Pengertian Leading (Typography): Asal dan Cara Menyesuaikannya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Leading dalam Typography
Ilustrasi Gambar Pengertian Leading dalam Typography

Pengertian Leading

Apa itu Leading dalam Tipografi? Leading adalah jarak antara garis dasar tipe. Istilah memimpin berasal dari praktik menempatkan strip timah di antara jenis garis pada mesin cetak set tangan yang lebih tua seperti letterpress. Menyesuaikan pemimpin juga merupakan cara yang sangat berguna untuk menghemat atau menggunakan ruang pada halaman. Leading juga dapat digunakan untuk mengubah estetika ketika berhadapan dengan desain tipografi.

Asal Kata Leading

Kata tersebut berasal dari strip timah yang diletakkan di antara garis-garis set tipe timah, karenanya pengucapan “ledding” dan bukan “leeding”. Ketika jenis diatur dengan tangan dalam mesin cetak, siput, atau strip timah dengan ketebalan yang sesuai dimasukkan di antara garis-garis jenis untuk menambah ruang vertikal, meningkatkan pembacaan.

Bagian depan diukur dari garis dasar dari setiap baris teks di mana huruf-huruf “duduk”. Descenders, bagian-bagian dari huruf-huruf tertentu yang lebih panjang, seperti huruf kecil g, berada di bawah garis dasar. Ascenders adalah kebalikannya, huruf dengan fitur yang lebih tinggi, seperti huruf h. Mereka perlu dipertimbangkan juga saat menentukan jarak memimpin.

Secara tradisional, memimpin harus 20% (persen) lebih besar dari ukuran font. Namun, gaya dari tiap individu mungkin memerlukan jarak yang berbeda.

Cara Menyesuaikan Leading di Photoshop dan Illustrator

Ilustrasi Gambar Pengertian Leading dalam Typography
Ilustrasi Gambar Leading dalam Typography | Creativemarket

Mengacu pada pengertian Leading di atas, untuk menyesuaikan bagian depan font Anda di Photoshop atau Illustrator, buka palet Karakter, yang terletak di bawah Window dan kemudian Character lalu:

Type>Character in Illustrator

Dan ubah angka di bidang terkemuka. Bidang terkemuka di sebelah ukuran tipe. Jangan lupa untuk menyorot teks yang ingin Anda ubah sebelum menyesuaikannya.

Baca Juga :  10 Alasan Pentingnya Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Kerning dan Leading

Kerning dan Leading adalah cara untuk memanipulasi jarak antar karakter. Jenis manipulasi spasial bisa menjadi alat yang sangat penting. Beberapa font perlu disesuaikan karakternya masing-masing untuk membantu menciptakan keterbacaan yang lebih baik dan tata letak yang lebih estetis. Perubahan pada kerning dan kepemimpinan sering tidak diketahui, tetapi dalam kebanyakan situasi itulah yang hanya diinginkan oleh perancang untuk perubahan halus yang memperbaiki keterbacaan.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini mengenai pengertian Leading dalam Typography dan penjelasannya secara lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dariĀ Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar