Mari Memahami Pengertian Cartridge: Jenis, Fungsi dan Urutan Isi Warna Tinta Printernya!

0
Gambar Dari Pengertian Catridge Apa Itu Katrid Fungsi Jenis Jenis Dan Macam Serta Apa Saja Urutan Isi Warna Tinta Printernya
Gambar Dari Pengertian Catridge Apa Itu Katrid Fungsi Jenis Jenis Dan Macam Serta Apa Saja Urutan Isi Warna Tinta Printernya

Tahukah Anda, Pengertian Cartridge, Apa itu Katrid? Fungsi, Jenis dan Apa Saja Urutan Isi Warna Tinta Printernya? Betul sekali! Mengetahui cartridge apa yang berfungsi di printer Anda adalah merupakan hal yang sangat penting. Kenapa? Oke, sebagai contoh misalnya jika Anda memesan produk yang salah, Anda mungkin akan dikenakan biaya tambahan dan bahkan rugi sebanyak ratusan ribu rupiah dari perusahaan Anda atau setidaknya jika masih mungkin untuk melakukan pengiriman kembali yang terbilang menjengkelkan jika kesalahan terjadi tepat waktu.

Perlu kalian ketahui bahwa tinta dan toner adalah 2 (dua) jenis cartridge printer yang berbeda, masing-masing dari mereka tentu hadir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berkenaan dengan hal tersebut di atas, dalam postingan kali ini Kami akan membahas apa itu cartridge atau katrid secara lebih detail dan lengkap. Terlebih saat Kami pribadi yang sering salah, ragu dan keliru setiap kali ingin mengisi tinta printer, karena Kami sendiri sering lupa urutan warna tinta pada printer. Baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Cartridge

Berarti katrid (dalam bahasa Indonesia), cartridge adalah benda yang disimpan dalam cangkang pelindung alat berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Computerhope.

Sebagai contoh misalnya, cartridge tinta printer. Seperti yang ditunjukkan pada gambar Kami di atas, alat ini dapat dipasang di bagian printer inkjet untuk memberikan tinta hitam atau berwarna agar dapat dicetak.

Apa itu Katrid?

Sering disebut dengan cartridge (bukan cart ridge), katrid adalah pencetak atau peralatan cetak, baik itu alat cetak gambar, spanduk, plat dan lain sebagainya terkait hal tersebut.

Saat ini terutama di tahun 2020 sekarang, ada banyak variasi dari printer, serta juga ada banyak printer tinta dan cartridge-ya yang tersedia yang di pasar. Mereka (alat ini) digunakan untuk melayani kebutuhan dalam melakukan printing.

Secara luas, printer dipakai dalam berbagai macam bidang. Terkait hal ini, di mana Anda akan menyadarinya secara langsung bahwa, adalah merupakan hal sangat penting untuk mengetahui cartridge dan pengertiannya. Alat atau unit ini sering terinstall pada printer yang kompatibel dengan mekanismenya. Biasanya, Anda perlu memperbarui isi dari cartridge setiap kali isi tinta printer (baik itu hitam atau pun warna) di dalamnya habis.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Data Mining: Apa itu Penambangan Data? Menurut Ahli, Sejarah, Fungsi, Jenis, Proses dan Tahapannya!

Jikapun alat ini rusak, biaya yang dihabiskan untuk mengganti cartridge biasanya terbilang jauh lebih mahal terutama untuk orang-orang yang menggunakan printer dalam skala yang besar. Maka dari itulah, semua orang mencoba memilih, memakai dan menggunakan cartridge printer yang lebih murah untuk tujuan mereka terkait skala yang mereka geluti.

Fungsi Cartridge

Ilustrasi Gambar Fungsi Cartridge Dalam Pembahasan Pengertian Katrid
Ilustrasi Gambar Fungsi Cartridge Dalam Pembahasan Pengertian Katrid

Mengacu kepada penjelasan pengertian cartridge dan apa itu katrid di atas, adapun fungsi cartridge yang perlu kalian ketahui adalah sebagai sebuah benda atau alat penting yang berguna untuk menampung tinta, dimana selanjutnya tinta yang terdapat dalam alat ini dialirkan kepada head, sehingga terjadilah apa yang disebut dengan proses percetakan.

Cartridge printer juga merupakan salah satu komponen penting yang terdapat di dalam printer inkjet, alat ini dapat diganti atau dilepas serta mereka memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan tinta hitam atau warna di dalam sebuah printer yang dikeluarkan kepada kertas pada saat proses cetak.

Selain itu kalian juga harus tahu bahwa cartridge untuk setiap brand atau merk printer adalah berbeda-beda. Terlebih seperti untuk printer epson sendiri, letak cartridgenya biasanya terpisah dengan head printer.

Jenis-Jenis Cartridge

Setelah mengetahui apa itu cartridge (katrid), kita tentu juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis daripada cartridge. Adapun untuk macam-macam cartridge ini, mereka dapat dibagi menjadi 4 (empat) kategori yaitu adalah:

  1. Katrid berdasarkan pembuatannya
  2. katrid berdasarkan penggunaannya
  3. katrid berdasarkan manufakturnya
  4. katrid berdasarkan pembaruannya

Di bawah ini adalah penjelasan secara lebih detail dan lengkap dari masing-masing jenis kategori dari cartridge atau katrid printer di atas.

1. Berdasarkan Pembuatannya

Jenis cartridge yang pertama adalah berdasarkan pembuatannya. Pada dasarnya, terdapat 3 (tiga) macam dari cartridge yang dikategorikan berdasarkan bagaimana mereka dibuat yaitu adalah:

  1. Cartridge tinta asli
  2. Cartridge tinta remanufactured
  3. Cartridge tinta kompatibel

Di bawah ini adalah penjelasan daripada masing-masing macam cartridge berdasarkan pembuatannya.

a. Cartridge Tinta Asli

Cartridge ini biasanya memiliki merk perusahaan yang melekat atau tertempel. Jenis cartridge tinta asli adalah katrid yang biasanya dikeluarkan oleh produsen printer dan biasanya harganya juga lumayan mahal.

b. Cartridge Tinta Remanufactured

Cartridge tinta remanufactured adalah katrid yang dibuat kembali dari katrit yang telah diperbarui atau telah didaur ulang. Ini biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya.

c. Cartridge Tinta Kompatibel

Kemudia ada cartridge tinta kompatibel. Ini adalah jenis yang kompatibel dengan semua model printer yang tersedia di pasar, namun cartridge ini dibuat dari vendor pihak ketiga.

Cartridge ini biasanya preferred atau lebih disukai serta juga lebih banyak digunakan terutama dalam bisnis skala besar terkait kompatibilitas dan aspek biayanya yang efektif.

2. Berdasarkan Penggunaannya

Berikutnya adalah jenis cartridge berdasarkan penggunaan atau pemakaiannya. Pada umumnya, terdapat 2 macam cartridge tinta printer berdasarkan penggunaannya yang dipakai di dalam sebuah printer yaitu adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Mengenal Pengertian User Persona: Tujuan, Jenis, Manfaat dan Cara Mendesainnya serta Kenapa Anda Membutuhkannya!
  1. Cartridge tinta (hitam) atau warna (RGB)
  2. Cartridge toner

Di bawah ini adalah penjelasan dari macam-macam cartridge berdasarkan penggunaannya.

a. Cartridge Tinta (Hitam) atau Warna (RGB)

Cartridge tinta (hitam) atau warna (RGB) adalah cartridge yang biasanya digunakan pada pencetak inkjet.

b. Cartridge Toner

Cartridge toner adalah cartridge dimana biasanya digunakan pada pencetak laser.

3. Berdasarkan Manufakturnya

Selanjutnya, yaitu adalah jenis cartridge berdasarkan manufakturnya. Ada 2 (dua) macam penggolongan jenis cartridge printer dilihat dari manufakturnya yaitu:

  1. EOM Cartridge atau Original
  2. Compatible new Cartridge

Berikut ini adalah penjelasan dari macam-macam katrid berdasarkan manufakturnya.

a. OEM Cartridge atau Katrid Original

Katrid original atau OEM cartridge adalah jenis yang dikeluarkan dan distribusikan langsung oleh manufaktur dari mesin printer. Ciri khas yang mana melekat pada sebuah katrid original adalah pada segel resmi manufakturnya.

Harga cartridge original ini terbilang stabil, biasanya harga katrid original ini berkisar antara 0.25% s.d. 2% dari harga printer barunya. Secara umum kualitas daripada katrid ori atau asli ini terbilang cukup stabil.

b. Compatible New Cartridge

Compatible new cartridge adalah jenis yang diproduksi oleh manufaktur pihak ketiga yang terlepas dari industri OEM. Dari fisiknya, tidak begitu nampak perbedaannya. Sedangkan dari fungsi dan fiturnya, mereka juga hampir sama dengan katrid original, walaupun ada beberapa fitur yang sedikit berbeda dengan produksi industri OEM, yaitu adalah pada cartridge yang menggunakan teknologi smart chip.

Ya! Memang, pada intinya, semakin bagus manufaktur dari sebuah compatible new cartridge tersebut, maka akan semakin mempengaruhi persentase kesamaan dengan OEMnya.

4. Berdasarkan Pembaruannya

Yang terakhir adalah jenis katrid berdasarkan pembaruannya. Penggolongan jenis cartridge printer dilihat dari proses recycling-nya atau pembaruannya ini terbagi menjadi 3 (tiga) macam, yaitu:

  1. Remanufactured cartridge
  2. Recondition cartridge
  3. Refill cartridge

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing macam jenis cartridge berdasarkan pembaruannya di atas.

a. Remanufactured Cartridge

Katrid remanufaktur atau remanufacured cartridge adalah proses daur ulang dari katrid original dengan adanya penggantian beberapa sparepart-nya. Pihak manufaktur, mereka menggalakkan program recycle untuk cartridge, karena adanya dorongan dari protokol kyoto tentang isu global warming, yaitu adalah dengan mengembalikan atau membawa cartridge lama yang telah habis digunakan.

Lalu akan dihargai dengan nilai tertentu dan pelanggan akan diberikan gantinya dengan cartridge baru dengan tambahan biaya yang terbilang relatif lebih murah tanpa membawa katrid bekasnya.

b. Recondition Cartridge

Katrid rekondisi atau recondition cartridge merupakan proses recycle dari cartridge original (OEM) tanpa adanya penggantian sparepart-nya. Akan tetapi ada beberapa proses cleaning yang harus dilakukan untuk mengembalikan performa daripada sparepart original yang telah habis digunakan pada proses cycle sebelumnya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Rich Media: Apa itu? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam, Manfaat, Cara Membuat serta Kenapa itu Penting!

Secara kualitas, recondition cartridge ini setingkat lebih bagus daripada cartridge hasil refill biasa yang akan kita bahas selanjutnya.

c. Refill Cartridge

Katrid isi ulang atau refill cartridge adalah proses daur ulang dari cartridge original (OEM) tanpa adanya penggantian sparepart serta tanpa adanya proses cleaning sparepart, tetapi hanya sekedar untuk mengisi ulang bahan baku cetak yang telah habis digunakan pada cycle sebelumnya.

Proses pengerjaannya pun juga terbilang sangat cepat, akan tetapi kualitas jenis katrid refill ini sering terabaikan.

Urutan Isi Warna Tinta Printer

Seperti yang sudah Kami jelaskan dalam penjelasan cartridge dan artinya di atas, biasanya pada saat kita ingin mengisi printer manually atau secara manual, kita terkadang bingung mana yang merupakan warna merah, kuning atau pun yang berwarna biru.

Baiklah, untuk menghilangkan keraguan mengingat urutan warna saat mengisinya, berikut ini adalah gambar urutan isi warna printernya.

Gambar Urutan Isi Warna Tinta Printer Saat Mengisi Cartridge Atau Katridnya
Gambar Urutan Isi Warna Tinta Printer Saat Mengisi Cartridge Atau Katridnya

Kesimpulan

Baiklah, sudah cukup jelas bukan? Oke, dari pembahasan mengenai Pengertian Cartridge, Apa itu Katrid? Fungsi, Jenis dan Apa Saja Urutan Isi Warna Tinta Printernya di atas, dapat kita simpulkan bahwa cartridge adalah media penyimpanan tinta yang dapat dilepas, sebagai contoh misalnya seperti (disk, atau chip memory). Katrid ini biasanya mengacu pada alat yang terdapat pada alat cetak yang bernama printer.

Selain itu, perlu kalian ketahui bahwa beberapa printer memiliki slot tempat Anda dapat memasukkan kartrid untuk memuat font (baca pengertian font disini) yang berbeda, katrid disebut dengan cartridge font atau font katrid.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Cartridge, Apa itu Katrid? Fungsi, Jenis dan Apa Saja Urutan Isi Warna Tinta Printernya. Semoga bermanfaat untuk Kita semua dan dapat menambah wawasan kita semua terutama dalam memahami artinya.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini, jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar