Pengertian Bug Adalah: Klasifikasi, Sejarah dan Perbedannya dengan Error

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Bug Dan Perbedaannya Dengan Error
Ilustrasi Gambar Pengertian Bug Dan Perbedaannya Dengan Error

Pengertian Bug Adalah

Apa itu Bug? Dalam teknologi komputer, bug adalah kesalahan pengkodean dalam program komputer. Proses menemukan bug sebelum pengguna program lakukan disebut Debugging. Debugging dimulai setelah kode pertama kali ditulis dan berlanjut dalam tahap berturut-turut karena kode digabungkan dengan unit pemrograman lain untuk membentuk produk perangkat lunak, seperti sistem operasi atau aplikasi. Setelah produk dirilis atau selama pengujian beta publik, bug masih mungkin untuk ditemukan. Ketika ini terjadi, pengguna harus menemukan cara untuk menghindari menggunakan kode “kereta” atau mendapatkan Patch dari pencetus kode.

Klasifikasi Bug

Bug adalah kesalahan atau cacat pada perangkat lunak atau perangkat keras yang menyebabkan program tidak berfungsi dengan maksimal (bukan berarti tidak berfungsi). Seringkali bug disebabkan oleh konflik dalam perangkat lunak ketika aplikasi mencoba dijalankan secara bersamaan. Salah satu klasifikasi bug perangkat lunak yang terkenal adalah bug perangkat lunak yang tidak biasa yang meliputi:

  • Heisenbug
  • Bohrbug
  • Mandelbug, dan
  • Schroedinbug.

Meskipun bug biasanya hanya menyebabkan gangguan komputer yang menjengkelkan, dampaknya bisa jauh lebih serius. Sebuah artikel Wired News yang membahas tentang 10 bug perangkat lunak terburuk dalam sejarah, melaporkan bahwa bug telah menyebabkan ledakan besar, pesawat ruang angkasa yang cacat, dan menyebabkan kematian.

Pada tahun 1982, misalnya sistem yang mengendalikan pipa gas trans-Siberia (yang diduga ditanamkan oleh CIA) menyebabkan ledakan non-nuklir terbesar dalam sejarah. Antara tahun 1985 dan 1987, bug dalam perangkat terapi radiasi yang disebut kondisi ras mengakibatkan pengiriman radiasi dosis mematikan, menewaskan lima orang dan melukai orang lain. Baru-baru ini, pada tahun 2005, Toyota menarik kembali 160.000 mobil (Prius) karena bug menyebabkan lampu peringatan menyala dan mesin mati tanpa alasan.

Baca Juga :  Pembahasan Pengertian Fiber Optik: Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis dan Komponennya!

Bug bukan satu-satunya jenis masalah yang bisa dialami dalam suatu program. Suatu program dapat berjalan bebas bug dan masih sulit untuk digunakan atau gagal (hanya) dalam beberapa tujuan utama. Jenis kesalahan ini lebih sulit untuk diuji (dan seringkali tidak). Secara umum disepakati bahwa program yang dirancang dengan baik yang dikembangkan menggunakan proses yang terkontrol dengan baik akan menghasilkan lebih sedikit bug per ribuan baris kode.

Sejarah Bug

Ilustrasi Gambar Sejarah Bug Pengertian Bug Dalam Teknologi Komputer
Ilustrasi Gambar Sejarah Bug Pengertian Bug Dalam Teknologi Komputer

Kata bug, berasal dari bidang teknik. Aplikasi istilah untuk komputasi telah dikaitkan dengan programmer pelopor, Grace Hopper. Pada tahun 1944, Hopper, yang saat itu adalah seorang perwira muda Angkatan Laut Cadangan, pergi untuk bekerja di bagian komputer Mark I di Harvard. Dia kemudian menggambarkan sebuah insiden di mana seorang teknisi dikatakan telah menarik bug yang sebenarnya (ngengat, sebenarnya) dari antara dua relay listrik di komputer Mark II. Ngengat itu ditampilkan selama bertahun-tahun oleh Angkatan Laut dan sekarang menjadi properti milik Smithsonian.

Perbedaan antara Bug dengan Error

Error adalah pesan yang ditampilkan kepada pengguna program, dan bug adalah masalah dalam kode yang menyebabkan kesalahan atau Error ditampilkan. Sedangkan Bug adalah hasil dari kesalahan pengkodean. Kesalahan ditemukan di lingkungan pengembangan sebelum produk dikirim ke pelanggan. Kesalahan pemrograman yang menyebabkan program bekerja buruk, menghasilkan hasil yang salah atau crash.

Macam-Macam Cacat pada Pemrogramman dalam Teknologi Komputer

Mengacu pada pengertian Bug di atas, adapun macam-macam cacat yang ada dalam Teknologi Komputer dapat dikategorikan sebagai berikut:

a. Wrong

Wrong adalah Ketika persyaratan diterapkan tidak dengan cara yang benar. Cacat ini merupakan varian dari spesifikasi yang diberikan. Biasanya akan tampak seperti ini “It Is Wrong!”

Baca Juga :  Pengertian Topologi Bus: Ciri, Cara Kerja serta Kelebihan dan Kekurangannya!

b. Missing

Persyaratan pelanggan yang tidak terpenuhi. Ini adalah varian dari spesifikasi, indikasi bahwa spesifikasi tidak diterapkan, atau persyaratan pelanggan tidak dicatat dengan benar.

c. Extra

Extra merupakan persyaratan yang dimasukkan ke dalam produk yang tidak diberikan oleh pelanggan. Ini selalu merupakan varian dari spesifikasi Cacat Pemrograman, tetapi mungkin atributnya melebihi yang diinginkan oleh pengguna produk. Namun, itu dianggap cacat karena merupakan varian dari persyaratan yang ada.

d. Error

Error adalah kesalahan, kesalahpahaman, atau kesalahpahaman dari pihak pengembang perangkat lunak. Dalam kategori pengembang, kami menyertakan insinyur perangkat lunak, pemrogram, analis, dan penguji. Misalnya, pengembang mungkin salah memahami notasi de-sign, atau programmer mungkin mengetik nama variabel secara tidak benar yang mengarah kepada Error (Kesalahan). Misalnya seperti salah satunya yang dihasilkan karena salah login, loop atau karena sintaksis. Kesalahan biasanya muncul dalam perangkat lunak yang mana mereka mengarah untuk mengubah fungsionalitas program.

e. Bug

Seperti yang sudah dijelaskan di atas dalam pengertian Bug. Bug merupakan hasil dari kesalahan pengkodean. Kesalahan ditemukan di lingkungan pengembangan sebelum produk dikirim ke pelanggan. Kesalahan pemrograman yang menyebabkan program bekerja buruk, menghasilkan hasil yang salah atau crash. Kesalahan pada perangkat lunak atau perangkat keras yang menyebabkan kegagalan fungsi program. Bug adalah terminologi Penguji.

f. Failure

Failure (kegagalan) adalah ketidakmampuan sistem perangkat lunak atau komponen untuk melakukan fungsi yang diperlukan dalam persyaratan kinerja yang ditentukan. Ketika cacat mencapai konsumen akhir itu disebut Kegagalan. Selama perkembangan, Kegagalan biasanya diamati oleh penguji.

g. Fault

Langkah, proses, atau definisi data yang salah dalam program komputer yang menyebabkan program berkinerja tidak disengaja atau tidak terduga. Kesalahan dimasukkan ke dalam perangkat lunak yang merupakan akibat dari kesalahan. Ini adalah anomali dalam perangkat lunak yang dapat menyebabkannya berperilaku tidak benar, dan tidak sesuai dengan spesifikasinya. Itu adalah hasil dari kesalahan atau yang di sebut Fault.

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Bug dan penjelasannya secara lengkap serta macam-macam cacat pemrograman dalam Teknologi Komputer. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Baca Juga :  Pengertian Dual BIOS: Tujuan, Cara Kerja dan Contoh Dual BIOS

Tinggalkan Komentar