Pengertian Typographic Hierarchy: Contoh dan Faktor-Faktornya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Typographic Hierarchy dan Contohnya
Ilustrasi Gambar Pengertian Typographic Hierarchy dan Contohnya

Pengertian Typographic Hierarchy

Apa itu Typographic Hierarchy? Typographic Hierarchy (Hirarki tipografi) adalah sistem yang menggunakan tipografi, ukuran, font, dan tata letak berbagai teks untuk membuat divisi hierarki yang dapat menunjukkan kepada pengguna tempat mencari jenis informasi tertentu. Ini adalah sistem pengorganisasian untuk menetapkan urutan dalam satu set data. Dengan membuat berbagai ukuran, bentuk, dan blok teks, pengembang dapat mengarahkan mata pengguna ke informasi yang paling dibutuhkan audiens, atau mengelompokkan informasi tersebut secara visual untuk audiens.

Contoh Typographic Hierarchy

Ilustrasi Gambar Pengertian Typographic Hierarchy dan Faktor dan Contohnya
Ilustrasi Gambar Pengertian Typographic Hierarchy dan Faktor dan Contohnya | Tutplus

Contoh langsung Typographic Hierarchy (hierarki tipografi) dalam Typography ini adalah seperti kita mengambil serangkaian informasi umum, seperti deskripsi produk, dan mengubahnya dari satu blok teks generik menjadi beberapa unit yang berbeda. Misalkan ada ulasan atau deskripsi produk termasuk nama produk, harganya, deskripsi dan spesifikasinya, semua ditulis dalam satu blok teks sederhana. Sangat sulit bagi audiens untuk membaca dan menerima bit informasi yang berbeda ini, sebagian karena mereka tidak mengerti bit apa yang memainkan setiap peran tertentu. Dengan kata lain, ketika mereka mencari sesuatu yang spesifik, seperti harga, mereka harus menyisir seluruh blok teks.

Metode hierarki tipografi akan mengambil setiap elemen tertentu, dimulai dengan nama, harga, dan item lainnya, dan membaginya menjadi bagian-bagian yang berbeda dengan ukuran teks dan font yang berbeda. Nama itu akan sering menjadi blok terbesar, mungkin diikuti oleh harganya, yang akan menjadi font tersendiri di sepotong ruang putih untuk membedakannya dari sisa informasi. Spesifikasi sering dimasukkan dalam poin-poin untuk membedakannya dari teks lain.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Address Bus, Fungsi dan Cara Kerjanya pada Komputer

Secara umum, hierarki tipografi adalah disiplin yang sangat berguna dalam desain Website dan Graphic Design untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik, oleh karena itulah kita harus mengetahu apa pengertian dari Typographic Hierarchy (Hirarki tipografi).

Faktor-Faktor Typographic Hierarchy

Mengacu pada pengertian Typographic Hierarchy (Hirarki tipografi) di atas, adapun Faktor-faktor berikut ini yang berkontribusi untuk mengembangkan hierarki tipografi yang efektif:

1. Gaya Ketikan

Tipografi dan berat badan memainkan peran penting dalam membangun hierarki tipografi, terutama untuk tajuk berita utama dan subjudul. Secara umum, huruf tebal, dekoratif, atau typestyles yang lebih khas menuntut perhatian dan menunjukkan kepentingan, tetapi demikian juga jenis huruf ultra ringan dalam pengaturan yang tepat.

2. Ukuran Ketikan

Mata penonton biasanya ditarik ke tipe berukuran terbesar terlebih dahulu (yang biasanya, tetapi tidak selalu, judul), dan kemudian beralih ke elemen lain. Meskipun tajuk paling umum muncul di bagian atas halaman, penempatan ini bukan keharusan. Komposisi yang dirancang dengan baik akan memandu pembaca ke tajuk utama dan elemen penting lainnya di mana pun mereka berada.

3. Warna

Penggunaan warna dapat menarik perhatian atau mengurangi elemen. Misalnya, tipe merah pada halaman dengan sebagian besar teks hitam akan langsung menonjol, sementara membuat elemen abu-abu yang kurang penting di tengah-tengah teks hitam akan mengecilkannya. Perlu diingat bahwa terlalu banyak warna yang digunakan dalam banyak contoh dapat membuat kebingungan visual, yang pada gilirannya merusak efektivitasnya.

4. Huruf Besar

Penggunaan semua penutup dalam dosis kecil dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik perhatian dan menunjukkan kepentingan, terutama untuk judul atau subjudul. Di sisi lain, semua tutup diketahui memiliki keterbacaan berkurang, jadi menggunakan huruf besar dan kecil lebih disukai untuk pengaturan yang panjang, termasuk running text.

Baca Juga :  Pengertian Vector Image (Graphics): Kelebihan dan Perbedaannya dengan Raster

5. Penempatan dan Ruang

Penempatan semua elemen, serta ruang antara dan di sekitar mereka, adalah bagian dari keseluruhan hierarki. Jaga agar informasi yang paling penting tetap menonjol. Tempatkan semua elemen terkait secara bersamaan, sambil memisahkan yang lain secara visual untuk mengatur konten.

6. Penjajaran

Bagaimana elemen-elemen disejajarkan dapat menyiratkan tingkat signifikansi relatifnya. Centering, misalnya, menyampaikan rasa penting, dan sering digunakan untuk judul, berita utama, pengumuman, dan undangan. Sebaliknya, menjalankan body copy biasanya membutuhkan penekanan yang lebih sedikit daripada judul dan subjudul, dan biasanya dibiarkan rata, yang lebih mudah dibaca.

7. Ruang Putih (White Space)

Gunakan ruang putih, atau negatif, untuk menciptakan penekanan dan menarik perhatian pada elemen-elemen penting. Tahan godaan untuk mengisi setiap bit ruang pada halaman, yang dapat menciptakan terlalu banyak “noise visual” yang dapat membingungkan atau membuat lelah penampil.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai pengertian Graphic Design (Desain Grafis) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar