Pengertian Tujuan: Pengertian Menurut Ahli dan Makna Tujuan Lengkap

0
Tujuan
Ilustrasi jalan sebagai tujuan hidup

Pengertian Tujuan

Arti dari kata Tujuan berasal dari kata dasar tuju. Pengertian Tujuan adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Tujuan atau Destination (dalam bahasa inggris), ia memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga tujuan dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Tujuan merupakan penjabaran dari visi dan misi dan juga merupakan hal yang akan dicapai atau dihasilkan oleh organisasi atau perusahaan. Tujuan usaha berupa target yang mana ia bersifat kuantitatif dan merupakan sebuah pencapaian ukuran keberhasilan kinerja perusahaan. Dalam merumuskan tujuan ini harus bersikap cerdas atau smart, yaitu specific, measurable, action-oriented, realistic dan juga timely, atau spesifik atau khusus, bisa diukur, memiliki orientasi pada tindakan, realistis, serta ada jelas penentuan waktu.

rifqi-mulyawan-gambar-tujuan
Gambar Pengertian Tujuan

Tujuan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

tuju1 ยป tu.ju.an

  1. arah; haluan (jurusan)
  2. yang dituju; maksud; tuntutan (yang dituntut)

tu.ju1

  • menuju

Pengertian Tujuan Menurut Beberapa ahli

1. H.R. Daeng Naja

Menurutnya tujuan merupakan misi sasaran yang ingin dicapai oleh suatu organisasi di masa yang akan datang dan manajer bertugas mengarahkan jalannya organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Ken Mcelroy

Menurutnya, tujuan merupakan langkah pertama dalam proses mencapai kesuksesan dan tujuan juga merupakan kunci mencapai kesuksesan.

3. Yayasan Trisakti

Tujuan yaitu merupakan kunci untuk menentukan atau merumuskan apa yang akan dikerjakan, ketika pekerjaan itu harus dilaksanakan dan disertai pula dengan jaringan politik, prosedur, anggaran serta penentuan program.

Baca Juga :  Apa itu Anime? Perbedaan, Genre, Istilah dan Cara Menggambar Anime

4. Pengertian Tujuan menurut Tommy Suprapto

Menurutnya tujuan merupakan realisasi dari misi yang spesifik dan dapat dilakukan dalam jangka pendek. Tujuan, ia merupakan pernyataan tentang keadaan yang diinginkan di mana organisasi atau perusahaan bermaksud untuk mewujudkannya dan juga sebagai pernyataan tentang keadaan di waktu yang akan datang di mana organisasi sebagai kolektivitas mencoba untuk menimbulkannya.

Penutup

Demikianlah postingan Kami kali ini mengenai pengertian Tujuan, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar