Pengertian Serif dalam Typography: Sejarah, Bagian dan Penggunaannya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Serif pada Typograhpy
Ilustrasi Gambar Pengertian Serif pada Typograhpy

Pengertian Serif

Apa itu Serif? Pengertian Serif dalam Typography adalah salah satu kata pertama yang akan Anda temui di dunia Typography (tipografi). Anda, tidak diragukan lagi, telah mendengarnya berulang kali. Itulah yang membawamu ke sini hari ini. Apa itu Serif? Singkatnya, itu bertopik dekoratif pada karakter.

Sejaraf Serif

Sejarah istilah ini tidak jelas, tetapi salah satu teori yang paling populer adalah bahwa ia berasal dari kata Belanda schreef, yang berarti “garis” atau “pena stroke”. Dalam bukunya The Origin of the Serif, Edward Catich mengatakan serif pertama kali diperkenalkan ketika garis-garis dilukis di atas batu sebagai panduan bagi para pemahat. Para tukang batu kemudian akan mengikuti tanda kuas, yang akan selalu mencakup pembakaran di ujung stroke. Namun, yang lain percaya serif diperkenalkan untuk membuat ujung garis lebih rapi ketika dipahat menjadi batu.

Bagian Font Serif

Font serif biasanya dapat dipecah menjadi empat sub-kategori, masing-masing dengan fitur pendefinisiannya sendiri. Mari kita lihat berbagai gaya dalam urutan kemunculannya.

1. Old Style atau Gaya Lama

Font serif Old Style tanggal kembali ke 1400-an, dan terinspirasi oleh kaligrafi hari itu. Koneksi ke juru tulis dapat dilihat dalam goresan membulat dan garis tebal ke tipis. Serif ditempatkan pada sudut, yang membuatnya menjadi jenis huruf yang mudah dibaca. Baik di “masa lalu” dan hari ini, gaya adalah favorit penerbit surat kabar, majalah dan buku.

Baca Juga :  Pengertian Komputer: Fungsi, Komponen dan Jenisnya Secara Lengkap

2. Transitional

Jenis huruf Transisi (atau Barok) mulai populer setelah pertengahan abad ke-18. Itu dianggap di antara Gaya Lama dan font masa depan, karenanya namanya. Anda bisa melihat perbedaannya dengan garis tebal dan tipis. Dalam tipografi Transisional, mereka lebih dramatis daripada Gaya Lama tetapi kurang dari gaya Didone.

3. Didone

Jenis huruf serif Didone (atau Modern) menjadi terkenal di akhir abad ke-18. Ada kontras antara garis tebal dan tipis. Serif pada gaya Didone cenderung sangat tipis, sedangkan garis-garis vertikal seringkali berat. Menjadi SANGAT menonjol di majalah selama awal abad ke-19 tetapi memudar seiring waktu.

4. Slab Serif

Slab Serif muncul di awal 1800-an. Gaya dicirikan oleh serif tebal, seperti balok – sering selebar garis vertikal. Gaya Slab Serif, dengan fitur-fiturnya yang menarik, adalah pilihan umum para perancang poster.

Penggunaan Font Serif

Ilustrasi Gambar Pengertian Serif dalam Typograhpy
Ilustrasi Gambar Pengertian Serif dalam Typograhpy | Dribbble

Desainer profesional tahu pentingnya tipografi. Font yang tepat dapat mengubah seluruh proyek Anda dari menjemukan ke luar. Anda akan tahu Anda telah menemukannya karena itu akan membentuk nada, menarik perhatian Anda, dan menghembuskan kehidupan ke dalam visi Anda. Di sisi lain, pilih font yang salah dengan risiko Anda sendiri. Itu bisa membunuh desain Anda atau membuatnya benar-benar tidak terbaca.

Pertanyaan pertama ketika memilih font adalah, “Haruskah saya menggunakan font serif atau sans-serif?”

Tren umum dalam industri telah melihat desainer logo unggul terhadap font sans-serif (tipografi tanpa serif di dalamnya). Google membuang serifnya, seperti halnya Yahoo!. Jadi, jika perusahaan modern membuangnya, mengapa bisnis Anda harus mempertimbangkannya untuk logo?

Gunakan saat Anda membangun sejarah dan otoritas

Pikirkan tentang Majalah Time, misalnya. Mereka telah menerbitkan selama hampir seabad, dan banyak yang akan menyebutnya sebagai merek yang dapat diandalkan dan diteliti dengan baik. Dengan atribut-atribut itu, logo serif dapat menjadi masuk akal.

Baca Juga :  Pengertian Negosiasi: Manfaat, dan Tujuan Negosiasi Secara Lengkap

Gunakan untuk menyampaikan kualitas dan kelasnya

Pembuat jam di Rolex menghasilkan produk kelas atas; itu adalah atribut ciri khas merek mereka. Logo serif mereka mengungkapkan standar kualitas ini. Jadi, apa yang dikomunikasikan desain logo Anda?

b. Desain cetak

Serif adalah font yang mudah dibaca. Itu salah satu alasan utama penerbit memilihnya. Surat kabar seperti The Washington Post dan LA Times menggunakan font serif dalam teks tubuh mereka, berita utama, dan subpos. Dikombinasikan dengan rasa kualitas dan kelas, jelas mengapa penerbit memilih gaya ini.

c. Pasangan

Banyak desainer modern yang menggabungkan font serif dan sans-serif untuk tampilan yang seimbang.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai pengertian Serif dalam Typography dan penjelasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dariĀ Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar