Pengertian WINS (Windows Internet Naming Service) dan Cara Kerjanya

0
Gambar Pengertian WINS Windows Internet Naming Services Dan Cara Kerjanya
Gambar Pengertian WINS Windows Internet Naming Services Dan Cara Kerjanya

Apakah itu WINS (Windows Internet Naming Service) dan pengertian WINS? WINS (Windows Internet Naming Service) merupakan bagian dari Microsoft Windows NT dan 2000 Server, mengelola asosiasi nama dan lokasi workstation dengan alamat Protokol Internet (alamat IP) tanpa pengguna atau administrator yang harus terlibat dalam setiap perubahan konfigurasi.

Pengertian WINS (Windows Internet Naming Service)

WINS (Windows Internet Naming Service) adalah layanan registrasi dan resolusi nama komputer lawas yang memetakan nama NetBIOS komputer ke alamat IP.

Berdasarkan makalah Microsoft, DHCP dan WINS telah diserahkan ke Internet Engineering Task Force (IETF) sebagai standar terbuka yang diusulkan dalam Request for Comments 1533, 1534, 1541, dan 1542. Fitur-fitur baru termasuk dalam Windows 2000.

Cara Kerja WINS (Windows Internet Naming Service)

Ilustrasi Gambar Pengertian WINS Windows Internet Naming Services Dan Cara Kerjanya
Ilustrasi Gambar Pengertian WINS Windows Internet Naming Services Dan Cara Kerjanya

Mengacu pada pengertian WINS di atas, WINS (Windows Internet Naming Service) secara otomatis membuat entri pemetaan nama-alamat IP komputer dalam sebuah tabel, memastikan bahwa nama itu unik dan bukan duplikat dari nama komputer orang lain. Ketika komputer dipindahkan ke lokasi geografis lain, bagian subnet dari alamat IP cenderung berubah. Menggunakan WINS (Windows Internet Naming Service), informasi subnet baru akan diperbarui secara otomatis di tabel WINS.

WINS melengkapi Protokol Konfigurasi Host Dinamis (DHCP) Server NT, yang menegosiasikan alamat IP untuk komputer apa pun (seperti workstation Anda) saat pertama kali ditentukan untuk jaringan. Jika Anda pengguna komputer di jaringan yang terhubung ke Windows NT / 2000 Server, Anda mungkin menemukan WINS disebutkan dalam beberapa program atau pesan sistem terkait jaringan Anda.

Baca Juga :  Perkembangan dan Penerapan Teknologi Informasi di Indonesia Lengkap

WINS mirip dengan DNS karena keduanya memberikan resolusi nama pada jaringan TCP/IP, tetapi WINS menyelesaikan nama NetBIOS sementara DNS menyelesaikan nama domain. Sebuah jaringan akan membutuhkan server WINS ketika ada aplikasi lama yang menggunakan NetBIOS. Windows XP dan Windows 2000 mulai menggunakan nama DNS alih-alih (atau sebagai tambahan) untuk nama NetBIOS dan DNS muncul pada titik ini sebagai solusi Microsoft untuk resolusi nama jaringan.

Jika server WINS tidak ada, resolusi nama host NetBIOS dapat dilakukan oleh file LMHOSTS, yang merupakan file statis di setiap workstation.

Jika Anda belum memasang WINS di jaringan Anda, jangan gunakan WINS – sebaliknya, gunakan Domain Name System (DNS). DNS juga menyediakan layanan pendaftaran dan resolusi nama komputer, dan mencakup banyak manfaat tambahan melalui WINS, seperti integrasi dengan Layanan Domain Direktori Aktif.

Kesimpulan

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa WINS (Windows Internet Naming Service) adalah layanan yang mengubah nama host NetBIOS menjadi alamat IP. Ini memungkinkan mesin Windows pada segmen LAN yang diberikan untuk mengenali mesin Windows pada segmen LAN lainnya.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian WINS (Windows Internet Naming Service) dan Cara Kerja WINS (Windows Internet Naming Service) beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar