Ini Dia Pengertian Unicorn, Decacorn dan Hectocorn pada Perusahaan Startup!

0
Gambar Dalam Penjelasan Apa Itu Startup Dan Pengertian Unicorn Decacorn Serta Hectocorn Pada Perusahaan Startup
Gambar Dalam Penjelasan Apa Itu Startup Dan Pengertian Unicorn Decacorn Serta Hectocorn Pada Perusahaan Startup

Tahukah kalian, Pengertian Unicorn, Decacorn dan Hectocorn pada Perusahaan Startup? Ya! Seperti yang kita ketahui, istilah dari kata startup ini telah diikat dan semakin sering digunakan dalam beberapa tahun terakhir untuk menggambarkan usaha-usaha baru yang suka bersaing. Startup, pada dasarnya adalah tentang menciptakan inovasi teknologi. Benar, terkait hal itu, eperti yang kita lihat di media sosial baru-baru ini dipenuhi dengan istilah kata unicorn, decacorn dan hectocorn dalam bidang startup.

Ya! Corn yang Kami maksud disini, bukanlah corn yang berarti jagung, atau unicorn yang artinya kuda bertanduk seperti yang ada dalam animasi Repunzel, istilah ini ternyata merupakan status yang diberikan pada startup atau perusahaan rintisan yang disebut dengan startup dengan nilai valuasi tertentu saja. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu unicorn, decacorn dan hectocorn secara lebih detail lengkap. Langsung saja, di bawah ini adalah ulasannya!

Apa itu Startup?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Startup Dalam Membahas Pengertian Unicorn Decacord Dan Hectocorn
Ilustrasi Gambar Apa Itu Startup Dalam Membahas Pengertian Unicorn Decacord Dan Hectocorn

Startup adalah perusahaan baru yang didirikan oleh satu pengusaha atau lebih untuk mengembangkan produk atau layanan yang unik dan membawanya ke pasar. Sesuai dengan sifatnya, startup yang tipikal cenderung menjadi operasi yang ketat, dengan dana awal dari pendiri atau keluarga mereka berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Investopedia.

Dalam membahas mengenai pengertian unicorn, decacorn dan hectocorn, perlu kalian ketahui bahwa salah satu tugas pertama sebuah startup adalah mengumpulkan sejumlah besar uang untuk mengembangkan produk lebih lanjut.

Untuk melakukan hal tersebut, mereka harus membuat argumen yang kuat, jika bukan prototipe, yang mendukung klaim mereka bahwa ide mereka benar-benar baru atau lebih baik daripada apa pun di pasar.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Rich Media: Apa itu? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam, Manfaat, Cara Membuat serta Kenapa itu Penting!

Pada tahap awal, startup atau perusahaan pemula biasanya hanya memiliki sedikit atau tidak ada pemasukan. Mereka punya ide, dan mereka harus mengembangkannya, mengujinya, dan memasarkannya. Hal tersebut membutuhkan banyak uang, dan pemiliknya memiliki beberapa sumber potensial untuk diambil.

Pengertian Unicorn dan Decacorn serta Hectocorn

Baiklah kembali ke topik utama kita, di bawah ini adalah penjelasan dari pengertian unicorn, decacorn dan hectocorn yang perlu kalian ketahui.

a. Pengertian Unicorn

Unicorn adalah kata yang diberikan terhadap perusahaan startup swasta yang mempunyai nilai valuasi lebih dari USD $1 Miliar. Istilah unicorn ini memang terbilang asing terutama bagi yang belum pernah mendengarnya serta tidak terlalu mengerti terkait masalah global startup.

Ya! Seperti yang kita ketahui, evaluasi merupakan nilai ekonomi oleh bisnis yang dijalankan dari perusahaan startup. Biasanya nomor valuasi ini akan dijadikan ukuran terkait potensi usaha perusahaan tersebut.

Namun yang harus kalian ketahui adalah bahwa, istilah unicorn ini muncul sejak tahun 2013 serta juga diperkenalkan dari seorang ahli venture capitalist bernama Aileen Lee.

Istilah unicorn diberikan pada perusahaan rintisan yang mempunyai valuasi sebanyak 1 Miliar Dollar AS. Di Indonesia sendiri, terdapat 4 startup yang masuk dalam kategori unicorn.

Berikut beberapa daftar startup unicorn yang terdapat di negara indonesia:

NoNama PerusahaanNilai Evaluasi
1.
2.
3.
4.
Tokope dia
Gojek
Traveloka
Bukalapak
US$ 7 miliar
US$ 6.6 miliar
US$ 2 miliar
US$ 1,2 miliar

Sedangkan yang ada di dunia, terdapat dan terhitung sekitar lebih dari 300 Startup Unicorn dengan nilai total valuasi 1.074 Miliar Dollar AS. Oke, sudah jelas bukan? Baiklah mari kita lanjutkan dengan pengertian decacorn.

b. Pengertian Decacorn

Selain kata unicorn, ada juga Kata dan istilah lainnya dalam dunia startup, yaitu adalah Decacorn. Ini adalah istilah bagi perusahan startup swasta yang memiliki valuasi lebih dari US$ 10 Miliar.

Baca Juga :  Mempelajari Pengertian Keyword (Kata Kunci): Apa itu SEO Keywords? Jenis, Penggunaan, Cara Menggunakan, Memilih dan Menemukannya!

Ada banyak perusahaan yang ada di dunia yang masuk dalam kategori decacorn, tetapi di Indonesia saat ini masih belum ada yang masuk dalam decacorn.

Untuk cakupan global, berikut adalah beberapa daftar startup decacorn yang ada di dunia:

NoNama PerusahaanNilai Evaluasi
1.
2.
3.
4.
Bytedance
Uber
Didi Chuxing
WeWork
US$ 75 miliar
US$ 72 miliar
US$ 56 miliar
US$ 47 miliar

Asia Tenggara sendiri baru-baru ini memiliki decacorn pertama dan juga satu-satunya saat sekarang ini. Berita ini sudah resmi diumumkan oleh Grab sebagai perusahaan decacorn pertama di Asia Tenggara lewat postingan yang berjudul “Terima Kasih Telah Menjadikan Grab Decacorn Pertama” mereka.

Disana Grab menyampaikan dan mengemukakan jika prestasi ini tidak akan pernah dapat mereka raih tanpa para pengguna setia Grab, mitra pengemudi dan rekan merchant atau pedagang Grab.

c. Pengertian Hectocorn

Level selanjutnya yang ada setelah unicorn dan decacorn, yaitu adalah hectocorn. Hectocorn adalah kata yang diberikan terhadap perusahaan rintisan dengan valuasi lebih oleh USD $100 miliar.

Sebagai contoh, misalnya seperti perusahaan besar yang bahkan tidak perlu lagi untuk Kami sebutkan. Benar! Mereka adalah seperti perusahaan Google, Microsoft, Apple dan Facebook.

Menurut salah satu majalah CEO yang ada di luar negeri, hanya ada satu perusahaan yang ada di Asia yang sudah mencapai level hectocorn saat ini, perusahaan tersebut yaitu adalah perusahaan Ant Financial dengan nilai evaluasinya USD $150 miliar. Ant Financial merupakan cabang dari Jack Ma’s Alibaba Group, dan hectocorn Asia pertama di dunia.

Nilai valuasinya pun jauh lebih berharga dari milik Goldman Sachs dan juga Morgan Stanley yang merupakan pebisnis kelas dunia. Alasan keberhasilan mereka sendiri adalah dominasinya di pasar Cina, Alipay yang merupakan platform pembayaran online perusahaan, serta memegang 54% dari pasar ponsel atau smartphone Cina.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Sustainable Development: Apa itu? Definisi, Sejarah dan Konsep, Contoh serta Cara Mencapai dan Mewujudkannya!

Kesimpulan

Baiklah, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang Pengertian Unicorn, Decacorn dan Hectocorn pada Perusahaan Startup di atas, dapat kita kita simpulkan bahwa sebenarnya mereka merupakan gelar atau status tentang penilaian atau valuasi dari sebuah startup atau perusahaan. Dengan munculnya teknologi konsumen yang dapat memiliki daya tarik di seluruh dunia, unicorn tampaknya tidak lagi menjadi dasar perusahaan besar dalam bisnis terlebih sejak munculnya valuasi level decacorn dan bahkan hectocorn.

Penutup

Demikianlah tulisan yang dapat Kami bagikan kali ini mengenai Pembahasan dan Penjelasan Pengertian Unicorn, Decacorn dan Hectocorn pada Perusahaan Startup. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan kita semua terutama dalam memahami artinya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar