Mengenal Apa Itu Pengertian BTX (Balanced Technology Extended), Sejarah, Fungsi dan Tujuannya

0
Gambar Pengertian BTX Balanced Technology Extended Sejarah BTX Fungsi BTX Dan Perbedaan BTX Dengan ATX
Gambar Pengertian BTX Balanced Technology Extended Sejarah BTX Fungsi BTX Dan Perbedaan BTX Dengan ATX

Sebenarnya, apa itu pengertian BTX? BTX adalah singkatan dari Balanced Technology eXtended. Secara Umum, pengertian BTX adalah faktor bentuk motherboard yang pertama kali diumumkan oleh Intel pada 17 September 2003 sebagai pengganti ATX. BTX kemudian direvisi menjadi 1.0a, yang dirilis pada Februari 2004.

BTX menampilkan profil rendah, tata letak yang lebih efisien untuk memfasilitasi pendinginan, papan yang dapat diskalakan untuk mengakomodasi ukuran sistem yang berbeda dan dukungan untuk komponen motherboard bermassa tinggi. Pada bulan September 2006, Intel mengumumkan bahwa mereka menghentikan semua pengembangan BTX di masa depan.

Pengertian BTX (Balanced Technology Extended)

BTX (untuk Balanced Technology eXtended) adalah faktor bentuk untuk motherboard, awalnya dimaksudkan sebagai pengganti faktor bentuk motherboard ATX yang menua pada akhir 2004 dan awal 2005. Standar ATX dan BTX keduanya diusulkan oleh Intel. Namun, pengembangan produk ritel BTX di masa depan oleh Intel dibatalkan pada bulan September 2006 setelah keputusan Intel untuk memfokuskan kembali pada CPU berdaya rendah setelah mengalami masalah penskalaan dan termal dengan Pentium 4.

Sejarah BTX (Balanced Technology Extended)

Gambar Model BTX Dan Pengertian BTX Balanced Technology Extended Sejarah BTX Fungsi BTX Dan Perbedaan BTX Dengan ATX
Gambar Model BTX Dan Pengertian BTX Balanced Technology Extended Sejarah BTX Fungsi BTX Dan Perbedaan BTX Dengan ATX

BTX pertama kali diperkenalkan oleh Gateway Inc. dan kemudian oleh MPC Corporation dan Dell Inc. Itu juga digunakan di Apple Pro tetapi tidak sesuai dengan BTX. Pada September 2006, Intel membatalkan pengembangan yang mana sebagian besar disebabkan oleh kurangnya kompatibilitas dengan ATX.

Fungsi BTX (Balanced Technology Extended)

Mengacu pada pengertian BTX (Balanced Technology Extended) di atas, BTX (Balanced Technology Extended) dirancang untuk mengurangi masalah standar ATX sekitar tahun 1996 dengan mengurangi konsumsi daya dan panas. Standar BTX menyediakan desain yang efisien untuk sistem kecil dan besar dan fitur-fitur baru seperti:

  • Peningkatan jumlah slot ekspansi
  • Pengaturan listrik dan termal yang lebih baik
  • Berbagai ukuran dan konfigurasi sistem
  • Dukungan untuk komponen motherboard dengan massa tinggi
  • Kemampuan pendinginan yang ditingkatkan dengan jalur aliran udara yang lebih lurus
  • Mengurangi latensi antara northbridge dan southbridge
  • Penempatan komponen yang lebih baik untuk pengontrol input / output (I/O) panel belakang
  • Persyaratan ketinggian yang dikurangi, yang menguntungkan integrasi sistem untuk server blade dan dudukan rack
Baca Juga :  Daftar Alamat IP Default Router (IP Address) Semua Router

Salah satu fitur yang paling dikenal adalah modul termal yang disempurnakan. Itu duduk di bagian depan papan yang menarik udara di atas komponen yang menghasilkan panas paling banyak yaitu chipset, CPU dan kartu grafis. Modul termal terdiri dari pendingin, kipas, saluran, segel dan klip. Ada dua tipe modul termal, Tipe 1 dan Tipe II. Tipe I digunakan dalam banyak kasus, sedangkan Tipe II untuk Komputer pribadi yang lebih kecil (PC).

Meskipun BTX pada awalnya dimaksudkan untuk menggantikan motherboard ATX 2004 dan 2005, desain faktor bentuk tidak kompatibel dengan ATX. Secara keseluruhan, motherboard dan modul termal BTX tidak akan muat dalam case ATX tetapi catu daya ATX akan bekerja dengan baik dalam case BTX biasa dan tinggi.

Perbedaan BTX Dengan ATX

Berdasarkan pengertian BTX (Balanced Technology Extended) dan fungsinya di atas, untuk mencapai tujuan pendinginan BTX, Intel menciptakan skema baru untuk lokasi komponen pada motherboard, sehingga mereka tidak menghalangi aliran udara. Contoh terbesar dari ini adalah modul memori, karena mereka disejajarkan secara vertikal pada papan ATX, dan secara horizontal pada papan BTX. Lokasi prosesor juga telah dipindahkan ke bagian depan papan, di mana corong udara khusus dapat menarik udara dari bagian depan casing dan meniupnya langsung ke prosesor.

Lokasi slot add-on dan port I/O di faktor bentuk BTX telah dipindahkan. Port dan slot sekarang telah dibalik, karena port dapat ditemukan di bagian bawah papan, sedangkan slot sekarang terletak di atas. Semua ini masih sejalan dengan upaya untuk meningkatkan aliran udara di dalam case.

Meskipun lebih unggul dari ATX dalam hal pendinginan, orang-orang sangat lambat untuk memanaskan ke faktor bentuk baru, dan adaptasinya sangat lambat. Banyak pengguna telah berinvestasi dalam sistem ATX, dan fakta bahwa BTX tidak kompatibel lebih memperburuk masalah. Sebagian besar komputer saat ini masih menggunakan ATX, sedangkan papan dan kasing yang kompatibel dengan BTX sangat jarang, dan sebagian besar mahal. Intel juga telah memfokuskan kembali pada CPU berdaya rendah yang menghasilkan lebih sedikit panas, membuat adopsi BTX sangat tidak mungkin. Secara umum, berikut adalah perbedaan antara BTX dan ATX:

  1. BTX adalah standar yang lebih baru, dan merupakan penerus yang dimaksudkan untuk ATX.
  2. BTX lebih fokus pada aliran udara daripada ATX.
  3. BTX membutuhkan pengaturan komponen motherboard tertentu untuk memaksimalkan pendinginan, sedangkan ATX tidak.
  4. Port IO pada motherboard BTX terletak di bagian bawah, sedangkan porta di atas di papan ATX.
  5. ATX masih merupakan standar luas, dan case dan board BTX jarang ditemukan di desktop.
Baca Juga :  Cloud Computing Adalah: Pengertian, Karakteristik, Manfaat dan Jenisnya

Kesimpulan

Balance technology extended (BTX) adalah faktor bentuk untuk motherboard yang awalnya dimaksudkan untuk menggantikan motherboard ATX 2004 dan 2005. BTX dirancang untuk mengurangi kebutuhan daya dan mengurangi panas. Selain itu, ia menggunakan teknologi canggih yang mencakup serial advanced technology attachment (ATA), universal serial bus (USB) 2.0 dan express Peripheral Component Interconnect (PCI) express. Ini distandarisasi oleh Intel dan tidak kompatibel dengan ATX.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian BTX (Balanced Technology Extended), Sejarah BTX (Balanced Technology Extended), Fungsi BTX (Balanced Technology Extended) dan Perbedaan BTX dengan ATX beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar