Mengenal Pengertian Southbridge, Sejarah dan Fungsinya pada Motherboard

0
Ilustrasi Gambar Motherboard Dalam Pengertian Southbridge Sejarah Dan Fungsi Southbridge
Ilustrasi Gambar Motherboard Dalam Pengertian Southbridge Sejarah Dan Fungsi Southbridge

Pengertian Southbridge

Jadi Apa itu Pengertian Southbridge? Southbridge adalah IC pada motherboard yang bertanggung jawab untuk pengontrol hard drive, I/O controller, dan perangkat keras terintegrasi. Perangkat keras terintegrasi dapat menyertakan kartu suara dan kartu video jika pada motherboard, USB, PCI, ISA, IDE, BIOS, dan Ethernet.

Berdasarkan situs Technopedia, Southbridge mendapatkan namanya karena umumnya Selatan dari bus PCI. Di bawah ini adalah ilustrasi grafis dari motherboard ASUS P5AD2-E dan beberapa penjelasan dasar dari masing-masing bagian utama motherboard termasuk southbridge. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, biasanya jembatan utara dan selatan memiliki heat sink, selain itu, Northbridge biasanya sedikit lebih besar dari Southbridge.

Meskipun southbridge menangani sebagian besar perangkat I / O, perangkat input / output yang kurang menonjol, seperti port serial, keyboard, dan mouse non-USB ditangani oleh SIO (super input / output).

Chipset dan Motherboard Baru

Beberapa chipset yang lebih baru menggabungkan chip Southbridge dan Super I / O ke dalam satu chip dan mengacu pada chip ini sebagai chip Super Southbridge. Beberapa produsen seperti NVIDIA dan SiS bahkan telah menggabungkan Northbridge, Southbridge, dan Super I / O menjadi satu chip. Motherboard baru menggantikan northbridge dan southbridge dengan IHA.

Fungsi Southbridge

Gambar Southbridge Dalam Pengertian Southbridge Sejarah Dan Fungsi Southbridge
Gambar Southbridge Dalam Pengertian Southbridge Sejarah Dan Fungsi Southbridge

Mengacu pada Pengertian Southbridge di atas, Southbridge berfungsi untuk mengelola bentuk dasar input / output (I / O) seperti Universal Serial Bus (USB), serial, audio, Integrated Drive Electronics (IDE), dan I / O Arsitektur Standar Industri di komputer. Southbridge adalah salah satu dari dua chipset yang secara kolektif disebut Northbridge / Southbridge. Northbridge mengontrol prosesor, memori, bus Peripheral Component Interconnect (PCI), cache Level 2, dan semua aktivitas Accelerated Graphics Port (AGP). Tidak seperti Northbridge, Southbridge terdiri dari satu chip, yang duduk di bus PCI Northbridge.

Baca Juga :  Pengertian Software: Fungsi, Klasifikasi Software dan Contohnya Lengkap

Sejarah Southbridge

Dalam membahas Pengertian Southbridge ini, adapun sedikit sejarah Southbridge yang mana Nama ini berasal dari desain motherboard Intel 1991 asli. Desain ini memiliki bus lokal PCI (tulang punggung) di tengah dan CPU, memori/cache dan komponen penting kinerja tinggi lainnya yang terletak di atas atau di utara. Komponen yang kurang penting-kinerja terletak di bawah, atau di sebelah selatan, bus lokal PCI.

Jembatan ke dua rangkaian komponen dari tulang punggung ini sering disebut Southbridge dan Northbridge, meskipun arsitektur saat ini telah menggantikan tulang punggung bus PCI dengan bus I/O yang lebih cepat.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan Pengertian Southbridge di atas, dapat kita simpulkan bahwa, Southbridge adalah chipset Intel yang mengelola bentuk dasar input/output (I/O) seperti Universal Serial Bus (USB), serial, audio, Integrated Drive Electronics (IDE), dan Industry Standard Architecture (ISA) I/O in komputer. Southbridge adalah salah satu dari dua chipset yang secara kolektif disebut Northbridge dan Southbridge.

Northbridge mengontrol prosesor, memori, bus Peripheral Component Interconnect (PCI), cache Level 2, dan semua aktivitas Accelerated Graphics Port (AGP). Tidak seperti Northbridge, Southbridge terdiri dari satu chip, yang duduk di bus PCI Northbridge.

Penutup

Demikianlah sedikit pembahasan Kami kali ini, yang membahas mengenai Pengertian Southbridge, Sejarah Southbridge dan Fungsi Southbridge beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat, dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar