Pengertian RISC (Reduced Instruction Set Computer): Sejarah, Fitur Dasar dan Manfaatnya

0
Gambar Pengertian RISC Reduced Instruction Set Computer Sejarah RISC Fitur Dasar RISC Dan Manfaat RISC
Gambar Pengertian RISC Reduced Instruction Set Computer Sejarah RISC Fitur Dasar RISC Dan Manfaat RISC

Pengertian RISC (Reduced Instruction Set Computer)

Apa itu RISC (Reduced Instruction Set Computer)? RISC (Reduced Instruction Set Computer) atau “Instruksi Set Komputer yang Dikurangi atau Disederhanakan” adalah mikroprosesor yang dirancang untuk melakukan sejumlah kecil jenis instruksi komputer sehingga dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi (melakukan lebih banyak jutaan instruksi per detik, atau MIPS). Karena setiap jenis instruksi yang harus dilakukan oleh komputer memerlukan transistor dan sirkuit tambahan, daftar atau set instruksi komputer yang lebih besar cenderung membuat mikroprosesor lebih rumit dan lebih lambat dalam pengoperasian.

RISC (Reduced Instruction Set Computer) adalah komputer yang menggunakan unit pemrosesan pusat (CPU) yang mengimplementasikan prinsip desain prosesor dari instruksi yang disederhanakan. Hingga saat ini, RISC adalah teknologi arsitektur CPU yang paling efisien.

Arsitektur ini adalah evolusi dan alternatif untuk CISC (Complex Instruction Set Computing) atau “komputasi set instruksi kompleks”. Dengan RISC, konsep dasarnya adalah memiliki instruksi sederhana yang tidak terlalu banyak tetapi dijalankan dengan sangat cepat untuk memberikan kinerja yang lebih baik.

Sejarah RISC (Reduced Instruction Set Computer)

Ilustrasi Gambar Pengertian RISC Reduced Instruction Set Computer Sejarah RISC Fitur Dasar RISC Dan Manfaat RISC
Ilustrasi Gambar Pengertian RISC Reduced Instruction Set Computer Sejarah RISC Fitur Dasar RISC Dan Manfaat RISC

Membahas mengenai pengertian RISC (Reduced Instruction Set Computer) dan sejarahnya, John Cocke dari IBM Research di Yorktown, New York, memulai konsep RISC pada tahun 1974 dengan membuktikan bahwa sekitar 20% dari instruksi di komputer melakukan 80% pekerjaan. Komputer pertama yang mendapat manfaat dari penemuan ini adalah PC/XT IBM pada tahun 1980.

Baca Juga :  Pengertian Folder dalam Komputer: Fungsi dan Cara Membuatnya Lengkap

Kemudian, Sistem RISC/6000 IBM, memanfaatkan ide tersebut. Istilah itu sendiri (RISC) dikreditkan ke David Patterson, seorang guru di University of California di Berkeley. Konsep ini digunakan dalam mikroprosesor SPARC Sun Microsystems dan mengarah pada pendirian apa yang sekarang MIPS Technologies, bagian dari Silicon Graphics. Sejumlah microchip saat ini sekarang menggunakan konsep RISC.

Konsep RISC telah menghasilkan desain mikroprosesor yang lebih bijaksana. Di antara pertimbangan desain adalah seberapa baik instruksi dapat dipetakan dengan kecepatan clock mikroprosesor (idealnya, instruksi dapat dilakukan dalam satu siklus clock), betapa “sederhana” suatu arsitektur diperlukan dan berapa banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh microchip itu sendiri tanpa menggunakan bantuan perangkat lunak.

Fitur Dasar RISC (Reduced Instruction Set Computer)

Berdasarkan pengertian RISC (Reduced Instruction Set Computer) di atas, Fitur RISC yang paling dasar adalah prosesor dengan logika inti kecil yang memungkinkan para insinyur meningkatkan set register dan meningkatkan paralelisme internal dengan menggunakan hal-hal berikut:

a. Thread Level Parallelism (Paralelisme level ulir)

Thread Level Parallelism (Paralelisme level ulir) ini meningkatkan jumlah utas paralel yang dijalankan oleh CPU

b. Instruction Level Parallelism (Paralelisme tingkat instruksi)

Instruction Level Parallelism (Paralelisme tingkat instruksi) ini untuk meningkatkan kecepatan instruksi eksekusi CPU

Kata-kata “kumpulan instruksi yang dikurangi” sering disalahartikan untuk merujuk pada berkurangnya jumlah instruksi. Namun, ini bukan masalahnya, karena beberapa prosesor RISC (Reduced Instruction Set Computer), seperti PowerPC, memiliki banyak instruksi. Di ujung lain spektrum, DEC PDP-8, CPU CISC, hanya memiliki delapan instruksi dasar.

Pengurangan instruksi sebenarnya berarti bahwa jumlah pekerjaan yang dilakukan oleh setiap instruksi berkurang dalam hal jumlah siklus yang paling banyak hanya siklus memori data tunggal dan dibandingkan dengan CPU CISC (Complex Instruction Set Computing) atau “komputasi set instruksi kompleks”, di mana puluhan siklus diperlukan sebelum menyelesaikan seluruh instruksi. Ini menghasilkan pemrosesan yang lebih cepat.

Baca Juga :  Pengertian Email Marketing: Tujuan, Keuntungan dan Tips Melakukannya!

Manfaat RISC (Reduced Instruction Set Computer)

Mengacu pada pengertian RISD di atas, selain peningkatan kinerja, beberapa manfaat RISC (Reduced Instruction Set Computer) dan peningkatan desain terkait adalah:

  • Mikroprosesor baru dapat dikembangkan dan diuji lebih cepat jika salah satu tujuannya kurang rumit.
  • Sistem operasi dan pemrogram aplikasi yang menggunakan instruksi mikroprosesor akan merasa lebih mudah untuk mengembangkan kode dengan set instruksi yang lebih kecil.
  • Kesederhanaan RISC memungkinkan lebih banyak kebebasan untuk memilih bagaimana menggunakan ruang pada mikroprosesor.
  • Kompiler bahasa tingkat yang lebih tinggi menghasilkan kode yang lebih efisien daripada sebelumnya karena mereka selalu cenderung menggunakan set instruksi yang lebih kecil yang dapat ditemukan di komputer RISC.
  • Setelah pengenalan RISC, komputer instruksi “set lengkap” dikatakan menggunakan CISC (Complex Instruction Set Computing) atau “komputasi set instruksi kompleks”.

Kesimpulan

Jadi, dapat Kita simpulkan bahwa pengertian RISC (Reduced Instruction Set Computer) yang jika diterjemahkan berarti “Komputasi Kumpulan Instruksi yang Dikurangi atau Disederhanakan” merupakan sebuah¬†arsitektur komputer¬†atau arsitektur komputasi modern dengan instruksi dan jenis eksekusi yang paling sederhana.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian RISC (Reduced Instruction Set Computer), Sejarah RISC (Reduced Instruction Set Computer), Fitur Dasar RISC (Reduced Instruction Set Computer) dan Manfaat RISC (Reduced Instruction Set Computer) beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar