Cara Mengatasi Virus Malware Android dengan Cepat dan Mudah

0
Ilustrasi Gambar Cara Mengatasi Virus Malware Android
Ilustrasi Gambar Cara Mengatasi Virus Malware Android

Apa cara mudah untuk mengatasi Virus Malware pada Android? Ya, Ekosistem Google 2019 ini mungkin semakin aman berkat perbaikan terus-menerus pada Play Protect, tetapi itu tidak berarti kemungkinan mengunduh aplikasi yang terinfeksi sama sekali nol. Aplikasi keamanan dan antivirus juga hebat, tetapi bagaimana jika perangkat Anda sudah terinfeksi? Jika perangkat Android Anda tiba-tiba lambat, menggunakan terlalu banyak data, menayangkan iklan yang terlalu banyak, menampilkan data yang rusak, dan menguras baterai dengan cepat, maka Anda bisa mengunduh aplikasi yang terinfeksi Malware, Ransomware.

Aplikasi yang dicurigai seringkali menjanjikan perangkat lunak dengan gratis, kode cheat, game baru, pornografi, atau uang adalah metode yang semakin umum untuk menyebarkan virus ke perangkat seluler Anda, di mana mereka menimbulkan kekacauan dan mencuri data.

Jika Anda masih dapat mengakses perangkat Android Anda, langkah pertama Anda harus menyingkirkan aplikasi yang terinfeksi, sebelum mencoba menginfeksi perangkat lain atau melakukan lebih banyak kerusakan. Berikut cara menemukan dan menghapus malware Android, bersama dengan beberapa opsi untuk unduhan keamanan untuk membantu melindungi Anda di masa depan.

Cara Cepat dan Mudah Mengatasi Virus Malware Android 2019

Gambar Cara Mengatasi Virus Malware Android Dengan Mudah Dan Cepat 2019
Gambar Cara Mengatasi Virus Malware Android Dengan Mudah Dan Cepat 2019

1. Matikan sampai Anda mengetahui Masalahnya

Setelah Anda yakin ponsel Anda sedang diserang malware dengan:

Tahan tombol daya dan matikan ponsel sepenuhnya

Ini mungkin tidak menghentikan malware dari menyebabkan kerusakan, tetapi dapat menghentikan masalah menjadi lebih buruk dan dapat menghentikan upaya malware yang sedang berlangsung untuk mengakses jaringan terdekat.

Baca Juga :  Pengertian User Flow (Alur Pengguna): Peran, Contoh, Meningkatkannya

Mematikan juga memberi Anda waktu untuk berpikir dan meneliti. Apakah Anda tahu aplikasi terinfeksi tertentu yang membawa malware ke perangkat Anda? Apakah Anda tahu jenis perangkat lunak apa yang mungkin diunduh tanpa persetujuan Anda? Jika tidak, maka pindahlah ke komputer lain dan cari gejalanya (dan juga aplikasi baru yang Anda coba) untuk mempersempit masalahnya. Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi di akar masalah, Anda tidak dapat menghapusnya.

Jika riset Anda tidak menghasilkan apa-apa, Anda mungkin ingin menghidupkan kembali ponsel Anda dan lewati langkah ke lima. Beberapa Aplikasi anti-malware dapat membantu mengidentifikasi apa yang menyebabkan masalah Anda dan bahkan mungkin dapat menghapus perangkat lunak yang terinfeksi untuk Anda. Namun, ini juga akan memerlukan mengembalikan akses telepon ke Internet lagi, yang melibatkan beberapa risiko.

2. Beralih ke Mode Safe/Emergency saat Anda Mengerjakannya

Gambar Cara Mengatasi Virus Malware Android Dengan Reboot Dan Reset
Gambar Cara Mengatasi Virus Malware Android Dengan Reboot Dan Reset

Saat Anda menghidupkan kembali perangkat Anda dan mulai untuk mengisolasi aplikasi yang bermasalah, beralihlah ke mode aman terlebih dahulu. Ini akan membantu membatasi kerusakan yang dapat dilakukan aplikasi yang terinfeksi. Untuk sebagian besar perangkat Android, Anda dapat beralih ke mode aman (dapat dilihat pada bagian bawah Artikel).

Pilih mode ini dan tunggu telepon Anda untuk reboot sebelum Anda melanjutkan. Jika Anda tidak dapat menemukan mode aman, alih-alih aktifkan mode pesawat, untuk memutus perangkat Anda dari jaringan apa pun. Anda biasanya dapat menemukan opsi itu di bagian atas naungan notifikasi Anda.

Cara Masuk ke Safe Mode Android

Jika Anda menggunakan Samsung Galaxy Note 9, HTC U12 Plus, atau Smartphone atau tablet Android lainnya, maka proses untuk mengaktifkan mode aman dengan tombol adalah sebagai berikut:

  • Tekan dan tahan tombol Power dan pilih Matikan untuk mematikan perangkat Anda.
  • Tekan dan tahan tombol Power, hingga Anda melihat logo Samsung atau HTC yang beranimasi muncul.
  • Lepaskan tombol Daya, dan tekan dan tahan tombol Volume turun (-).
  • Terus pegang sampai perangkat Anda menyala.
  • Anda dapat melepaskannya ketika melihat kata-kata Safe Mode di sudut kiri bawah.
Baca Juga :  Tips dan Cara Mengatasi Windows Update Error pada Windows 10 yang Benar

Metode dan cara ini berfungsi untuk sebagian besar ponsel dan tablet Android.

Catatan

Jika Anda tidak dapat mengetahui apa yang menyebabkan masalah Malware Anda, bahkan setelah mengunduh aplikasi keamanan, ini bukan waktunya untuk Anda mengotak-atiknya. Minta bantuan seorang profesional (servis ponsel) dan jika Anda harus menghapus ponsel Anda. Ini adalah strategi yang baik jika ransomware yang semakin umum mengambil alih telepon Anda dan memblokir tindakan Anda.

3. Buka Pengaturan dan Temukan Aplikasi

Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda. Pengaturan biasanya memiliki ikon berbentuk roda gigi, tetapi itu tergantung pada tema dan pengaturan Anda. Cari untuk itu jika Anda kesulitan menemukan tempat yang tepat.

Di Pengaturan, gulir hingga Anda melihat bagian bernama Aplikasi, dan masuk. Cari daftar semua aplikasi Anda saat ini, Anda mungkin perlu memilih Manajer Aplikasi untuk menemukan daftar lengkapnya. Sesampai di sana, gulir sampai Anda menemukan aplikasi yang terinfeksi (atau yang mencurigakan) yang menyebabkan masalah Anda.

Pilih aplikasi, dan ini akan memunculkan opsi untuk Uninstall, Force Close atau Force Stop (sering kali Anda tidak dapat menghapus aplikasi inti, hanya menonaktifkannya, tetapi aplikasi ini tidak mungkin menjadi masalah).

4. Hapus Aplikasi yang Terinfeksi dan Hal Lain yang Mencurigakan

Cukup pilih Uninstall, dan perangkat Android Anda harus menghapus aplikasi yang dimaksud. Ini juga merupakan ide yang bagus untuk meninjau daftar aplikasi Anda dan menghapus instalasi unduhan mencurigakan lainnya – jika Anda belum melihat daftar ini sebelumnya, Anda mungkin akan terkejut dengan beberapa hal aneh yang dimiliki perangkat Anda.

Catatan

Dalam beberapa kasus, Anda tidak dapat melakukan Uninstall pada pemasangan aplikasi dan opsi itu sendiri tidak akan ada di sana. Anda akan melihat Nonaktifkan saja di tempatnya. Beberapa Malware atau Ransomware hebat akan mengunjungi pengaturan administrator Anda dan memberikan perlindungan khusus untuk mencegah hal ini.

Baca Juga :  Cara Cek Data Forlap Dikti Mahasiswa: Lengkap beserta Gambarnya!

Untungnya, seringkali ada solusinya dan mudah diperbaiki. Kembali ke menu Pengaturan asli dan gulir ke bawah ke:

Lock Screen and Security (atau bagian terkait yang serupa). Di menu Keamanan cari bagian yang mengatakan "Administrator Telepon (Perangkat)." Anda mungkin perlu mengunjungi "Pengaturan keamanan lainnya" terlebih dahulu, tergantung pada bagaimana menu keamanan Anda diatur. Pada Administrator Telepon, Anda harusnya akan dapat mengaktifkan kemampuan untuk menghapus Malware Android.

5. Download Aplikasi Proteksi Malware

Sebuah perangkat Android yang rentan patut dilindungi. Ada sejumlah aplikasi keamanan yang dapat Anda unduh untuk membantu melindungi ponsel Anda, memindai virus, dan menyingkirkan file sampah dan perangkat lunak apa pun yang berpotensi terinfeksi. Saat Anda selesai menghapus aplikasi yang bermasalah secara manual, unduh program keamanan untuk membantu menangani masalah apa pun di masa mendatang.

Ada banyak pilihan dalam bidang ini cobalah perangkat lunak seperti 360 Security, Avast Antivirus, atau AVG Antivirus dari Google Play Store.

Kesimpulan

Meskipun kedengarannya sederhana, sangat bagus untuk menjaga perangkat Android Anda tetap dan terus diperbarui. Jika Anda lupa memperbaruinya itu akan menjadi salah satu faktor utama yang dapat membuat ponsel Android terbuka untuk diserang Malware.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas tentang Cara Mengatasi Virus Malware Android dengan Cepat dan Mudah. Bagikan tulisan ini jika Anda rasa tulisan ini bermanfaat, jangan sungkat untuk bertanya pada kolom komentar. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar