Mengenal Apa Itu Pengertian Riser Card, Fungsi dan Pemasangannya pada Motherboard

0
Gambar Mengenal Apa Itu Pengertian Riser Card Atau Kartu Riser Atau Riser Board Fungsi Dan Cara Pemasangannya Pada Motherboard
Gambar Mengenal Apa Itu Pengertian Riser Card Atau Kartu Riser Atau Riser Board Fungsi Dan Cara Pemasangannya Pada Motherboard

Pengertian Riser Card atau Riser Board

Sebernarnya, apa itu pengertian Riser Card atau Riser Board? Riser Card atau Riser board adalah papan sirkuit yang memberikan motherboard komputer pilihan untuk kartu ekspansi tambahan untuk ditambahkan ke komputer. Papan riser komputer desktop digunakan dengan LPX, NLX, dan bahkan beberapa motherboard ATX.

Motherboard LPX memiliki slot Riser Card atau Riser Board pada motherboard, motherboard NLX dicolokkan ke riser board, dan Intel memiliki motherboard ATX dengan riser board pada Desember 1999. Board riser ATX mendukung dua atau tiga kartu PCI, tetapi tidak pernah mendukung AGP.

Saat ini, Riser Card atau Riser Board jarang digunakan atau ditemukan di komputer desktop, yang sebagian besar menggunakan motherboard ATX dengan slot ekspansi pada motherboard. Namun, masih banyak server dan router yang menggunakan riser board.

Fungsi Riser Card atau Riser Board

Gambar Riser Card Apa Itu Pengertian Riser Card Atau Kartu Riser Atau Riser Board Fungsi Dan Cara Pemasangannya Pada Motherboard
Gambar Riser Card Apa Itu Pengertian Riser Card Atau Kartu Riser Atau Riser Board Fungsi Dan Cara Pemasangannya Pada Motherboard

Mengacu pada pengertian Riser Card di atas, Riser Card atau Riser Board sering digunakan untuk memungkinkan penambahan kartu ekspansi ke sistem tertutup dalam kasus profil rendah di mana ketinggian kasing tidak memungkinkan untuk penempatan tegak lurus kartu ekspansi full-height.

Riser Card atau Riser Board adalah papan yang dihubungkan ke papan sistem dan menyediakan slot tambahan untuk kartu adaptor. Karena naik di atas board sistem, ini memungkinkan Anda untuk menyambungkan adaptor tambahan ke sistem dengan orientasi yang paralel dengan board sistem dan menghemat ruang di dalam case sistem.

Riser Card atau Riser Board merupakan Kartu ekspansi yang digunakan untuk memperluas slot secara fisik agar lebih mudah untuk memasukkan chip atau kartu.

Baca Juga :  Pengertian OOP: Cara Kerja, Manfaat, Fitur, Prinsip dan Contoh OOP

Cara Pemasangan Riser Card atau Riser Board

Riser Card (Kartu Riser) digunakan di server rack-mount dan aplikasi komputer industri. Dalam sistem Komputer rack-mount 1U dan 2U, kartu riser diintegrasikan ke dalam sistem untuk memungkinkan penambahan kartu fitur dalam posisi horizontal (alih-alih posisi vertikal standar). Ini disebabkan oleh keterbatasan ketinggian sistem 1U dan 2U yang masing-masing 1,75 “dan 3,5”.

Biasanya, sistem 1U menggunakan kartu riser 1U slot tunggal sedangkan sistem 2U menggunakan kartu riser 2U 3 slot. Saat ini kartu riser sering digunakan oleh penambang, untuk menambang koin crypto. Riser Card (Kartu Riser) ini diperpanjang dengan kabel USB, digunakan untuk menempatkan kartu mining GPU di rak penambangan.

Kesimpulan

Jadi dapat kita simpulkan bahwa pengertian Riser Card (Kartu Riser) adalah Kartu ekspansi yang digunakan untuk memperpanjang slot untuk chip atau kartu di komputer yang terisi penuh untuk membuat ruang untuk memasangnya. Ini juga dapat merujuk ke kartu yang berisi beberapa slot yang digunakan di lemari profil rendah, hemat-ruang.

Kartu-kartu tersebut dicolokkan ke Riser Card (Kartu Riser) dan berada sejajar dengan motherboard. Riser Card (Kartu Riser) juga merupakan Kartu ekspansi PC yang berisi kemampuan audio, modem, dan Jaringan atau Networking.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Riser Card (Kartu Riser) atau Riser Board, Fungsi dan Cara Pemasangannya pada Motherboard beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar