Daughterboard, Fungsi Daughterboard dan Perbedaan Daughterboard dengan Motherboard. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar