Pengertian Android: Menurut Para Ahli, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Android Menurut Para Ahli Sejarah Android Manfaat Fitur Dan Jenis Versi Android
Ilustrasi Gambar Pengertian Android Menurut Para Ahli Sejarah Android Manfaat Fitur Dan Jenis Versi Android

Apa itu Android? Pengertian Android adalah platform berbasis Linux untuk ponsel. Android dirilis di bawah lisensi Open Source Apache v2. Android dikembangkan oleh Google dan Open Handset Alliance (OHA), sebuah koalisi perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi.

Lebih dari 30 perusahaan terlibat dalam OHA, termasuk Qualcomm, Broadcom, HTC, Intel, Samsung, Motorola, Sprint, Texas Instruments dan operator nirkabel Jepang KDDI dan NTT DoCoMo. Di bawah ini akan Kami ulas secara lengkap mengenai apa itu Android dan Definisi Android menurut para ahli secara lengkap.

Pengertian Android

Android adalah sistem operasi seluler (OS) yang pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Silicon Valley dengan nama Android Inc. Kolaborasi yang dipelopori oleh Google pada tahun 2007 melalui Open Handset Alliance (OHA) memberi Android keunggulan dalam memberikan perangkat lunak lengkap, yang termasuk OS utama, middleware dan aplikasi seluler tertentu, atau aplikasi berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari situs Technopedia.

Apa Itu Robot Android?

Robot Android adalah robot yang sangat menyerupai manusia. Namun Android yang kita bahas disini bukanlah Android yang berupa Robot, melainkan Android yang ada pada Sistem Operasi.

Pengertian Android Menurut Para Ahli

Gambar Android Menurut Para Ahli Sejarah Android Manfaat Fitur Dan Jenis Versi Android
Gambar Android Menurut Para Ahli Sejarah Android Manfaat Fitur Dan Jenis Versi Android

Agar lebih memahami tentang apa itu Android dan Definisi Android ini, kita juga harus merujuk kepada pendapat para ahli tentang definisi Androi. Berikut adalah uraiannya:

1. Teguh Arifianto

Menurut Teguh Arifianto, Android adalah perangkat yang bergerak pada sebuah Sistem Operasi untuk telepon seluler yang berbasis linux. (2011:1)

Baca Juga :  Pengertian Keygen: Fungsi, Cara Kerja Keygen dan Cara Menggunakannya

2. Hermawan

Menurut Hermawan, Android merupakan OS (Sistem Operasi) Mobile yang tumbuh ditengah OS lainnya yang berkembang dewasa ini. OS lainnya seperti Windows Mobile, OS i-Phone, Symbian, dan masih banyak lagi selain itu. Akan tetapi, OS yang ada ini menjalankannya dengan memprioritaskan aplikasi inti yang dibangun sendiri tanpa melihat dari potensi yang cukup besar dari aplikasi pihak ketiga.

Oleh karena itu, ada keterbatasan dari aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan Data asli ponsel atau Smartphone, percakapan antar proses serta distribusi dari aplikasi pihak ketiga untuk platform mereka. (2011:1)

3. Nazaruddin

Android menurut Nazaruddin, Android merupakan sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform yang terbuka untuk para pengembang atau Developer untuk membuat aplikasi mereka sendiri agar dapat digunakan bermacam peranti bergerak. Android umum digunakan di Smartphone dan juga di tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS. (2012: 1)

Sejarah Singkat Android

Android memulai hidupnya sebagai perusahaan startup berbasis Palo Alto, didirikan pada tahun 2003. Perusahaan itu kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2005. Platform Android mencakup sistem operasi berbasis Linux, GUI, browser Web dan aplikasi pengguna akhir yang dapat diunduh. Meskipun demonstrasi awal Android menampilkan smartphone QWERTY generik dan layar VGA besar, sistem operasinya ditulis untuk dijalankan pada handset yang relatif murah dengan keypad numerik konvensional.

Manfaat dan Fitur Utama Android

Gambar Pengertian Android Menurut Para Ahli Sejarah Android Manfaat Fitur Dan Jenis Versi Android
Gambar Pengertian Android Menurut Para Ahli Sejarah Android Manfaat Fitur Dan Jenis Versi Android

Mengacu pada pembahasan Apa Itu Android dan Definisi Pengertian Android menurut para ahli di atas, Android memiliki beberapa manfaat dan fitur, diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Dapat Berjalan dalam Banyak Perangkat

Android berjalan di banyak smartphone berbeda. Beberapa model terbaru yang lebih populer adalah HTC One, HTC Evo 3D, Motorola Photon 4G, LG Optimus, Samsung Galaxy S 4, Nexus 4 dari Google sendiri.

Baca Juga :  Hari Password Dunia: Sejarah dan Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat

b. Dapat Menggunakan Fitur iPhone

Android mampu melakukan sebagian besar inovasi yang dibawa oleh iPhone, seperti penelusuran Web dan Email yang mudah dan menu layar sentuh. Namun, Android juga memiliki inovasi sendiri yang kini telah diadopsi oleh iPhone, seperti Multitasking.

c. Memiliki Fitur yang Canggih

Ketersediaan fitur yang lebih canggih tergantung pada model ponsel yang digunakan. Namun, hampir semua model akan memiliki kamera untuk mengambil gambar dan Video dan GPS untuk navigasi satelit.

d. Mempunyai App Store

Seperti iPhone, ponsel Android memiliki “App Store” mereka sendiri dalam bentuk Google Play (sebelumnya Android Market). Pada Juli 2013 lebih dari satu juta aplikasi tersedia, mulai dari pengolah kata, Game, Fotografi dan Video hingga Aplikasi Travelling, Berita dan Seni Lukisan, dan lain sebagainya (daftarnya sangat besar).

e. Android Adalah Open-Source

Android adalah sistem “Open Source” dengan demikian, jauh lebih mudah dimodifikasi dan dipersonalisasi daripada iOS iPhone. App Store-nya juga tidak terlalu membatasi. Namun, pendekatan bentuk bebas ini lebih berarti bahwa menggunakan ponsel Android adalah pengalaman yang sedikit lebih cepat dan ramah pengguna daripada menggunakan iPhone.

Jenis Versi Android

Sebagaimana yang sudah Kami jelaskan tentang apa itu Android dan Definisi Pengertian Android menurut para ahli di atas, kita sudah tahu bahwa Android merupakan sebuah Sistem Operasi, tapi apa saja jenis-jenis Versi Android ini? Berikut adalah Jenis-Jenis Versi lengkap Android dan namanya yang diberikan oleh Google:

  • Android 1.5: Android Cupcake
  • Android 1.6: Android Donut
  • Android 2.0: Android Eclair
  • Android 2.2: Android Froyo
  • Android 2.3: Android Gingerbread
  • Android 3.0: Android Honeycomb
  • Android 4.0: Android Ice Cream Sandwich
  • Android 4.1 hingga 4.3.1: Android Jelly Bean
  • Android 4.4 hingga 4.4.4: Android KitKat
  • Android 5.0 hingga 5.1.1: Android Lollipop
  • Android 6.0 hingga 6.0.1: Android Marshmallow
  • Android 7.0 hingga 7.1: Android Nougat
  • Android 8.0 ke Android 8.1: Android Oreo
  • Android 9.0: Android Pie
Baca Juga :  Pengertian Topologi Ring: Ciri, Cara Kerja serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Apakah Android sama dengan iPhone?

Keduanya adalah sama-sama Sistem Operasi. IPhone Apple yang terkenal ini menjalankan Sistem Operasi yang berbeda yang disebut iOS. iPhone tidak menjalankan Android, tetapi Smartphone Android seringkali dapat terlihat sama karena tampilan ikon aplikasi di layar dan desain Smartphone yang serupa. Samsung, produsen Smartphone yang menjalankan Android, bahkan mendapat masalah hukum karena diduga menyalin tampilan iPhone.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan mengenai Android dan Definisi Pengertian Android menurut para ahli di atas, dapat kita simpulkan bahwa Android adalah nama sistem operasi yang digunakan pada banyak smartphone dan tablet. Dimiliki dan dikelola oleh Google. Google membeli Android pada Tahun 2005 dan meluncurkannya untuk ponsel dan tablet pada Tahun 2007, di tahun yang sama Apple merilis iPhone pertama.

Sistem operasi pada dasarnya adalah apa yang muncul di layar pada perangkat layar sentuh – perangkat lunak dasar yang berinteraksi dengan Anda. Ini berbeda dengan aplikasi yang dapat Anda unduh untuk menggunakannya seperti Anda dapat melakukannya di sebagian besar ponsel cerdas.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian Android dan Definisi Pengertian Android Menurut Para Ahli, Sejarah Android, Manfaat dan Fitur Android dan Jenis-Jenis Versi Android beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar