Pengertian Serial Port: Sejarah dan Fungsi Serial Port pada Komputer

0
Gambar Apa Itu Pengertian Serial Port Sejarah Serial Port Dan Fungsi Serial Port Pada Komputer
Gambar Apa Itu Pengertian Serial Port Sejarah Serial Port Dan Fungsi Serial Port Pada Komputer

Sebenarnya apa itu pengertian Serial Port pada Komputer? Sederhananya Serial Port (Port Serial) adalah Port asinkron yang ada pada komputer yang digunakan untuk menghubungkan perangkat serial ke komputer dan mampu mengirimkan sedikit demi sedikit.

Port serial biasanya diidentifikasi pada Komputer yang kompatibel dengan IBM sebagai Port COM (komunikasi). Misalnya, mouse mungkin terhubung ke COM1 dan modem ke COM2. Gambar menunjukkan port serial DB9 di bagian belakang komputer.

Pengertian Serial Port (Port Serial)

Serial Port (Port Serial) adalah antarmuka yang memungkinkan PC untuk mengirim atau menerima data satu per satu. Ini adalah salah satu jenis antarmuka tertua dan pada satu waktu yang umumnya digunakan untuk menghubungkan printer dan modem eksternal ke PC.

Serial Port yang modern digunakan dalam instrumen ilmiah, sistem toko hingga seperti mesin kasir dan aplikasi seperti sistem mesin industri. Dibandingkan dengan port paralel, kecepatan transfer data Serial Port ini terbilang lebih lambat.

Sejarah Serial Port (Port Serial)

Serial Port (Port Serial) muncul jauh sebelum komputer pribadi arsitektur IBM diperkenalkan. Pada mesin pertama, port COM digunakan untuk menghubungkan perangkat periferal. Namun, ruang lingkup aplikasinya agak berbeda dari port paralel. Jika port paralel terutama digunakan untuk menghubungkan printer, port COM (komunikasi) biasanya bekerja dengan perangkat telekomunikasi seperti modem. Namun,Mouse serial serta perangkat periferal lainnya juga dapat berinteraksi dengan Komputer melalui antarmuka serial.

Baca Juga :  Google Lakukan BAN Developer Play Store dengan 1/2 Miliar Download!

Saat ini komunikasi port serial tidak begitu umum seperti dulu. Port COM telah digantikan oleh USB metode yang lebih modern yang tidak memerlukan pengetahuan khusus untuk implementasi. Namun, standar modern kompatibilitas antara peralatan serial dan perangkat lunak pengendali telah dibentuk untuk beberapa waktu di sekitar konsep port COM yang sekarang dianggap kuno.

Fungsi Serial Port (Port Serial)

Contoh Gambar Apa Itu Pengertian Serial Port Sejarah Serial Port Dan Fungsi Port Pada Komputer
Contoh Gambar Apa Itu Pengertian Serial Port Sejarah Serial Port Dan Fungsi Port Pada Komputer

Berdasarkan pengertian Serial Port (Port Serial) di atas, secara umum, fungsi Serial Port (Port Serial) ini adalah untuk menghubungkan perangkat serial ke Komputer. Port serial, juga disebut port komunikasi (COM), adalah Bidirectional atau dua arah. Komunikasi dua arah memungkinkan setiap perangkat menerima data serta mengirimkannya.

Perangkat serial menggunakan pin yang berbeda untuk menerima dan mengirimkan data yang menggunakan pin yang sama akan membatasi komunikasi menjadi setengah dupleks, artinya informasi hanya dapat bergerak dalam satu arah pada satu waktu. Menggunakan pin yang berbeda memungkinkan untuk komunikasi dupleks penuh, di mana informasi dapat melakukan perjalanan ke dua arah sekaligus.

Macam-Macam Komponen Hardware Serial Port (Port Serial)

Di bawah ini adalah daftar berbagai komponen Hardware yang dapat dibeli dan digunakan dengan port serial Anda.

1. Mouse

Salah satu perangkat yang paling umum digunakan untuk port serial, biasanya digunakan dengan komputer tanpa PS / 2 atau port USB dan mouse khusus.

2. Modem

Perangkat lain yang biasa digunakan untuk port serial. Namun, digunakan secara umum dengan komputer lama, juga biasa digunakan untuk kemudahan penggunaannya.

3. Jaringan

Salah satu kegunaan asli port serial terutama dalam Networking dalam Jaringan, yang memungkinkan dua komputer terhubung bersama dan memungkinkan file besar ditransfer di antara keduanya.

Baca Juga :  Pengertian SOAP (Web Service) Adalah: Bagian dan API dari SOAP

4. Printer

Saat ini, Printer bukan perangkat yang biasa digunakan untuk port serial. Namun, sering digunakan dengan printer dan komplotan yang lebih tua.

Di Mana Letak Serial Port (Port Serial) pada komputer?

Port serial ditemukan di bagian belakang komputer dan merupakan bagian dari motherboard. Dengan diperkenalkannya USB, FireWire, dan solusi cepat lainnya, port serial jarang digunakan jika dibandingkan dengan seberapa sering mereka digunakan di masa yang sudah lalu. Juga, banyak komputer dan laptop baru tidak lagi memiliki port serial.

Cara Mengidentifikasi Serial Port (Port Serial)

Seperti gambar dalam pengertian Serial Port (Port Serial) di atas dari port serial, Anda dapat melihat koneksi port serial DB9 mudah diidentifikasi. Sambungan dalam bentuk huruf D, adalah konektor laki-laki dan memiliki 9 pin.

Kesimpulan

Jadi dapat kita simpulkan bahwa pengertian Serial Port (Port Serial) adalah Male Port atau Port Laki (yang sering biasa kita sebut) sedangkan Paralel Port adalah Female Port atau Port Bini. Konfigurasi sumber daya sistem dipilih untuk setiap port dan diidentifikasi oleh COM1, COM2, COM3, COM4 dan lain sebagainya. Setiap posisi COM mewakili input/output (I/O) dan alamat permintaan interupsi atau Interrupt Request (IRQ). Address I/O mentransfer dan menerima data ke dan dari perangkat periferal seperti Mouse atau Keyboard.

Dalam komputasi, Serial Port (Port Serial) adalah antarmuka komunikasi serial yang melaluinya informasi mengalir masuk atau keluar sedikit demi sedikit (berbeda dengan port paralel). Sepanjang sebagian besar sejarah PC atau Personal Computer, data ditransfer melalui port serial ke perangkat seperti modem, terminal, dan berbagai periferal lainnya.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami berikan pada postingan kali ini yang membahas mengenai pengertian Serial Port (Port Serial), Sejarah Serial Port (Port Serial), Fungsi Serial Port (Port Serial) dan Macam-macam komponen Hardware Serial Port (Port Serial) beserta pembahasannya secara lengkap. Jangan lupa baca juga Istilah-Istilah Teknologi yang ada di Dunia yang harus kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Baca Juga :  Pengertian Router: Fungsi Router, Cara Kerja dan Jenis Router Lengkap
Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar